Roy Suryo Revisit (IT For Newbie)

Social, Technology Add comments

Kemaren ga sengaja nonton TVRI ada acara ORBIT Mas Oy… membahas Ecommerce/Banking Online? *telat udah ditengah nontonnya. Ada beberapa hal yang ga sreg/ga pas jawaban sama pertanyaan. Tergerak mau meluruskan biar masyarakat lebih melek teknologi lah. Sumbang sawer ilmu (kalo masih dihargai). Menta uang kan susah, kalo menta elmu orang seneng ngasih dah.

1.Pertanyaan… “bla bla bla.. kalo pengen punya domain sendiri apa bayar, dan apakah Google, Yahoo dsb bayar?”

Om Oy: Kalo mau gratisan pake yahoo, tapi ga keren kalo mau bisa pake blog dengan nama sendiri, bayar. bla bla bla…

Adinoto menjawab: Hmm, apa maksudnya kurang pas denger pertanyaannya?? Maksudnya memiliki domain sendiri itu gmana, apa harus bayar? Bukan nanya layanan email kali ya. Kalo mo punya domain sendiri tentu bayar ke registrar. (Om Oy juga bahas soal Registrar kalo mo gampang bisa minta tolong ke ISP), mungkin kelupaan bahas, ya Google, Yahoo, tentu saja bayar domain mereka ke Registrar. Gua tambahin deh biar tambah wawaasan: Emang domain ini udah kayak bisnis sendiri. Orang berebut bisnis domain seperti halnya “tanah/kapling” di dunia nyata. Salah satu pemain yang “gila” borong domain adalah Buy.com ketika itu (2001-2002?) mereka memborong 4000 domains sekaligus (bayangin biaya domain waktu itu masih 32 dollar/tahun per domain. Kasus lain soal klaim-klaiman domain ini adalah: Ketika McDonald’s sitenya sudah di claim oleh orang lain (hint: kalo mo info Google lagi deh), dan akhirnya McDonalds bisa menang dan ybs menyerahkan domainnya. Ato Mikerowsoft yang asli namanya sendiri tapi dikira mencybersquatt (hijaack) site Microsoft (settled cuma dengan dikasih XBOX 😛 ) Kasus lokal ketika Mustika Ratu? domainnya di klaim sama saingan bisnisnya. Mau referensi lengkap bisa ambil dari situs Kang Onno. Saran: Kalo anda berminat mau “invest” ga ada ruginya punya domain sendiri jaman sekarang karena relative sudah murah sekitar 90rb per tahun (plus biaya hosting yg bisa dipilih dari paket 1000 perak perbulan). Coba tanya Rendy tuh di QWords, ato Pak Pri di IndoGlobal, nah kalo mau tanya-tanya soal blogging bisa nanya Mas Amal (konsultan blog) dan Mas Boedi Poetra.

Hint lucu: Buy.com ketika itu di bangun (Founder dan CEO) Scott Blum, di jajaran direksinya diisi oleh John Sculley ex-CEO Apple. (Halah gua kok blon ada di Wiki ya *ngacirrr). Steve Jobs ketika menawarkan posisi CEO di Apple ke John Sculley yang ketika itu CEO Pepsi Cola terkenal dengan quote “Do you want to sell sugar water for the rest of your life, or do you want to change the world?”.

2.Pertanyaan…. “Bagaimanakah kita memilih toko komputer kalo ingin membeli laptop?… bla bla bla.. harus bagaimana?”

Om Oy: Ya pilih toko yang dipercaya, jadi bisa nanti diinstall ulang, harus bisa dimasukin account baru dan password baru…. terus membahas soal bahaya data di komputer… Ketika itu tahun 1986 ada seorang Indonesia yang bekerja di bank punya password RUDEM singkatan namanya (ga tau nih Rudy apa kali???)… nah dia bisa membobol bank tersebut setelah sekian tahun karena password nya masih sama. Dan itu tahun 1986 loh.

