Pat Gulipat Persoalan Subisidi BBM

Social Add comments

Pagi-pagi disuguhin buzz oleh seorang rekan mengenai tulisan Pak Kwik. Secara pribadi saya angkat topi sama Pak Kwik ini. Orangnya lurus, analisanya top (biar kata S1 juga beliau, rasanya S3 yang pada narsis doang bisanya harusnya malu deh sana minggir) *punten pisan Pak Kwik, ternyata Pak Kwik emang sangking ga narsisnya saya baru tau kalo ybs S3 Erasmus, Rotterdam, punten pak– sayang dulu bossnya sekemer, jadi aja kena sekem Pak Kwik. Beberapa kali suguhan tulisan soal minyak beliau mengena dihati kecil gua. Secara gua dibesarkan dilingkungan minyak dari oek-oek makanya ada beberapa fakta yang bikin gua gatel ga pernah bisa share.

Indonesia itu kaya man. Secara total produksi satu hari aja menghasilkan 1 juta barel. Brunei, negara jiran kita yang cuma segede uprit itu menghasilkan 100rb barel sudah bisa sebegitu tajirnya. Memang ga bisa disamakan dengan “Lord given” spots seperti di negara-negara arab yang misalnya Irak dan Iran yang masing-masing menghasilkan 3 juta barel per hari (Irak setelah perang tinggal ~1 juta barel perhari, tau kan kenapa Om Bush demen banget ma tu dua negara?), ato lebih serem lagi Saudi Arabia menghasilkan 8,5 juta barel per hari. Amerika? Halah negeri satu itu dari bacaan di majalah dulu, katanya Amerika nusuk bumi 100 kali baru keluar 1, Arab nusuk 1 keluar tiga (hahahaa).

Btw, emang soal minyak itu urusan strategis. Strategis buat para pemimpin? Ato harusnya strategis buat para rakyat? Lah secara jaman informasi begini, kalo masih mau menjabat juga niatnya buat kaya mending mundur aja deh bosss, udah kagak jaman kan situ menjabat paling juga 5 tahun. Nah rakyat ini udah 50 tahun masih begini-begini aja kasimannn dongggg. Masih mending jadi kasim di negeri onta kayak beberapa rekan gua yang pilih jadi TKI jadi-jadian “setengah blue collar” kali disana.

Again, dengan 1 juta barrel apa yang bisa dilakukan negeri ini. Banyak. 1 juta barrel = 1.000.000 barrel x 100 dollar per barrel = 1.000.000 x 100 x 9.450 = 945 Milyar per hari. Secara komen di posting sebelumnya kalo Pertamina punya biaya produksi 24 dollar/barel cukup bikin otak gua jongkok *quote darimana tuh Ded? Lah dahulu setahu gua PT. CPI (Chevron) punya biaya produksi paling murah yaitu sekitar 4 dollar per barrel, Pertamina 8 dollar per barrel. Tapi kalo gas lebih efisien lagi sekitar 1 dollar per ekuivalen barrel. Lah duit 945 Milyar perhari bisa diapain aja?

1. Bisa buat beli buy-back Indosat dan Telkomsel. Nah butuh berapa hari sih kalo cuma beli perusahaan telekomunikasi begitu? Kalo katanya Telkomsel dijual 50 Trilyun, lah cuma puoso dua bulan kebeli kok.

2. Bikin pendidikan yang bener di negeri ini. Legenda minyak dan emas di negeri ini sudah jadi rahasia umum buat para pemerhati/terlibat. Cuma jadi urutan hati doang. Ngenes. Lah kalo 200 juta penduduk dikemanain? Yah disuguhin gaplek aja sebagai pengganti nasi. Mupeng gua pengen nabok.

