Solusi Penanganan Sampah di Kota Bandung

Social Add comments

Masalah sampah di Bandung udah ga aneh. Pak Dada Rosada sendiri sampe pernah kesambit ngamuk-ngamuk sendiri pas di acara pembukaan apa gitu yang audiencenya anak SMA? (Lupa). Hmm mau motoin sampah pun saya udah ga kuat. Tiap hari kalo ke client saya di Geger Kalong ga berani dah lewat satu jalan yang hampir ketutup akses jalannya gara-gara sampah. Bisa ga minat makan 3 hari dan muntah terus sangking baunya.

Tadi pagi lagi online di meebo (Anjrit naon nya’ YM! gua kagak bisa login?) kudu pake meebo.com, gua liat status YM! boss Amal. “Pasir Bajing gagal maning! Alternatif terakhir: bagaimana kalau kawah berapi Tangkuban Perahu dijadikan TPA?” Wakaka Pasir Bajing mana deui urang nteu nyahoo euy. Terakhir tau Kadungora (Garut coret) nawarin jadi tempat buang luntah. Eh terus daerah mana lagi (lupa) deh.

Nah sesuai dengan anjuran Pak Dada supaya jangan teriak doang berikut ada beberapa solusi:
1.Kata boss Amal sampe di Milis ITB ada yang teriak “di milis itb ada yang usul: ulama sebandung berdoa semua agar pintu neraka segera dibuka dan sampah dilempar ke sana”.
2.Kata gua sih ngebuka neraka kalo susah udah itu kawah Merapi aja bagus pak. Mumpung jadi burner gede. Ijin kali yee ke Pak Marijan selaku juru kunci di Merapi.

*nggeus ah, meni setress jeung wadah luntah. Untung pake Mac, jadi aya’ Trash can wakakaka.. (Windows aya Recycle Bin).. ah meni teu nyambung pisan. Bubarrr bubarrrr. Scam :D

30 Responses to “Solusi Penanganan Sampah di Kota Bandung”

  1. Amal Says:

    Anjroy, Pikiran Rakyat gak sampek di apartemen Ciumbuleuit yah? Pasir Bajing itu di sekitar Nagrek kabarnya, masuk kabupaten Garut. Beberapa hari lalu tempat tsb. sudah oke mau dijadikan TPA sementara (menunggu yang lebih permanen lagi lengkap dengan fasilitas pengolahan). Ternyata hari ini diberitakan ditolak penduduk sekitar lagi.

  2. adinoto Says:

    Wakkakakaka kalo gitu bener tuh Pasir Bajing :D kemaren sempet baca dikit yang di Nagreg boss.. hmm boljug padahal biar tanjakannya ditimbun ga terlalu curam kali yeee :P

    *ngeloyor

  3. Adham Somantrie Says:

    kenapa gak di bakar aja tuh sampah2 di gasibu depan gedung sate? hahahaha…

  4. adinoto Says:

    Dam satenya (baca: gedung sate) udah padam apa ya?

  5. didats Says:

    #1 jrit! om amal bisa ngomong anjroy juga… :))

  6. Eep Says:

    waks…
    Pasir Bajing jauh dari Nagreg Bosss…
    lokasinya setelah tanjakan Leuweung Tiis sebelum belokan ke Tarogong. Dah lewatin kadungora, Leles,.. Jauh pisan atuh ti Nagreg mah….

  7. reno Says:

    Kang Mas Macnoto:
    Ralat dikit, yang betul itu “Gegerkalong” bukan “Geger Kalong”. Saya 20 tahun lebih tinggal di sana :p SWGTL! :D

    Didats:
    Mungkin Cak Amal tengah merasa lelah setelah sekian lama menulis menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar :D

    [serius]
    Mungkin yang diperlukan adalah mengubah pola pikir semua pihak, bahwa sampah itu seharusnya tidak sekedar dibuang dan mengharapkan terurai secara alami, melainkan diolah.

