Apakah Alam Memanjakan Bangsa Ini?

Social Add comments

Indonesia memang beruntung. Negeri yang katanya subur makmur, tongkat jadi tanaman memang sesuai dengan namanya (Apalagi yg dijadiin tongkat itu ubi singkong :P). Intinya jadi orang Indonesia itu enak. Kagak usah dengerin ramalan cuaca. Kagak usah ngalamin extreme condition (rekan-rekan sekarang di Europa najis bombai kalo ga hati-hati keluar bisa sampe minus 7 derajat). Modar. Indonesia? Yah gitu-gitu aja deh. Bangun 26 (orang Bandung), siang 33-35 paling panas juga (apalagi keluar masuk AC mobil, kantor). Hurricane? Nope. Ga perlu pusing mikirin tornado segala. Heatwave? Kagak pernah. Europa sampe bisa kesambit heatwave mati 35.000 orang. Tsunami? Yup, bencana ini yang pernah jadi momok saudara-saudara kita di pesisir. Gempa? Yup, karena gempa bagian dari nasib hidup di garis volcano. Gunung berapi? Pasti. Tapi rentang waktu bencana dan routine seperti perubahaan cuaca (ato unconvenience weather) sampe minus sekian (ato all year long minus buat yang tinggal di Utara seperti Canada dkk) membuat bangsa ini males? Iya apa ga it’s yours to decide.

13 Responses to “Apakah Alam Memanjakan Bangsa Ini?”

  1. keqi Says:

    pertamax!

    secara geografis kan posisi kita ada di posisi enak lah, tapi kalo bikin manja harusnya nggak juga, manja yang ada ini kayaknya warisan walanda dulu “mau enak bayar pajak”, yang penting senang, besok bodo amat, batur bodo amat. Kapan atuh kita merdeka ya?

  2. adinoto Says:

    keqi Says:
    December 18th, 2007 at 10:39 am e
    secara geografis kan posisi kita ada di posisi enak lah, tapi kalo bikin manja harusnya nggak juga, manja yang ada ini kayaknya warisan walanda dulu “mau enak bayar pajak”, yang penting senang, besok bodo amat, batur bodo amat. Kapan atuh kita merdeka ya?

    => Hehehe bukan jawaban typical defensive nya orang2 pinter kan kang? 😀 kekekeke… merdeka? Merdeka itu emang apa ya? 😀

  3. Hedi Says:

    katanya sih begitu, mas…jadi kita ga perlu mengantisipasi apa-apa karena memang tak pernah ada apa-apa (dalam hal kebutuhan hidup) berkaitan cuaca.

    Kalo di Eropa sana, misalnya, orang harus bersiap buat musim dingin atau musim panas….harus giat kalo ga mau beku dan kebakar 😀

  4. Dedhi Says:

    Mungkin kita udah kaya stereotype orang Mexico di pilem pilem koboi itu. Pakai topi gede, ber-siesta ngorok di pinggir jalan siyang siyang =)

  5. daustralala Says:

    I hate to say that this is generalization, hehe. ya yang males mah males, yang rajin juga banyak. sama kayak bilang orang sunda itu males2 sedang orang jawa ulet2. pasti pada gak setuju kan?

    lebih tepat mungkin mental terjajah ya?

  6. Ferry Aristanto Says:

    tapi kok sekarang kok lagi banyak musim angin puting beliung ya? kayak yang terjadi kemaren di Losari dan Batang. Di jakarta beberapa waktu lalu sempat kena angin puting beliung juga…
    kalo males ish tergantung orangnya..yang males ya males..yang rajin ya rajin…

  7. IMW Says:

    Minus 7 mah belum parah 🙂 yang reseh itu kalau dalam 1 hari perubahan suhu bisa berbeda 10 derajat, remuk deh tuh badan, Salah kostum di sini repot, makanya sebelum keluar rumah kudu lihat ramalan cuaca. Kalau kedinginan repot, ndak ada tukang bakso. Kepanasan ndak bawa minum bakal repot, sebab tukang teh botol ndak ada di mana-mana.