Adinoto menjawab: Jawabannya kayaknya kurang pas. Jawabannya mungkin lebih pas, YA Sebaiknya komputernya harus di format dan direinstall ulang dengan installer Windows. Bisa dari Windows bawaannya laptop (lebih baik karena lebih sederhana, di dalamnya biasanya sudah disertakan driver-driver custom yang bawaan laptop tersebut). Ato kalo pun ga ada bisa copy Windows dari temen (bukan untuk diduplikasi distribusi tapi keperluan backup), terus bisa masukin serial number asli bawaan komputer/laptop tersebut yang terdapat pada bawah komputer/laptop tersebut (ada stiker Original dari Microsoft). Setiap Laptop (biasanya); tidak termasuk laptop murah yang tidak membundle Windows, BERHAK, untuk dicopykan Windows original lagi sesuai dengan serial number yang terdapat pada stiker asli Microsoft dibawah laptop tersebut. Harap diperhatikan bahwa Windows yang BERHAK adalah Windows tipe yang sesuai dengan stiker bawaan tersebut. Jadi kalo stikernya Windows Home Edition, tentu TIDAK BERHAK untuk diinstalkan Windows Professional Edition. Kalo bingung bisa check PapayaNews liat siapa-siapa Geeks disekitar anda :P. Kemudian anda bisa menginstall software-software pendukung gratis OSS (Open Source) seperti OpenOffice, dan Firefox. Jadi apabila belum siap dengan solusi total Open Source sampe ke level OS (seperti Linux dll), paling tidak anda sudah membiasakan diri dengan Aplikasi Open Source. Catatan: Microsoft Office bisa dipastikan hampir tidak merupakan bundle kebanyakan laptop karena harganya yang mahal. Hanya sedikit sekali laptop yang membundle dengan Microsoft Office (biasanya Small Business Edition — baca: Minus PowerPoint), dan ada aplikasi OneNote. Catatan buat yang ingin menjual laptopnya juga seharusnya memformat ulang komputer tersebut apabila data tersebut dirasakan sensitif. Untuk data yang supersensitif sebaiknya melakukan low level format (zero all data), karena data lebih mahal daripada sekedar laptop bukan demikian?

Untuk jawaban soal tahun 1986, rasanya kurang pas, karena yang tersebut diatas adalah soal security, dan tahun itu belum ada laptop umum. *Laptop pertama termasuk ada dipasaran adalah buatan Apple, yaitu PowerBook 100 yang diproduksi tahun 1991 oleh Sony. Salah satu kelebihan laptop ini yang masih saya rasa heibaat sampe sekarang adalah kemampuannya untuk bisa booting cold boot dari RAM disk. 😛 hehehehe.. top bgt. Mungkin ini salah satu alesan kenapa (karena Sony yang paling tau miniaturisasi dan memproduksi Mac pertama) Apple menolak Sony untuk melicensi Mac OS pada tahun 1996. Karena tidak memperoleh license Mac OS akhirnya Sony memilih memproduksi Sony Vaio dengan lisensi Microsoft Windows.

Mungkin sudah saatnya kita mulai sering turun kebawah memperhatikan IT For Newbie? Biar generasi muda lebih melek dan dapet bimbingan yang benar. Makanya diharapkan para sesepuh IT ga cuma bertengger di posisi menara gading jadi bisa lebih membumi dan memberikan alternatif narasumber informasi buat khalayak awam. Bagaimana menurut anda?

Berikut daftar geeks yang bisa dimintain tolong: Eko Juniarto (Mac/Windows/Linux), Andika Triwidada (Linux), Made Wiryana (Linux, Security, All About Linux), Priyadi (Linux/Hosting), Ikhlasul Amal (Blog dan EYD), Boedhi Poetra (Blog), Dicky Wahyu Poernomo (Linux/Mac/Windows), Didats (Blog), Mohammad DAMT (Linux, Hardcore), Zikri (Linux, Windows), Yulian “Jay” Firdaus (Mac, Linux), Ibrahim Samik (Mbahnya Open Source Indonesia), Boy Avianto (Mac, Standard Web 2.0), Kuncoro (TelkomSpeedy), Mira Marselllia (TelkomselFlash), Jim Geovedi (Linux, BSD, Security), Enda Nasution (Blog), dan tentunya buanyak lagi temen-temen yang bisa dicari dari source link diatas. Mohon maaf apabila ga sempet menampilkan semua links. Salam maju buat dunia IT Indonesia *halah salam apa pula kayak pernah denger *ngacirrrrrrr 😛

