Hidup, Mati, Kehidupan, Kematian…

Social Add comments

Setiap manusia pasti mengalaminya. Hidup, mati, kehidupan, dan kematian. Kita juga diberi batasan dalam hidup ini dalam koridor kepercayaan dan religi masing-masing untuk tidak memikirkan kehidupan setelah kematian. Itu sih PR Sang Pencipta.

Tapi apa sih apa sih esensi kehidupan yang dititipin kepada kita? Setiap orang akan mencapai tahapan pencarian tujuan hidupnya masing-masing. Dan memikirkan kematian dan kehidupan yang sudah dijalanin merupakan sesuatu yang memberikan refleksi positif bagi setiap orang yang mau meluangkan sedikit waktu yang sudah dilalui.

Salah seorang teman pernah komentar, kalo orang sudah pernah mimpi mundur sampe titik nol (lahir, dari jaman memory yang masih bisa diingat) flashback setiap jaman dan paruh tahun yang dilalui, semakin kumplit dia mengalami proses penemuan diri dan dirinya sendiri.

Seorang rekan yang lain belasan tahun yang lalu pernah berkomentar “Hidup ini buat dijalanin bukan buat dipikirkan” ada benarnya juga kalo dipikir-pikir untuk penenangan jiwa yang gundah.

Saya pribadi adalah pribadi yang dibentuk dan dibesarkan dari latar belakang sains, sehingga logik merupakan suatu parameter yang menonjol diatas sense yang lain. Bagi saya manusia ini tidak lebih dari makhluk hidup lain. Cuma rentang waktu hidupnya saja yang lebih panjang, katakan dibanding dengan semut, atau nyamuk yang cuma waktu hidup 2 hari.

Life expectancy katakan manusia seperti Indonesia mungkin 65 tahun. Dengan umur beranjak menjelang 34 tahun saya rasa sudah melewati lebih dari separuh masa yang dipinjamkan kepada saya untuk menikmati dan menjalani kehidupan di dunia ini. Itupun dengan catatan kalau tidak ada faktor diluar kemauan kita. Nah apakah yang kita ingin capai dalam kehidupan ini? Pertanyaan itu menjadi basis fundamental akan suatu tujuan yang ingin dicapai setiap orang. Dan tentunya setiap orang punya tujuan yang berbeda-beda.

Menurut penelitian dan carbon dating para ahli bumi ini sudah berumur 4,5-4,6 miliar tahun. Kerangka inersianya jauh bow dibandingkan life expectancy manusia. 250 juta tahun yang lalu kehidupan pernah punah, tapi kita ga ikut mengalaminya *alias blon ada. Bahkan kita pun ga sempat bersinggungan hidup di jaman katakan Kennedy.


So tujuan apa yang ingin kita ingin capai di dunia ini? Ada orang yang sudah punya semua, Anne Nicole misalnya ga juga tahu apa yang ingin dia cari di dunia ini. Ada juga seorang rekan yang bertanya-tanya hidupnya kok masih blon ketemu belahan jiwanya. Pada intinya, kita ingin menjalani hidup sebagai apa? Ingin mati dikenang sebagai apa? Kalo saya pribadi ingin hidup ini berguna buat sesama. Rasanya ga ada gunanya hidup ini kalo kita ga bisa membantu orang-orang disekeliling kita yang masih jauh dari beruntung. Kalo semua mungkin udah sibuk sendiri ga sempat mikirin lagi, ya sapa lagi?

34 Responses to “Hidup, Mati, Kehidupan, Kematian…”

  1. Jay Says:

    Berarti umur segitu 10 tahun lebih dipake tidur.
    Sisanya apakah sudah cukup optimal untuk kerja dan menikmati hidup?

  2. adinoto Says:

    Jay said,
    March 24, 2007 @ 7:15 pm · Edit

    Berarti umur segitu 10 tahun lebih dipake tidur.
    Sisanya apakah sudah cukup optimal untuk kerja dan menikmati hidup?

    -> Iya parah ya. Kalo dipikir 10 tahun dipake buat tidur, 5 hari total dipake untuk melototin logo Windows. Tapi kalo ga tidur umur dah ga sampe 10 taon paling 5 hari juga ga? 😛 gmana dong 😛

  3. Anthony Fajri Says:

    wah makan2 dong…

  4. Vavai Says:

    Tumben amat MacNoto malem mingguan mikir yang berat-berat. Lagi ada inspirasi nih boss ?

