Polisi Dan Razia Buku Manual Bahasa Indonesia

Social, Technology Add comments

Minggu-minggu ini merupakan minggu yang (sekali lagi) aneh. Toko-toko komputer di Bandung pada tutup, karena banyak yang di razia polisi. Dirazia karena software bajakan? Surprisingly no. Soal itu sih udah pasti, tapi yang menarik adalah sehubungan dengan pemberlakuan Ketetapan Menteri Perindustrian dan Perdagangan (Menperindag) yang dijabarkan dan dikembangkan (bahasa standarnya sapa ya?) oleh Kepolisian.

Intinya hampir semua toko besar di Bandung pada kena razia dan kudu membayar sejumlah uang karena didapati barang dagangannya tidak memiliki manual dalam bahasa Indonesia. Wah dalah, dagang LCD monitor kena, pedagang casing pun kena ciduk. Intinya gede dikit menarik udah dah kena kunjungan.

Beberapa yang gua denger udah kena itu adalah grupnya EBS Computer di BEC gara-gara LCD samsung, Ultima Computer dah diincar tapi surat-surat lengkap, Masternet kena juga, surat lengkap kemana-mana, akhirnya Hard Disk yang disikat, kemaren juga Sigma Computer kena 6jt isunya gara-gara LCD monitor samsung juga. Wah wah wah. Kurang setoran ni kayaknya gara-gara Pak Sutanto ga demen judi dan prostitusi.

Kata temen saya malah rekannya kena pengalaman paling aneh di dunia, ceritanya tokonya di Jakarta didatengin seseorang pengen minta diinstallin aplikasi. Pengawenya sudah menolak mentah-mentah. Tapi ni orang ngotot, katanya installin dong. Pegawenya tetep ga mau, katanya malah beli aja softwarenya sana, nah ni orang minta dibeliin tu software bajakan, akhirnya pegawenya bantu beliin, eh abis dibeliin diciduk dah. Ada-ada saja. Negara mu son son mau dikemanain ini, kayak premanisme berseragam aja jadinya.

Ada lagi cerita yang seru, rekan saya (toko komputer) ditelpon salah seorang customernya, katanya “Coba you pikirin deh gmana ini dengan software di perusahaan saya, kasih dong solusi”. Kata rekan saya “Ya Bapak beli aja”. Jawabannya “Yah kalo itu sih bukan solusi, gimana sih you, kalo beli saya ngapain telpon you, saya bisa langsung beli dong, coba dong pikirin solusinya apa CPU nya disembunyiin ato gmana, you pikirin dong berapa puluh juta saya musti keluar uang kalo beli ni software”. Teman saya cuma bisa bengong. Dodol dodol. Udah bodoh ngotot lagi. Hahaha Pak pak, mbok ya sekolah dulu baro ngotot. Malu pak sama jabatan.

Rekan yang lain yang ga ketemu hampir 7 tahun pedagang laptop second di Bandung kemaren pas ketemu langsung curhat, “wah Adi tolong dipikirin dong ni gmana mau cari makan aja susah, gmana ini soal buku manual aja harus ada”. Wah saya jadi miris dengernya *lah gua juga miris cari duit susahnya di negeri ini semakin hari 🙁

Buat yang demen dengan bahasa dewa dan politik tingkat tinggi, Pak Menteri, Bu Menteri, Bu DPR, Pak DPR, nah apa pernah mikirin efek domino kerjaan anda kagak? Kalo masih pantes merasa punya hati nurani jadi wakil rakyat di eksektutif maupun dilegislatif mbok ya dipikirin tuh efek kebijakannya ga cuma bikin draft terus verifikasi, disahkan, dapet duit rapat. Kalo katanya rakyat bole nonton rapat (sapa tuh yang ngomong di TV), gua juga mau! kalo dikasih duit sama dengan pak/bu yang ikutan rapat. kekeke….

