Kartu ATM Dipake Belanja Debit Semua Tanpa PIN? Ga salah bos?

Social, Technology Add comments

Pengalaman terkait kehilangan tas macbook yang berisi iPhone dan beberapa dokumen malah membuat saya paranoid seminggu kemudian. Ketika ingin melakukan transaksi ke salah satu bank terkait urusan pekerjaan, saya baru sadar bahwa beberapa buku tabungan terakhir berada di tas tersebut. Alkisah tgl 30/12/08 kaki saya langsung lemes karena jumlah tabungan yang ada disana jumlahnya tidak sedikit. Yang saya kuatirkan adalah ybs berusaha merequest ATM replacement dan melakukan transaksi. Bisa bangkrut dan pingsan komandan!

Buru-buru saya ke Bank M… untuk melakukan pengecekan, alhamdulillah tidak ada perubahan saldo, hmm asumsi saya belon terjadi apa-apa dan ybs juga kesulitan karena tgl 24-30 adalah hari libur bank. Buru-buru saya antri request pembukaan nomer rekening baru (halah meni pake acara offline bank itu lagi), alhamdulillah saya intinya bisa pindahin semua tabungan tersebut ke nomer yang baru tanpa masalah. Amien ya Allah.

Baru kemaren ngobrol-ngobrol dengan salah seorang rekan, ybs malah bercerita soal DEBIT pake kartu ATM yang tidak menggunakan PIN. Hah? Saya kaget. Terus terang saya solely pengguna kartu BCA untuk debit belanja, sejauh yang saya tahu lebih dari belasan tahun ini ya memang kalo pake BCA ditanya PIN nya. Nah loh, ternyata katanya bank lain kagak pake. Mau big three bank mo big five, Mandiri, Permata, BNI, semua dodol dol menggunakan “verifikasi” cuma tanda tangan. Mira juga pointing kalo Kang Pri pernah ulas hal yang sama. Yaoloh, hare gene, apa aja kerja bank selain mikir keamanan pengguna? Alih-alih kalo kehilangan nanti disuruh baca klausul perjanjian yang pasti bilang kehilangan menjadi tanggungjawab pemilik, nah apa layanan yang sudah mereka upayakan untuk mengamankan nasabahnya? Jangan mulu bikin acara-acara wah ato branding ber miliar-miliar aja dong kalo urusan paling basic aja ga dipikirin.

Alih-alih ngimpi dapet undian mercy gua putusin tutup rekening tabungan pindahin ke BCA aja deh. Minimal hati ga sport jantung mo mati kayak gini. Halo pak Direksi? Sampeyan udah pada bangun? Kalender udah 2009 Pak!

Ref: Bayolan menarik soal true prank perkara kartu kredit dari link Siakanggantengkasep Eko bagus buat bacaan juga 😛

51 Responses to “Kartu ATM Dipake Belanja Debit Semua Tanpa PIN? Ga salah bos?”

  1. korban Says:

    gue udah ngalamin kecolongan karena kartu ATM BTN hilang, dipake buat belanja orang.

    masalahnya bukan hanya bisa tembus tanpa pakai PIN, tapi saat minta detail transaksi aliran dana nya dipake atau lari kemana pihak bank BTN tidak memperbolehkan nasabahnya tau, hanya pihak polisi yg boleh akses.

    kalau puluhan juta, okelah saya maklumi, butuh bantuan kinerja kepolisian, tapi kalau hanya puluhan ribu ????

Leave a Reply

WP Theme & Icons by N.Design Studio
Entries RSS Comments RSS Log in