Selamat Ulang Tahun Bandung! (Kok Puncak Acara Dirayain Kemaren Ya?)

Social Add comments

Bandung adalah kota dengan seribu satu history. Kota tempat peristirahatan para meneer meneer kumpeni dahulu yang berubah menjadi kota pendidikan, kota mode, kota jajanan yang diserbu warga ibukota setiap akhir minggu. Soal sejarah kota Bandung sih saya tunggu ulasan komprehensif dari rekan-rekan seperti Jay Yulian Firdaus, atau Amal yang emang spesialisasinya menulis dalam paparan yang menarik. Ayo! Tapi pengalaman saya dengan kota Bandung ini bermula dari tahun 1983, ketika saya pertama kali menjejakkan kaki di kota berhawa dingin ini.

Ketika itu, saya ikut menghantarkan kakak-kakak saya yang mengenyam pendidikan SMA di Bandung, Bandung sebagai kota tujuan wisata liburan buat saya kala itu (umur 10 tahun) merupakan kota yang sejuk dan menawan. Masuk ke pintu Pasteur kita sudah disambut oleh deretan pohon-pohon Palem berjejer serasa di Florida saja. Ayah saya pernah berujar, bahwa ketika beliau mengeyam pendidikan di Bandung, tinggal di Bandung masa itu siang hari mengenakan jaket di alun-alun Bandung merupakan sesuatu pemandangan yang biasa saja (secara Bandung dingin banget bo!), tapi sekarang kalo ada yang pake jaket siang bolong di alun-alun, kayaknya perlu ditanya udah ke dokter belon? 😀

Bandung masa itu baru diisi oleh satu outlet jeans, IBC di jalan Cihampelas, kemudian berkembang menjadi Batman, Superman, whatever tokoh wayang ala hollywood yang pernah anda bayangkan. Plus bonus kemacetannya. Pengalaman on and off 24 tahun di Bandung (dan consecutive 17 tahun tinggal di Bandung) membuat saya jatuh hati untuk menetapkan diri tinggal di Bandung itu merupakan pilihan hidup yang paling tepat (Sorry orang Jakarta!), secara masih ingat salah satu rekan bercerita (Jay?) kalo mengapa orang masih pada betah tinggal di Jakarta, padahal di Jakarta itu kalo hujan macet, banjir pula, nah kalo di Ubud itu hujan = romantis! Wah Bandung juga atuh!

Nah sekarang tinggal bagaimana kita bisa menjadikan tempat tinggal kita ini merupakan tempat yang baik dan layak untuk mencari penghidupan yang layak, membangun masyarakat kecil dan UKM, menyumbangkan sedikit pemikiran buat masyarakat yang belum beruntung memiliki akses ke informasi, teknologi, dan pemasaran sederhana, sekaligus menjadikan tempat untuk kita semua membangun sebagai kota yang baik untuk mendidik anak dan keluarga.

Siapkah anda semua terpanggil untuk membangun kota yang anda cintai ini? Tanyakan pada hati kecil anda semua. Masih mau jalan sendiri-sendiri ato bergandengan tangan membangun kota yang anda cintai ini?

Vote Aa Nata for Walikota Bandung!

43 Responses to “Selamat Ulang Tahun Bandung! (Kok Puncak Acara Dirayain Kemaren Ya?)”

  1. Amal Says:

    Penafian: tersetrum baterei setelah orasi politis di atas adalah tanggung jawab masing-masing. Mohon berhati-hati…

  2. rendy Says:

    bah, calon walikota kemaren ga ikutan pawai. payah

  3. starchie Says:

    #1 masih untung batere mas amal * nyiapin kabel listrik *

  4. adinoto Says:

    # rendy Says:
    November 18th, 2007 at 11:29 am e

    bah, calon walikota kemaren ga ikutan pawai. payah

    => Wah sapa bilang. Elu kalee kemaren yg sibuk makan otak2. Gua secara kemaren turun naik Mio mengamati keramaian di Gasibu bwakakakaka…. contoh calon walikota yang merakyat!

  5. rendy Says:

    jam brapa lu ke gasibu ?
    gw kemaren nongkrong di gasibu
    http://www.Qwords.com/blog/2007/11/17/bandung/
    http://www.friendster.com/photos/16653771/1/665579151

  6. sueng Says:

    Nanti kalau jadi walikota , tarik polisi sama jaksa dibawah walikota kayak di pilem-pilem holiwut, biar bandung bersih hehehe

  7. fisto Says:

    Aa, syarat jadi walikota bandung harus minimal sudah 30 tahun jadi warga kota bandung… :p

