Menjadi Bangsa Inferior

Social Add comments

Saat ini saya sedang menyaksikan acara ulang tahun MetroTV yang ke-7. Sebelumnya saya ingin mengucapkan selamat atas ulang tahun MetroTV ini. Dalam acara ini dihadiri pula oleh Bapak Presiden SBY.

Namun keprihatinan saya adalah mengapa acara ulang tahun MetroTV ini “terlalu” mengusung budaya luar negeri; dengan adanya acara Toast oleh Presiden dan acara dance Tango dan Rumba segala. Disaat sebagian besar bangsa Indonesia dilanda kesulitan ekonomi ditambah dengan kenaikan harga BBM terus menerus (padahal katanya produsen minyak), ekonomi biaya tinggi, dan bencana lumpur Lapindo dan gempa dimana-mana kok rasanya tidak pantas berfoya-foya demikian.

Disatu sisi mungkin ga heran kalo “Rasa Sayange” dan “Reog” diambil oleh negara lain apabila negara ini semakin kehilangan identitas dan kebanggaan atas budaya sendiri.

45 Responses to “Menjadi Bangsa Inferior”

  1. Adham Somantrie Says:

    negara kita semakin tidak berbudaya dan jauh dari “peradaban”…

  2. Sasongko Says:

    hmmm… Toast? emang ada acara nge-burn Mac OS 10.5? wakakaka
    oke deh… mungkin maksud Metro TV begini… sementara budaya kita dicuri bangsa lain, kita curi lagi budaya bangsa lain seperti acara Toast dan Tango, menggantikan Reog dan Rasa sayange yang dicuri adik kecil tetangga sebelah.
    Lagian itu Toast pake air teh atau Champagne? harom… harom…
    Sablenk udah semua.

  3. Oskar Syahbana Says:

    Terlalu mengusung budaya luar negeri – setuju

    Kenaikan harga BBM terus menerus – hm… kayaknya masih segitu2 aja tuch, walau minyak dah toel2 $100 (around 70% higher kalo ga salah dibandingkan target APBN kita), tapi harga bensin dan solar untuk rakyat tetep Rp4,500 (eh segitu kan? Dah lama ga ngisi bensin). So this point is moot.

    ekonomi biaya tinggi – setuju banget

    Emang foya-foya menurut lo apaan sih?

  4. Arnold P. Siboro Says:

    Kenapa yg ngomongnya bener selalu orang kecil, dan yang seakan gak mau denger orang besar? Kayaknya karena saat org masih rakyat jelata masih mulia pemikirannya, tapi kalo udah di tampuk kekuasaan atau diatas limpahan duit udah lupa pemikiran mulia itu. Kayaknya hampir semua orang begini?? Semoga pak cawalkot noto bisa beda, kalo udah jadi walkot jangan sok lupa:p

  5. adinoto Says:

    to Oscar:
    Everything is moot (debatable). Kalo mau anggap Pertamax dan Pertamax Plus bukan bensin untuk rakyat ya moot. Presiden dan penulis juga moot-mootan 😀 hehehe (eh mood mood an itu mah hahahah) *sorry Pak SBY sante Pak, anak muda ini, penuh kasih sayang justru bentuk kepedulian.

    Menurut gua, figur seorang Presiden itu harus lincah, tanggap, dan actionable. Amerika udah kasih contoh. Biar kata presidennya IQ nya ga seberapa tapi public apperancenya sakti. Go go go, tegas, dan speech nya pun menunjukkan kelas seorang dengan posisi yang jadi tempat berpayung rakyat, biar kata juga salah dan bloon banget hehehe…

  6. Oskar Syahbana Says:

    @adinoto: tumben cara reply-nya kok ga pake kopipes lagi? Untuk pertamax dan pertamax plus emang kalo ga salah 2 minggu sekali harga ganti. Tapi berhubung 2 jenis bensin itu engga mempengaruhi rakyat banyak, jadi sebenernya ga bisa dimasukin takaran “harga BBM naek terus”. Ah but again, that’s a moot point.

