Quantum Chip, Chip Optik Yang Akan Membuat Semua Komputer Anda Basi

Technology Add comments

Membahas tentang komputer spec maknyusss, saya jadi teringat membaca artikel tahun 1992, yaitu ketika masa itu ditemukan prototipe Quantum Chip, atau optical chip yang mampu bekerja 2000x lebih cepat dari komputer berbasis semikonduktor tahun 2002. Apabila menurut ukuran hukum Moore bahwa mikroprosesor akan berevolusi 2x lebih cepat dalam 18 bulan ato kurang, maka secara perhitungan, apabila tahun 1992 – 2002 = 10 tahun maka kecepatan mikroprosesor berbasis semikonduktor pada tahun itu (1992) akan minimal 2 pangkat n (dengan n = 6) = 64x lebih cepat, maka dapat dibayangkan komputer berbasis optik yang menjanjikan kecepatan 2000x lebih cepat merupakan sesuatu lompatan teknologi yang luar biasa.

Mengapa mikroprosesor berbasis optik mampu bekerja dengan sedemikian cepat? Jawaban sederhananya adalah: Yang satu (mikroprosesor berbasis semikonduktor) bekerja dengan kecepatan elektron, yang satu lagi (mikroprosesor berbasis optik) bekerja dengan kecepatan cahaya. Walaupun sulit mengukur kecepatan eksak sebuah elektron, dan secara teori dapat bekerja dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya, namun material berbasis semikonduktor memiliki kelemahan paling fatal antara lain adalah disipasi panas yang dihasilkannya dan propagasi elektron mampu mengurangi kinerja elektron secara significant pada frekuensi tinggi.

Jadi bagaimanakah rupa komputer masa depan? Komputer masa depan adalah komputer berbasis optik. Komputer yang mampu mengatasi kelemahan-kelemahan yang dibawa oleh turunan sifat semikonduktor tadi. Para saintis berupaya sedemikian rupa mengoptimalkan penggunaan material-material semikonduktor untuk menghasilkan kinerja yang lebih baik menurut kaidah Hukum Moore, namun prosesor berbasis optik akan dengan mudah meluluhlantakkan semua sistem komputer berbasis semikonduktor di masa depan.

Bagaimana rupa mikroprosesor berbasis optik hari ini? Salah satu perusahaan yang cukup gencar mengembangkan mikroprosesor berbasis optik adalah www.atomchip.com yang berhasil menelurkan produk seperti 100GB data card (flash disk) dan 6.8GHz mikroprosesor seperti gambar berikut:

Walaupun tidak sesignifikan gambaran awal bahwa mikroprosesor berbasis optik ini mampu bekerja dengan ribuan kali lebih cepat dari kecepatan mikroprosesor berbasis semikonduktor, harap diingat ini adalah tingkat prototipe dan desain awal! Produksi akhir akan memungkinkan eskalasi yang jauh lebih signifikan dan eksponensial.

Pertanyaan terakhir adalah Mengapa saat ini produsen-produsen seperti Intel, AMD tidak berlomba-lomba mempergunakan mikroprosesor berbasis optik? Jawabannya adalah masalah time to market dan biaya riset dan pengembangan yang besar sekali. Intel (dan AMD) selaku “pedagang” mikroprosesor tidak berminat mengeluarkan investasi besar untuk riset dan pengembangan, selagi masih laku kenapa musti pusing, jual dan paketin saja beres dalam packaging-packaging yang membingungkan konsumer seperti branding Centrino, Celeron, VIIV, Core 2 Duo, dan sekarang muncul lagi Pentium Dual Core (yang pada dasarnya adalah berbasis Core 2 Duo juga), mungkin nanti Core Tigo, Core Ampek, biar pasar bingung, dan akhirnya bisa jualan prosesor dari harga 70 dollar s/d 1000 dollar++ (Extreme Edition ato Xeon) dengan tenang.

