Bincang Seputar PLN dan Krisis Energi di Indonesia

Social, Technology Add comments

Berbicara soal PLN merupakan suatu masalah komplek; peningkatan kebutuhan listrik yg signifikan dari peralatan-peralatan listrik/elektronik masa kini yang sering saya bahas, pencurian listrik yang menjadi praktek umum disebagian besar masyarakat, oknum PLN/pihak ketiga pemasang Ampere listrik yang nakal, kultur perusahaan PLN itu sendiri, dan banyak lagi.

Yang menarik saya ingin share pagi ini, adalah: Apakah tujuan utama didirikannya PLN? Profit oriented? atau Non-Profit oriented? Karena itu sektor ini masih dimonopoli melalui undang-undang. Dibukanya kesempatan listrik swasta sudah cukup lama –tolong dishare pengalaman rekan-rekan yang menguasai topik listrik swasta, belum berdampak besar apa-apa.

Pertanyaannya sederhana dari saya selaku masyarakat awam adalah: Apabila dibangun dengan modus Profit oriented, apa baiknya mempertahankan perusahaan yang selalu masih diinjeksi 50 trilyun setahun oleh pemerintah sebagai biaya operasionalnya? Apakah sudah saatnya dibuka forum keterbukaan tender asing langsung pemasangan sampai last mile (ke end user langsung) listrik swasta dari pemain asing besar? Bukan pemain nasional penuh patpatgulipat.

Nah nanti kalo jadi semua negeri ini punya asing gmana dong? Apakah anda keberatan? Seperti halnya, bank apakah saat ini yang masih berstatus bank nasional? Rasanya hampir semua bank dijual pemerintahan masa lalu deh.

Pagi-pagi ngobrol dulu yuk, let’s share your thought:

9 Responses to “Bincang Seputar PLN dan Krisis Energi di Indonesia”

  1. rinonn Says:

    ntar klo tanah juga di non privat dan boleh dimiliki WNA, kita sewa rumah kampung harus pake euro bayarnya. gtu kali yah?
    PAM Jaya dijual ke asing (lyonnaise & thames) mutunya juga kagak nambah bagus. padahal setoran naik terus.

  2. adinoto Says:

    jiakakaa… komen pertama kocak juga kang 😀 gpp kalo penghasilan jadi euro ya 😀

  3. Priyadi Says:

    dikasih asing juga percuma gan. kalo harga ritelnya segini, gak bakalan ada yang mau masuk.

  4. adinoto Says:

    # Priyadi Says:
    February 22nd, 2010 at 9:22 pm

    dikasih asing juga percuma gan. kalo harga ritelnya segini, gak bakalan ada yang mau masuk.

    -> good point bro. hehehe… menarik sekali ini. sebenarnya soal harga ini sudah bagus, bagus kalo dollarnya 2,500 perak jiakakaka… begitu rupiah abal2, geli2 doang main rupiah buat orang asing 😀 hihihi

  5. Dewex3rut Says:

    Jadi Ingat spanduk PLN di jalan kira2 begini bunyinya “Teratur membayar listrik tidak akan diputus” mestinya di edit “Teratur membayar listrik tetap putus-putus” whahahahah…..

  6. adinoto Says:

    ;)) ªªKªªKªªK 😉 o?°? =)) °?o =)) o?°? ?°?o =)) 😀 =)) ;)) ªªKªªKªªK 😉 ;)) ªªKªªKªªK 😉 o?°? =)) °?o =)) o?°? ?°?o =)) 😀 =)) ;)) ªªKªªKªªK ;))

    spanduk dmana itu bozz?

    ngomong soal spanduk, jadi inget kawasan dago deket unpad yang suka dipasang gede2… “Awas Banyak Copet” jiakakaka ga elit banget sih kawasan elit kok banyak copet 😀

  7. wolwol Says:

    PLN?
    hehe….
    gimana ya….
    perusahaan2 gede sekarang pada bikin pembangkit listrik sendiri dikarenakan yg namanya listrik PLN itu byar pret, walau untuk industri. udah tau industri butuh listrik yg konstan dan tetap. byar pret? yg ada produksi ancur 🙂
    perusahaan gede bikin power plant, sisa listriknya, mau dijual ke perusahaan tetangga langsung aja KAGA boleh. ada peraturannya tuh konon di undang2 sana….lucu kan? HARUS dijual ke PLN dengan harga super murah (pula)
    oh well…kapan negara gue maju yak?
    sekarang aja banjir molo….jalan bolong2…..ngomong2, itu walkot kerjanya ngapain aja tiap hari?

  8. macnoto Says:

    hehehe, wol, di pabrik maneh make naon? batubara?

    jadi walkot jaman ayeuna ge pasti rieut lamun teu revolusioner dan semi-diktator, geus digoyang2 wae jang DPRD, teu bogah anggaran deui alesana… ripuh oge…

    urang mah kudu kasih angkat topi sautik ka pak dada, teu kedengeran miring2na, tapi urusan demokrasi yeuh (partai dan DPRD) emang ripuh. kudu wani nyeleneh sautik.

  9. wolwol Says:

    @noto: pfft…pabrik aya make batubara tapi emang pemerintah juga salah kaprah kalo limbah batubara dicap B3 🙂

Leave a Reply

WP Theme & Icons by N.Design Studio
Entries RSS Comments RSS Log in