The Amazing CORE IMAGE from Apple

Uncategorized Add comments

Mendengar kata Core Image, konotasi sebagian orang mungkin agak-agak nyeleneh ke H*rd Core. Sorry folks!! You ain’t lucky this time. CORE IMAGE adalah sebagian dari teknologi yang diusung oleh Tiger (Mac OS X 10.4) besutan Apple Computer, Inc. yang baru saja dirilis tanggal 29 April 2005 kemaren (Geloo bisa juga gue pake bahasa bergaya tabloid wakakaka).

In short, “CORE IMAGE adalah graphics rendering engine Apple’s Tiger yang memungkinkan manipulasi graphics 2D dan Movies secara realtime!!” … Orang bilang mah … gelo siah! Jadi ngebayanginnya, kalo dulu main Photoshop kita harus proses filter tertentu untuk mendapat efek image tertentu, sekarang OS (operating system, baca: Tiger) dapat melakukannya dalam kejapan mata. Karena Tiger dilengkapi dengan subset API yang memungkinkan pemrosesan dilakukan di level GPU (graphics processing unit, baca : VGA!)… kok bisa? Ya jelas bisa, karena GPU sekarang-sekarang ini jauh (baca: Jauh banget getho loh!) melebihi kemampuan processor terakhir sekalipun (ATI Radeon X800 misalnya, bisa hampir 10x lebih powerful dibandingkan dengan Pentium 4 3GHz … CMIIW). Cuma ngakses pemrograman ke GPU sapa tahan…. susah coy. And there’s come CORE IMAGE. Simple programming interface to GPU. Kudos Apple!!

Apple bahkan membundle aplikasi kecil yang menunjukkan kemampuan CORE IMAGE dalam memproses data. Nama aplikasi tersebut adalah “Core Image Fun House”. Harap diingat ini bukanlah Aplikasi Serius (tapi bukan berarti tidak memiliki kemampuan serius!) namun hanyalah aplikasi kecil yang dicreate Apple untuk menunjukkan betapa powerfulnya CORE IMAGE.

Image yang harusnya di edit dengan Photoshop butuh sekian waktu, dengan CORE IMAGE fun house bisa diproses REALTIME. Read again! R-E-A-L-T-I-M-E…. unbelieveable. Sort of mengingatkan saya pada kemampuan LivePicture! dulu dalam memproses Image besar dalam kecepatan tinggi.

Masalahnya kenapa Apple masih kepala batu untuk tidak memilih metoda marketing yang tepat (baca: Orang yang tepat) untuk mensosialisasikan teknologinya? Ini yang gue ga abis pikir. Panggil *NIX folks and go make them evangelist team!! Apa susahnya sih. Bayangin berapa banyak orang yang lebih bakal familiar dengan nama DirectX (baca: Windows) dibanding Mac specific technologies seperti Core Image ini? 🙁

Been there done that, terus terang gue juga capek ngomongin Apple dari jaman harimau merokok* (Peribahasa Korea). Smoking tiger? 😛 yeeep this time it’s smoooooking… smooking apa kebakaran jenggot kalo ga mau merubah perilaku? Makanya ubah perilaku dong! (untuk Manajemen Apple!).

Damn I’m too old for this.

One Response to “The Amazing CORE IMAGE from Apple”

  1. Blogging Says:

    Good – I should definitely pronounce, impressed with your website. I had no trouble navigating through all tabs and related information ended up being truly simple to do to access. I recently found what I hoped for before you know it at all. Quite unusual. Is likely to appreciate it for those who add forums or something, website theme . a tones way for your customer to communicate. Nice task.

Leave a Reply

WP Theme & Icons by N.Design Studio
Entries RSS Comments RSS Log in