Yung yung, Bu Rini tolong dong maksudnya kebijakan itu apa? (*koreksi, Bu Mari skrg yang bertanggung jawab?) Ato kalo capek jadi menteri mau gantian bu? Gantian ibu jadi rakyat yuuuuu….

Lama-lama negara ini bisanya cuma memproduksi Tukul dan kawan-kawan. Negara dagelan semua. Rakyat makan nasi jagung, yang kaya tambun ga ingat rakyat beli beras aja sekarang makin susah. Ayooo kembali ke laptop! 😛

46 Responses to “Polisi Dan Razia Buku Manual Bahasa Indonesia”

  1. Adham Somantrie Says:

    dimana yah bisa beli mac dapet manual bahasa indo? beli powerbook ama macnoto, boro2 manual bahasa indo, dus aja kaga dapet… wakakaka….

    * ya namanya juga 2nd bekas *ngakunya* seleb… 😛

  2. Oskar Syahbana Says:

    Ya emang negara ini dari dulu gitu kalik. Mending lo jualan dari Singapur aja Mas Noto 😛

  3. Tata_Titi Says:

    Dimana ya Oeh musti cari sticker Asli Apple, oeh mau pasang di Mobil oeh.. yu punya kagak..?, kalo yu punya.. yu bawa ke kantor oeh.. deh.. haratis… (*Teu nyambung nya?.. bae ah… 🙂

  4. Arnold P. Siboro Says:

    Manual nya hanya harus bahasa Indonesia atau harus lengkap?
    Kalo cuma harus bhs Indonesia, buat aja gerakan opensource buat “generic manual” 😀
    Jadi cuma ada satu manual buat satu jenis produk: 1 manual utk komputer personal, 1 manual untuk LCD dst.
    Isinya ya yang generic2 aja, misalnya gimana cara ngidupin komputer personalnya (“tekan tombol power untuk menghidupkan”), gimana cara matiin nya, gimana cara membersihkannya (“bersihkan dengan lap basah”).. wakakakak.

  5. Niwatori Says:

    Kalo batre kudu pake manual juga? Hehehe

  6. adinoto Says:

    Loh ga cuma bahasa Indonesia, baca KepMennya dulu bung, disana harus ijin Bupati dll, nah masalahnya infrastrukturnya siap ga? Maksudnya mungkin baik melindungi industri lokal dan perlindungan konsumen, tapi apa yang mau dilindungi kalo akar masalahnya ga dimulai, disini bea bea semua sudah tinggi, alias ga bakal mampu bersaing sama Cina dll.

    Kalo ujung-ujungnya cuma bikin panjang birokrasi dan pos pos nyetor duit, basbang deeeeee….. kata Tukul… mari kembali ke laptop 😀

    Pak SBY, sayang anda mungkin belum pasti apakah akan menjabat di periode pemilihan berikutnya, Langkah anda sudah tepat, tapi kudu lebih tegas Pak, ntar jangan2 malah hobby gonta ganti presiden doang boro2 pelaksanaan, kebijakan aja bisa gonta ganti mulu.

  7. macnoto Says:

    asiboro
    dijepang ini sebenarnya biasa, walau tdk diharuskan
    dan isi manual bhs jepang dari produk luar biasanya emang lebih singkat
    tapi indonesia emang gelo

    macnoto
    aku aja telat

    asiboro
    ditambah lagi dgn law enforcement yg ambil kesempatan buat dpt duit

    macnoto
    skrg menterinya Mari

    asiboro
    ini peraturan baik, tapi hrsnya diperhatikan pengusaha kecil, jadi law enforcement hrsnya utk pemasok2 atau produsen2 berskala besar

    macnoto
    betul

    asiboro
    dan law enforcement dilapangan juga hrs dirazia, karena suka menjadikan aturan2 begini kesempatan baru buat korupsi

  8. macnoto Says:

    Tata_Titi said,
    December 19, 2006 @ 4:26 am

    Dimana ya Oeh musti cari sticker Asli Apple, oeh mau pasang di Mobil oeh.. yu punya kagak..?, kalo yu punya.. yu bawa ke kantor oeh.. deh.. haratis… (*Teu nyambung nya?.. bae ah… 🙂

    -> Wakakakak kalo melina mac-mac-an moal dapet stiker asli apple atuh kang wakakaka… eta mah mac simbadda 😀

  9. macnoto Says:

    Niwatori said,
    December 19, 2006 @ 4:37 am
    Kalo batre kudu pake manual juga? Hehehe

    -> Sama gua juga ditanya Siboro soal ini. Gua jawab manualnya Indomie mas. Alias ga jualan bisa makan indomie hahahaa.. tega bener kalo masih dipersulit cari makan buat sesuap nasi aja :((

    *sesuap indomie maning sooon

  10. preaxz Says:

    Aneh ..
    di satu sisi keran impor bebas dbuka, asal perusahaan resmi terdaftar sebagai importir, boleh saja impor. Kalo perusahaan dagang, kan ga mungkin bikin manual untuk setiap produk yang diimpor.

    Aneh (lagi) …
    ini mengulang ketika ribut2 harus memakai merek ber”bau” indonesia, McDonald Kelimpungan … karena dirazia polisi suruh ganti nama.

    REPUBLIK KURANG KERJAAN!
    Ini yang BODOH yang BIKIN ATURAN atau PENEGAK ATURANNYA? *pencling*

  11. preaxz Says:

    WUACK! baru ingat …
    sedikit saja nih …

    KENAPA yang digrebek pedagangnya? kalo saya pedagang, mungkin saya akan membantah para polisi blegug itu, lha .. kan pedagang umumnya mendapat komoditinya dari distributor. Distributor atau importir tuh yang berkewajiban menambah buku manual dalam bahasa indonesia. bukan pedagang ..

    sekali lagi .. TUH POLISI KENAPA SIH, rese banget!

  12. cahyo Says:

    wah..asli kang..lutju tenan paragraf terakahir. tapi abis itu ngurut dada… memang susah ya hidup di negeri kaya ini…:-D

  13. KRMT DOELKAMDI Says:

    Mas yang calon pengganti bu Mari,…….
    Kalau kawin sama Bule harus pake manual juga enggak ya…….
    hati-hati yang kawin sama bule….harus punya itu manual book nya…..
    Jangan-jangan nanti yg browing internet yg bukan bahasa indonesia ditangkep juga…..
    tobat…tobat….tobat……..soto babat…..

  14. Affan Says:

    Kok masih dilanggar ? Abis nggak ada yang jaga…. Eh tanya kenapa ????!!!

  15. risiyanto Says:

    *serius*
    Yang dirazia kok tokonya seee?
    mustinya ya produsen lcd, hardisk, pc, mac, dll.
    toko kan cuman distributor,
    cuman dadi lewatan tok.
    *tendang tub*

  16. the.preaxz » Manual Produk Berbahasa Indonesia Says:

    […] Emosi saya membaca artikel macnoto tentang razia polisi yang dilakukan terhadap para pedagang komputer di Bandung yang tidak melengkapi barang dagangannya dengan buku manual penggunaan berbahasa Indonesia. Aturan yang dipakai sebagai acuan adalah Keputusan Menteri Perindustrian dan Pedagangan RI nomor 547/MPP/Kep/7/2002 tentang Pedoman Pendaftaran Petunjuk Penggunaan (Manual) da Kartu Jaminan/Garansi dalam Bahasa Indonesia Bagi Produk Teknologi Informasi dan Elektronika. […]

  17. Junkerz side B Says:

    *liat peluang bisnis…bikin template manual…xixixi…*

  18. adinoto Says:

    Junkerz side B said,
    December 19, 2006 @ 6:17 am · Edit

    liat peluang bisnis…bikin template manual…xixixi…

    -> Waks kalo gitu sekalian bisnis calo bupati, karena buku manual dan pendaftarannya harus mengajukan syarat ke bupati juga. Lah disumedang segala ada industri apa emangnya? buku manual makan tahu?