    Beberapa hal yang sempat terpikirkan:
    1. Sejak di rumah sampah sudah dipilah-pilah. Dan kadar airnya sebisa mungkin dikurangi. Sisa sayur misalnya, jangan dibuang dengan kuahnya. Kuahnya kan bisa dibuang di bak cuci misalnya.
    2. Seringkali tong sampah kita diacak-acak oleh pemulung, pisahkan juga sampah-sampah yang kira-kira bisa dimanfaatkan langsung oleh para pemulung.
    3. Pengumpul sampah jangan mencampurkan sampah yang sudah dipilah-pilah di rumah. Ya percuma saja kalau akhirnya mereka campur lagi.
    4. Pemerintah membangun sebuah fasilitas untuk memilah, mendaur-ulang, dan memusnahkan sampah.

    Masalah sampah memang sudah seharusnya jadi tanggung jawab bersama.
    [/serius]

  8. Amal Says:

    Eep: jadi benar kan lebih dekat ke Tangkuban Perahu? :)

    Hehehe… soalnya saya ingat Nagreg karena di daerah itu dikhawatirkan merepotkan prahoto pengangkut sampah yang sudah tua. :(

  9. Eep Says:

    Boss Amal: Saya lebih setuju usul Meknoto.., bagaimana kalau kita gubruskan saja itu sampah ke kawah Gunung Merapi… langsung lumer ga ada residu.. :)

  10. Eep Says:

    Meknoto:
    Hare gene masih pake Meebo…?
    Pake Adium Boo…
    *ngibrittts…..

  11. Azil Adi Permana Says:

    ajak pak sby kopdar di bandung. kopdar apa aja…terserah mau kopdar id-mek, id-epel, id-jimel, opo wae.. sing penting udang sby ke bandung…

  12. ricky Says:

    kawah merapi = incinerator alami… :)

  13. reno Says:

    Azil:
    SBY emang mau ke Bandung. Besok, tanggal 20 Mei. Makanya walikota keder :p

  14. andriansah Says:

    wow pak amal ngetik anjroy…

    Iya gw setuju ama usul ke 2 buang aja sampah2 di jakarta dan bandung(tentunya) dan sampah2 yang lain ke gunung merapi. Termasuk sampah masyarakat kaleeee

  15. mbu Says:

    “ajak pak sby kopdar di bandung”

    iya, biar pemda setempat ngibrit2 cari temporary folder buat tuh sampah. kota2 sekitar kali?? abis itu ajak pak sby kopdar di tempat2 sekitar tadi.. jadi sampah nya di-restore lagi ke bandung..

    *duhh.. tuh sampah kapan ilang nya tuh klo gitu..*

  16. Pandji Gotama Says:

    salah satu tempat yang pernah diusulkan adalah kampung Jangkurang. dan ini jelas akan ditolak oleh Eep, karena itu kampung halaman beliau :)) dan saya ga heran kalo Eep tau persis lokasi Pasir Bajing, karena lokasinya di situ2 juga…

    ajak SBY kopdar di Bandung? tanggal 20 Mei ini (besok ya?) kayaknya SBY bakal ke Bandung deh. jadi kebayang lah Pa Dada lieur beberesih…

  17. rendy Says:

    #3 liat gambarnya di http://www.rendymaulana.com/archives/2006/05/14/dilarang-buang-sampah-tuk-saat-ini/

    haha.. sory nyepam om :D

  18. Eep Says:

    Kang Pandji..:
    saya belum pernah menolak pembuangan sampah di Jangkurang…, saya sih setuju aja.., asal puguh itungan nana
    *ngeloyorrr…

  19. macnoto Says:

    Wah pak SBY ke Bandung ikut kopdar apa ya? Id-merapi? ato Id-marijan? ato Id-karjan? Wah Bandung bersih deui (HARI INI)… teuing isukan mah. Hmmm gitulah kalo jadi pejabat, moal dapet laporan asli. Lah jalan jadi bersih, jaman pak Harto dulu waktu saya masih di kampung di Sumatera tiba2 tanam-tanam pohon pemdanya… anak2 suruh2 lambai2 tangan pake bendera, wah edun keneh… laporan asal Bapak Senang We. Pak SBY moal ngeblog sih. Meni urang sibuk kitu.