Mengapa kita semua mau dicekokin seperti itu? Ya salah sendiri mau jadi konsumen. Hehehe… Tanyakeunapa negara ini ga punya industri mikroprosesor yang bisa nyekem enak barang modal 5 dollar dijual seabreg demikian mahal (Biaya paling mahal dalam pengembangan mikroprosesor tidak lebih dari membangun fabrikasi baru dengan standard pemrosesan baru seperti 45nm dst).

So jadi harus gimana dong? Ya ga gimana-gimana lah situ rakyat mirip gua juga, kalo mau ya nikmati aja posisi jadi user. Beli komputer jangan diumbar-umbar lah sesuaikan dengan kebutuhan, karena bagaimana juga canggihnya komputer yang anda beli hari ini akan obsolete (basi) dalam waktu sekian tahun ke depan. Jadi kalo ada yang suka nanya “Kalo saya beli komputer ini apakah akan bertahan 5 tahun ke depan?” Waduh pertanyaan sulit, karena tergantung masing-masing kebutuhan. Kalo kebutuhannya cuma buat begitu aja (tidak ngoyo-ngoyo ngupgrade software yang pasti cenderung bloatware) maka sih pasti cukup-cukup aja. Tapi kalo hobby nya ngoyo (mana ngebajak lagi) wah lupakan deh! 5 bulan aja bawaannya gua pengen ganti melulu hehehe…

Kalo gua sekarang pengen beli chip berbasis quantum ini gmana dong Aa’? Hmmm masih mahal dek! Masih 10,000 dollar ke atas, itu hanyalah masalah economies of scale, begitu banyak yang pake (dan banyak pembeli pertama dengan harga mahal yang pada dasarnya membiayai dana riset tersebut) maka harga akan semakin murah.

Makanya jangan cuma demo aja bisanya! Itu industri strategis seperti PT.DI pengennya diobok-obok aja. Kalo kita semua mau mikir dan pinteran dikit pasti ngerti deh betapa industri-industri strategis sebenarnya dibutuhkan sekali oleh bangsa ini demi menjamin kelangsungan kompetisi di masa depan. Kalo semua tertib (ga musti pake tentara kan?) cita-cita mau bikin “Silicon Valley-like” di negeri ini (untuk software), ato “Taiwan-like” (untuk industri mikroprosesor) ga cuma jadi wacana ato “jualan” para pertinggi dan seleb IT disini.

Nah terus jadi rakyat enaknya gimana? Ya belajar yang bener deh. Minimal main software itu masih ada value addednya (ato malah ekonomi setan? *harga makin hancur kayak setan), ato mending buka ikan bakar kayak Made ato otak-otak kayak Rendy? Nah kalo ga gimana? Jadi rakyat? Emang enakkkkk????? *ngacirrrrr

28 Responses to “Quantum Chip, Chip Optik Yang Akan Membuat Semua Komputer Anda Basi”

  1. Tk Kiridit Says:

    Lho saya gak disebut?

    *plak*

  2. Adham Somantrie Says:

    komputer hebat berawal dari PowerPCâ„¢ di dalamnya 😛

  3. rendy Says:

    belum dagang otak otak kok not, semisal jadi, nanti pasti jadi tester, kayaknya habis balik haji, mau dagang empek2 aja dulu

  4. adinoto Says:

    # Tk Kiridit Says:
    November 29th, 2007 at 10:55 am e

    Lho saya gak disebut?