  19. sakurai Says:

    dudulz banget sih ini aturannya .. baru tau gue.

    kalo untuk perlindungan konsumen, mbok ya biarin konsumennya yang milih, kalo gak bisa bahasa inggris ya jangan beli yang gak ada bahasa indonya. Pake diatur2 segala, serahin ke market aja lahh …

    kalo emang pengen proteksi industri dalam negeri, ya ditutup aja keran impornya, terus subsidi tuh industri2 dalam negeri ..

    Lagian kan itung2 kepaksa belajar bahasa inggris, biar jadi pinterrrr …

  20. IMW Says:

    Di Jerman juga wajib ada manual dalam bahasa Jerman. Ada razia-nya juga. Bukan manual saja, masih ada persyaratan lain yang harus dipenuhi.

    Peluang bisnis : layanan terjemahan manual kekekekek

  21. adinoto Says:

    IMW said,
    December 19, 2006 @ 8:12 am · Edit

    Di Jerman juga wajib ada manual dalam bahasa Jerman. Ada razia-nya juga. Bukan manual saja, masih ada persyaratan lain yang harus dipenuhi.

    Peluang bisnis : layanan terjemahan manual kekekekek

    -> Kalo tujuannya proteksi seperti halnya website berbahasa (wajib) china untuk perusahaan china di china (pusing amat bahasanya) mungkin no problem. yang problem itu baca aja dulu kepmennya pak. lieur.

  22. rendy Says:

    not, manualnya lu beliin lampu merah aja..

    “ini pak, manual booknya”

    *logout, nyari nasi goreng*

  23. ak Says:

    Ah itu polisi2 nyari duit aja kerjaannya. Sebenarnya kan kalau memang ketauan monitor Samsung itu ‘nakal’ gak sediain manual bahasa Indonesia, incar aja importir dan distributor resminya.

    Atau jangan-jangan pikirannya pak polisi itu gini:
    “Wah Samsung model ini gak ada manuallnya, di toko sebelah cari Samsung model yang sama. Pemasukan dobel”

    Indonesia itu kadang banyak maunya yah. Kok pedagang yang disusahin (dan konsumen! soalnya tokonya tutup). Orang kecil gitu loh. Kalau memang berniat selesaikan masalah, kejar akar masalahnya. Tegur distributor dan importir.

  24. adinoto Says:

    rendy said,
    December 19, 2006 @ 8:20 am · Edit

    not, manualnya lu beliin lampu merah aja..
    “ini pak, manual booknya”

    logout, nyari nasi goreng

    -> gua kira lampu merah apaan… ya ampun rendy bacaannya tabloid merah wakakaka… *ngacirrr

  25. IMW Says:

    Kepmennya,… he he he no comment 🙂 khan gua saingan mama Laurent 🙂 jadi sering dapat info-info dari alam paranormal.

  26. preaxz Says:

    Sip .. macnoto ..

    suruh tuh baca dulu aturannya
    dan ntar RTFM!

  27. sueng Says:

    Sebenarnya kan yang berkewajiban menyediakan manual tuh distributornya bukan tokonya yah, mancen aneh bin ajaib. Kalau manual baterenya udah pake basa indo blum ?? pake basa sunda aja

  28. Charly Silaban Says:

    Dasar ngga tau malu emang..
    Preman mata duitan aja koq ya pake seragam..

  29. idarmadi Says:

    yah… maklum lah…. Republik Bener Bener Mabok.

    Bos Noto, dimana bisa nemukan copy lengkap dari kepmen itu?

  30. idarmadi Says:

    Thx bos udah dapet.

  31. idarmadi Says:

    Kalau saya baca di KepMen-nya, Komputer tidak ada di list sebagai barang yang harus punya manual. (Printer ada. Monitor ada. CPU tidak ada.)