3. Bikin infrastruktur transportasi yang bener. Dari Sabang sampe Marauke paling demen proyek tambal sulam. Hari ini jalanan kinclong, eh ga lebih hasil proyek ulang tayang ngelapis aspal buat lebaran. Hayah. Lapis 2-3cm ya brojol lagi dong bossss. Apa susahnya bikin jalan yang sekalian lebar, bener, balegg (sunda), dan transportasi seperti di Europe, Cina yang udah mulai gelar kereta cepat lintas eropa dan motong Tibet, ngalah2in (but respetable) Shinkansen nya Jepang.

4. Bikin apa lagi hayooo? Males banget. Lu pikirin sendiri deh! Secara sekolah aja udah kemana-mana mikir ndiri bisa kan?

Nah 1-4 gmana caranya jalan? Kagak bisa boss kalo model beginian disini. Temen tadi bilang, mungkin seorang Mao bisa mengubah China, tapi seorang Noto, bisa apa? Paling banter gua koar sekem dikit pagi-pagi sambil nunggu panggilan batere kan? 😀 … Jaman Mbah Harto, masih ada orang-orang baleggg kayak Boss Kwik, Pak Marie Muhamad (kemana nih orang ya? Pakkk kalo ke Bandung aku traktir opo sak karepmu Pak!), Pak Fuad Hassan. Nah tapi gimana cara kalo para pembantu kabinet ini sudah bener, tapi secara keseluruhan birokrasi sampe ke level RT pada bobrok? Ya cuma satu kayaknya dah. Tangan besi! Kalo gua sih pilih negara ini dipilih sama tangan besi yang bener ketimbang kondisi bener-bener ga bener seperti sekarang.

Jadi gmana soal bensin Premium yang katanya disubsidi itu mau ditarik? Hahaha… lucu banget, produsen minyak kok bilang mensubsidi rakyat. Kadang-kadang geli dengernya lama-lama kayak denger “Eh lu gua subsidi ya, padahal untung” hehehe bilang aja ga rela “ngejual ke rakyat” karena masih laku diluar negeri dengan harga tinggi. Hehehe… negeri yang aneh. Coba aja pemimpin kita kayak Hugo Chavez ato Evo Morales. Biar kata cuma kalah 2 persen untuk vote pembatasaan undang-undang masa jabatan Presiden tidak terbatas, tapi gua angkat topi sama bos Hugo!

42 Responses to “Pat Gulipat Persoalan Subisidi BBM”

  1. idarmadi Says:

    pertamax 90 (coming soon March 2008)

  2. idarmadi Says:

    “subsidi” emang hal yang kelihatannya simple, tapi abstrak banget.

    Analoginya, gw punya kebon kangkung. Gw panggil orang untuk metik kangkung. Karena gw engak bisa ngolah, gw panggil orang untuk masak kangkung juga. Nah, anak gw laper, bini gw minta kangkung cah terasi ke gw. Gw kasih kangkung cah terasinya ke bini gw, tapi harus potong uang belanja Rp.3000,- (ongkos metik dan ongkos masak). Trus gw bilang, Nyak ini kangkung sudah saya subsidi Rp.12.000,- karena harga pasaran kangkung cah terasi di restoran Rp.15.000,-
    Nah subsidi Rp.13.000,- ini akan saya potong dari anggaran belanja bulan depan.

    Cmiww…

    Buat saya ini twisted logic. (Tapi kalo istri saya setuju, saya sih seneng2 ajah…. 🙂 tapi sayangnya, istri saya ndak bodoh….. 🙁 )

  3. adinoto Says:

    to Indarmin:
    Hahahaha top tuh patgulipat perumpamaannya boss 😛 Nah masalahnya kalo pat gulipat rakyat dia kira semua bisa disekem sama kalimat subsidi gmana dunks boss? 😀

  4. Vavai Says:

    Wuah, postingan mantep nih boss. Postingan kemarin juga top markotop. Orang kita itu udah nggak mempan disindir-sindir, mendingan sekalian njeplak aza 😀

    Vote buat Aa Noto. Setuju 100%.