    *plak*

    => Abis nteu menang haratis fastron seumur hidup nteu kudu kiridit bwakakakakak *ngacirrrrr

  5. adinoto Says:

    # rendy Says:
    November 29th, 2007 at 11:02 am e

    belum dagang otak otak kok not, semisal jadi, nanti pasti jadi tester, kayaknya habis balik haji, mau dagang empek2 aja dulu

    => Yah namanya sekem pre-release version gitu kan bwkaakkaka bikin announcer dulu 😀

  6. adinoto Says:

    # Adham Somantrie Says:
    November 29th, 2007 at 10:58 am e

    komputer hebat berawal dari PowerPCâ„¢ di dalamnya 😛

    => Hahahaa dan jadi eksekutif Intel dan kroninya disini kadang dilema ya? Cuma mikirin perut sendiri tapi lupa negara hahahahaa… Juall terusss seekeeem yang penting gaji lancarrr!

  7. jack popo Says:

    nah…jadi yg mau beli macbook nano sabar dulu…
    tahan napas lagi beberapa tahun kedepan nunggu apple ngeluarin pentium optik (kaya toko kacamata aja)…
    😀

  8. adinoto Says:

    # jack popo Says:
    November 29th, 2007 at 11:04 am e

    nah…jadi yg mau beli macbook nano sabar dulu…
    tahan napas lagi beberapa tahun kedepan nunggu apple ngeluarin pentium optik (kaya toko kacamata aja)…
    😀

    => Bwakakkaa dan yang ada laporan akhir tahun penjualan macbook/macbook pro menurun drastis karena semua orang jadi slow down in purchase … hahahahaha sekememmmmmmmmm

  9. Adham Somantrie Says:

    kalo gitu mending nunggu komputer merk nikon, canon, carl zeizz, schneider? 😛 Canon EOSBook Pro, anyone? wakakkaka….

  10. adinoto Says:

    # Adham Somantrie Says:
    November 29th, 2007 at 11:06 am e

    kalo gitu mending nunggu komputer merk nikon, canon, carl zeizz, schneider? 😛 Canon EOSBook Pro, anyone? wakakkaka….

    => Nunggu merk Optik Tunggal! 😛

  11. Adham Somantrie Says:

    ato Lily Kasoem Computers, Inc. ?

  12. rendy Says:

    nanti gw kasih coba otak otak yang nightly build version deh

  13. ariya Says:

    Bukannya Atom Chip ini dari dua tahun yang lalu dicurigai sebagai hoax?

  14. IMW Says:

    Pake quantum chip, ngetik blog bisa lebih cepet ndak ? Biar bisa posting 1 hari 10 biji. 10 kali curhat lumayan.

  15. Dedhi Says:

    Ntar ntar komputer kayak pohon Natal dung !

  16. adinoto Says:

    # IMW Says:
    November 29th, 2007 at 3:41 pm e

    Pake quantum chip, ngetik blog bisa lebih cepet ndak ? Biar bisa posting 1 hari 10 biji. 10 kali curhat lumayan.

    => Bwakakaka sapa tuh? Kalo gua sih spesialis kuliner nyamar jadi pakar teknologi bosssss *ngacirrrr

  17. idarmadi Says:

    Atom chip ini bukannya sering disebut sebagai vaporware?

    Satu kelas sama Cold Fusion… 😛

  18. adinoto Says:

    # idarmadi Says:
    November 29th, 2007 at 7:56 pm

    Atom chip ini bukannya sering disebut sebagai vaporware?
    Satu kelas sama Cold Fusion… 😛

    => Wah master skeemeer berarti bosss, bwakakaka… kagak ngarti dah kalo sekem, tapi secara teoritik dan prototyping Quantum Computing itu sudah exist minimal 15 tahun yang lalu (secara gua tahu), mungkin jauh lebih lama dari itu.

    Center for research nya antara lain di Oxford: http://www.qubit.org/

  19. ariya Says:

    Quantum computing sih ada riset benerannya. Jadi bukan isapan jempol.

    Masalahnya terletak di kumpeni “Atom Chip”, lama dicurigai sebagai hoax doang.

  20. adinoto Says:

    # ariya Says:
    November 30th, 2007 at 8:15 am

    Quantum computing sih ada riset benerannya. Jadi bukan isapan jempol.
    Masalahnya terletak di kumpeni “Atom Chip”, lama dicurigai sebagai hoax doang.

