Manajemen Apartemen Gallery Ciumbuleuit Sekem

Social Add comments

Saya menempati apartemen ini sudah hampir 3 tahun lamanya. Beberapa hal yang saya alami dan saya toleransikan adalah termasuk pembangunan fisik gedung yang tidak sesuai spesifikasi (air dari kamar mandi banjir keluar, karena ternyata lantai dibikin datar bukan miring ke arah lubang air), dan di dinding ada korslet listrik pada konstruksi baja (tololnya) sehingga lantai panas. Pada intinya segala sesuatu harus saya kompromikan dengan mengadakan perbaikan sendiri, dan salah satu hal yang paling menyebalkan adalah janji bahwa di apartemen ada layanan internet (yang baru terealisasikan hampir 3 tahun kemudian), untung saya dapat memasang parabola sendiri atas kebaikan salah satu manajer disini.

Beberapa hal yang saya perhatikan tidak simpatik adalah PERLAKUAN YANG BERBEDA terhadap PARA TENANT (pemilik apartemen) dan PENYEWA HOTEL (Apartemen Gallery menyewakan sebagian unit nya untuk menjadi hotel), yaitu:

1. Tenant tiba-tiba saja tidak lagi diperbolehkan mempergunakan jasa porter (tukang angkat barang) untuk membantu membawa barang/koper yang besar dari front office. Jasa penggunaan porter hanya diberikan untuk PENYEWA HOTEL.

2. Akses telepon intern (iphone), merupakan titik paling menyebalkan dari apartemen ini. Kalo weekend dijamin hang, dan tidak ada suara. Sedangkan akses satu-satunya ke dalam (ke front office, dll) sangat tergantung dari keberadaan iphone ini. Lebih jauh, sering taxi atau tamu sudah menunggu di lobby tidak berhasil menghubungi tenant karena iphone nya tidak berfungsi dengan baik. Pihak engineering menyatakan “sudah maklum” katanya karena perangkatnya agak kuno, sehingga kalo satu diangkat (tergantung), PABX nya suka hang. Maklum tapi tidak melakukan apa-apa? How good.

3. Lift merupakan titik lain yang paling menyebalkan. Dengan bangunan 26 lantai (persisnya 18 lantai + 3 basement karena nomor-nomor 1,2,3,4, 13,14, 23, 24 ga ada. Agar keliatan tinggi gedungnya? Entahlah) Yang pasti dengan 21 lantai hanya dilengkapi dengan 2 lift berukuran sangat kecil (plus satu lift barang) merupakan biggest joke on the planet. Berhemat? Dinas kota ga pernah kontrol soal kebutuhan lift? Bagaimana dengan kondisi keadaan darurat? Dengan adanya penyewa hotel yang membanjiri Bandung setiap weekend (ditambah kondisi Bandung yang selalu kekurangan hotel setiap weekend) membuat naik dan turun lift bagi para tenant (dan penyewa hotel) tentunya menjadi pengalaman yang sangat memfrustasikan.

4. Kemaren, tiba-tiba teriring internal memo yang menyatakan bahwa setiap tenant akan diberikan Mailbox, yang intinya sekarang setiap tenant harus mengambil sendiri semua surat-surat yang ada ke ruang mailbox di basement 1. Pengiritan terhadap SDM? Luar biasa. Beberapa kali saya perhatikan penyewa hotel pun mengeluhkan soal kondisi lift yang tidak memadai, dan porter yang cuma 1 orang yang bertugas untuk ukuran hotel dengan 26 lantai.

Saya pikir menarik juga berbisnis apartemen + hotel. Pertama anda bisa menarik uang pembiayaan pembangunan fisik dan mengejar BEP (break even point) dengan MENJUAL unit yang ada ke TENANT. Kemudian, untuk memperoleh profit yang berkesinambungan anda dapat menarik uang lagi dari MENYEWAKAN sebagian unit-unit yang ada kepada PENYEWA HOTEL. (Untuk kebutuhan operasional gaji dan listrik dan lain-lain sebenarnya sudah tercover dari biaya bulanan yang ditanggung para tenant, untuk unit 2 kamar tidur seperti saya berkisar 800 ribu per bulan).