    Nasib jadi rakyat. Rakyat penggemar anjroy kata om Amal wakakaka…

  20. viptya Says:

    Euleuh, Kang Adinoto, upami dibuang ke Merapi,mah, apa malah Merapinya nggak tutup idung, gitu?:D. Terus apa nggak selesai2 itu ya? Tunggu sebulan lagi, ach. Nunggu Pak Walikota yang udah diultimatum, kageser apa nggak, nyah? :)). Sapa tau kursi Walikota kosong, ntar rame-rame kita bisa asongan jabatan walikota. Walikota.Bandung…. walikotaaaa Banduuuunggg… Ngurus sampah duluuu, sapa mauuuu… hehehe

  21. Mira Says:

    Lucu juga dibakar di Merapi, cuma asapnya kali jadi bau pisan ya?

  22. macnoto Says:

    viptya said,
    Euleuh, Kang Adinoto, upami dibuang ke Merapi,mah, apa malah Merapinya nggak tutup idung, gitu?:D. Terus apa nggak selesai2 itu ya? Tunggu sebulan lagi, ach. Nunggu Pak Walikota yang udah diultimatum, kageser apa nggak, nyah? :)). Sapa tau kursi Walikota kosong, ntar rame-rame kita bisa asongan jabatan walikota. Walikota.Bandung…. walikotaaaa Banduuuunggg… Ngurus sampah duluuu, sapa mauuuu… hehehe

    -> Hehehe nasib ya jadi merapi jadi kambing hitam masalah urang. Lah Garut, Cimohay aja ga mau wakakaka….

    Hayah, kalo mau jadi walikota bukan sekedar mikirin buang sampah landfill! tapi kudu tangan besi dan majuin rakyat, dah lama liat masyarakat kere. Pengolahan sampah yang bukan sekedar landfill juga is a must.

  23. babiâ„¢ inc. » Blog Archive » Bandung = Junkyard? Says:

    […] :D … bukan berarti saya menyamakan Bandung dengan Tempat sampah, tapi .. ada apa dengan Bandung? Minggu ini saya ke Bandung dan di sapa dengan tumpukan sampah dipinggir jalan yang tingginya (bahkan lebarnya) melebihi kendaraan saya!! … terus saya iseng iseng blogwalking .. terus nemu ini , ini dan ini … hi hi hi … mereka bertiga seolah² menyuarakan Bandung … karena notabene blio bertiga adalah warga bandung yang mewakili komunitasnya masing². Tapi, beneran .. saya udah bbrp bulan ini tidak ke Bandung dan pas ke Bandung .. kaget … sampah ternyata terjadi lagi .. setelah bbrp bulan sebelumnya saya cukup kaget liat simpang dago bersih dari PKL, dan jalanan banyak satu arah … tapi teteup weh … jalur FO selalu macet . Tapi bukan berarti saya tidak cinta bandung. Wong jodoh saya dapetnya dari sini juga . kalo ga cinta bandung, ga mungkin saya ngomongin soal sampah yang (sayangnya) terjadi (lagi) di kota Bandung tercinta ini. […]

  24. mustlifenian said Says:

    saya cinta bandung,suer…beneran!!!
    saya mah pengennya bandung teh jadi BERSIH…( heU’euh da semua jUGA pengen!!!) saha kitu nu teu hayang ?????
    era atuh maeunya presiden nu kudu mersihan jalan ti dago nepi ka cibiru,kacida TEUING,,,,boga rakyat sakitu tegana ka abi teh (ceuk presiden)…eh heureuy ketang,punten pak presiden ??
    kita harus malu jadi warga negara yang kurang akan kesadaran sampah!!!