    BTW pencarian mengenai esensi hidup dan kehidupan jika dikelola dengan baik akan memperkaya pengalaman spiritual kita.

  5. IMW Says:

    Loe lagi mencari arti hidup, atau lagi meyakinkan diri utk melangkah ke tahapan berikutnya dari hidup ini 🙂

  6. adinoto Says:

    Vavai said,
    March 24, 2007 @ 8:20 pm

    Tumben amat MacNoto malem mingguan mikir yang berat-berat. Lagi ada inspirasi nih boss ?

    BTW pencarian mengenai esensi hidup dan kehidupan jika dikelola dengan baik akan memperkaya pengalaman spiritual kita.

    -> Iya boss, ini malah tulisan yang udah terbengkalai 1 bulan lebih. Udah lama mo ditulis tapi justru waktunya yang rada tenang ga ada nulisnya. Ini pun rasanya ga optimal. But it’s ok. Tadi malah bisa curi tidur dulu abis nulis sebelum diajak Om Jay nongkrong di Ohlala.. Jay kemana dirimu??? Kok hilang?

    Soal pencarian dan esensi kehidupan bener setuju boss, akan memperkaya pengalaman spiritual kita. Semoga semakin banyak pemimpin di negeri ini yang semakin bisa refleksi diri sehingga bisa dicintai rakyatnya. Karena mo cari apalagi di dunia ini kalo mo cari uang buat sendiri aja toh buat apa?? Apalagi dengan cara-cara yang tidak terpuji.

    Semoga Indonesia bisa mencapai kemajuan yang lebih baik *jangan cuma ekonomi biaya tinggi, dan harga-harga scam seperti sekarang. Minimal sebelum aku mati mo liat perubahan di negeri ini.

  7. watung Says:

    suatu pertanyaan yg luar biasa penting, mas adinoto! hidup kita di dunia ini tidak berawal sejak kita dilahirkan, melainkan jauuuhh sebelum itu. juga tidak berakhir ketika mati, kita masih akan berjalan bahkan jauuuuhh setelah itu.

    mas adinoto, ibaratkan: hidup di dunia ini adalah chapter 3 dari buku kehidupan kita ini, hanya salah satu chapter saja. kita tak mungkin memahami chapter yg kita jalani ini (kenapa kita di sini, untuk apa… dsb..), tanpa membaca chapter-chapter sebelumnya.

    kita semua ada di sini, ada tujuannya, ada misi untuk masing-masing.

    p.s. you might want to check out my post here.

  8. adinoto Says:

    IMW said,
    March 24, 2007 @ 8:22 pm

    Loe lagi mencari arti hidup, atau lagi meyakinkan diri utk melangkah ke tahapan berikutnya dari hidup ini 🙂

    -> Hehehe… kawin ato nyalon nih? Hahahaha… iya kalo dipikir-pikir sebagai warga sayang sudah lama tinggal di Bandung aja aku miris banget. Bandung itu tempat para pemikirnya banyak *baca= sekolahannya banyak. Sekolah teknik, sekolah transportasi, sekolah pengairan… tapi lah kok kotanya carut marut. Penduduk paling padat, sanitasi paling rendah. Sore ini malah nonton praktek ngoplos daging celeng dan daging sapi juga ternyata sudah lama dan di sini bandarnya *halah jadi ingat omongan temen sekontrakan rumah gua dulu jaman kuliah, yang dia baru cerita belasan taon kemudian, kalo si bibi tukang masak juga suka ngibulin kita dg masakan daging celeng halah halah 😀 …. Kalo dipikir-pikir sebelum mati aku pengen lihat Bandung teratur, bersih, dan masyarakatnya bisa sekolah, bisa makan enak, dan ada transportasi publik yang layak. Kalo dikasih amanah ya gua siap memimpin kota ini, lah tapi kondisi politik di Indonesia sekarang mah ga mungkin, semua kudu jadi orang partai dan scam2an duit. DPR nya juga udah bisa bener ga? Kampung halamanku kasian banget. Landscape nya udah paling top na, ngalahin-ngalahin negeri-negeri di Eropa, tapi lah kok ya mo bikin kampung yang bersih aja ga bisa. 🙁

  9. IMW Says:

    Permafiaan kampus sering bikin kelompok potensial malah terlupakan. Gimana mo maju boss. Ndak percaya, lihat aja Bandung ke ke ke ke Mending Bandung jadiin kota batere aja deh

  10. didats Says:

    ngomongin umur gini,
    elu lagi ultah yak?

    MAKAN MAKAN!