    Anyway some fun facts here: http://www.economagic.com/em-cgi/data.exe/doeme/paprpio (sayangnya data terbaru 2006, itupun ga lengkap), produksi oil indonesia tiap taun terus menurun. Malah udah jadi net importer katanya (ga bisa sediain datanya gw, yg lain mungkin?)

    Untuk presiden amerika, gw no comment deh. Bentar lagi turun dia :D. But gw setuju, karisma presiden kita ini gede, but mungkin gara2 badannya rada gede, geraknya pun jadi rada gemulai wakakak. Udah ah, tar dituntut pasal penghinaan presiden lagih

    Hm… sorry ah comment panjang2, lagi males ngeblog di rumah sendiri 😛

  7. Oskar Syahbana Says:

    PS: secara lo biasanya jual notebook non-apple second dari yg tuker tambah, lagi jualan Thinkpad kagak? mau baru or second ga masalah.

  8. M Fahmi Aulia Says:

    lho, baru nyadar?
    Metro kan barat sekali…dg mengusung acara musik country, musik ala cowboy…sementara musik2 tradisional, meski pernah muncul, sifatnya yaa..sementara sahaja :p

  9. rendy Says:

    jangan sampeee otak otak diambil negara laen…
    jangan sampeee warteg diambil negara laen…
    secara itu duitnya lebih banyak daripada dagang IT gitu loh…

  10. adinoto Says:

    # Oskar Syahbana Says:
    November 27th, 2007 at 1:33 am

    PS: secara lo biasanya jual notebook non-apple second dari yg tuker tambah, lagi jualan Thinkpad kagak? mau baru or second ga masalah.

    => Ada tuh IBM ThinkPad T42 pake bini gua, Intel Centrino 1,7GHz 2GB RAM 120GB HDD DVDCombo WiFi 8,5jt mulus batere baru!

  11. S a k t i Says:

    Bangsa ini sudah kehilangan jati diri…. hiks…

  12. Zhar Aditya Says:

    Hmm..Budaya luar seh sebenernya juga gak napa2 toh…
    Kecintaan terhadap budaya sendiri itu sebenernya salah satu sekem buat narik bule masuk sini toh?
    Jadi sebenernya, asal “terlihat” kita cinta budaya dalam negeri yah gak napa2 melakukan budaya luar negeri…

    Yang pusing ini negara maling itu, yang bisa2nya gilak sendiri mengakuisisi budaya seenak jidat dan membuat patent kalo itu budaya miliknya…

    It was like saying that malayan language is coming from athem…Well, it’s not…Itu punya semua orang yang tinggal di dataran melayu…Dan gak ada yang bisa matenkan (sharusnya) karena memang budaya tidak bisa “dimiliki” sebuah bangsa…

    Biarin aja toh…
    Kalo pemerintah pinter juga…
    Seharusnya kita getting benefits dari malaysia karena gembor2 reog miliknya…
    K?ita bisa bikin iklan yang menyindir malaysia dan mempopulerkan reog sebagai salah satu komoditi pariwisata….
    Ada pepatah yang bilang,
    “Jangan mencoba menjatuhkan (menggunjing) orang lain (di media massa), karena biasanya yang paling diuntungkan adalah yang dijatuhkan”

  13. Dedhi Says:

    Namanya juga “Metro”TV, kan biar metropolis gitu. Biar kagak ndeso. Kan gak lucu kalo namanya “nDeso”TV ..kekeke.
    Elo nonton TV lokal? Ketahuan lagi gak ada kerjaan 😛

  14. Dadang Kadarusman Says:

    Ada benarnya juga. Beberapa waktu lalau ada diskusi seru tentang firewalker. Diluar negeri firewalking dianggap sebagai sebuah bukti bahwa manusia bisa melakukan banyak hal yang dianggapnya mustahil. Orang Indonesia ‘modern’ ikut terkesima juga. Padahal, dikampung-kampung; fire walking begitu membudaya. Begitu pula dengan sepakbola api. Banyak keanekaragaman lain yang masih belum tersentuh peradaban. Sekedar terkubur modernitas.

  15. The Greatest Says:

    biasa, metro gitu loh…surya paloh seleranya kan victorian…

  16. ario dipoyono Says:

    He..he… klo ingat lagu “Rasa Sayange” ma Reog di ambil ma Malaysia, aku jadi iri… Indonesia bisa mengklaim apa dari Malaysia. La wong Malaysia ga punya apa2 !!!