Pesan Sponsor: Kalo mau Migrasi Open Source boleh tuh kontak Adinoto.com :)) *bwakakakaa…. beli paket dari bandarnya dapet semua geeksnya 😀 halah halah hare gene dagang IT 😀

47 Responses to “Roy Suryo Revisit (IT For Newbie)”

  1. rendy Says:

    hakakakakakak

    yoih

    pastikan anda hosting di Qwords.com 🙂

  2. why Says:

    Apa perlu Shooting ulang dan tayang ulang dengan nara sumber Macnoto nih?… =))

  3. Irvan Says:

    kayaknya emang om Oy yang harus diberi bimbingan yang bener. kira2 mau yang dia ? hihihi.

    -IT-

  4. Sirait Says:

    >> Kalo bingung bisa check PapayaNews liat siapa-siapa Geeks disekitar anda :P.

    haha .. selain dapet ilmu, seperti kata adi wirasta tadi di blognya, siapa tau cocok sama geeknya, syukur2 bisa kencan. boleh juga ini mulai dipikirkan fitur mirip2 dating site di papayanews 😛

  5. sufehmi Says:

    Saya pernah dicurhatin oleh seorang wartawan, “duhh kok pakar IT ngejawabnya malah bikin kita minder”.

    Yah, tertohok juga sih, selaku sesama oknum IT kakakaka… tapi, memang ada benarnya.

    Gak sekali dua kali cuma bisa geleng2 kepala ngeliat orang bukannya ngasih pencerahan, malah sibuk obral jargon sambil membanggakan kepintarannya.
    Elus terusss egonya. Kalau bisa dipersulit, ngapain dipermudah? Tanya kenapa.

    Jadi, kalau oom Roy yang jadi naik, ini salah kita semua.

    Nah, sudah bagus nih boss Macnoto bikin list ini. Sekarang yang sudah didaftar mudah2an bisa terus ada kesempatan utk membantu ngasih pencerahan kepada siapa saja yang minta.

  6. Jay Says:

    Saya mah artis!

  7. adinoto Says:

    sufehmi Says:
    July 31st, 2007 at 3:35 pm
    Saya pernah dicurhatin oleh seorang wartawan, “duhh kok pakar IT ngejawabnya malah bikin kita minder”.

    Yah, tertohok juga sih, selaku sesama oknum IT kakakaka… tapi, memang ada benarnya.

    Gak sekali dua kali cuma bisa geleng2 kepala ngeliat orang bukannya ngasih pencerahan, malah sibuk obral jargon sambil membanggakan kepintarannya.
    Elus terusss egonya. Kalau bisa dipersulit, ngapain dipermudah? Tanya kenapa.

    Jadi, kalau oom Roy yang jadi naik, ini salah kita semua.

    Nah, sudah bagus nih boss Macnoto bikin list ini. Sekarang yang sudah didaftar mudah2an bisa terus ada kesempatan utk membantu ngasih pencerahan kepada siapa saja yang minta.

    -> Betol bosss… lagian wartawan pun pake minder, jangan minder atuh lah secara gitu loh beda profesi. 😀 Kalo ngomongin batere kan ente juga tau sapa pakarnya bwakakakkaa… Iya nih boss Harry Sufehmi ini juga available buat dimintain tolong… yukkk tolongin generasi muda, Secara gitu loh generasi berikutnya lah yag menentukan bangsa ini mau dikemanain. Liat anak-anak muda kita yang udah juara-juara Olimpiade. Mo dikemanain mereka. Belum lagi generasi umuran 5-10 tahun. Mereka toh calon pemimpin juga generasi berikutnya.

    Gimana kalo kita mulai berangus TV ga mutu? 😛 Pak SBY berani ga? Pak Kalla? Yukkkkk….