  8. abah oryza Says:

    aa noto, kan dah dibilang kata om JaF, kampanye yang bagus, jangan cuman di posting, tuh bikin workshop ngeblog bagi orang bandung dengan sponsor utama aa nata, terus cari funding untuk memasyarakatkan internet dan blog bagi warga bandung secara murah bahkan gratis, baru bisa jadi walikota panutan masyarakat {blogger} bandung he he he …

    *siap2 menjadi bupati sukabumi selatan/barat 5 tahun y.a.d*

  9. adinoto Says:

    # abah oryza Says:
    November 18th, 2007 at 1:28 pm

    aa noto, kan dah dibilang kata om JaF, kampanye yang bagus, jangan cuman di posting, tuh bikin workshop ngeblog bagi orang bandung dengan sponsor utama aa nata, terus cari funding untuk memasyarakatkan internet dan blog bagi warga bandung secara murah bahkan gratis, baru bisa jadi walikota panutan masyarakat {blogger} bandung he he he …

    *siap2 menjadi bupati sukabumi selatan/barat 5 tahun y.a.d*

    => Tunggu tanggal mainnya bossss… cari dukungan rekan-rekan dahulu di sini 😀 Sudah ada di masterplannya kok. Tenang aja 😀

  10. adinoto Says:

    # fisto Says:
    November 18th, 2007 at 1:08 pm

    Aa, syarat jadi walikota bandung harus minimal sudah 30 tahun jadi warga kota bandung… :p

    => Jangan atuh. Yang penting komitmen dan pemahamannya terhadap wawasan dan kawasan kan. Meni lila lila teuing mengerti daerah kudu 30 tahun. Eta mah lelet namina. 😀

  11. adinoto Says:

    # sueng Says:
    November 18th, 2007 at 12:37 pm

    Nanti kalau jadi walikota , tarik polisi sama jaksa dibawah walikota kayak di pilem-pilem holiwut, biar bandung bersih hehehe

    => Hahahaa kebanyakan nonton pilem ini kang Sueng… film nu mana nyak kang? 😀 bukan Beverly Hill Cop kan? 😛 *ngacirrr

  12. adinoto Says:

    # starchie Says:
    November 18th, 2007 at 11:57 am

    #1 masih untung batere mas amal * nyiapin kabel listrik *

    => Yang dibutuhkan warga itu diluar pangan dan papan dan pendidikan adalah: api, dan penerangan. Nah itu aja pemerintah ga bisa sediain. Kalo kita kasih api (listrik) dan buat masak dan penerangan gratis komplain ga ya PLN?

  13. adinoto Says:

    => Jangan atuh. Yang penting komitmen dan pemahamannya terhadap wawasan dan kawasan kan. Meni lila lila teuing mengerti daerah kudu 30 tahun. Eta mah lelet namina. 😀

    Ada yang minta translate: Starchie namanya… Lila lila teuing = lama-lama banget… bukan Layla nya si Eric Clapton ya 😀

  14. Dede Somantri Says:

    “”Nah sekarang tinggal bagaimana kita bisa menjadikan tempat tinggal kita ini merupakan tempat yang baik dan layak untuk mencari penghidupan yang layak, membangun masyarakat kecil dan UKM, menyumbangkan sedikit pemikiran buat masyarakat yang belum beruntung memiliki akses ke informasi, teknologi, dan pemasaran sederhana, sekaligus menjadikan tempat untuk kita semua membangun sebagai kota yang baik untuk mendidik anak dan keluarga””

    simkuring salaku rahayat leutik, ngantosan pisan buktos nyata tina tekat AA Nata saparakanca nu kagungan niat luhung bade ngabebenah ieu wewengkon.

    diantosan pisan buktos na

  15. JaF Says:

    makin banyak blogger yang nyalonin diri neh… tuh juragan vavai juga nyalonin jadi walikota bekasi kekekekk..

    Yah, saya mah dukung wae lahhh! 🙂

  16. landy Says:

    Siapkah anda semua terpanggil untuk membangun kota yang anda cintai ini? SIAP

  17. adinoto Says:

    # JaF Says:
    November 18th, 2007 at 3:14 pm

    makin banyak blogger yang nyalonin diri neh… tuh juragan vavai juga nyalonin jadi walikota bekasi kekekekk..

    Yah, saya mah dukung wae lahhh! 🙂

    => Bwakakakaka… sekemmm… boss vavai terinspirasi Aa Nata kali kang 😀 kekekee… btw, sampeyan katepe bekasih sih… hayah, kurang dukungan satu 😀

  18. adinoto Says:

    Dede Somantri said:
    simkuring salaku rahayat leutik, ngantosan pisan buktos nyata tina tekat AA Nata saparakanca nu kagungan niat luhung bade ngabebenah ieu wewengkon.

    diantosan pisan buktos na

    => Insya Allah kang, nyuhunkeun dukungana. Upami teu kabuktosan, mangga ditampi demona, digusur we Aa Nata ku buldoser A’ 😀 Nyuhunkeun doa restu ti para wargi sadayana.