    So Bangga lah jadi warga negara Indonesia

  17. fisto Says:

    sekedar perayaan hari ulang taun bisa dianggap foya2 ya, bos?…tapi saya setuju sih, mungkin kalau mau perayaan, kita lebih baik pake budaya sendiri aja, dan yang lebih penting lagi, dibikin sesederhana mungkin…eh, foya2 = tidak sederhana?

  18. adinoto Says:

    # Zhar Aditya Says:
    November 27th, 2007 at 8:17 am

    Hmm..Budaya luar seh sebenernya juga gak napa2 toh…
    Kecintaan terhadap budaya sendiri itu sebenernya salah satu sekem buat narik bule masuk sini toh?

    => Iya jadi ga napa-napa kali kalo orang bisa nganggap kolornya keliatan kemana-mana nari tango di depan Pak Presiden. 😛 *ga comment lagi gua… 😀

  19. adinoto Says:

    # The Greatest Says:
    November 27th, 2007 at 1:38 pm

    biasa, metro gitu loh…surya paloh seleranya kan victorian…

    => Jaman Pak Harto gua ga pernah liat Presiden digiring2 acara begituan, apa karena ga disiarin di TV, ato Pak Harto & istri masih menjunjung budaya ketimuran (dilarangnya wakil Putri Indonesia dan kontes2 molek gitu), ato emang perlu menggalang karena sistem kepartaian?

    Yang jelas aku komplain berat ke Pak Surya Paloh. Kasian Presiden dibawa-bawa acara gitu. Bad press pak.

  20. adinoto Says:

    # Dedhi Says:
    November 27th, 2007 at 10:41 am

    Namanya juga “Metro”TV, kan biar metropolis gitu. Biar kagak ndeso. Kan gak lucu kalo namanya “nDeso”TV ..kekeke.
    Elo nonton TV lokal? Ketahuan lagi gak ada kerjaan 😛

    => Tau aja si boss ini… bagi dong kerjaan boss 😀

  21. Irwin Says:

    Emang kita punya budaya asli gitu? kekekekekeke….

  22. idarmadi Says:

    Mengapa budaya luar lebih nge-pop daripadanya budaya dalam? Kemungkinan besar karena PR-nya (yang mengakibatkan image-nya) lebih cihui daripada kesenian/tradisi/kultur lokal.

    Banyak tundingan bahwa generasi muda tidak menghargai budaya lokal, dan lebih condong keBarat2an. Lebih suka keyboard daripadanya alat musik Malaysia yaitu Angklung. Lebih suka Linkin Park daripada lagunya Malaysia (Rasa Sayange). Lebih suka Modern Dance daripada tarian Malaysia (Reog). Lebih suka Hugo Boss daripada pakaian motif Batik (punya Malaysia). (Tapi asli Hugo Boss emang paten… :P)
    Generasi muda memang lebih tidak menghargai kebudayaan lokal, tapi demikian juga dengan generasi tua-nya.

    Kenapa Bapak Presiden and the gang, tidak menggunakan saja baju Batik? Kenapa harus pake 2 piece (3 piece kalo sama kaos dalam) suit? Kenapa kalo rapat paripurna minumnya Perrier daripada air mineral dari mata air Porong, Sidoardjo.

    Miris sih ngeliatin sikap pemerintah yang kurang tegas dalam mengklarifikasikan kemungkinan adanya kesalahpahaman dengan Malaysia dalam soal Rasa Sayange, Angklung, Batik, Sate, Reog, dll.

  23. IMW Says:

    Hayo siapa yg masih bisa pakai baju tradisional sendiri tanpa dibantuin orang lain atau salon ?

  24. adinoto Says:

    IMW Says:
    November 27th, 2007 at 11:33 pm
    Hayo siapa yg masih bisa pakai baju tradisional sendiri tanpa dibantuin orang lain atau salon ?

