Status Mega Proyek Tol Cipularang

Uncategorized Add comments

Sudah menjadi cita-cita saya dari jaman kuliah dahulu (belasan th yll) bahwa akses transportasi dari Jakarta-Bandung menjadi sangat Dekat dan Nyaman. Sehingga cita-cita tinggal di Bandung dengan penghasilan Jakarta merupakan surga dunia. ;P …. Pertama Argo Gede… whew, fantastis pada saat itu (lumayan ada transportasi layak nyaman dan relatif affordable Jkt-Bdg) — next question is kenapa sekarang Keretapi Parahyangan Eksekutif ngeri banget ya? (jorok, banyak kecoa, dsb dsb dan bikin gatel pula di badan??) — kecoa saya liat banyak bersarang mulai dari anakan sampe indukan saya yakin gara2 dipasaangin karpet rumahan untuk dinding dan alas — dan tidak terawat! Sorry Pak Boss PTKAI semoga jeritan rakyat kecil didengar.

Kemudian bisik2 soal GTV/fast train Jakarta-Bandung jaman Pak Habibie…. ga pernah kesampaian? dulu ribut2nya sih sampe denger soal rel kereta di Indonesia terlalu kecil tidak lebar seperti di luar negeri sehingga susah bikin kereta kencang?

Lalu yang terbaru adalah Proyek Tol Cipularang (Cikampek Padalarang). Great! Sehubungan rencana akan diadakannya KTT Asia Afrika di Bandung yang akan dihadiri 50 pemuka negara maka Bandung pun berbenah. Kabarnya sih Jalan Tol akan selesai sebelum tanggal 24 April 2005 ini sehingga bisa digunakan para pemuka negara tersebut (termasuk Proyek Jalan Layang Pasopati). Juga pernah liat iklan di beberapa media terkemuka tentang pembangunan tercepat oleh PT. JASA MARGA ini. Dibawah 1 tahun untuk 41 kilometer penuh tantangan.

Walhasil kemaren lewat naik KA ke Jakarta foto-foto diseputaran Cipularang bikin kaget juga:
1. Surprised. ternyata banyak melibatkan jembatan-jembatan tinggi yang menjulang seperti di luar negeri. (Jadi inget Lafayette, US yang membangun jembatan terpanjang diatas rawa2 — blon pernah kesana cuma pernah liat di TV, ada yang mau ngajak dan ngebayarin? :D)

2. Shock karena menjelang due date ternyata ada beberapa bagian yang nyambung juga belum. Wah apa kekejar deadlinenya Pak?

Kalo dicermatin tidak heran Bandung lebih berbenah lagi, Dago di Hotmix lagi, dan Stasiun KA di ganti tegel semua dan di cat disana sini, denger-denger bandara Husein juga ikutan berbenah.

Backup strategy Pak?

Anyway kudos to Cipularang team, paling ga makin deket ke cita-cita semula. Tinggal di Bandung dengan pendapatan Jakarta…. ahhh I wish! 😛



3 Responses to “Status Mega Proyek Tol Cipularang”

  1. adinoto Says:

    PS: Posting blog lama dari http://adinoto.blogspot.com/ sayang pada saat migrasi semua commentnya ikut hilang.

  2. adinoto’s blog » Blog Archive » Tingginya Angka Kecelakaan Travel Bandung-Jakarta Says:

    […] Tol Cipularang (Cileunyi-Padalarang) mempersingkat jarak tempuh perjalanan dengan kendaraan roda empat dari 3.5-6 jam jarak tempuh sebelumnya via Puncak, menjadi hanya 2 jam perjalanan. Jarak tempuh yang sesingkat itu menumbuhkan peluang bisnis baru berupa transportasi komuter Bandung-Jakarta bagi para penumpang baik, mahasiswa, ibu rumah tangga, sampai eksekutif yang merasa terlalu lelah dan tidak ekonomis menggunakan kendaraan pribadi dalam menempuh perjalanan komut ke Jakarta/Bandung. […]

  3. guritno ristopo parnada Says:

    ISH Ngeri kalo lwt situ stelah dibangun terlihat sosok kuntilanak yang sedang tidur dijalan dan nenek tua yang menyebrang

Leave a Reply

WP Theme & Icons by N.Design Studio
Entries RSS Comments RSS Log in