  8. jack popo Says:

    kalo mau dicari asal mulanya kayanya musti ngundang discovery channel ato indiana jones dulu nih.. :p
    tapi menurut saya budaya males dan manja itu bisa diminimalisir dari masa sekolah.anak2 sekolah sekarang ini udah biasa sama yg namanya nyontek. dengan rajin nyontek tiap ada tugas otomatis bikin otak ga muter/ga kreatif. nah, kalo udah gitu, jadinya ya orang2 yang bermental disuapin aja.
    gimana nih pengalaman rekan2 yg udah punya putra putri (yg udah sekolah), apa bener begitu?

  9. fisto Says:

    kayaknya bukan masalah alamnya deh, tapi emang karakter orang2nya…bayangin kalo orang bule atau orang jepang (ini generalisasi sih) itu yg mendiami Indonesia, saya sih ngebayanginnya negeri ini udah menjadi sangat maju dan makmur…sebaliknya, kalo orang Indonesia yang jadi warga di Eropa atau Amerika Serikat atau Jepang, mungkin keadaannya sama seperti Indonesia yg sekarang…

  10. idarmadi Says:

    soal tongkat jadi tanaman kadang memang amazing. Untuk menanam sesuatu di US (north west) susah banget numbuhnya. Kadang harus ada glass house baru bisa ideal. Tapi minggu lalu saya iseng menancapkan batang melati sisa hasil pangkasan pohon melati. Batang yang cuman 15cm panjangnya ini, sudah tumbuh 3 tunas baru. Quite amazing. Demikian juga dengan batang kemangi yang saya tancap di pot (daunnya dimakan dengan nasi ulam), eh… sudah tumbuh daun baru…

    Stereotype atau bukan, menurut pendapat saya, faktor cuaca/alam memang mempengaruhi karakteristik budaya atau penduduk lokal. Di tempat dengan 4 musim, orang harus lebih punya planning. Bagaimana untuk stok bahan makanan, bagaimana dengan preparation tempat tinggal. Di tempat hangat seperti di Indonesia? tidur beratapkan langitpun dalam satu tahun ndak apa apa…. Coba kalo ada yang berani tidur tanpa atap di udara 5 derajat celcius + wind chill…..

  11. mahirman Says:

    Memang Tuhan Maha Adil. Negara yang kaya akan Sumber Daya Alam memiliki Sumber Daya Manusia yang rendah. Sedangkan negara yang miskin Sumber Daya Alam memiliki Sumber Daya Manusia yang tinggi. Mungkin maksudnya agar tidak saling menguasai satu sama yang lain. Kalau suatu negara memiliki SDA dan SDM yang tinggi maka negara tersebut bisa menjadi penguasa contohnya Amerika. Amerika sendiri bisa memiliki SDM yang tinggi karena mayoritas pendatang (bangsa Eropa). Bagaimana kalau Amerika dikuasai oleh bangsa Amerika sendiri yang notabene adalah bangsa Indian? Mungkin gak bakal seperti Amerika sekarang.
    Negara yang memiliki SDA rendah contohnya Jepang akan berusaha meningkatkan SDM nya karena itulah satu-satunya cara supaya mereka menjadi bangsa yang kuat. Sebab mereka tidak mungkin lagi meningkatkan SDA yang cuma segitu-gitunya. Ini yang merupakan suatu keharusan bagi Indonesia bagaimana caranya agar Indonesia menjadi bangsa yang kuat, yaitu meningkatkan Sumber Daya Manusia nya. Makanya di Indonesia Pendidikan merupakan bidang yang paling strategis yang harus kita tingkatkan.

  12. Widi Says:

    Iya. Kemarin liat tayangan di SCTV, pembagian daging qurban. Untuk 1/4 Kg daging kambing sapi aja mereka rela berdesak2an seperti itu. Saya rasa itu bukan 100 % potret kemiskinan, seperti yang dibilang penyiar. Tapi itu lebih disebabkan budaya kita yang malas, yang maunya dapat sesuatu dengan gratis. Padahal kalo dibandingin dengan di eropa, mereka sangat malu kalau hidup mereka disubsidi pemerintahnya. (Kalo disana pengangguran dapat duit gratis).

  13. vicong Says:

    Kalau sekarang sih setahu saya : “tongkat kayu dan batu jadi tambal ban”

Leave a Reply

WP Theme & Icons by N.Design Studio
Entries RSS Comments RSS Log in