    Jadi komputer saya itu masuk ke klasifikasi “Pemanas Air” atau “Pompa Air Listrik” yah?

    1. Radio Cassette/Mini Compo HS 8527.13.000 HS 8527.31.000
    2. Alat Perekam atau Reproduksi Gambar dan Suara HS 8521.90.000
    (VCD, DVD, VCR Player) HS 8521.10.000
    3. Pesawat Televisi HS 8528.12.000 HS 8528.13.000 HS 8528.21.000 HS 8528.22.000
    4. Printer HS 8471.60.100
    5. Monitor Computer HS 8471.60.200
    6. Lemari Es/Refrigerator HS 8418.21.000 HS 8418.22.000 HS 8418.29.000
    7. Mesin Pengatur Suhu Udara (AC) HS 8415.10.000 HS 8415.81.000 HS 8415.82.000 HS 8415.83.000
    8. Mesin Cuci HS 8450.11.100 HS 8450.11.900 HS 8450.12.100 HS 8450.12.900 HS 8450.19.100 HS 8450.19.900
    9. Kompor Gas HS 8416.20.000
    10. Pompa Air Listrik untuk Rumah Tangga HS 8413.60.000 HS 8413.70.000 HS 8413.81.000
    11. Microwave Oven HS 8516.50.000
    12. Kalkulator HS 8470.10.000 HS 8470.21.000 HS 8470.29.000 HS 8470.30.000
    13. Telepon Seluler HS 8517.11.000
    14. Pemanas Nasi HS 8516.79.000
    15. Piano Tegak Elektrik HS 9201.10.000
    16. Piano Besar Elektrik HS 9201.20.000
    17. Organ Keyboard Elektrik HS 9203.00.900

  32. andriansah Says:

    @idarmadi, wah dulu kantor lama saya mendigitalisasi kode2 itu tuh

    Eh eh ini baru seleb blog 🙂

  33. NONAME Says:

    Rekan2, yang saya tau, bukan kepmen saja yang dijadikan acuan, tetapi mereka memakai undang-undang tentang HAKI dan Perlindungan Konsumen Tahun 1999. Ada pasal yang menyatakan bahwa produk elektronik harus dilengkapi dengan BUKU manual berbahasa Indonesia. jadi bukan kertas, dan harus berbentuk buku. Disitu tidak dirinci kategori produknya, yang pasti produk elektronik secara global. Jadi banyak sebetulnya celah yang dapat dimanfaatkan oleh para keparat (aparat) dengan mengacu pada UU ini.

  34. Simon Kwan Says:

    Kalau pakai macbook kena razia juga ngga yah mas adi?

  35. macnoto Says:

    Simon Kwan said,
    December 21, 2006 @ 8:45 am
    Kalau pakai macbook kena razia juga ngga yah mas adi?

    -> halo Simon Cihampelas ya. Wah saya si ga jualan buka toko sih hehehe cuma pake aja. kalo kena razia nanti saya suruh razia juga Istana kepresidenan, karena saya tau beberapa rekan disana dan ring Istana pada pake juga 😀 rame2 ngumpul di hotel prodeo ngeriung main kartu dah judulnya hahaha

  36. mr.yahya Says:

    KepMen NOMOR : 547/MPP/Kep/7/2002, pertimbangan point a:
    “…….sehingga merugikan konsumen maupun perkembangan industri yang bersangkutan”…..

    haloo konsumen..apa ada yg merasa dirugikan gara2 ga ada manual dan kartu garansi bhs indonesia???Kosa kata bahasa indonesia sendiri masih kurang lengkap buat bikin buku manual utk produk yang aneh2 (di kepmen sendiri masih digunakan kata2 seperti Radio Cassette, CD (kenapa bukan PP alias Piringan Padat) atau printer (kenapa bukan pencetak?)
    kayanya sih ini mentri dan staffnya (yang kemudian merasa mewakili seluruh konsumen barang IT dan elektronik di Indonesia) aja yg ga bisa baca manual aslinya =))
    dan hubungan antara perlindungan terhadap konsumen dan industri lokal dengan manual bahasa indonesia hampir tidak signifikan karena (bener kata macnoto) sekarang pedagang disini lebih pusing mikirin harga bahan baku dan pungutan sana sini daripada persaingan dalam bikin buku manual (manual itu bahasa indonesianya apa ya..??)