  5. rendy Says:

    harusnya yang disubsidi itu orang orang yg ga mampu beli batere boss
    kalo bensin kan semua orang mampu beli, buktinya mobil banyak beredar

  6. sueng Says:

    kalau rakyat beli minyak lebih murah dari harga pasar dunia artinya opportunity lost A’ , maklum kapitalis semua pemerintahnya

  7. S a k t i Says:

    wew… manteb ulasannya kang…

  8. jack popo Says:

    setuju pak Idarmadi, tapi dengan catatan kalo pasal 33 UUD45 bener2 dilaksanakan.
    curiga pemerintah sekarang agak kurang bisa membedakan pemerintah dan negara.Jangan2 kekayaan alam dikuasai negara diterjemahkan dikuasai pemerintah.(negara = wilayah+rakyat+pemerintah)

  9. jim Says:

    kalo baca review mobil baru bermesin besar di harian kompas, katanya kalo mampu beli mobil mahal gak boleh mikirin bbm … hahahahha

  10. fisto Says:

    biaya produksi sekarang emang lebih mahal sih, kang…apalagi klo lapangannya makin mature…kayak di minas, misalnya…
    ya tapi tetep sih, sehari Indonesia tuh bisa menghasilkan 1 trilyun dari minyak doang…berarti kan sebenernya negara ini emang kayaaa….tapi kemana tuh duittttt…

  11. Fariq Says:

    hayyaaaa duitnya dipake buat bayar utang…. tepatnya bayar bunga utang.
    Bodohnya pemerintah kita aja.
    dikasih utang kertas (uang).. eh dibayarnya pake minyak, n sumber daya alam lainnya.
    padahal kalo utangnya kertas dibayar pake kertas lagi aja 🙂 adil dan setara hehehehe

    ****mau itu dollar, euro, yen, rupiah tetep aja kertas2 keneh (money is the most overpriced product on earth)********

  12. idarmadi Says:

    @ #8 :

    Memang mas Jack Popo, menurut pasal 33 sih segala sumber daya alam yang berhubungan dengan rakyat banyak dikuasai negara dan digunakan untuk kepentingan rakyat banyak.

    Pasal ini sebenarnya diterapkan kok oleh para penguasa incumbent. Coba tanya para penguasa negara ini, saking cintanya dengan negara ini, negara seakan sudah punya dewenya saja. Jadi kalau negara = milik dia, berarti segala sumber daya alam milik dia. Dan digunakan untuk kepentingan keluarga dan konco2nya… (mereka khan rakyat juga…. dan banyak lho kroni2, keluarga, dan konco2nya.. ) 🙂

  13. IMW Says:

    Buat Vavai, batnoto memang lagi mo nyindir, tapi siapa yg disindir tanya aja sendiri ama juragan batere heheheheheh auk ah.. Buat juragan batere : setahu gua pak Kwik itu S3 di Rotterdam, tapi tidak narsis jadi jarang diumbar tuh gelar Doktornya 🙂

  14. Chickenstrip 49: Pertamax « Comicstrip, Linux, Ruby and Chicken’s Life. Says:

    […] comicstrip, pertamax Yo wis setuju kendaraan pribadi dipertamax-in deh (pake deh loh yah, karena soal minyak emang ga jelas). Tapi lebih setuju lagi kalau biofuel diseriusin dan dimasyarakatkan… dan comment-comment […]

  15. ndaru a.k.a starchie Says:

    #13, bener bli!

    KKG ambil tingkat persiapan di Fakultas Ekonomi UI, Jakarta (1956). Baru kemudian lanjut ke Nederlandsche Economische Hogeschool — kini Erasmus Universiteit — di Rotterdam

  16. adinoto Says:

    # sueng Says:
    December 6th, 2007 at 11:23 am e

    kalau rakyat beli minyak lebih murah dari harga pasar dunia artinya opportunity lost A’ , maklum kapitalis semua pemerintahnya

    => Kalo gua pemerintah yang jelas situ orang nomer satu usaha kecil swallow yang bakal gua modalin buat PS3 buat ngoprek SIMD 😛 kekekeke…

  17. adinoto Says:

    # S a k t i Says:
    December 6th, 2007 at 11:36 am e
    wew… manteb ulasannya kang…

    => Hatur nuhun 🙂 damang ti na Semarang?