  11. Vavai Says:

    Kemaren abis dari Bandung kayaknya memang beda dengan dulu. Padahal nggak lama-lama amat. Dulu waktu masih terminal Kebon Kelapa (eh, dah lama ya ?). Ya sekitaran 95-an deh.

    BTW, kalo daging celeng dioplos kayaknya saya dah hapal. Lah pernah makan beneran kok, waktu itu ketipu juga :-(.

    Itu DPR & parpol memang nggak inget soal nanti. Yang penting sekarang dan kesempatan.

    IMW, gimana dong benerinnya. Lah ini orang akademis aza kalo masuk politik jadi lupa sama kulitnya… Itu Mulyana KPU sayang sekali kan…

  12. Adham Somantrie Says:

    didats said,

    ngomongin umur gini,
    elu lagi ultah yak?

    MAKAN MAKAN!

    -> aa nata perasaan 9/9 deh… makanya dia hobi banget ama angka 9… mentang2 barengan ama SBY… wakakaka…

  13. Yudhis Says:

    mantab sekali pak, mari kita jadikan tempat hidup ini menjadi lebih baik bagi para anak dan cucu!

  14. iway Says:

    karena dah gape ngitung umur batre, jadi iseng ngitungin umur orang, ati-ati kena scam ama yang punya umur 😀
    btw tuh bandar celeng bedebah banget, blom tau rasanya diuber celeng apa yah ?

  15. idarmadi Says:

    met ultah yah…. 🙂

    baru juga 34 bos…. 🙂 perjalanan masih panjang….. enjoy it!

    Happy birthday dude… 🙂

  16. adinoto Says:

    iway said,
    March 26, 2007 @ 9:26 am

    karena dah gape ngitung umur batre, jadi iseng ngitungin umur orang, ati-ati kena scam ama yang punya umur 😀
    btw tuh bandar celeng bedebah banget, blom tau rasanya diuber celeng apa yah ?

    -> Hehehe cuma refleksi diri aja boss, udah tua berumur ne masa masih ga sadar2 juga. Btw di Sumatera Barat tepatnya di Agam ada sekolah tempat ngajar gogok ngejer2 celeng wakakaka bandar2 pengoplos celengnya dilepas disana aja kaleee 😛

  17. adinoto Says:

    Yudhis said,
    March 25, 2007 @ 9:57 am

    mantab sekali pak, mari kita jadikan tempat hidup ini menjadi lebih baik bagi para anak dan cucu!

    -> Yoi bro. But actually the credit goes to you. What I did is nothing compare to you. Sukses buat TunasCendekia! semoga semakin banyak yang care.

  18. adinoto Says:

    idarmadi said,
    March 26, 2007 @ 12:53 pm

    met ultah yah…. 🙂
    baru juga 34 bos…. 🙂 perjalanan masih panjang….. enjoy it!

    Happy birthday dude… 🙂

    -> Ultah kagak lah. Gua ultah bareng SBY. Nah kalo ada undangan ultah dari istana plus ada coret2an tangan turut mengundang nah itu gua tuh 😀 *ngacirrrr

  19. AaBoxer Says:

    hidup lebih berguna…gampang dimengerti, sulit dilakukan…jd inget, dulu psiko test, ditanya target ke depan…gw jawab ingin berbuat baik dan berguna, dan TIDAK BOLEH..karena sulit terukur, akhirnya memilih suatu jabatan tertinggi di organisasi perusahaan, tercapai dalam 4 tahun…dan tetap merasa bukan ini targetnya…bicara jabatan, bisa dioptimalkan untuk bermanfaat bagi orang banyak…tapi bisa juga dimaksimalkan untuk hal yg buruk…mari menambah kegunaan kita secara baik, buat diri sendiri dan orang lain…terima kasih AA Nata..sudah mengingatkan…sudah siap menjadi AA G** berikutnya ?… 🙂

  20. mia Says:

    Nikah Om… nikah… itu tanda2nya Om dah pingin dinikahi, ej dinikahkan 😀

  21. sunardi Says:

    Aku suka pada bagian kata “Belahan Jiwa” 🙂

  22. Aji_rich Says:

    ya cukup menyentuh juga, so sweet , jadi ingaet bahwa hidup ini cuma sementar!

  23. adinoto Says:

    # mia Says:
    March 28th, 2007 at 9:02 pm

    Nikah Om… nikah… itu tanda2nya Om dah pingin dinikahi, ej dinikahkan 😀

    -> yuuuk 😛

  24. adinoto Says:

    # sunardi Says:
    April 1st, 2007 at 5:32 pm

    Aku suka pada bagian kata “Belahan Jiwa” 🙂

    -> Hahaha bisa aja mas Sunardi ini. Gimana kabarnya Pekanbaru?