  25. guntur Says:

    kumaha lamun sampah teh dai daur ulang atawa meser we atuh mesin daurulang tah kumaha lamun kitu. masalah dana na nyandak we atuh tinu dana-dana anu aya. nuhun

  26. adinoto Says:

    # mustlifenian said Says:
    October 31st, 2006 at 12:40 am e

    saya cinta bandung,suer…beneran!!!
    saya mah pengennya bandung teh jadi BERSIH…( heU’euh da semua jUGA pengen!!!) saha kitu nu teu hayang ?????
    era atuh maeunya presiden nu kudu mersihan jalan ti dago nepi ka cibiru,kacida TEUING,,,,boga rakyat sakitu tegana ka abi teh (ceuk presiden)…eh heureuy ketang,punten pak presiden ??
    kita harus malu jadi warga negara yang kurang akan kesadaran sampah!!!

    => Alus mun kitu kang… nyak kacida teuing mun nepi ka dago, sederhana (kuring mah ulin nana di seputara utara), kadang selatan oge sarua eta pasar tumpah timana-mana naha nteu digawekeun eta pasar permanen nu bersih kumaha kitu. Secara tiap hari rakyat belanja di pasar tradisional. Kumaha nyak kang?

  27. adinoto Says:

    # guntur Says:
    January 22nd, 2008 at 9:10 pm e

    kumaha lamun sampah teh dai daur ulang atawa meser we atuh mesin daurulang tah kumaha lamun kitu. masalah dana na nyandak we atuh tinu dana-dana anu aya. nuhun

    => Nyak eta kumaha yeuh bade gerakan massal jeung rek kumaha bandung ggeus paciweuh kieu? :(

  28. m ihsan dacholfany Says:

    Akankan presiden RI 2009-2014 seperti Mahmoud Ahmadinejad,bagaimanakah menurut anda ?
    disampaikan oleh ihsan dacholfany

    Presiden Iran saat ini: Mahmoud Ahmadinejad, ketika di wawancara oleh TV Fox (AS) soal kehidupan pribadinya:
    “Saat anda melihat di cermin setiap pagi, apa yang anda katakan pada diri anda?”
    Jawabnya: “Saya melihat orang di cermin itu dan mengatakan padanya:
    “Ingat, kau tak lebih dari seorang pelayan, hari di depanmu penuh dengan tanggung jawab yang berat, yaitu melayani bangsa Iran .”

    Berikut adalah gambaran Ahmadinejad, yang membuat orang ternganga dan terheran-heran :

    1. Saat pertama kali menduduki kantor kepresidenan
    Ia menyumbangkan seluruh karpet Istana Iran yang sangat tinggi nilainya itu
    kepada masjid2 di Teheran dan menggantikannya dengan karpet biasa yang mudah dibersihkan.

    2. Ia mengamati bahwa ada ruangan yang sangat besar untuk menerima dan menghormati tamu VIP,
    lalu ia memerintahkan untuk menutup ruang tersebut dan menanyakan pada protokoler
    untuk menggantinya dengan ruangan biasa dengan 2 kursi kayu, meski sederhana tetap terlihat impresive.

    3. Di banyak kesempatan ia bercengkerama dengan petugas kebersihan di sekitar rumah dan kantor kepresidenannya.

    4. Di bawah kepemimpinannya, saat ia meminta menteri2 nya untuk datang kepadanya
    dan menteri2 tsb akan menerima sebuah dokumen yang ditandatangani yang berisikan arahan2 darinya,
    arahan tersebut terutama sekali menekankan para menteri2nya untuk tetap hidup sederhana
    dan disebutkan bahwa rekening pribadi maupun kerabat dekatnya akan diawasi,
    sehingga pada saat menteri2 tsb berakhir masa jabatannya dapat meninggalkan kantornya dengan kepala tegak.

    5.. Langkah pertamanya adalah ia mengumumkan kekayaan dan propertinya yang terdiri dari Peugeot 504 tahun 1977,
    sebuah rumah sederhana warisan ayahnya 40 tahun yang lalu di sebuah daerah kumuh di Teheran.
    Rekening banknya bersaldo minimum, dan satu2nya uang masuk adalah uang gaji bulanannya.