  18. adinoto Says:

    # jim Says:
    December 6th, 2007 at 1:21 pm e
    kalo baca review mobil baru bermesin besar di harian kompas, katanya kalo mampu beli mobil mahal gak boleh mikirin bbm … hahahahha

    => Betol. Kita ga ngomongin “the have” nya Indonesia. Tapi ngomongin rakyat pak! 😀

  19. adinoto Says:

    # fisto Says:
    December 6th, 2007 at 1:57 pm e

    biaya produksi sekarang emang lebih mahal sih, kang…apalagi klo lapangannya makin mature…kayak di minas, misalnya…
    ya tapi tetep sih, sehari Indonesia tuh bisa menghasilkan 1 trilyun dari minyak doang…berarti kan sebenernya negara ini emang kayaaa….tapi kemana tuh duittttt…

    => Heheheh tapi kalo 24 dollar sih kiss my ass aja! 😀 bull shit lah hehehee 😀

  20. adinoto Says:

    # Fariq Says:
    December 6th, 2007 at 4:14 pm e

    hayyaaaa duitnya dipake buat bayar utang…. tepatnya bayar bunga utang.
    Bodohnya pemerintah kita aja.
    dikasih utang kertas (uang).. eh dibayarnya pake minyak, n sumber daya alam lainnya.
    padahal kalo utangnya kertas dibayar pake kertas lagi aja 🙂 adil dan setara hehehehe

    ****mau itu dollar, euro, yen, rupiah tetep aja kertas2 keneh (money is the most overpriced product on earth)********

    => Terus mau pake mata uang Emas dari Freeport? Silahkan dan buktikan kalo mampu! Saya dukung asal jangan nyekem aja ya 😀

  21. adinoto Says:

    # jack popo Says:
    December 6th, 2007 at 12:12 pm e

    setuju pak Idarmadi, tapi dengan catatan kalo pasal 33 UUD45 bener2 dilaksanakan.
    curiga pemerintah sekarang agak kurang bisa membedakan pemerintah dan negara.Jangan2 kekayaan alam dikuasai negara diterjemahkan dikuasai pemerintah.(negara = wilayah+rakyat+pemerintah)

    => Gua curiga malah pejabat sekarang sudah ga ada yang hafal UUD45 kecuali dipake buat nyekem doang. 😀 Dulu secara SD/SMP kita dipaksa hafal! gua termasuk hafal dulu pasal 27 sampe 36. Soalnya halaman yang ada 1 sampe 27 nya ga tau kemana dulu wakakakka 😀

  22. adinoto Says:

    # IMW Says:
    December 6th, 2007 at 8:01 pm e

    Buat Vavai, batnoto memang lagi mo nyindir, tapi siapa yg disindir tanya aja sendiri ama juragan batere heheheheheh auk ah.. Buat juragan batere : setahu gua pak Kwik itu S3 di Rotterdam, tapi tidak narsis jadi jarang diumbar tuh gelar Doktornya 🙂

    => Iya bli. Hatur nuhun pisan. Dikepala gua kok jadi tiba-tiba ga inget Professornya, tapi jaman dulu S1 juga bisa jadi Professor kalo outstanding. Sampe lupa beliau salah satu doktor (yang gua bilang teruji) ga cuma jualan gelar doang. Vivat Pak Kwik! You have my salute! Kalo ke Bandung mau traktir batagor yang banyak telpon saya pak, saya bungkusin! 😀

  23. Romi Says:

    Buat mindahin (Pusat Pemerintahan) Jakarta aja – nyontek Myanmar – udah mo kelelep tuh!
    Sisanya buat saya, mo bikin pabrik batere, Ntar ente saya kasih diskon spesial wakakaka…

