Sukses Bergerilya Membagikan 500 Keping OpenSUSE di PestaBlogger 2007

Social, Technology Add comments

Acara PestaBlogger yang baru berlangsung kemaren, 27 Oktober 2007, yang ditetapkan oleh Bapak Menteri Komunikasi Informasi, M. Nuh, sebagai Hari Blogger Nasional, menuai hasil yang cukup memuaskan. Untuk ini saya ingin ucapkan selamat kepada seluruh panitia (Jeng Enda, Pak Pri, Budi Poetra, dan siapa aja yang ikut bersusah payah mewujudkan hal ini — maklum ga kenal seluruh panitia).

Namun acara ini sendiri termasuk fun karena salah satu motifnya buat kami adalah tempat gerilya membagikan keping OpenSUSE. Dalam acara ini kami berhasil membagikan secara gerilya 500 keping OpenSUSE kepada peserta, secara jumlah peserta PestaBlogger 2007 ini sekitar 489? orang.

Untuk keberhasilan acara ini sebelumnya saya ingin berterima kasih kepada rekan-rekan yang sudah bekerja keras untuk mewujudkan mimpi kecil seorang Aa Nata membuat mimpi ini menjadi kenyataan dan ikut secara langsung dalam menggalang semangat mencerdaskan warga dan seluruh rakyat Indonesia. Memberantas kemiskinan dan terutama kebodohan (Udah kaya tapi masih bodo dan dibodo-bodoin kan malu-maluin toh?). Terima kasih kepada rekan Mahirman Anshari (Ruri) yang sudah disibukkan dengan proses pressing CD ke manufakturer dan membuat deadline 3 hari ini menjadi kenyataan. Rekan yang sudah 9 tahun mendukung saya dan dicapekkan dengan hal-hal yang cukup menyita pikiran dan tenaga. Thanks sob! Terima kasih kepada rekan-rekan id-gmail Bandung terutama Abi, Starchie, Surur, Mira yang udah capek-capek mendukung ide-ide gila dan kelakuan-kelakuan gila untuk mewujudkan guerilla marketing ini. Abi, Starchie, Surur dan Mira ini yang capek-capek bikin kaos niat “Che Guevara” OpenSUSE sampe ngelembur jam 4 pagi! Salut sob!

Jadi buat yang liat kaos-kaos pelaku berkeliaran di acara PestaBlogger kemaren, thanks to Abi, Starchie, Surur, Mira who made this possible…

Terima kasih juga buat rekan-rekan id-gmail lain, Ndhoot, Jay, Deden, dan semua rekan-rekan yang tidak bisa disebutkan namanya satu persatu yang sudah direpotkan dengan gerilya membagikan CD di dalam acara tersebut. Terima kasih kepada rekan Vavai dan rekan-rekan OpenSUSE yang sudah ikut pula membagikan CD-CD tersebut. Kepada rekan-rekan komunitas OpenSUSE mohon maaf belum sempat ketemu dan kenal, mungkin next gathering kita bisa offline bareng.

Dan terima kasih kepada Pak Cahyana (Dirjen Aplikasi Telematika) yang sempet saya sekem kasih CD juga yang menjanjikan akan ikut memperbanyak CD tersebut, saya tunggu janjinya Pak. Terima kasih.

Tak lupa terima kasih buat Wesley yang dari Sudan jauh-jauh menyemangati, juga kepada rekan Made Wiryana yang tiap hari masih memantau pergerakan rekan-rekan opensource dari jauh sampe sempet-sempetnya SMS. Sayang boss ga jadi ada band! 😀

Buat rekan-rekan blogger dari seluruh wilayah di Indonesia, dari Padang sampe Poso (malah gua heran itu Ochan yang dari Poso jangan-jangan dulu temen satu kos? Pernah kos di Tubagus Ismail chan? Apa elo temen Vidal dulu? *penasaran), so salam aja buat rekan-rekan komunitas blogger semua, B-H-I yang punya niat baik ngangon Kambing, sukses bro disana, semoga semakin banyak masyarakat yang punya kesempatan menikmati pendidikan atas jerih payah sob semua. Titip disana ada Pito jangan salah sama angonan nanti 😀 , buat rekan-rekan yang baru ketemu kemaren, Pakde Ndoro Kakung Wicak, Mas Budi Poetra yang baru ketemu offline kemaren, dan komunitas lain, mohon maaf ga sempat kenalan satu persatu, soalnya Aa Nata coba stay humble ntar dikira cari dukungan buat pemilihan calon walikota tea bisa kena sekem KPU hihihihi 😀 *ngacirrr

So, buat yang sudah pegang CD dengan gambar sebagai berikut:

