Executive Summary Bisnis Berpartner Dengan Apple (iPhone, iTunes Music Store)

Macintosh, Technology Add comments

oleh: Adinoto A. Kadir (adinoto_at_adinoto_dot_com)

Mengapa Apple menjadi perusahaan yang paling menarik untuk diajak berpartner hari ini? Jawabannya sesederhana Apple merupakan satu-satunya perusahaan di dunia yang menguasai empat industri penting, yaitu Musik, Film, Komputer dan Telekomunikasi.

Apple (NASDAQ): AAPL 135.74 (http://finance.yahoo.com/q?s=Aapl) sendiri menunjukkan Apple merupakan perusahaan paling diminati dengan rata-rata industri yang stabil (cenderung turun), Apple malah bisa membukukan peningkatan konstan (dari 16 dollar a share pada saat Steve Jobs masuk kembali ke Apple pada tahun 1996, meningkat menjadi 80 dollar, dan sudah mengalami 3x stok split hingga saat ini 135.74 dollar) ~ 25 lipat dalam 10 tahun terakhir, dimana Microsoft (MSFT) sendiri mengalami kejatuhan hanya 29.26 dollar hari ini (160an dollar pada tahun 1998) ~ 1/5 nilai harganya dalam 10 tahun terakhir (http://www.swivel.com/data_columns/spreadsheet/3477487?page=2)

Kunci keberhasilan Apple adalah konsistensi pada aspek inovasi dan desain. Termasuk salah satu perusahaan yang mengedepankan aspek desain dan inovasi dalam meluncurkan produk, membuat produk Apple berdiri sendiri berbeda dengan produk dari perusahaan kompetitor.

iPhone sebagai entry level berbisnis dengan Apple
Mengapa iPhone merupakan sweetspot untuk mulai berbisnis dengan Apple? iPhone merupakan smartphone paling revolusioner dalam sejarah. Baik secara teknologi maupun secara marketing. iPhone terjual lebih dari 770.000 unit dalam satu minggu pertama peluncurannya, 270.000 unit dalam 10 jam pertama peluncurannya, dan 550.000 unit dalam 3 hari peluncurannya, menjadikan iPhone merupakan handphone paling panas yang ada dipasaran saat ini. Bandingkan dengan iPod generasi satu (tahun 2002) yang terjual hanya 100.000 unit dalam 2 tahun peluncurannya (dan sekarang iPod merajai bisnis MP3 dunia dengan nilai 40 miliar dollar).

Model bisnis iPhone
iPhone menpersyaratkan partnership dengan operator selular. AT&T (Cingular) merupakan sole partner Apple saat ini untuk layanan iPhone di Amerika. Alasan kenapa Apple mempersyaratkan demikian karena Apple baru pertama kali terjun di dunia handset, dan dia menginginkan bulk buying dari operator dan bagian dari fitur layanan tambahan yang disediakan pada iPhone/Operator (baca: Visual Voicemail merupakan layanan khusus yang hanya terdapat pada layanan iPhone/AT&TT).

Model bisnis iTunes Music Store
Apple iTunes Music Store merupakan online store terbesar ke-3 di dunia dengan nilai kapitalisasi diatas 4 miliar dollar US. Layanan iTunes Music Store menyediakan lagu, music, podcast, yang dapat dinikmati oleh pengguna iPod, hingga hari ini (dibuka pada tahun 2003), dalam 4 tahun operasionalnya sudah memperoleh 4 miliar download. iTunes Music Store mempersyaratkan layanan kartu kredit tersedia di negara yang bersangkutan, maupun penjualan via voucher.

Modem bisnis iPod
Kunci keberhasilan bisnis Apple adalah pada produk iPod. iTunes Music Store mungkin tidak menyumbangkan banyak bagi Apple (4 miliar dollar yang harus dibagi ke Recording Label, katakan Apple memperoleh 25 cents bagian dari bisnis ini ~ 1 miliar dollar, tapi Apple harus membangun sistem online, memaintain, sedangkan Recording Label menikmati secara cuma-cuma), tapi Apple bersedia melakukannya karena iTunes Music Store mendorong penjualan iPod yang mencapai nilai kapitalisasi 40 miliar dollar.