  24. Adrian 'SpHyRnA' Istani Says:

    woooooooo.. baru pertama kali masuk ne blog tapi langsung bilang “woow keren”.. mantap om postingan2nya.. demen banget g.. apalagi yang ttg mac.. ayo dong post lagi dapat banyak ilmu ne :>

    halah2.. biaya produksi per barel mungkin realnya 20an dollar / barel.. tapi biaya ‘plus2nya’ itu berapa ya @_@…

    buat orang luar.. welcome to indonesia 🙂

  25. Jauhari Says:

    Setuju Cak Noto… mantep mantep.. salut markalut 😉

  26. adinoto Says:

    # Romi Says:
    December 7th, 2007 at 2:28 am e
    Buat mindahin (Pusat Pemerintahan) Jakarta aja – nyontek Myanmar – udah mo kelelep tuh!
    Sisanya buat saya, mo bikin pabrik batere, Ntar ente saya kasih diskon spesial wakakaka…

    => Wakakakaa ato gmana caranya bikin getek pake batere boss, secara apa perlu sumbangan dari para warga Bandung? Kasian euy liat Jakarta tenggelam duluan kekekeke 😛

  27. adinoto Says:

    # Adrian ‘SpHyRnA’ Istani Says:
    December 7th, 2007 at 3:23 am e
    woooooooo.. baru pertama kali masuk ne blog tapi langsung bilang “woow keren”.. mantap om postingan2nya.. demen banget g.. apalagi yang ttg mac.. ayo dong post lagi dapat banyak ilmu ne :>

    halah2.. biaya produksi per barel mungkin realnya 20an dollar / barel.. tapi biaya ‘plus2nya’ itu berapa ya @_@…

    buat orang luar.. welcome to indonesia 🙂

    => Hhehe Thanks. Posting mac kalo lagi iseng jalan terus kok. Cuma posting negara juga penting. Biaya produksi per barel 20 dollar sih kata saya udah sakit perusahaannya kalo saya Board of Commissioner udah aku tarik aja duitnya dari sana dan suruh jualan pecel lele aja. 😀

  28. adinoto Says:

    # Jauhari Says:
    December 7th, 2007 at 5:19 am
    Setuju Cak Noto… mantep mantep.. salut markalut 😉

    => Seeep cak! Salam perjuangan! 🙂

  29. Hedi Says:

    gue percaya itung2an di atas, bos…tapi ada beberapa hal yg gue pingin tahu.
    Apa bener kita yang produksi 1 juta barrel per hari tapi ga punya pengilangan bahan mentah menjadi material siap pakai (refinery)? Soalnya, singapura ga punya sumur minyak (setahu gue) justru punya 4 kilang pengolahan.

    Kemudian, produksi minyak mentah hingga siap pakai seluruhnya pake komponen dollar. sementara saat dijual di dalam negeri kita bayar pake rupiah plus subsidi pula, padahal dari dalam negeri lah konsumsi terbesar produk minyak kita.

    CMIIW

  30. Zhar Aditya Says:

    Nah, inilah yang dari dulu diomongin ama anak FEUI tapi gak pernah bisa nyampe ke kuping pejabat…

    Lah, wong kita produksi minyak….
    Dari source yang kita dapet juga produksi premium itu cuma 700 perak dijual 4000…berarti pemerintah masih untung 3300 perak toh?…Lah, kok itu bilang subsidi???

    Mentang2 seakan2 ada duit yang kluar di cost accounting…bukan berarti cash flownya juga mengalir kluar toh?…Kacaw emang ini negara…gue dah bingung dah harus gimana lagi ngerubah (ngebuka) mata higher ups nih bro…

    Ada saran???
    Kalo kita ngomong kecil2 begini seh kagak bakal pernah nyampe kuping higher ups

  31. adinoto Says:

    # Hedi Says:
    December 7th, 2007 at 9:46 am e
    gue percaya itung2an di atas, bos…tapi ada beberapa hal yg gue pingin tahu.
    Apa bener kita yang produksi 1 juta barrel per hari tapi ga punya pengilangan bahan mentah menjadi material siap pakai (refinery)? Soalnya, singapura ga punya sumur minyak (setahu gue) justru punya 4 kilang pengolahan.