    => Hahahaha jelek2 gini dulu dari jaman SD sampe SMA selalu mewakili sekolah dalam acara kesenian dan budaya Melayu. SD nyanyi lagu Melayu di Porseni (Pekan Olah Raga Dan Seni Antar Sekolah) *masih ada ga gituan ya jaman sekarang? Dan sempet ngeblank lupa lagunya terusannya apa bwakakakaa… ya maklum cabutan. SD juga nari Kuda-kuda *tarian asli Sunda, nah dua-duanya kan pake pakean tradisional. Nah paling lucu SMA, niat hati udah seneng dicatut sekolah mewakili acara keluar eh ternyata membahas “Punahnya budaya melayu” di departemen? kebudayaan disana *1988… Lah pusingnya bukannya pulang cepet yang ada pulang paling malem sampe jam 9 dirumah. Halah. Tapi kesimpulannya waktu itu puak melayu (bangsa melayu) agak terlalu *enjoy sehingga kesalip sama puak pendatang (minang, batak dll). Nah skrg keliatannya banyak pejabat Riau harus orang melayu hahaha apa kinerjanya kemudian udah setanding? remains to be seen.

    Halah ngebahas baju ya? Jam 12 suka ngaco ngeleyeng kemana-mana… Baju? Hmmm yang jelas gua punya batik *baru beli batik karena udah ga muat, dan harganya sekem banget di Batik Keris dll udah 7 figures. Jadi aja ngelayap batik di bandar-bandar batik aja murah-murah yang penting beunget ya ga 😀 … Baju tradisional buat sehari-hari, agak kurang praktis. Gimana kalo Baju tradisionalnya kaos, short, kupluk kalo kedinginan, dan MacBook Pro boss?? Itu sih tiap hareeee kaleeee *ngacirrrrrr

  25. adinoto Says:

    Idarmadi wrote:
    Kenapa Bapak Presiden and the gang, tidak menggunakan saja baju Batik? Kenapa harus pake 2 piece (3 piece kalo sama kaos dalam) suit? Kenapa kalo rapat paripurna minumnya Perrier daripada air mineral dari mata air Porong, Sidoardjo.

    => Nah Pak SBY bole juga tuh coba pake Batik ganteng deh 😀 hehehe… diet perut bareng yuk pak. Sama nih udah maju. Apalagi Indarmin yang kritik… beuh udah kayak 3 bulan jalan 😀 kekekeke

  26. masliliks Says:

    kalo mau liat acara2 nDeso ™ ya ke semarang dan sekitarnya saja mas, ada TV-ku, cakraTV,borobudurTV, TV-B (banyumas)
    ngga usah nongtong metroTV
    ini jaman kebebasan pers koq, kita juga ga dipaksa nongtong sebuah setasion
    hehehehehe
    ingkang naminipun tivi punika namung pirantos ingkang dipun tingali dening tiyang-tiyang ingkang mboten anggadhahi dedhamel wontening wedhal sakpunika

  27. adinoto Says:

    masliliks Says:
    November 28th, 2007 at 7:37 am
    kalo mau liat acara2 nDeso â„¢ ya ke semarang dan sekitarnya saja mas, ada TV-ku, cakraTV,borobudurTV, TV-B (banyumas)
    ngga usah nongtong metroTV
    ini jaman kebebasan pers koq, kita juga ga dipaksa nongtong sebuah setasion
    hehehehehe
    ingkang naminipun tivi punika namung pirantos ingkang dipun tingali dening tiyang-tiyang ingkang mboten anggadhahi dedhamel wontening wedhal sakpunika

    => Iya mas, kayak China aja sekarang hampir setiap propinsi ada 2 stasiun TV. Ada CCTV1 s/d berapa ga tau deh buanyak buanget. Tapi ya itu lagi balik ke core masalahnya, TV nasional itu ditonton oleh jutaan masyarakat calon penerus bangsa. Anak-anak dan adek-adek kita. Sajiannya ga lebih dari legenda-legenda yang percaya setan-setanan, sinetron menjual duniawi, dan acara-acara kejar tayang lainnya (LOW BUDGET TAPI LOW CLASS — Punten Orang TV semua sini kalo mau bicara nasionalisme aku tantang ngobrol! Jangan cuma mau gampangnya dong kalo kerja, pikirin INI MEDIA bung, dampaknya ga cuma sebatas perut, dampaknya dalem).