Lebih menarik lagi, padahal buat sebagian tenant yang hidupnya cuma tek-tok dari kantor-apartemen-molor, hampir sebagian besar fasilitas tidak dinikmati, tapi justru fasilitas layanan dari waktu ke waktu semakin berkurang (karena tenant dianggap “cuma” menyumbangkan 800rb per bulan relatif dibandingkan nilai jualan Sewa Hotel yang bisa mencapai 10 juta-13 juta untuk unit yang sama perbulan). Menarik bukan?

Even better memo yang diedarkan pun belum disosialisasikan dengan baik ke seluruh karyawan di front office yang ada, sehingga ketika saya ingin mengambil kunci mailbox saya, yang saya alami adalah jawaban, kurang tau pak. Itu urusan tenant relation. Haiyah. Memperoleh jawaban yang tidak profesional tersebut saya hanya melontarkan ucapan, “Kok pelayanan di apartemen ini semakin hari semakin berkurang ya? (dengan nada emosional) Saya mo pindah aja dari sini!”.

Gimana nih jawaban dari pihak Manajemen Apartemen Gallery Ciumbuleuit? Pak Nandang? Pak Himawan? Terpaksa saya harus buka dipublik karena kelihatannya semua upaya komplain saya (selama 3 tahun menempati apartemen ini saya ada 2 kali melontarkan surat komplain seputar kebisingan karena pembangunan jalan di depan yang berbunyi-bunyi tek tak tek tak (logam beradu) yang tidak terperhatikan selama berminggu-minggu sehingga mengganggu tidur di malam hari, dan urusan iphone (malah lupa pernah komplain resmi via surat ato ga) yang jelas saya sudah terkenal hobby marah-marah soal ini).

Karena kesibukan harian, saya tidak sempat kumpul di acara silaturahmi penghuni yang sudah diadakan 3 kali? Ada pembentukan paguyuban penghuni? yang harusnya mempunyai nilai tawar ke pengelola apartemen. Ato akan selama ini penghuni jadi bulan-bulanan manajemen satu arah saja? Kalo memang serius anda yang sekali-kali menghubungi saya, jangan saya saja yang setengah mati cari anda dan ngurusin hal yang ga penting jadi penting ini. Rusuh.

Telpon saya: +628552181888.

32 Responses to “Manajemen Apartemen Gallery Ciumbuleuit Sekem”

  1. Eep Says:

    sekeeeemmm
    untung ga jadi beli apartement di galeri cimbuleuit..
    wakakakak

  2. rendy Says:

    pindah ke dago butik…
    biar gw bisa maen kesana lebih sering,….

  3. Dedhi Says:

    Hah, 800 ribu sebulan? Murah amirrrrrrrrrr……………

    Gue ngekost belakang Kuningan tahun 1998 aja 1 juta sebulan

  4. adinoto Says:

    # Dedhi Says:
    February 3rd, 2008 at 7:04 pm e
    Hah, 800 ribu sebulan? Murah amirrrrrrrrrr……………
    Gue ngekost belakang Kuningan tahun 1998 aja 1 juta sebulan

    => Unitnya beli boss, itu service apartemennya. Kalo sewa 10-13jt sebulan. 😀

  5. adinoto Says:

    # Dedhi Says:
    February 3rd, 2008 at 7:04 pm e
    Hah, 800 ribu sebulan? Murah amirrrrrrrrrr……………
    Gue ngekost belakang Kuningan tahun 1998 aja 1 juta sebulan

    => Wah 1jt th 98 ya hmm gua taon 97 kos di setiabudi (kuningan) 475rb rasanya udah wah banget, setaon kemudian 98 kos di bintaro pasaran udah gopek. Ga ngikutin kos2an di setiabudi berapa taon segitu. Eh skrg di Bandung aja di temen gua sebulan 1.250rb enak bener punya bisnis kos2an yak 😀 sekemmm….

  6. adinoto Says:

    # rendy Says:
    February 3rd, 2008 at 6:48 pm e
    pindah ke dago butik…
    biar gw bisa maen kesana lebih sering,…

    => Elu aja yg beli Ren, gua yg main kesana 😛 kalo perlu lu kos, ntar tempatnya gua yang pake… buat gudangbatere 😛 *ngacirrr

  7. Dedhi Says:

    #4-5
    Ooo 800 ribu itu maintenance/conservation fee doang tho. Gue pikir rent fee.
    1 juta itu duplex unit, kayak elo tinggalin sekarang, jadi 2 bedroom, 1 common, 1 mini pantry, 1 bathroom.