Nah dengan ini Aa Nata minta banget untuk mensuarakan ke rekan-rekan lainnya. Dengan ini kita bisa bikin perubahan. Coba ditularkan dikit kok ilmunya ke teman-teman yang lain. Dijamin bisa. Kalo Pak Cahyana bilang mengalakkan 1 juta pengguna blog di Indonesia tahun depan dan pemberian laptop untuk seluruh guru di Indonesia, saya juga mendukung penggalakan ide beliau untuk memberikan laptop kepada seluruh guru namun dengan sistem operasi Linux ini. Bukan apa-apa Pak, satu yang perlu di note, dengan sistem operasi Linux, kita selalu maintain otak jadi kreatif. Ga melulu cuma bisa click-click doang seperti pake sistem operasi komersial lainnya. Pe-eR nya mungkin agak sedikit lebih berat, tapi bayangkan kalo guru dibikin bisa linux, satu guru bisa mewakili berapa lagi tunas-tunas bangsa yang akan lebih melek teknologi??

Nah buat rekan-rekan yang sudah dapet CD tersebut silahkan dioprek. OpenSUSE bisa bikin dual boot dengan sistem operasi anda yang sekarang. Untuk lebih yakinnya backup dulu data anda yang ada saat ini ke hard disk lain atau burn ke CD/DVD. Ato kalo mau lebih baik bisa format dan install OpenSUSE-only dijamin ga bakal kangen sama sistem operasi yang sudah anda pake selama ini.

Mau bukti, nah ini Aa Nata kasih sedikit teaser buat rekan-rekan yang penasaran. Berikut sedikit fitur yang ada di sistem operasi Linux seperti OpenSUSE ini.

dan bisa efek-efek seperti Sistem Operasi modern juga seperti Mac OS X Leopard (kalo Vista sih masa lalu bro, cuma yang ada ngeberatin komputer elu + more problem to your already complex problems). Ngapain juga bikin hidup lebih susah. Lu kan semua pada ingin kerja dengan komputer kan? Bukan dikerjain komputer? hehehe…

Mau screenshot selengkapnya bisa diexplore dari situs http://en.opensuse.org/Screenshots/openSUSE_10.3

Semoga gerakan gerilya kecil dan philanthropist swallow ini bisa menggerakkan lebih banyak lagi para philanthropist yang bukan swasta loyow untuk mau memikirkan nasib bangsa ini. Kapan lagi boss, ayo dong… kalo ga bisa juga ntar gua tantang omongan seperti kata MetroTV “Sudah saatnya yang muda yang memimpin!”.

Keburu Gunung Krakatau meletus boss. Yuuukkkkk… (Update, Gunung Krakatau menunjukkan status aktif 4 hari terakhir, sehingga ditingkatkan statusnya menjadi status siaga).

70 Responses to “Sukses Bergerilya Membagikan 500 Keping OpenSUSE di PestaBlogger 2007”

  1. adinoto Says:

    hendro Says:
    October 29th, 2007 at 5:42 pm e
    Thanks kang dapet juga!
    Gimana caranya supaya bisa dual boot dengan laptop udah ada w*****s x*-nya?

    => Sippp… semoga bermanfaat. Kalo mau dual boot dengan Windows pada saat booting dari CD ada opsi untuk meresize partition Windows kok, nanti otomatis bisa dual boot.

    Sebelumnya backup dulu data penting anda jangan lupa, jangan sampe ada apa-apa gara-gara belum familiar kan bahaya. Anyway gampang banget kok. It’s as easy as using Windows itself. Only much better. 😀

  2. macnoto Says:

    Viking KARWUR Says:
    October 28th, 2007 at 8:46 am
    Thanks Mas atas OpenSUSE nya… dan juga sudah bisa ketemu di Pesta Blogger 2007… Sukses Mas…

    => yoiii mas Viking!! hehehe senang juga akhirnya ketemu Mac user di acara ini. Mac user jauh lagi Bali-Jakarta hehehee… iya walopun ga banyak anak mac yang jadi dateng di acara ini, tapi lumayan ada Razak, Mirza dan temen-temen id-gmac 😀

  3. aRdho Says:

    wah wah.. selamat selamat yaa! 😀

  4. Yudha Says:

    Dikirain kemaren dapet CD + TShirt :))
    pas di kasih CD, dikirain lsg di susul TShirtnya eheheh

    Tapi Sukses tuh … walaupun M$ 1st Sponsor, tapi CD yg di bagiin Opensource semua, kayak OpenSuse dan Ilmukomputer.com :))

  5. ndoro kakung Says:

    wah iya, saya sebetulnya juga naksir t-shirtnya je, tapi sayang ndak sempat ngobrol lama dengan aa nata … 😀

  6. adinoto Says:

    # aRdho Says:
    October 30th, 2007 at 12:38 am e

    wah wah.. selamat selamat yaa! 😀

    => Sama2 bro. Sayang anak Mac kok ga pada muncul ya? Pada kekenyangan apa pada sekem nih janjinya wakakakaka

  7. adinoto Says:

    # Yudha Says:
    October 30th, 2007 at 10:15 am e

    Dikirain kemaren dapet CD + TShirt :))
    pas di kasih CD, dikirain lsg di susul TShirtnya eheheh

    Tapi Sukses tuh … walaupun M$ 1st Sponsor, tapi CD yg di bagiin Opensource semua, kayak OpenSuse dan Ilmukomputer.com :))

    => Hehehe itu parameter menunjukkan ada yang salah dengan image company. Bill should rewrite the game.

