Sudahkah Anda Vaksinasi Hepatitis?

Social Add comments

Menyambung cerita soal kesadaran untuk periksa kesehatan via general check up, tadi akhirnya saya menjalani vaksinasi Hepatitis B. Saya masih mikir setengah mati, betapa cerobohnya selama 17 taon lebih dari jaman rame-rame vaksin Hepatitis saya masih menunda-nunda dan lupa aja untuk mau vaksinasi.

Dan dengan tulisan kecil ini saya coba mengingatkan kepada rekan-rekan semua untuk menyempatkan diri memeriksa kesehatan dan cek Anti HB dan hepatitis di lab-lab terdekat… karena karena kecerobohan kita bisa terhindar dari penyakit yang tidak ada obatnya tersebut.

Ayo lah… pergi ke lab, check ke Lab, check Anti HB nya positif ada antibody untuk hepatitis apa ga? Ga lebih mahal dari biaya nongkrong elo pada di Starbuck.

Nah yang saya mikir gmana dengan masyarakat kebanyakan, apakah ada program pemerintah untuk pemberantasan penyakit hepatitis B ini lewat program vaksinasi gratis? Kalo makan aja rebutan sama vaksinasi, yakin deh sapa juga yang mo vaksinasi.

So…. sudahkah anda melakukan vaksinasi hepatitis??? *Dari 5-6 pertanyaan via YM semua masih ga jelas apakah itu vaksinasi Hepatitis B! Ada yang nanya… hmm apa sudah ya? Apa belum? Apa masih bisa kalo sudah dewasa? Apa ini apa itu?

Hmm… prosedurnya sederhana… Check dulu ke Lab terdekat. Ga mahal kok! Buruan!! Jangan gadget aja dibela-belain tapi kesehatan diri sendiri terabaikan kalah saya keinginan ngupgrade handphone! Doooh!!!! makhluk kota sekali sih kalian ini!!

8 Responses to “Sudahkah Anda Vaksinasi Hepatitis?”

  1. minanube Says:

    Pertamax dulu lah kang 😛

    saya pernah gak sih ya?

    kayaknya waktu kecil pernah deh, kalau gak salah ingat heh5x… tapi gak tahu juga itu vaksin apa? entar tak tanyakan emak saya :D~

  2. hedi Says:

    Kemaren dulu sempet vaksinasi penyakit kaki gajah (dari gigitan nyamuk), tapi hepatitis kelupaan terus. Eh iya, berapa harganya, bos?

  3. adinoto Says:

    # hedi Says:
    January 31st, 2009 at 1:10 am

    Kemaren dulu sempet vaksinasi penyakit kaki gajah (dari gigitan nyamuk), tapi hepatitis kelupaan terus. Eh iya, berapa harganya, bos?

    => Wah ada vaksin kaki gajah ya? Hmm baru tau aku juga. Ada vaksin baru yg bagus buat kanker rahim bagi wanita tapi denger2 masih satu koma juta… mahal juga…

    Vaksin Hepatitis B kemaren di Boromeus aku blon sempet liat rinciannya tapi totalnya 145rb.

  4. fie Says:

    mampir niy..
    seneng juga baca posting-an ini, tnyata udah mulai ada yg sadar utk vaksinasi, walopun msh dikit bgt..:)

    program pemerintah vaksinasi gratis mpe saat ini sayangnya baru untuk imunisasi dasar tok, namanya program pengembangan imunisasi (PPI), yaitu meliputi BCG, Hepatitis B (tiga kali,saat lahir, usia 1 bln, dan 6 bln), polio, DPT, dan campak. cuma itu doang yg baru bisa dibayarin pemerintah..
    pdhl banyak bgt imunisasi lain yg sbnrnya juga penting bgt, kaya’ Hib, pneumokokus (udah masuk rekomendasi IDAI), dan termasuk yaa itu vaksin Hep.B unuk dewasa (pdhl resiko terjangkit virus HBV di Indonesia msh sgt tinggi)..
    tapi kapan yaah bisa gratisnya u masy. luas? just keep prayin’:)
    but at least setidaknya klo kita udah bisa untuk mkn ga rebutan lg (alhamdulilah), spt kata mas Adinoto td..mungkin ga usah dulu nongkrong di starbucks, udah bisa ko vaksinasi, hehe..

  5. adinoto Says:

    eh ada dr fita komen hehehehe…. iya… aku kemaren sempet baca di koran malah bagus udah ada sma mana di bandung dapet gratis vaksin hepatitis B loh dok…. keren juga ya… pada saat aku dulu sekolah emang di tempat aku tinggal dapet semua vaksin tapi waktu itu hepatitis masih optional… serem juga ya…

    anyway senang nih ada dokter muda berdedikasi untuk masyarakat dan masih sempat ngeblog… semoga dapat diikuti oleh dokter2 lain…

    regards,

  6. Ihsan Says:

    Kalau vaksinnya itu bisa bertahan berapa lama ya. Apakah seumur hidup?, soalnya saya baca-baca di internet katanya ada juga yang kekuatan vaksinnya itu menurun terindikasi dengan kadar Anti HBs di bawah 10 mikron atau apa gitu, lupa.
    Jadi, di sini saya mau lebih mempertegas lagi tanda tanya saya, apakah bisa tahan seumur hidup atau ga ya… Kalau ga, berarti harus rajin-rajin ngecek kadar Anti Hbs dong ya, jangan sampai dah di bawah normal. Apalagi kalau mungkin sering kontak dengan orang carrier HBV.

  7. Nita Says:

    Mau tanya nee.. Mumpung ada dokternya dsni sekalian… Ditempat saya dijogjakarta biaya vaksin hepatititsnya kok mahal ya lengkapnya totalnya kira 500rb an gtuu….
    Saya jadi harus menunda dan menabung untuk mendapatkan vaksin ini… Menurut dokter dan kawan2 ini yang mahal apanya ya?? Soalnya nyokap udah ngomel2 terus dri kejauhan (kalimantan) ne suruh saya vaksin anti hepatitis soalnya saya kuliah di daerah orang takutnya knpa2 gtu……

  8. Vera Says:

    kebetulan saya tinggal di daerah bogor, mau tanya kalo vaksin hepatitis di bogor di rumah sakit mana ya ?
    biayanya berapa untuk Dewasa dan anak ?

    Thanks sebelumnya

Leave a Reply

WP Theme & Icons by N.Design Studio
Entries RSS Comments RSS Log in