  8. adinoto Says:

    # Sirait Says:
    July 31st, 2007 at 3:27 pm

    >> Kalo bingung bisa check PapayaNews liat siapa-siapa Geeks disekitar anda :P.

    haha .. selain dapet ilmu, seperti kata adi wirasta tadi di blognya, siapa tau cocok sama geeknya, syukur2 bisa kencan. boleh juga ini mulai dipikirkan fitur mirip2 dating site di papayanews 😛

    -> Bwakakaka.. nungguin IPO murah aja jatah preman 😀

  9. EepInside.Com » Blog Archive » Sambal dan Pedasnya (2) Says:

    […] arsip lama di sebuah milis, nemu sebuah posting. Kebetulan saya barus aja membaca posting dari bos Batnoto, IT For Newbie. Bulat sudah tekad ini untuk menulis Sambal dan Pedasnya […]

  10. ryosaeba Says:

    waduh, nama saya duluan dipajang sebagai geek :”>
    anyhow, emang bener sih apa kata harry supermi. makanya saya juga sering cari analogi yang lebih bisa dimengerti oleh awam untuk menerangkan soal IT.

  11. Eep Says:

    yup betul, terima kasih buat adinoto, best friend saya yang selalu melimpahkan waktu buat saya untuk tanya ini dan itu. hehehe

    jawabannya juga enak, ga semua geek loh bisa jawab dengan baik dan menyenangkan, ada juga yang bikin bete setengah ngenye.. padahal kita bener-bener ga ngerti alias awam apa yang kita tanyakan.
    hehehehe

    dukung adinoto…!!

  12. Eep Says:

    ada juga tuh geek yang adinoto tulis diatas langsung mem-block saya ketika saya add YM nya.., padahal saya sudah memperkenalkan diri dengan baik..

    ya.., biar bagaimana, Om Oy harus diacungkan jempol karena punya kemampuan marketing yang bagus, meskipun barang jualannya “kecap”semua. ya tapi bagaimana lag..? ini sesuai dengan posting noto sebelumnya, banyak orang IT geek yang terlalu kaku, dan tidak mampu bahkan gengsi untuk jualan, apalagi kalau musti jual diri.. hahahahahah

  13. dikshie Says:

    masalah battery laptop dibahas ngga di acara tsb ? :-p

  14. dedenf Says:

    eleeuuuhhh urg teu disebut

    *ngarep*

  15. adinoto Says:

    # dedenf Says:
    July 31st, 2007 at 6:07 pm
    eleeuuuhhh urg teu disebut

    *ngarep*

    -> Oh iya kalo pakar fekir benwit bisa nanya Aa Deden 😛 *ngacirrrr

  16. Mira Says:

    #15 =)) sumpah ngakak

  17. dedenf Says:

    jrith! *giles mio ku suprax*

    *latihan swing kiri deui*

  18. didats Says:

    adinoto for president!

    hihihi.. 😛

  19. Adham Somantrie Says:

    *uhuk uhuk*

    tampak tidak terlibat dalam sekem… namanya ga disebut…

  20. adinoto Says:

    # Adham Somantrie Says:
    July 31st, 2007 at 7:45 pm
    *uhuk uhuk*

    tampak tidak terlibat dalam sekem… namanya ga disebut…

    -> Bwakakakak sorry morry maklum aku tadi sambil gawe buru2 last minute curi post aja… Perkenalkan Adham Somantrie, penjaga gawang Bukit Datuk Dumai, Secara gitu putra daerah sana tapi kok nyangsang di Dayeuh Kolot yaks? Hahahaha Adham expertise = BSD, Mac, Networking *duuuh yang lagi TA bikin IP6 to IP4 conversion over SMB 😛 …. Pak sekem aja pak (pembimbingnya) jangan kasih lulus cepat… nanti dia cepat kawin bwakakkakaka… *ngacirrrr

  21. adinoto Says:

    # didats Says:
    July 31st, 2007 at 7:25 pm
    adinoto for president!

    hihihi.. 😛

    -> Sementara gua tunggu undangan lowongan jadi rodi di Kuwait dari elu aja dat… menikmati three and one and three zeroes (baca 31.000 selembarnya) duit sono ngeunah sigana mah 😀 kekekeke….

  22. adinoto Says:

    # dedenf Says:
    July 31st, 2007 at 6:32 pm
    jrith! *giles mio ku suprax*

    *latihan swing kiri deui*

    -> Kalo swing tangan kiri udah bisa bunyi “wussss wusss” kayak Heroes ato kayak Star Wars boleh adu Mio dan SupraX di lapangan golf deui 😀

  23. Rizki Afta Says:

    Mas roy lagii.. Cabeee deee..

