Apple dan Gaming

Macintosh, Technology Add comments

Posting di internet baru ini menyeruak seputar “Apple dan Gaming”. Saya belum sempat baca tulisan tersebut tapi posting di slashdot dengan quote dari posting pertama

“The reality is that Apple has struggled for a long time to avoid the perception that Macs are toys, and so their principle emphasis is on science, small business, education, and the creative arts. All very grownup stuff. If a market doesn’t appear on Apple’s main page tab, you can be sure it’s a secondary market.”

Cukup menggelitik saya untuk menulis pengalaman saya seputar policy Apple dan Gaming.

Sejauh yang saya tahu Apple dahulu sempat bete dengan bisnis Games. Kenapa? Karena memang waktu itu Mac terkenal mudah sekali untuk digunakan sehingga memang Mac dipandang bukan barang serius, alias mainan. Beda banget dengan jaman Apple II (Apple II merupakan komputer yang terkenal sukses di rumahan dan kantoran -> merupakan komputer dengan bundle spreadsheet pertama dengan produk VisiCalc).

Pada jaman tersebut, Apple berupaya keras membangun image bahwa Macintosh juga merupakan komputer bisnis, diluar market creative people, graphics, yang sudah terkenal sebagai install based Apple yang kuat (ref: salah satu alasan kenapa Mac dipakai kalangan industri grafis adalah kecocokan warna di platform Mac pada masa itu yang sangat baik, di screen maupun di printing, baca: ColorSync), sehingga Apple “mempersulit” keberadaan para developer gaming pada jaman John Sculley.

Membangun games/apps pun di Macintosh pada masa itu membutuhkan guidelines yang ga main-main. Apple mengharuskan para developer mensubmit aplikasi mereka (dan refer ke 30 buku terbitan Apple  untuk develop aplikasi) kemudian baru meng”amin”kan setelah mereka comply dengan standard Apple untuk dapat disebut Aplikasi for Macintosh. (Thanks for Apple, kita bisa melihat suatu konsistensi pull down menu File Edit View hari ini baik di Windows maupun di Mac, dan di GUI lain).

Namun Apple pada masa jayanya pernah ekspansi ke bisnis game console (baca: Pippin) jauh sebelum Microsoft ikut bermain di bisnis basah tersebut (baca: XBOX) dan bahkan set top box maupun integrated device untuk perkantoran (baca: Hydra).

Microsoft Windows sendiri baru dapet “nasib” bagus buat platform ketika ada yang ngeport DOS4GW (engine dari Amiga) sehingga Windows (baca: DOS :P.. Windows 95 masih DOS based, instead of NT kernel).

Hmm bagaimana nasib games di Mac nantinya menurut anda? Share your view. Hmm kalo kata saya sih selagi Mac goes Intel sekarang ga kuatir deh. Reboot Windows aja lagi beres wakakka. Mac for works, Windows for games 😀

15 Responses to “Apple dan Gaming”

  1. Eep Says:

    hmmmm…, berarti anakku masih teuteup bisa main Dora ya di mactel mini…? slruuppppp…
    lagian kenapa ga beli xbox aja kalo mo nggame….
    ga tega rasanya mac dipake nggame…

  2. Indrayana Tirtayasa Says:

    Senada juga dengan postingan bapak Eep, kasihan banget mesin Macintosh dipakai nge-game.

    Jadi kepingin tau gimana nanti performancenya Playstation 3.

  3. tenli Says:

    Mendukung gerakan Mac for Games hehehe, kan buat orang2 weirdos (kreatip), masa cuma buat kerja, maen games di mac lebih orgasm!!!:D

  4. baskara Says:

    Nge-game? tungguin Wii aja. “Joystick/keypad/entah_apa_itu_namanya”-nya revolusioner. 😛 PS3 ke laut (mahal bok!). =)
    Tapi kebanyakan game macam RTS, jelas mesin bermouse dan berkeyboard masih lebih nyaman. Gw yakin mac bisa jalanin game berat, tapi….. aplikasi di pmac G5 quad gw kok kadang2 crash ya? =)) mulai dari Adium, FF sampai MsWord 2004. Mudah2an yang di intel kagak begitu.

  5. macnoto Says:

    baskara said:
    tapi….. aplikasi di pmac G5 quad gw kok kadang2 crash ya? =)) mulai dari Adium, FF sampai MsWord 2004. Mudah2an yang di intel kagak begitu.

