Seputar Pemberitaan iPhone Telkomsel di Koran Tempo

Macintosh, Social, Technology Add comments

Alih-alih mikirin batere MacBook barusan di buzz rekan yang lain soal berita di Koran Tempo. 🙂

Kejutan dari Sebuah Rumor
Operator lain tak ikut bermain.

Sebuah kabar menyeruak di layar ponsel seperti sebuah kejutan awal tahun. Secepat angin, pesan pendek itu menyebar dan memancing perhatian. Telkomsel akan mendatangkan iPhone 3G ke Indonesia.

Seperti sebuah pesan misterius, sang pengirim kabar pun enggan berkomentar lebih jauh. Padahal Suryo Hadiyanto, si pengirim pesan, adalah juru bicara Telkomsel sendiri.

“Dalam waktu dekat,” kata Suryo menjawab iTempo, lagi-lagi via pesan pendek. Entah mengapa, panggilan telepon iTempo tak dijawabnya. Dikatakannya, mereka telah menjalin kerja sama dengan Apple untuk mendatangkan handset itu ke Indonesia.

Suryo mengatakan sejauh ini tak banyak informasi yang bisa disampaikannya. Dalam waktu dekat, kata dia lagi, pihaknya akan memberikan pengumuman resmi perihal kabar tersebut.

Yang jelas, Telkomsel sudah memberi konfirmasi masuknya iPhone ke Tanah Air melalui situs www.telkomsel.com/iphone. Di situs ini, peminat bisa memesan handset berlayar sentuh multitouch tersebut.

Di situs itu, peminat mesti mengisi data pribadi. iPhone yang tersedia ada tiga macam, yaitu iPhone 8 gigabita hitam, 16 GB hitam, dan 16 GB putih.

Tapi sebuah rumor merebak di kalangan penggemar produk Apple. Kabarnya handset ini sebetulnya sudah mulai masuk ke Indonesia. Itulah sebabnya, Telkomsel berani menawarkan pesanan indent.

Adinoto, seorang pakar teknologi komunikasi yang dekat dengan komunitas Apple di Indonesia, mengatakan rumor itu menyebut iPhone bakal masuk pada 25 Februari mendatang. Lelaki ini bahkan pernah diajak menguji coba ponsel pintar tersebut.

“Tapi itu baru rumor ya, banyak sekali yang bilang tanggalnya berbeda, macam-macamlah,” ujar Adinoto.

Adinoto adalah sosok yang pernah mengusahakan berdirinya kantor perwakilan Apple di Indonesia. Malah ia pernah bakal menjadi Chief Executive Officer Corporate Marketing Apple untuk Indonesia. Namun, rencana itu batal tanpa sebab yang jelas.

Perihal keengganan Telkomsel mengungkapkan lebih banyak informasi soal iPhone, menurut Adinoto, barangkali terkait dengan perjanjian. Telkomsel kemungkinan besar diembargo untuk tak merilis informasi apa pun soal iPhone kecuali pesan pendek tersebut.

Menurut Adinoto, memang begitulah ciri khas Apple selama ini. Perusahaan yang didirikan Steve Jobs itu memang getol menyimpan rahasia produk terbarunya sampai saat tanggal peluncuran kian dekat.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan Adinoto, ada kemungkinan Telkomsel akan menjual iPhone 3G dalam dua versi, yaitu versi bundling dengan banderol Rp 2,5 juta dan versi bebas seharga Rp 6 jutaan. Penjualan akan dilakukan via distributor Apple di Indonesia.

Nah, bagaimana dengan operator lain? Pasalnya, pernah juga terbit kabar bahwa XL akan memasukkan iPhone ke Indonesia.

Kabar ini mendadak sontak dibantah oleh Myra Junor, General Manager Corporate Communications PT Excelcomindo Pratama. “XL nggak ada rencana untuk masukin iPhone ke Indonesia, kami fokus di BlackBerry saja,” ujarnya. KARTIKA CANDRA

-> Komen saya seputar tulisan ini adalah:

1. Good writing Kartika Candra.

2. Beberapa yang perlu saya klarifikasi adalah:

(a). Tidak ada yang tahu pasti tanggal berapa PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) akan merilis iPhone 3G di Indonesia. Semoga memang benar dapat terlaksana sesuai dengan gambaran yang ada.

(b). Kalimat “Lelaki ini bahkan pernah diajak menguji coba ponsel pintar tersebut.” adalah dalam kapasitas saya mencoba iPhone 2G jauh hari sebelum ponsel tersebut direlease resmi diluar kerjasama Apple dan AT&T di Amerika. Saya pernah mengupayakan Apple masuk ke Indonesia dalam konteks keinginan pemerintah untuk me-leverage sumbangsih teknologi dan kontribusi apa yang Apple bisa lakukan disini, termasuk klausul di dalamnya adalah komputer alternatif yang terjangkau untuk masyarakat Indonesia, dan masuknya iPhone dan iTunes Music Store secara resmi di Indonesia, lewat tangan salah satu operator di sini. Tidak dalam kapasitas menguji coba ponsel pintar tersebut dalam kerjasama Telkomsel-Apple saat ini (karena saya sudah tidak terlibat sama sekali).