Model bisnis yang dapat kita kerjakan bersama Apple di Indonesia:

1. Panetrasi iPhone.
Bisnis iPhone harus diambil pertama di Indonesia. Kita menjadi agent-of-change dan mediator Apple dan Operator lokal. Pilih salah satu operator yang berminat melakukan kerjasama besar ini, atau bicarakan dengan pihak Apple apakah kita dapat melakukan partnership dengan beberapa operator sekaligus. Kapitalisasi yang dibutuhkan minimal 5 juta dollar.

2. Penjualan iTunes Music Store via Voucher atau Deduksi Pulsa.
Salah satu alasan Apple belum membuka bisnis iTunes Music Store di Indonesia adalah tingkat kejahatan kartu kredit yang terlalu tinggi dan tidak pernah dapat penanganan dari pihak berwajib di sini. Karena itu salah satu pola kerjasama yang menarik adalah menjual iTunes Music Store dengan pulsa seperti halnya pulsa isi ulang, dan melalui deduksi pulsa. Pola pembelian musik di Indonesia sangat digandrungi lewat deduksi pulsa, seperti halnya ringback tone yang merupakan bisnis paling besar bagi operator dan ASIRI (Asosiasi Industri Rekaman Indonesia), dan memicu pertikaian dengan pihak YKCI (Yayasan Karya Cipta Indonesia) yang berawal dari nilai kapitalisasi bisnis yang sangat besar (salah satu musisi lokal bahkan memperoleh 75 juta download, dengan nilai ringback tone 10.000 rupiah ~ 750 miliar rupiah dan merupakan ladang uang besar bagi para operator/ASIRI/penyedia jasa download/Poll SMS).

3. Ambil bisnis iPod dari Distributor.
Bisnis iPod hari ini berbeda dengan bisnis iPod pada saat peluncurannya di tahun 2002. Ketika itu Apple bisa memberikan margin s/d 50 dollar untuk setiap unit iPod (bandingkan hari ini hanya 3-5 dollar bagi pedagang akhir/retailer). Namun margin keuntungan masih diperoleh oleh para distributor. Apabila sanggup membangun jaringan distribusi nasional, bulk buying iPod dengan diskon masih menyisakan business yang lumayan sebagai tambahan boost dari bisnis utama (complementary). iPod saat ini terjual di Indonesia sampai dengan 1.500 unit per bulan dengan estimasi peak sampai dengan 5.000-10.000 unit perbulan. Bisnis pendukung aksesoris iPod lebih menyediakan ruang expansi bagi bisnis retail ini.

4. Expand Sinergi iTunes Music Store dengan Konten Lokal.
Salah satu kunci keberhasilan musik download adalah, get local. Kebanyakan pencinta musik download adalah masyarakat kebanyakan yang lebih tertarik dan lebih kenal musik Kucing Garong ketimbang U2 😛 Imagine The Possibility. Kerjasama dan bangun konten lokal yang bersifat lokal yang BELUM pernah digarap Operator saat ini dan sinergikan dengan iTunes Music Store. Contoh: konten lokal Jawa Tengah diisi dengan opsi pilihan dagelan, ketoprakan; Jawa Timur dengan lundrukan, Orang Sumatera Utara seneng ada Dongeng sebelum tidur. Cerita-cerita daerah dan kekhasan daerah perlu di gali. Dan ini sama sekali belum dilakukan oleh operator yang ada saat ini.

5. Ambil Partnership Untuk Distribusi Produk Apple Yang Lain.
Dengan membangun jaringan bisnis dan distribusi produk Apple, tidak ada salahnya didukung oleh bisnis distribusi dan value added services untuk produk Apple yang lainnya, mencakup bisnis produk komputer Apple. Bisnis produk Apple komputer saat ini mengalami peningkatan 2 digit disaat rata-rata industri mengalami kelesuan, berkat transisi Apple ke platform Intel, dan kemampuan produk-produk komputer Apple untuk dapat menjalankan Windows disamping Mac OS X. Dari keseluruhan bisnis Apple, 65 persen disumbangkan oleh lini MacBook.

6. Lakukan Bisnis Consulting Services dengan Value Added Produk Apple.
Salah satu kelemahan para distributor Apple dan pedagang retail Apple yang ada di Indonesia adalah mereka berangkat dari dunia dagang glodok, alias jual barang dengan value added paling rendah. Salah satu model bisnis paling menarik adalah mempergunakan barang produk Apple sebagai value added business consulting. Dan hal ini hanya dapat dilakukan oleh korporasi yang mengerti bisnis korporat dan memiliki resources yang memiliki background IT dan kompetensi UNIX dibandingkan dengan pedagang. IBM Global Services menunjukkan nilai kapitalisasi bisnis services yang tidak kecil.