  8. M Fahmi Aulia Says:

    gurita bisnis Adinoto kian menjalar…
    apartemen pun tidak luput …
    *berdecak…manggil cecak…*

  9. Diki Says:

    nyicip bbrp bulan pas ada codecamp project, pas weekend beneran parebut lift! mana di lantai 26 pula

  10. IMW Says:

    Udah pindah aja….. ke Bali

  11. amen Says:

    itu bukan korslet bos, itu mah heater. bandung kan (dulunya) dingin 😀

  12. adinoto Says:

    # Diki Says:
    February 4th, 2008 at 1:15 am e

    nyicip bbrp bulan pas ada codecamp project, pas weekend beneran parebut lift! mana di lantai 26 pula

    => Coba dibikin petition online dijamin ratusan sampe seribu lebih orang pernah ngedumelkan soal ini.

  13. adinoto Says:

    # IMW Says:
    February 4th, 2008 at 3:05 am e

    Udah pindah aja….. ke Bali

    => Waduh… bukannya ga mau. Makan gua masih di Bandung, kalo ke Bali bisa jadi gembel gua nanti wakakaka… makanya cepetan bikin tuh Made Ikan bakar, biar gua ikutan jaga dan ngipasin ikan sono hehehee… 😀

  14. IMW Says:

    Gimana kalo makan loe kita pindahin ke Bali sekalian he he he he. Atau loe langganan aja tuh pesawat, masak kalah ama swalow Bali yg tiap minggu pp Bali-Jakarta 🙂

  15. Dedy Says:

    Makanya Pak, enakan tinggal di pedesaan, dekat dengan rakyat 🙂

  16. Ruiz Says:

    Nape loe baru bisa tinggal di apartment aja pake belagu. Balik lagi tinggal di kostan deh. …”Supposed to be the next apple Indonesia country manager” ??? Haha..that is a good joke.

  17. adinoto Says:

    Ruiz Says:
    February 17th, 2008 at 6:58 pm e
    Nape loe baru bisa tinggal di apartment aja pake belagu. Balik lagi tinggal di kostan deh. …”Supposed to be the next apple Indonesia country manager” ??? Haha..that is a good joke.

    => Nape lo sewot boss, lo relative yang punya Apartemen Ciumbuleuit? Kalo iya napa ga berani pake nama asli? pakenya ruizblog.net yang domainnya aja ga ada. Kalo memang iya, kenapa ga bisa kasih masukan yang lebih baik biar bisnis lo dan kerabat lebih maju. Ato lu cuma spammer online aja yang hobby nya menuhin internet dengan komen ga jelas? Ya elah.

    Supposed to be Apple Country Manager Indonesia? What do you know? Once I had a hand shake about this and where were you? You have no clue.

  18. Alex Sitompul Says:

    wah wah wah…………….
    koq malah jadi sekem neh…..
    tenang aja dari pada gtu, mending aku aja lah yg tinggal disana.
    yakin deh ga ada SEKEM aku buat
    :))

  19. arhan Says:

    pak, saya mo nyewa sebulan yang studio aja … ada info gak? ..

  20. adinoto Says:

    # arhan Says:
    June 1st, 2008 at 3:45 pm e

    pak, saya mo nyewa sebulan yang studio aja … ada info gak? ..

    => Coba aja hubungi manajemennya pak.

  21. Kania Says:

    jangan bandingin sama dago butik deh.. sucks juga service nya.

  22. Kania Says:

    hehe met kenal juga..!
    untungnya dago butik sampai sekarang ga ada hotel jadi2an.. padahal kayanya rencana gitu lho, dari namanya aja kondotel -> kondominium hotel. tapi ga ter-realisasikan karna sudah hampir seluruh unit terjual.
    Males juga ya, bareng2 sama hotel gitu, jadi lebih berasa diskriminasinya. misalkan hotel dibedain tower nya, beda juga lift nya, mungkin lebih ok.