    Tapi sepertinya emang bener kepmen ini maksudnya baik untuk memproteksi produk barang dalam negeri setelah dihabisi oleh perjanjian perdagangan bebas, tapi sayangnya karena sasaran dan strateginya kurang matang dan kurang mantap, jadi eksekutor lapangan malah jadi pagar makan tanaman. 🙁

  37. Athailah Says:

    Negara ini akan hancur karena pemerintahannya sendiri. Tunggu saya pemberontakan dari rakyat kecil.

  38. sharivan Says:

    makanya adain lagi TOGEL!!! biar polisi ga terlalu galak n cari2 kesalahan yg ga perlu!! hidup togel!!!

  39. Santos Says:

    Polisi..polisi.. kalo mau cari duit jangan jadi polisi deh. Polisi itu harusnya PENGABDIAN.
    harusnya memberi bantuan dan pelayanan. To Protect & To Serve.
    Yang namanya UU itu bisa saja diplintar-plintir sama aparat keparat itu.
    Ada yg tahu nggak jalur ANTI aparat keparat itu, musti dilaporken kemana? Kalo ada aparat keparat macam begitu?
    masak kita2 yg bisnis bener kok disamakan dengan kriminil?

    Ke Polisi Militer barangkali? Ada yg tahu nomor kontaknya?

  40. bro-ers Says:

    yoi bro sekarang di kantor gue jakarta banyak sekali barang2 returan dari toko2 di bandung, gue juga pusing menghadapinya..
    apakah peraturan ini memang sudah ditetapkan resmi berlaku di indonesia apa cuma bakal lahan cari duit para oknum polisi

  41. Heryana Says:

    Emang sulit dah di sini, mentri apa mantri yg bikin aturan ??,’preman berseragam’ yg dpt doku nya kekekeek…., drpd buks toko komputer mening jualan maenan anak2 dah…ga ada kepmen2 an segala wakakakak…, ya bro noto 🙂

  42. Heryana Says:

    Emang sulit dah di sini, mentri apa mantri yg bikin aturan ??,’preman berseragam’ yg dpt doku nya kekekeek…., drpd buks toko komputer mening jualan maenan anak2 dah…ga ada kepmen2 an segala wakakakak…, ya bro noto 🙂
    Salam buat mas Hirman…

  43. adinoto Says:

    # Heryana Says:
    September 8th, 2007 at 12:50 pm e

    Emang sulit dah di sini, mentri apa mantri yg bikin aturan ??,’preman berseragam’ yg dpt doku nya kekekeek…., drpd buks toko komputer mening jualan maenan anak2 dah…ga ada kepmen2 an segala wakakakak…, ya bro noto 🙂
    Salam buat mas Hirman…

    -> Ini Yana sukajadi???

  44. manual ~ the Days After Says:

    […] sih beberapa manual yang menggunakan bahasa inggris, itu okelah gak perlu berbahasa indonesia. tapi mbo’ ya jangan tulisan kanji/mandarin/katakana/hiragana ataupun berbahasa jerman/prancis/italy […]

  45. prie Says:

    pulisi ki pancen asu, goblog pisan.mentrine bodo pisan, kudu nganggo boso indonesa tek ne deweke gak iso boso inggris. dasar bodoooooooooooooo

  46. prie Says:

    nek pulisi malak wong cilik iku ono buku manual boso indonesa ne opo ora yo.

Leave a Reply

WP Theme & Icons by N.Design Studio
Entries RSS Comments RSS Log in