  25. adinoto Says:

    # Aji_rich Says:
    May 29th, 2007 at 9:51 am

    ya cukup menyentuh juga, so sweet , jadi ingaet bahwa hidup ini cuma sementar!

    -> Betul bos, hidup ini cuma sementara dan sebentar sekali. Coba liat sudah berapa banyak orang-orang disekeliling kita yang sudah meninggalkan kita semua… semoga perenungan ini bermanfaat. Salam sukses.

  26. adinoto Says:

    # AaBoxer Says:
    March 27th, 2007 at 7:41 am

    hidup lebih berguna…gampang dimengerti, sulit dilakukan…jd inget, dulu psiko test, ditanya target ke depan…gw jawab ingin berbuat baik dan berguna, dan TIDAK BOLEH..karena sulit terukur, akhirnya memilih suatu jabatan tertinggi di organisasi perusahaan, tercapai dalam 4 tahun…dan tetap merasa bukan ini targetnya…bicara jabatan, bisa dioptimalkan untuk bermanfaat bagi orang banyak…tapi bisa juga dimaksimalkan untuk hal yg buruk…mari menambah kegunaan kita secara baik, buat diri sendiri dan orang lain…terima kasih AA Nata..sudah mengingatkan…sudah siap menjadi AA G** berikutnya ?… 🙂

    -> Betul AaBoxer… ya dikembalikan lagi ke diri masing-masing bagaimana ingin menjalani hidup ini. Kalo semua secara nasional sudah disadarkan, paling tugas penting selain membangun dalam negeri yang tangguh adalah berhati-hati terhadap scam2an dari pihak asing. Semoga AaBoxer kita doakan bisa lebih berguna buat keluarga dan lingkungan tempat kerja dan tempat tinggalnya. Amin.

  27. adinoto’s blog » Blog Archive » In Memoriam: Haroen Al Rasjid Says:

    […] Renungan hidup: Hidup, Mati, Kehidupan, Kematian… […]

  28. ira Says:

    Hiks … rasanya pengen idup terus bersama orang2 yang kucintai… but itu hanya mimpi. Selamat jalan “Pak” semoga happy disana. (Sorry ngebaca tulisan adi jadi inget bokap)

  29. adinoto’s blog » Blog Archive » Guru, Pendidik, Pengajar, dan Menelurkan Generasi Yang Bermutu Says:

    […] agar tidak selalu terpuruk dalam jurang kemiskinan? Seberapa pentingnya kah kita berpikir hidup ini hanya sebentar? Seberapa perdulinyakah kita pada lingkungan disekitar kita? Seberapa pentingnya kan kita perlu […]

  30. Ada Kematian, Ada Kelahiran « cK stuff Says:

    […] bermaksud mengikuti trendâ„¢ membuat postingan tentang kematian. Namun saya ingin membahas sedikit mengenai […]

  31. adinoto’s blog » Blog Archive » Remembering Ikatan Alumni, Mafia Kampus dan “Mafia-Mafia Kampus” :D Says:

    […] terasa waktu cepat berlalu yak!  Udah 10 taon aja bawaannya. Malah lima tahunan yang lalu ribut-ribut soal Amir Sambodo […]

  32. Bintoro Halim Says:

    Ya itu memang sudah suratan takdir manusia, hidup dan mati tergantung pada yang diatas.. Makanya kita harus waspada dan pergunakanlah hari hari dengan baik

  33. belma Says:

    hidup saya artikan berhubungan akan masa depan, hidup memiliki suatu tujuan yang pasti. Hidup berbeda dengan kehidupan. Namun, hidup berarti bernafas. Apa tujuan hidup apabila umur dunia telah 4,5-4,6 miliar tahun?……Na mari pikirkan….

  34. lelono nag reggae Says:

    hidup ini memang susah tapi jangan di bikin susah….yo,kita ciptakan suatu suasana….suasana yang gembira!!!!Dan lepaskan beban di hati karna kau tak sendiri…yo,mengdingan kita heepy lets get the party,lets get the party!!!!!!!!wwwwwooooyyyyoooooo…….wwwwoooooooyyyyy……yo,kita pestafora!!!!!

Leave a Reply

WP Theme & Icons by N.Design Studio
Entries RSS Comments RSS Log in