    6. Gajinya sebagai dosen di sebuah universitas hanya senilai US$ 250.

    7. Sebagai tambahan informasi, Presiden masih tinggal di rumahnya.
    Hanya itulah yang dimilikinyaseorang presiden dari negara yang penting baik secara strategis, ekonomis, politis,
    belum lagi secara minyak dan pertahanan.
    Bahkan ia tidak mengambil gajinya, alasannya adalah bahwa semua kesejahteraan adalah milik negara dan ia bertugas untuk menjaganya.

    8. Satu hal yang membuat kagum staf kepresidenan adalah tas yg selalu dibawa sang presiden tiap hari selalu berisikan sarapan;
    roti isi atau roti keju yang disiapkan istrinya dan memakannya dengan gembira,
    ia juga menghentikan kebiasaan menyediakan makanan yang dikhususkan untuk presiden.

    9. Hal lain yang ia ubah adalah kebijakan Pesawat Terbang Kepresidenan,
    ia mengubahnya menjadi pesawat kargo sehingga dapat menghemat pajak masyarakat dan untuk dirinya,
    ia meminta terbang dengan pesawat terbang biasa dengan kelas ekonomi.

    10. Ia kerap mengadakan rapat dengan menteri2 nya untuk mendapatkan info tentang kegiatan dan efisiensi yang sdh dilakukan,
    dan ia memotong protokoler istana sehingga menteri2 nya dapat masuk langsung ke ruangannya tanpa ada hambatan.
    Ia juga menghentikan kebiasaan upacara2 seperti karpet merah, sesi foto, atau publikasi pribadi,
    atau hal2 spt itu saat mengunjungi berbagai tempat di negaranya.

    11. Saat harus menginap di hotel, ia meminta diberikan kamar tanpa tempat tidur yg tidak terlalu besar
    karena ia tidak suka tidur di atas kasur, tetapi lebih suka tidur di lantai beralaskan karpet dan selimut.
    Apakah perilaku tersebut merendahkan posisi presiden?
    Presiden Iran tidur di ruang tamu rumahnya sesudah lepas dari pengawal2nya yg selalu mengikuti kemanapun ia pergi.
    Menurut koran Wifaq, foto2 yg diambil oleh adiknya tersebut,
    kemudian dipublikasikan oleh media masa di seluruh dunia, termasuk amerika.

    12. Sepanjang sholat, anda dapat melihat bahwa ia tidak duduk di baris paling muka

    13. Bahkan ketika suara azan berkumandang,
    ia langsung mengerjakan sholat dimanapun ia berada meskipun hanya beralaskan karpet biasa

    14. baru-baru ini dia baru saja mempunyai Hajatan Besar Yaitu Menikahkan Puteranya. Tapi pernikahan putra Presiden ini hanya layaknya pernikahan kaum Buruh. Berikut dokumentasi pernikahan Putra Seorang Presiden

    Lihat aja makanannya cuman ada Pisang,Jeruk,Apel

    Akankah kita di Indonesia mempunyai seorang Pemimpin seperti beliau, mudah-mudahan di pemilu yang akan datang kita akan memiliki Presiden seperti ini.

  29. SALIKUN Says:

    namanya sampah ya sampah yg.jelas menjijikkan,bau,kotor pokoknya tdk mengenakkan,selain yg.dpt dimanfaatkan sisanya ya dimusnahkan caranya dibakar dgn.alat seperti yg.sdh banyak saya buat juga pd.beberapa tempat sgt efektip sekali,sebuah alat pemusnah tanpa bahan bakar,jenis sampah apa saja basah,kering musnah jadi abu dan abunya sgt bermanfaat,gitu aja kok repot.

  30. driving lessons Says:

    I came across your web site or perhaps in fact blog site on a top ten directory of web pages who had achieved nominations for best quantity of readership and I also have spent the past 20 minutes reading through a few of your more aged blog posts and I have to admit the sheer numbers of responses that you are raking in is amazing, as a member of the blogging society I was wondering if you are able to drop me a handful of advice on the methods that you use so that you can market your blogging site on-line as I am happy to receive 1 comment for every posting which can make blogging and site-building virtually pointless ?

Leave a Reply

WP Theme & Icons by N.Design Studio
Entries RSS Comments RSS Log in