  8. adinoto Says:

    # ndoro kakung Says:
    October 30th, 2007 at 2:43 pm e

    wah iya, saya sebetulnya juga naksir t-shirtnya je, tapi sayang ndak sempat ngobrol lama dengan aa nata … 😀

    => Hehehe yoiii kang, punten juga ga sempet ngobrol lama, jadi yang penting sih kan sudah ketemu darat, lain kali mungkin kita bisa ngobrol bareng yg panjang asal jangan pecah ndase 😀

  9. Fauzan Says:

    Wah .. abis liat skrinsutnya jadi pengen …
    keran, mau donk om … 😛

  10. Nawir Says:

    Bro,

    Apa sih pro cons pake OpenSUSE dibandingkan Debian, kalo gw liat di Internet macam http://www.unix-tutorials.com. Lebih banyak tutorial untuk Debian or Gento daripada SUSE.
    Gimana komentarnya OM Mac

    tq

  11. adinoto Says:

    # Nawir Says:
    November 6th, 2007 at 11:38 am e

    Bro,

    Apa sih pro cons pake OpenSUSE dibandingkan Debian, kalo gw liat di Internet macam http://www.unix-tutorials.com. Lebih banyak tutorial untuk Debian or Gento daripada SUSE.
    Gimana komentarnya OM Mac

    tq

    => Bro, kalo pro cons nya lebih ke arah preferensi. Kalo debian murni polishednya kurang. Kalo ubuntu mendingan. Kalo OpenSUSE (kata gua — sangat subjektif) polishednya cakep. Menu start menu mirip Windows banget di bawah, ga dua atas-bawah kayak Ubuntu.

    Kalo soal teknis, deteksi si OpenSUSE adopt YaST nya SUSE kan, alias cakep banget, hampir semua perangkat dia detect lebih bagus daripada distro lain (out of box). Sekali lagi ini masalah preferensi.

    Kalo soal packaging, gua emang bukan aliran .deb ato .rpm, dua2nya gua ga demen, alias gua masih suka model package manager kayak Mac OS X ato Gobo Linux yg simple banget cuma drag and copy hehehehe…

    Kudu di test dulu bro ntar lu tau lu demen apa ga. 😀

  12. PB2007: Kekuatan dan Keindahan Itu Bernama Perbedaan « JaF’s The Name Says:

    […] atau hal-hal baru diantara para blogger. Buktinya kawan-kawan Bloggers For Bangsari dan juga aksi ‘gerilya’ penyebaran CD Opensuse juga tidak kalah berhasil dan menurut saya lebih riil hasilnya daripada breakout session hehehe.. […]

  13. joko Says:

    Ass. wr. wb.
    maaf Pak, bisa nggak saya dapatkan kontak dengan P. Ruri, teman kuliah di bandung.
    terimakasih.
    wassalam.

  14. imam Says:

    mau tuhhh kasonya …. kerendehhhhhhh

  15. Budi Wiyono Says:

    Boleh dapatin CD nya juga Pak?

    Tx & Rgds.
    Budi

  16. adinoto Says:

    Pak budi wiyono, bisa pak.. saya masih ada sedikit CD nya. Memang ga OpenSuse terbaru. ini versi 10 ya. Kalo ga salah kemaren di InfoLinux terbaru dibundel yang versi terbaru 11.1, mungkin bisa mempertimbangkan membeli InfoLinux kalo mau versi terbaru.

  17. adinoto Says:

    To joko. coba hubungi 08562197274. Rgds

  18. Sugiana Hadisuwarto Says:

    Selain di pesta blogger dapatnya di mana lagi mas?

  19. adinoto Says:

    sekarang mungkin versinya udah ga uptodate pak… mungkin kalo bapak/ rekan bapak punya koneksi internet kencang bisa coba unduh di http://foss-id.web.id/

    selamat bereksperimen

  20. PestaBlogger 2007 : Blogger Party, OpenSUSE and Celebrity Violin Player – Vavai's Personal Notes Says:

    […] Sukses Bergerilya Membagikan 500 Keping OpenSUSE di PestaBlogger 2007 […]

Leave a Reply

WP Theme & Icons by N.Design Studio
Entries RSS Comments RSS Log in