Kesimpulan:
Anda bisa simpulkan sendiri deh apakah berbisnis dengan Apple hari ini menarik apa tidak? Masa semua kudu disimpulkan. 😛

What’s next?
Ruang kerjasama yang bisa dikembangkan banyak dan tidak terlepas hal diatas yang tidak dapat saya deskripsikan satu persatu di paparan ini.

Penulis.
Adinoto A. Kadir — Analis Industri IT dengan pengalaman komprehensif lebih dari 15 tahun di industrial acumen information technology. Pernah memiliki sejarah dengan Apple dan menguasai bisnis IT dan merupakan CEO PT. Adinoto Indonesia, yang bergerak sebagai konsultan IT dan Manajemen dengan klien perusahaan telekomunikasi nasional.

Anda tertarik ingin melakukan kerjasama? Ato operator seluler butuh VP baru? *halah 😀
Dapat menghubungi: +62 855 218 1888 atau email ke adinoto_at_adinoto_dot_com

21 Responses to “Executive Summary Bisnis Berpartner Dengan Apple (iPhone, iTunes Music Store)”

  1. jack popo Says:

    Kesimpulannya:
    Bila AA Noto terpilih jadi walikota, maka para investor di kota tersebut akan mendapat kemudahan , misalnya dalam regulasi, bila ingin berbisnis dengan Apple Inc. 😛
    nah..ayo rame rame para calon investor kasih dukungan….

  2. Eep Says:

    jigana alus tah dijieun english version.
    *ngarep mode

  3. Niwatori Says:

    iya deh menarik (walopun lagi2 kita jadi konsumen produk luar, tp produk bagus sih ya.. gpp lah pasrah :P), sapa tau kalo bisnis Apple di Indo sukses kita jadi ga cuma mroduksi SuperDrive dowang wang wang, hampura aa nata **kabur…

  4. adinoto Says:

    # Niwatori Says:
    August 2nd, 2007 at 3:49 pm
    iya deh menarik (walopun lagi2 kita jadi konsumen produk luar, tp produk bagus sih ya.. gpp lah pasrah :P), sapa tau kalo bisnis Apple di Indo sukses kita jadi ga cuma mroduksi SuperDrive dowang wang wang, hampura aa nata **kabur…

    -> Nah kalo itu bukan Pe-Er gua deh. tapi pe-er Memperindag dan Menhankam. Lah salah sendiri ga mo rebut re-manufakturing ke Indonesia. Secara gitu dulu FairChild (baca: Cikal Bakal Intel) adanya pertama di Indonesia. Lah kalo keamanan ga menjamin para investor, dan produksi biayanya disini lebih tinggi, sapa yang mau???? *ngacirrrr

  5. Adham Somantrie Says:

    sekem….

  6. idarmadi Says:

    absen ah

  7. Amir Karimuddin Says:

    Jadi bisnis paling menjanjikan sekarang kayaknya Seluler niy?

  8. IMW Says:

    Hati-hati… scam 4.0 bertebaran. hi hi hi

  9. adinoto Says:

    # IMW Says:
    August 3rd, 2007 at 12:36 pm
    Hati-hati… scam 4.0 bertebaran. hi hi hi

    -> Hehehe gpp lah pak kalo ide kita discamm orang. Yang penting kita udah coba kontrib ke bangsa ini. Kalo orang niatnya emang scamm ya emang abis digimanain juga pasti scam. Minimal bisa kontrib buat public knowledge daripada discam orang. Toh orang nanti tau ide pertama dari siapa 😀 Let the public finally learn.

  10. Aulia Says:

    biar butuhnya 25 tahun untuk finally learn bahwa windows itu hasil scam juga rela yah? Yang penting udah kontribusi. Wakakaka!

    *ngacir*

  11. rendy Says:

    mudah mudahan Aa Nata kepilih jadi gubernur, nanti biar baterenya laris manis, udah ada batere, jangan lupa isi content, bikin blog, beli hosting sama domain buat blognya di Qwords.com

    xi xi xi xi xi

  12. the-ir Says:

    masuk detik niye …. hehehehe 😀

  13. erikeneddy Says:

    terimakasih sudah mau berbagi pengetahuan dan ide. 🙂

  14. Rahady Says:

    wah.. untuk iTunes music store (point ke-2 & ke-4) kayaknya susah diterapkan di tanah~air. Bayangkan aja kalo sampe online music store segede iTunes bisa diakses di sini. Toko kaset buyar tuh. Lha wong sekarang aja udah ‘merem melek’ kena effect Celana Dalem bajakan. (masih inget kapan terakhir kali beli kaset? aku dah lupa).