    Kalo soal lift, dago butik cukup manusiawi.. untuk 11 lantai masing2 7 unit, trus tambah 2 lantai suite masing2 4 unit, sama 1 lantai penthouse satu unit, ada 3 lift tapi satu nya lift barang…

    Kalo service charge, abis bbm naik, ada kenaikan juga. tapi klo bayar setaun di muka, tetep gratis 1 bulan. (unit saya 3 kamar, luas sekitar 110 m2 jadinya 1.040.000 sebulan)

    So far complain saya sih cuma yg ada di blog aja. semoga ga nambah lg hehehee

  23. bukie Says:

    sy jg punya unit disana.. dah cape jg complain nya.. blmlagi kwalitas tv lokal nya ga layak ditonton,bs rusak deh mata gw..blm lg pas holiday..parkir yg hrsnya buat tenant, dipake jg tamu hotel.kita kebagian di B3..payahhh

  24. mehdo Says:

    salam kenal mas!

    unek2 yang sama mas.air ngemplang.parkir susah.tv butut.manajemen payah gelo!

  25. mehdo Says:

    sori tambahan….dikit.

    ..tapi suasananya emang enak juga yah.yah kompensasi kali yah.thx

  26. nice guy Says:

    dughhh….rencana gua pengen nya gawe di situ… n dah ada yang nawarin jugha…

    mudah2an ja… management nya baguz yah… ga seburuk yg kalian bilang…hehe

  27. caa Says:

    salam kenal mas..
    saya mo numpang ngiklan dikit boleh yak
    gini ni, saya lagi nyari 1 unit apartemen d ciumbuleuit/dago butik yg kosong
    yang saya butuhin kamarnya min.2 dan max.3
    bagi yang tau atau emang punya unit kosong yang mo disewain tolong hubungin saya ya
    imel ke ncaa3011@live.com

  28. Hans Says:

    Salam kenal.
    Saya mahasiswa dari ITB jurusan arsitektur, mau nanya-nanya juga seputar apartemen ciumbuleuit. Terutama tentang utilitas bangunannya Mekanikal elektrikal. Untuk kebutuhan penyelesaian tugas makalah saya. Sampai sekarang surat pengantar survei saya belom ditanggapin, mgkn saja gak diterima.

    Saya tertarik dengan cerita soal lift,iphone, dan korslet listrik di dinding. Oh ya juga pingin tau tentang fasilitas CCTVnya, apa ada dan apakah berguna? JUga sistem sekuritinya, misalnya akses lift dan kamar tenant serta pembuangan sampah untuk tenantnya per lantai. Pingin tau lebih banyak lagi untuk dijadikan masukan buat perbaikan dan studiku kedepannya. kalo ada informasi yang lebih detail lagi mohon direply ya, ato email ke hansraid@students.itb.ac.id.

    Thanx banget

  29. Tommy Says:

    wah…saya tinggal disini jg…
    waktu itu sempet bocor sampe airnya masuk ke dalam kamar…DUA kali…
    trus memang manajemen nya ga proffesional banget…
    masa saya minta kamar dibersihkan aja ga bsa…sampe harus marah2 dlu di lobby…
    parah2…
    tinggal di lantai brp pak?

  30. andi Says:

    Ada yang mo sewain appartemen ciumbuluit ngga,
    saya butuh buat satu bulan, sekitar bulan november sampe awal desember , sms di +31624135884 harganya harus yang ekonomis tentunya hi hi
    thanks

  31. adinoto Says:

    saya sih mau jual 😀 heheheh 48m2… lux. kamar CEO 😀 hehehee… call for serious offering.

  32. surya Says:

    benerrrr….
    liftnya parahh….lama bgt..apalagi klo ada yang nahan lift…bahhh….blum ditambah perbaikan lift yang gak pernah abiss…
    trus kadang pegawainya bener2 gak profesionall….kemaren kan gempa trus dinding kamar saya retak sehingga air yang dr kamar mandi merembes…mereka bilang akan diperbaiki, sampai sekarang gak pernahh mereka hubungi saya lagii…

    hhmmm…soal fasilitass…air panas kolam renang yang tadinya sabtu minggu sekarang cuman minggu itupun cuman setengah harii…trus kolam renang sekarang berasa lebih kotor dan campuran kaporit yang menggila…..tempat fitness lebih parah lagii…tenant msti bayar dongg…yg saya tau apartemen dijakarta gak ada yg narik duit buat fitness…
    mana parkir bayarr…mstinya minimal tiap kamar kasih 1 tempat parkir..!!!! paraaahhhhhh…!!!

    yang enak cuman pemandangan sama udaranya yang emang dasarnya enakk….hehe….

Leave a Reply

WP Theme & Icons by N.Design Studio
Entries RSS Comments RSS Log in