    Bandingin dengan DW-TV, National Geographics, dan lain sebagainya. Bangsa ini maju kalo dari kecil calon pemimpin bangsa dan anak bangsanya dicekokin acara bermutu. Tapi bangsa ini akan jadi bangsa TKI kalo cuma disuguhin acara setan-setanan, liputan kehidupan artis dan kasus-kasusnya, dan tayangan setan dan demit-demit.

    Kalo ga mikir idealisme, udah lama saya hengkang dari negeri ini mas.

  28. masliliks Says:

    sepakat mas, dan dahsyatnya justru tv2 lokal itu lah yang nguri2 bakat lokal dan acara lokal.. seneng rasanya iklan interaktif di tv dengan bahasa2 semarangan yang kasar tapi bersahabat
    acara2 nya lokal2 aja? ya iya lah mereka kan ga isa bayar2 artis2 sinyetron itu whuekekek. tapi ya itu daripada nongtong sinyetron mendingan nasida ria ma ketoprak !!!

  29. toni Says:

    resistence is futile. saya malah jadi kepikiran seperti itu. Semakin kita menolak, maka semakin kuat pula usaha untuk mendobrak penolakan kita.

    Saya tergelitik dengan budaya jepang. Duh, lagi-lagi kok jepang. Saya sering melihat foto orang berkimono di tengah kota, di stasiun, di mall, dll. Apakah kimono itu bertahan karena kemurniannya atau dia bisa bertahan karena mampu beradaptasi dengan jaman? Apakah kita bisa berharap bahwa garis perjalanan kebudayaan adalah suatu lingkaran, yang senantiasa berubah arah namun pada suatu saat akan kembali ke titik asalnya? Entah setelah jenuh atau setelah menemukan pencerahannya kembali. Seperti budaya Fast Food yang memicu munculnya Slow Food.

    Apakah cara mempertahankan budaya harus dengan selalu memakai budaya tersebut dan tidak boleh diganti (atau bahkan tidak boleh dikombinasikan) dengan yang lain?

    Ini tidak frontal menentang pendapat Aa Nata lo, tapi saya sedang tergelitik pertanyaan akibat membaca tulisan dan komentar di sini :).

  30. Ferry Aristanto Says:

    Mungkin kalo Metro TV mempertahankan budaya Lokal, Pembawa berita dikasih kostum kebaya kali ya..biar seru..he he he
    Jadi rindu pengen nonton acara ketoprak (bukan makanan) yang biasa disiarkan di TV yogya, malah pernah dibuat sayembara.

  31. adinoto Says:

    masliliks Says:
    November 28th, 2007 at 8:15 am
    sepakat mas, dan dahsyatnya justru tv2 lokal itu lah yang nguri2 bakat lokal dan acara lokal.. seneng rasanya iklan interaktif di tv dengan bahasa2 semarangan yang kasar tapi bersahabat
    acara2 nya lokal2 aja? ya iya lah mereka kan ga isa bayar2 artis2 sinyetron itu whuekekek. tapi ya itu daripada nongtong sinyetron mendingan nasida ria ma ketoprak !!!

    => Ora ono TV lokal neng kene massss… TVRI Bandung wis suwi arep mateee…. Ora iso berevolusi opo ngopo mbooh. Mosok aku kudu pindah neng Semarang gara2 TV ae bwakakakaka

  32. adinoto Says:

    toni Says:
    November 28th, 2007 at 9:32 am
    resistence is futile. saya malah jadi kepikiran seperti itu. Semakin kita menolak, maka semakin kuat pula usaha untuk mendobrak penolakan kita.

    => Hehehe jadi inget Star Trek 😀

    Saya tergelitik dengan budaya jepang. Duh, lagi-lagi kok jepang. Saya sering melihat foto orang berkimono di tengah kota, di stasiun, di mall, dll. Apakah kimono itu bertahan karena kemurniannya atau dia bisa bertahan karena mampu beradaptasi dengan jaman? Apakah kita bisa berharap bahwa garis perjalanan kebudayaan adalah suatu lingkaran, yang senantiasa berubah arah namun pada suatu saat akan kembali ke titik asalnya? Entah setelah jenuh atau setelah menemukan pencerahannya kembali. Seperti budaya Fast Food yang memicu munculnya Slow Food.