  24. Rahmat Zikri Says:

    Hi … ;))

  25. Denny Says:

    Asik pak adinoto, jadi ngeh soal beli-belian domain..plus kasus2 domain yg ada diluar sana.

    tapi terlepas dari itu pak Roy itu pinter apa OOT sih..:D

  26. Irvan Says:

    wakakakakakaa wakakakakaka wakakakaka
    mas nggak ngerti, wakakakakakakakak

  27. sufehmi Says:

    Oh ya, wartawannya jadi minder berat karena jawaban sang pakar itu sambil sangat melecehkan dia secara personal, kesannya “doh kok pertanyaan level TK begini masih juga ditanya, google.com/search?q=pertanyaan+sampeyan gitu loh”

    Atau kadang seperti yang saya sebut, karena bertaburan jargon, jadi bikin pusing si wartawan 7 keliling.
    Padahal dia adalah wartawan untuk topik teknologi, tapi tidak berhasil memahami maksud dari jawaban si pakar IT tadi. Gimana gak jadi minder 🙂

    Jadinya ya begini deh, mari kita nikmati saja oom Roy bersama-sama 😀

  28. sufehmi Says:

    @Eep (no: 11) — bener banget.

    Yah mudah-mudahan kita tidak terjerumus menjadi jalan yang menyesatkan, amin ya rabbal alamin…. 😀

  29. adinoto Says:

    # Rahmat Zikri Says:
    August 1st, 2007 at 9:26 am

    Hi … ;))

    -> Nah ini salah satu geeks nya muncul juga bwakakaa… Sorry ga ijin namanya di quote 😛 selamat di buzz orang deh wakakaaka *ngacirrr 😛

  30. idarmadi Says:

    Absen ah…

    Hi Roy!

  31. idarmadi Says:

    ah… Saya mau ngejunk dikit dah.

    Saya kadang pikir, what’s the problem with all those who called them self ‘pakar’in Indonesia. RS is a multimedia ‘pakar’.

    Gw baca sebuah artikel di PC Media Agustus 2007. Ada artikel 1 halaman oleh seorang yang titlenya Business Intelligent Expert. Tulisannya adalah argumentasi atas perumpamaan Richard bahwa program itu ibaratnya seperti sebuah resep (http://www.gnu.org/events/rms-nyu-2001-transcript.txt)

    WHAT A CRAP ARTICLE FROM AN ‘EXPERT’!!!! Wasted precious tree to print this crap!!!!

    So what if Program Recipe? That “expert” even declared that if it’s not for Stallman, Linux is nothing.
    “Tanpa dia (Richard), tidak ada Linux.”
    “Saya kagumi strateginya, …, dan membuat sendiri translator yang menghasilkan runnable-code Linux. Tuan Richard, Anda lebih besar daripada Linus.”

    speechless deh….

    (mending gw ke Delta deh… baru buka neh di daerah Palem Cengkareng. Katanya paling besar di Puri Delta Group.)

  32. wolwol Says:

    om oy emang layak dapet bintang!!!

  33. EepInside.Com » Blog Archive » Teriak di Balik Bantal, Menyanyi di Kamar Mandi, Menggali dengan Sendok Teh Says:

    […] ini, tetapi ada saja kebuntuan pikiran mau memulai dari mana. Ketika rekan saya menulis tentang pentingnya sumbang sawer ilmu, saya kembali merasa prihatin seperti yang pernah saya alami pada bulan Juni 2006. Belum sempat […]

  34. nike Says:

    ah, dia mah ga lebih dari lulusan D3 elektro UGM, sok teu aja masalah IT dikit hehehe…
    Booming gara2 gambar bejah disepong sih

  35. sasha Says:

    ya.. yang waras ngalah… bener tho mas.. gapapa lah.. kita membumi dikit, yg penting tau2 situs pada jebol lumayan dpt parfum kaos gratis entah pake kartune sopo..