(c). Pricing scheme yang ada juga hanya diketahui oleh pihak Telkomsel. Tidak ada kepastian berapa harga tersebut akan direlease oleh pihak Telkomsel. Namun ponsel pintar tersebut akan dapat diperoleh melalui kerjasama Telkomsel melalui dealer-dealernya yang ditunjuk.

(d). Beberapa komunitas yang perlu mendapat credit point adalah Komunitas iPhone di Indonesia melalui milis id-iphone@yahoogroups.com dan dimotori oleh rekan-rekan sesama pengguna iPhone. Salah satu nama yang populer di milis tersebut adalah saudara Iki.

(e). Semoga benar adanya harga tersebut karena yang pasti Pihak Telkomsel harus membuat paket yang sangat bersaing dengan keberadaan paket ponsel pintar lain seperti Blackberry-Indosat yang dapat dukungan resmi dari RIM ataupun Blackberry-XL.

Ya udah atuh diantosan paketnya kalo mo ngirim Telkomsel mah ke gua huehehehehee… *ngacirrrrr 😛

33 Responses to “Seputar Pemberitaan iPhone Telkomsel di Koran Tempo”

  1. Adi Chandra Says:

    tgl 25 gua di berita singkat makemac.com jadi heboh amat, dari detik sampe ke koran tempo. wakakkakaak!!

  2. wolwol Says:

    Yahhhhhh…..6jtan magh, lebok weh

  3. gagahput3ra Says:

    Semoga bener bakal ada 2 option pricing bundled & non-bundled, supaya yang dompetnya gak tebel2 amat kayak saya bisa beli juga 😀

  4. Adi Chandra Says:

    klo sampe 6 juta sih nangis bombay. soalnya saya beli factory unlocked seharga 9.8JT!!!

  5. ikang Says:

    iiih … iphone … iiihhhhhh …

    Tapi kalau ada yang ngasih gratis sih ya mau aja, nanti dijual lagi tapi 🙂

  6. fisto Says:

    jadinya pake kontrak atau beli bebas sih?

  7. Affan Says:

    Kalau kontrak 2,5jt mau deh gw…

  8. Ronald Rianda Says:

    penantian yang cukup lama bisa terobati, kalo harganya ngak selangit! Benar kata bang affan, kalao segeto kita ambil 2 bang, hehehe

  9. adinoto Says:

    # Ronald Rianda Says:
    February 1st, 2009 at 3:13 pm

    penantian yang cukup lama bisa terobati, kalo harganya ngak selangit! Benar kata bang affan, kalao segeto kita ambil 2 bang, hehehe

    => Lah masak cuma dua kang! kirain mo bungkusin buat ane huahahahahaaa… *ngacirrr 😀

  10. DV Says:

    Ntar lagi masuk inpotaintment, Kang!
    Salut!

  11. idarmadi Says:

    “Adinoto adalah sosok yang pernah mengusahakan berdirinya kantor perwakilan Apple di Indonesia. Malah ia pernah bakal menjadi Chief Executive Officer Corporate Marketing Apple untuk Indonesia. Namun, rencana itu batal tanpa sebab yang jelas.”

    hmmmm…..

  12. finto Says:

    di bawah 3 jeti…
    tak ambil 2..
    satu so pasti kado valentine buat ce gua..

    wkwkwkkwkw..

    kita tunggu aja tanggal maennya…

  13. adinoto Says:

    # idarmadi Says:
    February 2nd, 2009 at 12:55 pm

    “Adinoto adalah sosok yang pernah mengusahakan berdirinya kantor perwakilan Apple di Indonesia. Malah ia pernah bakal menjadi Chief Executive Officer Corporate Marketing Apple untuk Indonesia. Namun, rencana itu batal tanpa sebab yang jelas.”

    hmmmm…..

    => Wakakakaka elo pernah kena sekem the supposed to be CEO ya wakakakakaa… *jadi inget pertemuan pertama dengan Idarmadi di Mandarin Hotel…. “tenang aja bossss…. apple sudah ditangan kita”… sekemmm taunya kena sekemmmm sama engkoh2 Apple APAC itu wakakakaka….. but it was such a good moment mate! Ketemu elo tentunya! 😀

  14. Macdots Says:

    Saya mesti jadi salah satu dealer yang di tunjuk ama telkomsel buat ngejual iPhone kali yah….huahuahuahua
    **kaburrr**

  15. Aulia Says:

    Apaan tuh “Chief Executive Officer Corporate Marketing”? Wakakakaka!! Ini kata2 dari mana, elu nyekem Detik apa Detik yang ngarang jabatan? Wakakakakakak!!

  16. Aulia Says:

    Eh kok Detik, gara2 barusan baca yang MacBook kebakar… 😀 Maksudnya TEMPO!