  19. adinoto Says:

    # landy Says:
    November 18th, 2007 at 3:34 pm e

    Siapkah anda semua terpanggil untuk membangun kota yang anda cintai ini? SIAP

    => Hatur nuhun kang! karya dan kontribusina tangtos diperyogikeun!

  20. Cecep Says:

    pantesan pas sabtu kamari loba motor minuhan jalan-jalan sabudeureun gasibu. ari sugan teh genk motor nu keur konvoy hehe

    karek ge 3 taun ninggalkeun bandung, geus poho tanggalan ulang taun bandung. duh!

  21. yudiwbs Says:

    Sebagai warga Bandung, dan tampaknya akan lama disini saya dukung deh. Bandung tidak seideal dulu lagi untuk tempat tinggal. Walaupun untuk sekarang masih lebih menarik dari Jkt hehe. Tapi apa yang mau dilakukan ya?

    Bisa dicontoh kota Palembang, sejak ganti walikota sepertinya perkembangannya bagus. Kota lebih bersih, sungai musi dipulihkan (walaupun belum sempurna). Katanya sih karena dia orang PU.

  22. Niwatori Says:

    Kemaren pas bubaran seminar FOSS for Industi Kreatif Bandung di Bandungcomtech.. setelah diskusi seru soal jalanan dan sistem transportasi bandung, jurkam iDham Soemantri juga kampanye soal aa Nata kekeke. Plus skem batre tentunya…

  23. adinoto Says:

    # yudiwbs Says:
    November 18th, 2007 at 11:01 pm e

    Sebagai warga Bandung, dan tampaknya akan lama disini saya dukung deh. Bandung tidak seideal dulu lagi untuk tempat tinggal. Walaupun untuk sekarang masih lebih menarik dari Jkt hehe. Tapi apa yang mau dilakukan ya?

    Bisa dicontoh kota Palembang, sejak ganti walikota sepertinya perkembangannya bagus. Kota lebih bersih, sungai musi dipulihkan (walaupun belum sempurna). Katanya sih karena dia orang PU.

    => Iya Pak Syahrial Oesman, sekarang beliau gubernur sumatera selatan. Saya tahu bahwa beliau orang PU pada saat masih menjabat walikota dari om saya yang kebetulan rekan sekerja di PU (Kimpraswil).

    Soal program kerja saya akan share di internet di forum terpisah Kang. Justru itu menariknya dunia internet ini kan, penuh interaksi dengan rekan-rekan semua. Judulnya juga mari kita membangun bersama kok.

  24. adinoto Says:

    # Cecep Says:
    November 18th, 2007 at 11:00 pm e

    pantesan pas sabtu kamari loba motor minuhan jalan-jalan sabudeureun gasibu. ari sugan teh genk motor nu keur konvoy hehe

    karek ge 3 taun ninggalkeun bandung, geus poho tanggalan ulang taun bandung. duh!

    => Wah maknyak genk motor kekekee… kamari mah perayaan puncak ultah bandung kang, Bandung Blossom. Ultahna we aslina 25 September… (Heran nyak naha perayaan puncaknana malah 17 November? Tanyakeunapa 😀

    Iraha balik kang? 😀

  25. adinoto Says:

    # Niwatori Says:
    November 19th, 2007 at 1:11 am e

    Kemaren pas bubaran seminar FOSS for Industi Kreatif Bandung di Bandungcomtech.. setelah diskusi seru soal jalanan dan sistem transportasi bandung, jurkam iDham Soemantri juga kampanye soal aa Nata kekeke. Plus skem batre tentunya…

    => Hahahaa… jurkam 😀 kekekee… jurkam batere sekaligus cawalkot ya Adham sekarang kekekekee… 😀

  26. Pandji Gotama Says:

    Aa Nata, emangnya ulang tahun Kota Bandung sebetulnya tanggal berapa?

    [ quiz untuk calon Walikota Bandung :p ]

  27. adinoto Says:

    # Pandji Gotama Says:
    November 19th, 2007 at 9:33 am e

    Aa Nata, emangnya ulang tahun Kota Bandung sebetulnya tanggal berapa?