    Masyarakat kita ini parahnya lebih milih non-quality product asalkan murah ketimbang (legally) quality product. Contohnya: nyewa vcd/dvd film2 terbaru yg aslinya aja belum beredar! dengan kualitas image=camera+bioskop, waduh.

    kita tunggu deh iTunes vs cd mp3.

  15. J K Says:

    Interesting. Tapi orang kaya Adinoto, apa punya credibility???

  16. adinoto Says:

    # J K Says:
    September 5th, 2007 at 12:13 am e

    Interesting. Tapi orang kaya Adinoto, apa punya credibility???

    -> Hahaha… kayaknya saya ga perlu jawab deh. Silahkan di check background dahulu sebelum berkomentar 🙂

    Anda berkomentar dengan email: JK@jkrocks.com dari IP 202.73.113.61 dan berkomentar ke http://adinoto.org/?p=50 tapi kok situs jkrocks.com ini situs porn ya hehehee…

    Kenapa ga berani pake identitas pribadi malah pake inisial orang-orang penting 🙂 Ini masalah kredibilitas lebih esensial rasanya 🙂

  17. adinoto Says:

    # J K Says:
    September 5th, 2007 at 12:13 am e

    Interesting. Tapi orang kaya Adinoto, apa punya credibility???

    -> Seperti komen anda di link situs saya http://adinoto.org/?p=50#comment-89915 saya cuma bisa komentari, Sini anda punya capital berapa mari kita duduk bareng :))

  18. adinoto Says:

    # Rahady Says:
    August 17th, 2007 at 3:48 am e

    wah.. untuk iTunes music store (point ke-2 & ke-4) kayaknya susah diterapkan di tanah~air. Bayangkan aja kalo sampe online music store segede iTunes bisa diakses di sini. Toko kaset buyar tuh. Lha wong sekarang aja udah ‘merem melek’ kena effect Celana Dalem bajakan. (masih inget kapan terakhir kali beli kaset? aku dah lupa).

    Masyarakat kita ini parahnya lebih milih non-quality product asalkan murah ketimbang (legally) quality product. Contohnya: nyewa vcd/dvd film2 terbaru yg aslinya aja belum beredar! dengan kualitas image=camera+bioskop, waduh.

    kita tunggu deh iTunes vs cd mp3.

    -> Hehehe cuma bisnis ringback tone di Indonesia itu bisa 75 juta download satu artis loh pak 🙂 hehehe.. weell emang pasti musik2 yg ngetop pasti musik lokalan dan ucing garong hehehehe *ngacirrrr makanya perlu konten lokal 😀

  19. adinoto’s blog » Blog Archive » Seputar Pemberitaan iPhone Telkomsel di Koran Tempo Says:

    […] sebelum ponsel tersebut direlease resmi diluar kerjasama Apple dan AT&T di Amerika. Saya pernah mengupayakan Apple masuk ke Indonesia dalam konteks keinginan pemerintah untuk me-leverage sumbangsih teknologi […]

  20. toko online baju couple Says:

    You’ll find other very important benefits of listing a business on a web-based online business site directory. As a result of marketing may be high-priced for any small business, huge or smaller, listing with a web-based organization directory is actually a expense productive way to publicize your business. Listing can be really economical, regularly around $5.00 to $10.00 a year. When listing in a conventional paper directory, when it really is printed and distributed, it cannot be changed. A web-based home business directory enables you to modify and update your listing at any time.

  21. elektronik murah di singapura Says:

    A website’s experienced search and composition normally say a little something with regards to the dependability from the enterprise. It need to have very good navigation solutions so that you can certainly spot the product that you choose to need to have. Just in case you are intending to purchase speakers on-line, there ought to be an arranged process primary you straight to the web site of available speaker types. The website will have to also have the information relating to the corporate and the merchandise they can be advertising. It will have to consist of the company’s conditions and terms, privateness procedures, and get in touch with information and facts. Be sure they have appropriate security features to guard your personal and money data if you do the purchase and payment. Look at out their policies about delivery and cancellation of buy as well. Every brand design need to have got a description to help you you select one which fits your preferences.

Leave a Reply

WP Theme & Icons by N.Design Studio
Entries RSS Comments RSS Log in