    Apakah cara mempertahankan budaya harus dengan selalu memakai budaya tersebut dan tidak boleh diganti (atau bahkan tidak boleh dikombinasikan) dengan yang lain?
    Ini tidak frontal menentang pendapat Aa Nata lo, tapi saya sedang tergelitik pertanyaan akibat membaca tulisan dan komentar di sini :).

    => Setuju Mas. Tapi yang saya sayangkan itu content TV di sini sama sekali tidak bermutu. Kalo yang ini setuju ato gmana? 😀 hehehhe… go to hell with TV business! Sangat tidak nasionalis!

  33. adinoto Says:

    Ferry Aristanto Says:
    November 28th, 2007 at 9:42 am
    Mungkin kalo Metro TV mempertahankan budaya Lokal, Pembawa berita dikasih kostum kebaya kali ya..biar seru..he he he
    Jadi rindu pengen nonton acara ketoprak (bukan makanan) yang biasa disiarkan di TV yogya, malah pernah dibuat sayembara.

    => Kenapa tidak. Sekali-kali boljug kan. Bukan acara Hari Kartini doang.

  34. toni Says:

    @adinoto
    Setuju Mas. Tapi yang saya sayangkan itu content TV di sini sama sekali tidak bermutu. Kalo yang ini setuju ato gmana? 😀 hehehhe… go to hell with TV business! Sangat tidak nasionalis!
    ===
    Hehhe, itu saya justru bertanya mas, bukan soal setuju dan tidak setuju :p

    Soal tayangan konten tivi di sini bermutu atau tidak, saya bersukur masih anda metro tivi karena jika saya terpaksa nonton tivi saya bisa menghindari acara-acara yang tidak saya suka. Meskipun caranya victorian atau kebarat-baratan :).

    Tanpa TV business berarti tidak ada duit, sementara bisnis opensource belum sanggup menggantikan :p. Jadi saya ya oke-oke saja asal tujuan mempertahankan budayanya masih bisa dicapai. Call me an opportunist atau tak berjiwa nasionalis. Tapi kalau model seperti ini berhasil, dan budaya bisa dipertahankan, what would you say in the end? :p

    Resistence is futile :p, embrace and extinguish are the keywords these days 😀 …

    PS:
    Saya sedang omdo 😀

  35. adinoto Says:

    @tony:
    maksudnya bisnis TV di indonesia hari ini.

  36. nuar Says:

    biar beda sama acara HUT tipi lain tuh.

    acaranya ngebosenin! karena saya bukan targetnya kali ya… padahal saya suka nonton Metro.

  37. Endy Says:

    Metro TV, pemberitannya masih banyak yang style over substance kali ya menurut aku, walaupun ada acaranya yang bermutu. Tapi memang berbau-CNN sekali ya packagingnya (katanya sih mereka beberapa kali trainernya didatangin langsung dari CNN, tau’ deh bener apa kagak).
    Tapi Metro juga gak meng-Indonesia, secara motto ultah nya aja ‘Leading The Change’, kenapa gak bahasa Indonesia aja ya kaya’ TV2 lain, ‘Merintis Pembaharuan’ gitu kan lumayan juga hahahaha…
    Btw, mana nih ‘angpaw’ hahahaha

  38. argo Says:

    adinoto Says:
    November 28th, 2007 at 9:47 am

    => Ora ono TV lokal neng kene massss… TVRI Bandung wis suwi arep mateee…. Ora iso berevolusi opo ngopo mbooh. Mosok aku kudu pindah neng Semarang gara2 TV ae bwakakakakaEh, tapi mending kok bos

    Ada kok boss, tv lokal, STV, PJTV, naon deui nyak……? mayan masih suka ngusung budaya lokal jabar, walopun sering jg ke barat2 an.

  39. adinoto Says:

    # nuar Says:
    November 28th, 2007 at 2:39 pm e
    biar beda sama acara HUT tipi lain tuh.

    acaranya ngebosenin! karena saya bukan targetnya kali ya… padahal saya suka nonton Metro.