    [ quiz untuk calon Walikota Bandung :p ]

    Jawab:
    25 September kang! 😀 Bener ga? 😀

  28. Pandji Gotama Says:

    sorry, pertanyaan gw yg salah 😀

    seharusnya: “emangnya ulang tahun Kota Bandung sebelumnya dirayakan tanggal berapa?”

    fyi, ulang tahun Kota Bandung menjadi 25 September baru ditetapkan tahun 90-an (tahun berapa ya? 😕 )

    satu lagi. tahun2 depan kalo mo liat acara-nya jangan di gasibu. liat di jalan merdeka atau di tegallega. lebih rame…

    [eh, kayaknya tahun depan Aa Nata akan nonton dari panggung di pinggir jalan merdeka ya… 😉
    ]

  29. matahati Says:

    Mas..kog jago banget ngomong sunda? Sampeyan layak dadi walikota. Wis talah, ndang dicak ke. Ayook lah kampanye di darat. Pugeel moco postingan terus..:))

  30. Aa Nata Says:

    # adinoto Says:
    November 18th, 2007 at 4:29 pm

    Dede Somantri said:
    simkuring salaku rahayat leutik, ngantosan pisan buktos nyata tina tekat AA Nata saparakanca nu kagungan niat luhung bade ngabebenah ieu wewengkon.

    diantosan pisan buktos na

    => Insya Allah kang, nyuhunkeun dukungana. Upami teu kabuktosan, mangga ditampi demona, digusur we Aa Nata ku buldoser A’ 😀 Nyuhunkeun doa restu ti para wargi sadayana.

    Kang punten aya nu nteu ngarti bahasa Sunda barusan ngebuzz kudu diteranselet ceunah bwakakka:

    “Saya selaku orang kecil, nunggu bukti nyatanya aja dengan tekat Aa Nata dan teman-teman yang punya niat luhur mau memperbaiki kota tercinta ini”

    Jawab:
    “Insya Allah kang, mohon doa restu saja. Kalo ga kebukti, silahkan saja Aa Nata didemo pake buldoser. Mohon doa restu para warga semuanya”.

  31. adinoto Says:

    # matahati Says:
    November 19th, 2007 at 11:31 am

    Mas..kog jago banget ngomong sunda? Sampeyan layak dadi walikota. Wis talah, ndang dicak ke. Ayook lah kampanye di darat. Pugeel moco postingan terus..:))

    => Bwakakaka… jadi gimana nih aturan Mahkamah Institusi soal Calon Independence? Nanti disekem kayak Sarwono lagi…. cabbeeee deeee 😀

  32. Selamat Ulang Tahun Bandung! — Bandung Says:

    […] blognya Adinoto, saya tahu kalau Bandung baru saja berulang-tahun. Met ulang tahun deh. Bandung adalah kota dengan seribu satu history. Kota tempat peristirahatan […]

  33. Dede Somantri Says:

    Sae atuh upami kitu mah Aa, abdi sadaya bade ngaleut ngeungkeuy ngabandaleut ngeumbat-ngeumbat nyatang pinang seja ngarojong ka sing saha nu kagungan niat mulia nu disarengan ku kaahlian nu tohaga ti komunitas IT Bandung.

    Bral geura miang ka kurusetra nu teu kedah banjir geutih alatan palid ti awak musuh, Amin.

  34. willy Says:

    waduh..abdi salaku orang bandung anu ti dayeuh, satuju pisan!!teu aya deui kota saendah Bandung mah!!!! tapi kumaha deui..milarian pidamelan hararese janten we keudah milarian di Jakarta..mun pak Adinoto butuh mah, saya siap lah pindah..huahahahaha..sukses ah a janten calon walikotana.

  35. bangsari Says:

    jangan lupa kalo jadi walikota, ternak kambing digalakkan. 😀

  36. Syarif Says:

    Punten….abdi satuju bandung emeng ma yosssss…..

  37. aldi Says:

    adakah punya contoh acara yang seru untuk ultah kantor saya? dari tahun ke tahun monoton bikin karyawan gak bersemangat. thanks.

  38. adinoto Says:

    # aldi Says:
    May 2nd, 2008 at 9:27 am e

    adakah punya contoh acara yang seru untuk ultah kantor saya? dari tahun ke tahun monoton bikin karyawan gak bersemangat. thanks.

    => Hehehe kumaha lamun (kalo) kayak ini A’:
    http://adinoto.org/?p=270

    Dijamin seru 😀

    Halal Bil Halal Id-Apple

    http://adinoto.org/?p=276

  39. Wedding Planning - WeddingStartnet Says:

    Most things connected, By simply looking?Placing their advertisements, Once enough links.Vivacious role in, provide geo mapping.Inch a month Wedding Planning – WeddingStartnet, top-management through the Mevacor and Zocor.That mns com, other purpose than.,

  40. Bandung Yes Says:

    Selamat ulang tahun Kota Bandung.. Tetap jaya

  41. Геннадий Says:

    Хм… что-то у меня ссылка не открывается, которую указали. Это у всех так?

  42. Родион Кузьмин Says:

    Да… Мне действительно близка обсуждаемая тема! Даже грустно как-то 🙁

  43. Nining Says:

    Selamat ulang tahun, yang penting happy….:grin:

Leave a Reply

WP Theme & Icons by N.Design Studio
Entries RSS Comments RSS Log in