    => Yoa boss, something to proof kalo soal kumpeninya. Kalo soal Quantum Computing mah banyak contohnya lah, nanti kita cari lagi, btw, buat Idarmadi, itu Cold Fusion segala emang dimana hoaxnya… lah temen gua pernah bikin motor bahan bakar air kok based on Cold Fusion. It’s there man, and it’s not fake.

  21. keqi Says:

    kang titip satu, discount yak 😀

  22. dzaia-bs Says:

    wah, baru tau ane ada mikroprosesor kayak begitu…
    tp kalo menurut ane ya’, misalnya tuh proyek berhasil,
    paling ntar belakang2nya bakal digebet (diakuisisi) sama perusahaan2 raksasa yg udah subur makmur di SV…

    keren dah emang ulasannya kang noto yg satu ini…

  23. adinoto Says:

    # keqi Says:
    November 30th, 2007 at 6:59 pm e

    kang titip satu, discount yak 😀

    => Pake pedes ga? 😀

  24. adinoto Says:

    # dzaia-bs Says:
    December 1st, 2007 at 7:03 pm e

    wah, baru tau ane ada mikroprosesor kayak begitu…
    tp kalo menurut ane ya’, misalnya tuh proyek berhasil,
    paling ntar belakang2nya bakal digebet (diakuisisi) sama perusahaan2 raksasa yg udah subur makmur di SV…

    keren dah emang ulasannya kang noto yg satu ini…

    => Hehehee Intel? 😛 *ngacirrr

  25. Dedy Says:

    # adinoto Says:
    November 30th, 2007 at 10:22 am

    Yoa boss, something to proof kalo soal kumpeninya. Kalo soal Quantum Computing mah banyak contohnya lah, nanti kita cari lagi, btw, buat Idarmadi, itu Cold Fusion segala emang dimana hoaxnya… lah temen gua pernah bikin motor bahan bakar air kok based on Cold Fusion. It’s there man, and it’s not fake.

    => yup, betul nih kang… coba liat ada orang kita yang bisa membuat sesuatu yang dikira nga mungkin loh… Blue Energy… It’s Blue!

  26. GPSMAP 76CSx Says:

    salam kenal, informasi yang menarik, Trims. 🙂

  27. Legislatif Says:

    Laptop pejabat DPR bisa segera diupgrade dong? Akan segera dirapatkan anggaran yg dibutuhkan berikut anggaran training plus accessories & perangkat pendukung lainnya. Tidak lupa pula anggaran rapat dengar pendapat dari para pakar IT yg kompeten di bidang wisata kuliner agar rapat bisa dilaksanakan sambil jalan2 & makan2. Jangan lupa anggaran utk menggelar tender pengadaan barang dgn mengundang cukong2 dan makelar2 tangan ke satu sampai ke 7. Fit and proper test utk mslh ini juga perlu dianggarkan. 😛

  28. adinoto Says:

    # e

    salam kenal, informasi yang menarik, Trims. 🙂
    # Legislatif Says:
    December 9th, 2007 at 7:50 am e

    Laptop pejabat DPR bisa segera diupgrade dong? Akan segera dirapatkan anggaran yg dibutuhkan berikut anggaran training plus accessories & perangkat pendukung lainnya. Tidak lupa pula anggaran rapat dengar pendapat dari para pakar IT yg kompeten di bidang wisata kuliner agar rapat bisa dilaksanakan sambil jalan2 & makan2. Jangan lupa anggaran utk menggelar tender pengadaan barang dgn mengundang cukong2 dan makelar2 tangan ke satu sampai ke 7. Fit and proper test utk mslh ini juga perlu dianggarkan. 😛

    => Hahahaha 😛 *ngacirrr

Leave a Reply

WP Theme & Icons by N.Design Studio
Entries RSS Comments RSS Log in