    => Hehehe… Metro sebagai TV news konsep menarik di negeri ini. Tapi acaranya emang bukan kita kali ya targetnya hehehe…

  40. adinoto Says:

    # Endy Says:
    November 28th, 2007 at 3:11 pm e

    Metro TV, pemberitannya masih banyak yang style over substance kali ya menurut aku, walaupun ada acaranya yang bermutu. Tapi memang berbau-CNN sekali ya packagingnya (katanya sih mereka beberapa kali trainernya didatangin langsung dari CNN, tau’ deh bener apa kagak).
    Tapi Metro juga gak meng-Indonesia, secara motto ultah nya aja ‘Leading The Change’, kenapa gak bahasa Indonesia aja ya kaya’ TV2 lain, ‘Merintis Pembaharuan’ gitu kan lumayan juga hahahaha…
    Btw, mana nih ‘angpaw’ hahahaha

    => Hehehe… ini dia penganten baru!! Mohon maaf pakcik, ai tak dapat hadir petang tu lor. Angpaw ku jadi tak sampai nih? Wah kacau… kekekee… gimana udah isi blon? 😛

    Soal Metro ya, gua paling ga suka dulu soal Metro Files (udah ga ada ya?) Yang promosi pre-acaranya suka terlalu menggebu-gebu, tapi begitu ditunggu isinya aduh ga lebih dari slogan-slogan dan file2 editan doang. Sama sekali ga ada niat research sama sekali. Bandingin sama National Geographics? Ah jauhlah! Pak Surya Paloh, dengerin dong permintaan kita.

    Sekarang based dimana pakcik? KL lagi ke?

  41. IMW Says:

    #29 : Ndak usah jauh-jauh ngeliat ke Jepang yg masih pake kimono di tengah kota sehari-hari. Coba aja pergi ke Bali, anak muda masih pakai tradisional tiap hari tanpa merasa kerepotan.

    Tentu saja baju adatnya juga “mengikuti” zaman, jadi dinamis tetap mengusung nilai tradisional tapi tanpa menjadi tidak praktis.

  42. starchie Says:

    #28; yoi tv lokal konsepnya seru. di jogjatv tuh ada acara “inyonge siaran” acara favorit saya nonton mbokayu rahma dan mbokayu intan siaran pake bahasa ngapak -ngapak
    (sekalipun kadang ga ngerti apa yg dibicarakan dengan tapi seneng dengernya)

    yang kurang itu acara pertanian, perkebunan, peternakan dan pedesaaan. ada yg ingat acara “Dari Desa ke Desa” di tvri dulu? yang ada cerdas cermat klompencapirnya itu loh. kenapa ga dibangkitkan lagi ya?

    #41; Bli Made; saya masih bisa pake pakaian adat bali tanpa perlu ke salon kok 😉
    hiks, kangen buleleng!

  43. JaF Says:

    “Disatu sisi mungkin ga heran kalo “Rasa Sayange” dan “Reog” diambil oleh negara lain apabila negara ini semakin kehilangan identitas dan kebanggaan atas budaya sendiri.”

    Ngacungin jempol tangan, kaki, jempol tangan dan kaki sby sama semua anggota kabinet2nya buat kata-kata penutup di posting bapak calon walikota:

    Nanti kalau jadi walikota, toastnya pake bandrek aja kang.. 🙂

  44. indri Says:

    saya ada tugas tentang budaya perusahaan,boleh tau mbak bagaimana iklim organisasi atau budaya perusahaan di metro tv?
    bagaimana strategi komunikasi yang dipakai/ terapkan metro bagi semua karywannya?
    bagaimana dalam hal manajemen perusahaan dan manajemen SDM nya?
    faktor2 apa aja yang menunjang keberhasilan manajemen perusahaan?
    bagaimana metro dapat maintain brand-nya/
    terimakasih sangat yah metro atas bantuannya….saya tunggu jwbannya.

  45. Melayu Boleh Says:

    Great man did a great job . Well done . I’m waiting your next post. I’ll share this with my friends.

Leave a Reply

WP Theme & Icons by N.Design Studio
Entries RSS Comments RSS Log in