    Kemudian, produksi minyak mentah hingga siap pakai seluruhnya pake komponen dollar. sementara saat dijual di dalam negeri kita bayar pake rupiah plus subsidi pula, padahal dari dalam negeri lah konsumsi terbesar produk minyak kita.

    CMIIW

    => Teliti si boss.. hehehe Betooooll bosss, secara kita ga punya kilang pengolangan (refinery) sama sekali, jadi semua dikirim lewat tanker-tanker ke Amerika dulu kekekeke… nanti udah jadi, dibeli mahal pula sama kita. Transparansinya? kagak ada dah, tau kenapa tanyakeunapa? hehehee dulu pernah gua bahas kalo tadinya jaman gua kecil liat di Dumai peresmian Kilang Minyak Putri Tujuh, tapi teuing (ga tau dah) kenapa ga sekalian pengolahan total. Putri Tujuh ngilangin apa aja, wah ga tau, mungkin perlu dibukakan ke publik.

    Pernah liat kapal tanker segede gaban boss? Coba main ke Dumai, jaman kecil gua suka liat Tanker2 gaban itu berbendera apa saja. Dulu mid 80an malah pernah tau peresmian pengapalan yang ke 20.000 unit ke kapal tanker2 tersebut, sekarang? Mungkin udah ratusan ribu dah. Kali sekian kali sekian, wah pak Menteri yang tau deh. Ga ikutan.

  32. adinoto Says:

    # Zhar Aditya Says:
    December 7th, 2007 at 10:38 am e
    Nah, inilah yang dari dulu diomongin ama anak FEUI tapi gak pernah bisa nyampe ke kuping pejabat…

    Lah, wong kita produksi minyak….
    Dari source yang kita dapet juga produksi premium itu cuma 700 perak dijual 4000…berarti pemerintah masih untung 3300 perak toh?…Lah, kok itu bilang subsidi???

    Mentang2 seakan2 ada duit yang kluar di cost accounting…bukan berarti cash flownya juga mengalir kluar toh?…Kacaw emang ini negara…gue dah bingung dah harus gimana lagi ngerubah (ngebuka) mata higher ups nih bro…

    Ada saran???
    Kalo kita ngomong kecil2 begini seh kagak bakal pernah nyampe kuping higher ups

    => Hehehe saran? Ya ga bisa apa-apa kaleee bro. Paling banter bikin panas kuping penguasa negeri ini biar rada melek. Kalo ga bisa denger juga mungkin masuk golongan budek. Nah minimal tapi bisa sharing ke masyarakat. Toh ga semua masyarakat golongan elo boss bisa akses internet. Masyarakat awam masih disodorin tiwul gitu loh. Boro-boro tau cost accounting 😀

    Paling merana melihat masyarakat Riau asli, Suku Sakai. Jalan sih tiap hari diatas pipa minyak tersebut, ga tau yang dipijekin itu tulang punggung negara. Riau sebelum pecahnya Timor-timor merupakan daerah paling rendah pendapatan perkapitanya no.2 (Sekarang berarti no.1?) dan kualitas SDMnya rendah sekali dibandingkan dengan daerah lain. Jangan dibandingkan dengan pendatang disana ya. Itu sih kagak bisa dijadikan sampling. Kagak cucok!

  33. Zhar Aditya Says:

    baru baca yang punya kwik…
    beda dikit ama source yang anak FEUI dapet yah…tapi kurang lebih segitu lah harga produksi premium bensin dari pertamina….

    Gue seh dah gak bisa ngarep lagi pemerintah mo nurunin harga bensin…
    Gue cuma ngarep orang indonesia jadi lebih ulet gara2 dipaksa bekerja keras, duit minyak gak dikorupsi dan sebagainya….

  34. andriansah Says:

    emang dari dulu pertamina sudah begini.

