Apakah Antivirus Buat Mac Diperlukan? (Masuk koran SINDO)

Macintosh, Social, Technology Add comments

Gathering komunitas Apple weekend kemaren di Bandung, dihadiri oleh pihak Kapersky Labs Malaysia berikut distributornya di Indonesia.

Artikel lengkapnya ada di : link berikut

Beberapa point yang diterangkan pihak Kapersky Labs bahwa Apple marketshare apabila membesar akan mengundang banyak virus, dan kepedulian untuk berbagi menscan virus untuk platform Windows 😛 hehehe…

Karena eventnya adalah reriungan, gua kok ya ga enak mo komen serius disana 😀 hihihi.. jadi peserta manis aja deh kemaren. Sebenarnya, ada beberapa point lain yang perlu diangkat. Sebagai Professional dan IT Consultant for almost 17 years (11 taon terakhir sebagai CEO di perusahaan IT kecil abal-abal), saya pernah menulis soal security yaitu dua hal “Satu marketshare, kedua adalah SECURITY BY OBSCURITY”. Kalo sesuatu system itu obscure (adjective ( -scurer , -scurest )
not discovered or known about; uncertain : his origins and parentage are obscure.
• not clearly expressed or easily understood : obscure references to Proust.
• not important or well known : an obscure religious sect.
• hard to make out or define; vague : figurative I feel an obscure resentment.
• (of a color) not sharply defined; dim or dingy.
Maka tidak akan mudah buat para pengiseng untuk create something to break in. Contoh paling baik adalah OpenBSD, salah sebuah sistem operasi yang lesser known di kalangan pengguna akhir, yang lebih dikenal luas para sistem admin, yang dibangun dengan security-paranoia in minds thanks to Theo de Raadt (creator OpenSSH dan OpenSSL juga yang kurang diapresiasi masyarakat industri — hampir semua gadget pake OpenSSH minimal, tapi ga pernah bayar kontribusi donasi ke beliau).

Windows? enuff comment 😀 hehehehe…. populer tapi bukan paling secure. Saya cuma berkesempatan men-sosialisasikan pentingnya pengguna akhir berhati-hati terhadap PHISHING. Phishing adalah tampilan web yang mirip aslinya dibuat untuk mencuri password anda yang anda serahkan karena anda pikir anda login ke tempat yang benar. Cara paling baik adalah liat domain ato URL yang anda ingin ketik. Kalo tampilan mirip yahoo website kan ga mungkin anda disuruh login dari www.sinagabonar.com/guamaucuripasswordyahoocomanda/logindisinisayang.htm kan?

Go figure!

13 Responses to “Apakah Antivirus Buat Mac Diperlukan? (Masuk koran SINDO)”

  1. stanley Says:

    oooo… sekarang anggota id-mac juga tho a’? katanya ngga punya soul… huahahaha

  2. adinoto Says:

    wakakakaka

  3. masliliks Says:

    lama ndak mampir hihihi, hi pakdhe aa noto 😀
    jadi inget kasus kilkbca dulu pakdhe, en skimmers di warnet2 hehehe

  4. marco Says:

    Mas Adinoto, apakah produk Ipad akan dibahas di blog ini ?

  5. idarmadi Says:

    Dinantikan blog berikutnya “Apakah Macnoto masih diterima di id-mac?”

    wakakaka

  6. anna Says:

    ini om noto..ipad di bahas juga ndak? btw koq orang bisa seneng yah sama ipad…secara ndak multitasking trus apa karena brand “apple” nya itu orang pada seneng..

  7. jim Says:

    @idarmadi: mungkin lebih tepatnya pembubaran id-apple menjadi id-lambe. toh orang2nya juga bakalan pindah ke id-ipad

  8. Adham Somantrie Says:

    hahaha multitasking di bahas….

    iphone aja dari dulu juga kemampuan multitaskingnya sama dengan ipad, toh laku keras di seluruh dunia 😀

  9. macnoto Says:

    anna Says:
    February 2nd, 2010 at 1:53 pm
    ini om noto..ipad di bahas juga ndak? btw koq orang bisa seneng yah sama ipad…secara ndak multitasking trus apa karena brand “apple” nya itu orang pada seneng..

    marco, anna… hehehee… saya rasa terutama bukan karena brand nya apple. Kenapa brand itu jadi digilai mati2an bagi sebagian orang, saya pikir karena perusahaan tersebut setengahmati berusaha membuat sesuatu yang intuitif, semudah mungkin dapat dipergunakan untuk orang awam, dan menarik untuk dipergunakan…

    multitasking? saya rasa liputan media terlalu dibesar-besarkan, beberapa hari yang lampau posting kekecewaan ini diposting di depan (front cover)… lah, kita aja kadang tidak bisa mengerjakan 2 pekerjaan sekaligus. ini cuma temporary saja toh berapa bulan lagi OS (sistem operasi) barunya yang 4.0 bisa melakukan multitasking. Tinggal diupdate saja apa susahnya? gratis pula.

    APakah media nasayer melakukan liputan lain betapa menariknya fitur lain iPad ini sebagai Travelling, Book companion., tak lupa buat para admin yang mau bawa keyboard pun bisa full fledge komputer….

    Saya bukan mac fanatics… saya IT professional seumur hidup saya, mengenal komputer sejak lebih dari 30 tahun yang lalu dan secara professional lebih dari 17 taon yang lalu… kalo ada yang lebih baik pasti saya akan beralih ke lain hati 😀 hihihihi….

  10. gadgetboi Says:

    Wah .. kaspersky kok cabangnya ada di malayingsia engak disini? Ngeledek banget. Engak sudi ah pake kaspersky 😆 … kenapa pula segala bentuk virus dan malware tidak ditangani oleh mac sendiri? Itung-itung memberikan keamanan kepada user kang? Atau emang sengaja ada thirdparty gara-gara sekarang mac mulai dibajak prognya (malware phising mac kalau enga salah dari ilive dan iwork dan photoshop bajakan dari torrent) hehehe :mrgreen:

  11. macnoto Says:

    wah Koran Sindo skrg harus login ya hihihi

  12. indam Says:

    mampir cari inspirasi!

  13. jasa seo Says:

    Informasi yang berguna. Sangat baik mungkin berguna bagi banyak orang.

Leave a Reply

WP Theme & Icons by N.Design Studio
Entries RSS Comments RSS Log in