  17. adinoto Says:

    hahahahaha bukan gua atuh Ul… Hehehehe ga tau darimana. Eh, minggu pada ke tempat razak ga? Tepar euy gua 3 hari 2x pp jakarta bdg udah kayak supir cititrans wae wakakaka…. *dari e71. Sorry buat yang ngubungin via ym, gua ga online 3 hari

  18. minanube Says:

    gak di koran gak di blog narsisnya teteeeeep wae…

    weh heh heh he….

    makin kinclong aja nih gan

  19. rommy Says:

    saya berminat dgn hp iphone nya….tlng dikonf jk iphone sdh ada..tx..

  20. internet marketing indonesia Says:

    kalau harganya di bawah 1 jt, mungkin daku pertimbangkan untuk beli, tapi kalau hrgnya diatas itu, pikir2 deh, maklum kanker 🙂

  21. gatot Says:

    Nyari yg gratizzzz… dr pak noto…. hahahaha…

  22. moeis13 Says:

    iphone…akhirnya datang juga..

  23. widi Says:

    udah mending beli ipod touch,,,,toh apa seh yg diharapkan dr iphone? ntr tlp2 n sms-anya pake hape biasa aja x,,,,,hahahaha!!

  24. Lucky Says:

    lah, kemaren aku coba tanya – tanya di Tunjungan Plaza masa harga iPhone yang dikunci sama Halo harganya 9 JUTA????? ~ soalnya sih denger2 itu kartu Halo adalah paket Flash Unlimited selama 1 TAHUN wkwkwk

  25. adinoto Says:

    Hehehee.. to Widi… iya iPod Touch baru keren tipis banget, aluminium body lagi.. just get two of ’em yesterday. iPod touch lama males banget gua, plastic

    Did I mentioned kalo ipod touch baru lebih kenceng processornya dibanding iphone 2G dan 3G? 😀 heheheh it’s 533MHz wonder… a truly portable machine. Sayang aja blon nemu keyboardnya 😀 kalo ada keren sekali2 ssh pake ipod touch 😛

  26. Yuza Says:

    Qoute:
    Did I mentioned kalo ipod touch baru lebih kenceng processornya dibanding iphone 2G dan 3G? heheheh it’s 533MHz wonder… a truly portable machine. Sayang aja blon nemu keyboardnya kalo ada keren sekali2 ssh pake ipod touch

    – –

    Kalau saja Apple wireless keyboard dibuat compatible dengan iPod touch, ditambah aksesoris stand, akan sangat mantap iPod touch untuk productivity gadget. Sekalian: aksesoris output dengan kualitas VGA benar-benar bisa menggantikan laptop untuk presentasi. 😀

  27. adinoto Says:

    yuza wrote:
    Kalau saja Apple wireless keyboard dibuat compatible dengan iPod touch, ditambah aksesoris stand, akan sangat mantap iPod touch untuk productivity gadget. Sekalian: aksesoris output dengan kualitas VGA benar-benar bisa menggantikan laptop untuk presentasi. 😀

    => Wakakaka yoi yuz, sekem pisan ah Apple, bikin gadget kagok edan wakakaka.. coba ada sekalian ato optional infocus kayak hape lingling itu virtu-v hahahaha… wah katanya udah di ostrali ya… oleh-oleh ya kalo pulang 😛 … sukses yuz!

  28. Audy Says:

    Ada teman yg bilang katanya harga iPhone 16GB Telkomsel Rp.13juta?? Apakah ada yg klarifikasi berita ini secara resmi ke CS Telkomsel? Saya sudah reserve karena mengira harganya ga jauh dari Rp.2,5juta.

  29. CHO-Q Says:

    ntar kluarnya sekitar tgl 20 maret 2009….
    harga 2,6jt dengan kontrak selama 12 bln (per bulan-nya Rp.700rb)==> itu br yg 8gb 🙁

    total=11 jt (gile aje)

  30. telkomsel Says:

    http://www.telkomsel.com/web/download/iphone_tsel.php?sec=ipn lihat di situ harganya…. nyengir-nyengir dah lo….!!!!!

  31. irfan Says:

    permisi…bapak2, gmn kl saya pgn beli kartu nya aja? bs ngak..apa emang harus beli, beserta iphone nya?

  32. adinoto Says:

    # telkomsel Says:
    March 13th, 2009 at 4:23 pm

    http://www.telkomsel.com/web/download/iphone_tsel.php?sec=ipn lihat di situ harganya…. nyengir-nyengir dah lo….!!!!!

    => Kenapa dengan pricing itu mas telkomsel? Hehehe… bener kan ga jauh 2.5jt (paket telkomsel = 2.6jt) …. kalo soal itu berlangganan bayar bulanan, ya beli henpon lain juga emangnya ga pake pulsa 😛 *ngacirrr

  33. adinoto Says:

    “Adinoto adalah sosok yang pernah mengusahakan berdirinya kantor perwakilan Apple di Indonesia. Malah ia pernah bakal menjadi Chief Executive Officer Corporate Marketing Apple untuk Indonesia. Namun, rencana itu batal tanpa sebab yang jelas.”

    no chance whatsoever, only people of chinese descent are good enough

Leave a Reply

WP Theme & Icons by N.Design Studio
Entries RSS Comments RSS Log in