    -> Sok dikirim kesini aja Quad nya 😀 wakakkaa…. biar gua jadiin game console 😀

  6. Adham Somantrie Says:

    jangan lupa Apple Newton yang sudah ada jauh sebelum Windows CE, Windows PocketPC, ato yang kini dikenal dengan Windows Mobile *wink*.

    PS: sori bos gak jadi ambil Acer Aspire, beliau gak mau pake Celeron.

  7. macnoto Says:

    Adam Somantrie said
    jangan lupa Apple Newton yang sudah ada jauh sebelum Windows CE, Windows PocketPC, ato yang kini dikenal dengan Windows Mobile wink.

    -> Rite, Apple Newton merupakan suatu PDA pertama bareng angkatan US Robotics Palm (hehehe ada yang masih inget iklannya masih US Robotics instead of Palm :D), tapi Newton jauh lebih advance daripada Palm, tapi harga yang disasar tepat Palm, Newton kisaran 1000-1300 US dollar, Palm cuma 300an 😀

    Juga jangan lupa kalo Apple termasuk yang pertama main Camera Digital kelas konsumer dengan bareng angkatan Casio QV100, dengan Apple QuickTake.

    Mau dilist semua Apple’s First? hehehehe bisa ga cukup kolom ini. Hampir semua inovasi yang ada (Laser, Laser Color, etc, etc) adalah inovasi Apple’s First. Maklum ga aneh Apple sedikit perusahaan yang mau jadi pioneer. Apalagi jaman John Schulley.

  8. Adham Somantrie Says:

    kayaknya bagus juga tuh kalo adinoto bikin entry/postingan Apple’s First, biar kita kita pada tau mengenai Apple. Lansung dari ketua id-mac… eh id-apple ding… Hi Adinotoâ„¢ *wink*

  9. Eep Says:

    aku kagum sama Apple Newton itu pas dipake nge-fax oleh Seagal dalam film Under Siege (lupa yang keberapa ya..?) Yang pas dikereta api itu..

  10. macnoto Says:

    Under Siege 2 yang di keretapi itu 😀

  11. macnoto Says:

    Adham Somantrie said,
    kayaknya bagus juga tuh kalo adinoto bikin entry/postingan Apple’s First, biar kita kita pada tau mengenai Apple. Lansung dari ketua id-mac… eh id-apple ding… Hi Adinoto™ wink

    -> Husss… scam ini wakakaka ga ada yang namanya ketua di ID-APPLE. Jangan melempar issue, nanti yang ga tau malah salah tangkep.

  12. boni soehakso Says:

    huhuhuuhu, tul….mana ada di id-apple seorg ketua….yg ada Presiden Apple……wakakkaa……scam dr meteorrr…..wakakakkaa……canda boss noto……Maen game….asik2 aja tuh…..malahan ampe nge hang……sumpret……kakakakakka……

  13. Cak Uding Says:

    Dukung gerakan games for mac dah! Apalagi ntar kalo Leopard dirilis. Dan Macintel banyak yang pakai, games for mac bakal sebuah hal yang oceeeee banget. Untuk sekarang sih, karena diriku memakai mesin tua ya game yang bisa dijalankan ya terbaras lah. Lagian kalo main game mendingan di TimeZone aja kaleeeee..wakakakaka

  14. hanindyo Says:

    kemarin lagi blajar string conversion di website adc eh nemu ini..

    http://science.slashdot.org/article.pl?sid=06/06/08/223234&from=rss

    menarik juga sayang ga ada waktu buat ngoprek boss..wakakak

  15. Rio Says:

    Mac for gamers: setuju. Satu-satunya alasan saya untuk menggunakan Windows adalah game. Untuk kerja, saya memilih menggunakan Linux. Tapi sejak dulu saya selalu bermimpi punya sebuah Mac – bosan menghadapi blue screen of death; vista pun tidak terlalu hebat. Semoga saja komputer ketiga yang saya beli ini adalah Mac. (Tapi harganya itu, Pak…hueee. Beli Mac+Tiger/Leopard = jual Tiger (Honda)).

    Hidup untuk bersenang-senang, dalam segala hal.

Leave a Reply

WP Theme & Icons by N.Design Studio
Entries RSS Comments RSS Log in