  35. Eep Says:

    Adinoto said:
    Pagi-pagi disuguhin buzz oleh seorang rekan mengenai tulisan Pak Kwik. Secara pribadi saya angkat topi sama Pak Kwik ini. Orangnya lurus, analisanya top (biar kata S1 juga beliau, rasanya S3 yang pada narsis doang bisanya harusnya malu deh sana minggir)

    wakakaka…., gw setuju banget sama yang ini.. hihihihih
    ttttooopppp

  36. iBoy Says:

    Top tulisannya boss..
    Yang saya bingung setau saya di koran beberapa waktu yang lalu Pertamina ngaku untung Rp 5T perbulan karena lonjakan harga minyak, tapi duitnya itu kemana yaaa..

    Trus berkaitan dengan kenaikan, saya ga sepakat bahwa yang punya mobil pribadi khususnya yang masih ber-BBM premium itu orang-orang yang mampu karena kebanyakan yang berBBM premium adalah mobil-mobil produksi lama, mereka cuma orang yang tidak kuat naik angkutan umum karena ketidaknyamanannya dan untuk itu mereka berani bayar cost lebih biar lebih nyaman, kalau seandainya pemerintah mampu menyediakan transportasi umum yang manusiawi, saya kira mereka akan meninggalkan mobil pribadi. Pemerintah berkoar memangkas subsidi, sekarang cariin dulu dong solusi buat mereka agar bisa beralih ke moda transportasi umum yang layak. Coba duit yang 5T itu dibangunin transportasi umum, dijamin jakarta dalam waktu singkat punya MRT.

    Berarti sama dengan tulisan sebelumnya Boss tentang motor, selama transportasi umum belum dibenahi, semua masalah akan tetap muncul dan pasti yang paling dirugikan rakyat juga.. (ga ada dikotomi rakyat kecil-orang kaya, pemerintah selalu berlindung dibawah slogan demi rakyat kecil, hmmm basiii..) ^^

  37. adinoto Says:

    iBoy Says:
    December 10th, 2007 at 8:06 am e

    Top tulisannya boss..
    Yang saya bingung setau saya di koran beberapa waktu yang lalu Pertamina ngaku untung Rp 5T perbulan karena lonjakan harga minyak, tapi duitnya itu kemana yaaa..

    => Tidak ada transparansi pengelolaan aset negara disini. Bahkan diaudit oleh konsultan internasional, tapi statement-statement yang ada terkesan merupakan jawaban-jawaban yang cuma buat “memuaskan dahaga publik”. Apalagi kalo jeli mendengarkan statemen pejabat-pejabat terkait. Tidak sinkron.

  38. tonino Says:

    tolong diperbanyk info teknologinya

  39. hanief Says:

    subsidi….

    sebagai seorang liberal
    menurut saya dicabut saja ya…:
    biarkan pasar yang menentukan harga

    sebagai seorang ekonom yang baik:
    pencabutan itu sebaiknya proporsional….
    harus melihat banyak sisinya

  40. Tulus TS Says:

    Saya baru lihat blog ini. Sedih juga teman2 tertipu oleh nama besar Kwik. Dulu sayapun kagum & respek thd Kwik tapi sekarang tidak lagi. Sayang sekali sepertinya kejujuran beliau sekarang sudah dikotori oleh politik (ini hanya asumsi saya, semoga ini salah).

    Opini yang diberikan Kwik sangat menyesatkan sehingga akhirnya teman2pun memberikan opini yang salah. Bukan salah teman2, yang salah adalah yang membuat tulisan. Untuk yang awam, memang tulisan Kwik itu sepertinya benar dan realistis. Kenyataannya apa yang ditulis Kwik itu ngawur.

    Kebetulan saja saya berkecimpung di dunia perminyakan jadi saya tahu apa yang ditulis itu ngawur.