  36. Hi Royâ„¢ at fahroni arifin Says:

    […] tentang Roy Suryo dari sisi lain diantaranya bisa didapat disini, disini, disini juga atau disini. Dan banyak sumber yang lain. Silahkan googling dengan keyword: […]

  37. fahroniarifin Says:

    Kalo semua orang nulis tentang Roy di blognya masing-masing lucu kali yaa. Pok ame-ame belalang kupu-kupu, dikroyok rame-rame biar keliatan cupu!

  38. Purpuran Says:

    Orang Terkenal Tuh karena ada kesempatan yag PASS.
    Didapat dari banyaknya teman bro..( belum tentu dia paling JAGO )

    Orang Terkenal KARBITAN banyak juga
    Pelukis terkenal bisa produk dari sindikat Kurator, Kolektor dan Pialang Lelang….Lukisan laku bagi hasil

    Pengacara Kaya karena Link Setannya ada main

    Maka itu KKN tuh ladang DOSA ( KHARAM )

  39. sreg-sreg.blogspot.com Says:

    ” Biarkan Dia Menari dengan kepalsuan “

  40. Philip Says:

    Sedikit referensi:
    Kasus tahun 1986 itu pelakunya bernama Rudy Demsy, ex-admin bank yang dibobol. Dia berhasil membobol karena password utama (yang memang RUDEM) tidak diganti oleh admin setelah dia.

    Di masa sekarang, hal yang mirip masih terjadi. Banyak orang (68% ? :p ) yang menjual laptopnya dan meninggalkan banyak data di dalamnya….

  41. adinoto Says:

    # Philip Says:
    August 29th, 2007 at 5:07 pm e

    Sedikit referensi:
    Kasus tahun 1986 itu pelakunya bernama Rudy Demsy, ex-admin bank yang dibobol. Dia berhasil membobol karena password utama (yang memang RUDEM) tidak diganti oleh admin setelah dia.

    Di masa sekarang, hal yang mirip masih terjadi. Banyak orang (68% ? :p ) yang menjual laptopnya dan meninggalkan banyak data di dalamnya….

    -> Terima kasih Pak Philip atas update infonya. Saya sudah menduga ybs namanya Rudi somthing karena disebut RUDEM, cuma yang ga pas penjelasan ybs soal pertanyaan pemirsa aja.

    Soal data berserakan di laptop. IT IS. Ya namanya piramida masyarakat pengguna IT, kan komputer cuma alat ketik doang. Itu pun dah mending bisa mengoperasikan 😛

    Hehehe…. kalo mo secure ya harus zero all data, saya yakin orang2 yg melek ya tau, nah yg ga tau ya itu dia hampir seluruh pengguna biasa.

    Again, thanks for your update. It is very informative. Success buat anda dan rekan-rekan semua.

    Sincerely,

  42. ojodumeh Says:

    Kriteria menjadi “PAKAR IT” menurut kamus “DUNIA PENERBANGAN” seh kudu tahu sudah berapa lama “jam terbang” dia “ON LINE” di internet 😀 *heu heu heu* =ngelantur= Hayo siapa yg paling lama OL di internet…=ngacung=……. 😀

  43. adinoto Says:

    # ojodumeh Says:
    September 1st, 2007 at 9:27 am e

    Kriteria menjadi “PAKAR IT” menurut kamus “DUNIA PENERBANGAN” seh kudu tahu sudah berapa lama “jam terbang” dia “ON LINE” di internet 😀 *heu heu heu* =ngelantur= Hayo siapa yg paling lama OL di internet…=ngacung=……. 😀

    -> Hahahaha bener juga definisi lo bro. Jam terbang 😀 Nah yg itu masuk jam terbang kaleee??? sehingga pantes disebut pakar??? *tambah pusing 😀

  44. perumahan cibubur Says:

    hi,
    makasih telah sharing artikelnya…akan menuju beberapa TKP

  45. Faizal | Akselera Says:

    jwban om oy mantap,,,hahahaaa

  46. BLUJER BLOG Says:

    blogwalking gan.. 😀

  47. Agen Judi Online Indonesia Says:

    memiliki domain sendiri apalagi domain TLD harus merogoh kocek lebih dalam. mending pake yang gratisan.

Leave a Reply

WP Theme & Icons by N.Design Studio
Entries RSS Comments RSS Log in