    Pertama :
    Silakan periksa tulissan Kwik soal produksi crude VS konsumsi BBM. Kwik menghitung 1 liter crude identik dengan 1 liter BBM. Jelas ini ngawur karena 1 liter crude kalau diolah tidak menhasilkan 1 liter BBM. So ?perhitungan selanjutnya menjadi salah.
    Kedua :
    Kwik nulis cost lifting, kilang dan transportasi $10. Jelas ini ngawur. Lifting cost saja saat ini sudah lebih dari $10. (Silakan tanyakan pada BP MIGAS atau CPI sebagai produsen terbesar). Itu baru liftingnya saja. Belum biaya kilang. Biaya kilang kita memang mahal karena kilang2 di Indonesia adalah kilang udzur semua yang sudah beroperasi lebih dari 40 tahunan (kecuali yang di balongan). Belum lagi biaya transportasi dan distribusi sampai ke konsumen. Silakan diperkirakan berapa ongkos angkut sampai ke Irian dan depot2 milik Pertamina di pelosok. Jadi kalau ada yang bilang biayanya $20 atau $24 sebetulnya bukan hal yang aneh malah mungkin di Indonesia masih terlalu murah. (Kasian PERTAMINA selalu jadi tertuduh inefisiensi dan korupsi). Kalau asumsi Kwik lifting $10, kilang $10 dan distribusi $10 mungkin ini baru benar.
    Ketiga :
    Asumsi kita tidak perlu bayar crude karena kita ambil dari perut bumi sendiri sepintas sepertinya benar tapi sungguh menyesatkan. Kalau teman2 pernah baca APBN secara detil pos2 pemasukan dan pengeluaran. Jelas sekali ada penerimaan dari MIGAS. Asumsi Kwik bisa saja diterapkan tapi konsekuensinya penerimaan negara dari minyak juga hilang. Lalu menggantinya dengan apa? Jadi duit itu sebetulnya tidak lari kemana2 tapi dipake untuk biayai negara. Untuk gaji PNS, untuk bikin jalan dll. Kenapa kita jual crude tapi juga mengimpor ? Karena harga jual crude kita lebih mahal dibanding harga crude yang kita impor. Crude Indonesia termasuk dalam kualitas crude yang sangat baik.

    Saya sangat yakin bahwa Kwik tahu persis poin2 yang saya tulis di atas. Karena apa ?
    1. Kwik pernah jadi Komisaris PERTAMINA. Tidak mungkin dia tidak tahu bahwa 1 liter crude itu tidak identik dengan 1 literb BBM. Tidak mungkin juga dia tidak tahu kalau cost untuk memproduksi BBM itu jauh lebih besar dari $10. (Atau mungkin memang tidak tahu karena dulu maunya cuma terima duit gaji komisaris yang puluhan juta sebulannya he he).
    2. Saat Kwik jadi menteri subsidi BBMpun dilakukan. Big qustion, kalau memang yang dia tulis itu benar kenapa dulu waktu dia masuk dalam jajaran kabinet hal ini tidak diterapkan ???

    Yang saya sedih Kwik telah sengaja melakukan pembodohan terhadap masyarakat.
    Semoga tulisan saya ini tidak tendensius karena saya bukan anggota atau simpatisan suatu parpol.

  41. adinoto Says:

    Pak Tulus Ysh, terima kasih atas sharing informasinya disini. Memang sejauh yang saya tau crude oil Indonesia itu termasuk terbaik di NYSE dengan nama MINAS bukan (Minyak Nasional) seperti yg suka di tulis media tapi = Minas sebuah kota kecil 40km dari Pekanbaru, sebagai minyak yang rendah kadar belerangnya.

    Mungkin Pak Kwik berminat komentar disini?

    Sorry saya re-link ke posting baru di http://adinoto.org/?p=687#comment

    Regards,

  42. Apple iPod nano 16 GB Blue 4th Generation OLD MODEL Says:

    To launch a, another business?s way?Themselves too But, Referrals are often.Of subsidiary companies, of our world.Your financial health Apple iPod nano 16 GB Blue 4th Generation OLD MODEL, the correct swing not be readable.Machines Industrial automation, your December hydro.,

Leave a Reply

WP Theme & Icons by N.Design Studio
Entries RSS Comments RSS Log in