Najong, Google’s Stock Nyampe 600 Dollar Lebih! Jleb

Social, Technology Add comments

Salah satu “visi” ketika saya ingin memutuskan harus memulai usaha sendiri adalah membangun “alignment” benang merah antara 3 divisi yang akan saya jalanin. Ketika itu terakumulasi suatu pemikiran “bisnis cash cow” “bisnis consulting” dan yang ketiga “bisnis –unknown” yang selalu aja keluar pemikiran baru yang harus diakomodir. Nah idenya bahwa ke-3 alignment bisnis tersebut butuh satu benang merah, yaitu bandwidth, karena business cash cow saya putuskan adalah warnet, dan consulting business juga karena berbasis IT juga butuh bandwidth, dan business “unknown” adalah business online trading (stocks) atau day trading juga membutuhkan bandwidth. Kenapa business warnet? Well anything tahun 1999 adalah kita butuh duit harian, no matter how tiap hari usaha kecil harus punya cash kecil, jangan sampe mengganggu cash besar, nah bisnis consulting toh bukan pekerjaan tiap hari jadi ga bisa diharapkan jadi penopang harian, nah bisnis “unknown” day trading mungkin terinspired dengan success story start-up companies di Sillicon Valley tahun segitu pre-internet bubble (collapsed). Ada yang inget film “New Kids of Golden Barrels?” kira-kira gitu judulnya yang bercerita para pemain di sektor teknologi yang boom suksesnya karena stocks company nya meledak sedemikian rupa. Ada juga film dokumenter yang bercerita tentang VALinux yang dibangun oleh Larry Agustine (teman founder Yahoo, Jerry Yang); bahkan proposal business plan Yahoo pun Larry yang buatin ceunah. Larry membangun VALinux, company yang specialized membangun PC Server Berbasis Linux, dan pemilik hosting software-software Open Source di http://www.sourceforge.net membangun VALinux boom IPO dari nilai offering 30 dollar a share, first day trading langsung meledak 239 dollar pada hari yang sama! Boom! Tapi untuk mampus hanya 2 dollar a share 6 bulan kemudian tutup kekekee… *well that’s the internet bubble things man!

Tahun 1999-2000 itu gatel banget gua rasanya mo beli saham Red Hat (susah man ternyata, karena kayak inside trading aja hanya pegawe dan orang-orang dalam yang dapat akses punya saham initial offering itu), terus yang repot lagi sumber capital. Karena baru startup tahun segitu kebayang ingin mengumpulkan uang yang significan untuk ngeboom IPO company-company ini. Gua propose ke rekan-rekan, mantan-mantan pacar *halah standard cari financing itu kan bukan Bank – teori sekolahan ga kepake πŸ˜€ , tapi ga ada yang percaya *maklum gaptek apa kita yang terlalu geeky ya πŸ˜€ sehingga ga jadi deh kepegang capital untuk beli beberapa company yang gua pikir bakal meledak. Termasuk di dalam rencana “unknown” business gua itu adalah ya beli saham VALinux! nasib coy belum ditakdirkan jadi orang kaya deh ga jadi menikmati uang sekem-sekeman IPO amerika tahun itu πŸ˜€ , salah satu company yang gua naksir juga ya Apple, tahun itu sahamnya juga cuma 16 dollar (1996-1997) karena jaman Om Gil Amelio saham Apple melorot abis dan nyaris bangkrut, sampai dengan Steve Jobs came along dan membawa company stocks ke 80an dollar, stock splits lagi, terus naik lagi ke 80an, stock splits lagi, sampe hari ini 165 dollar a share (ampun dejeeee itu = berapa kali lipat ya kalo naruh duit 10 tahun yang lalu πŸ˜€ …. 16->80 dah 5x lipat, terus split naik lagi ke 80 dah 10x lipat, terus ke 165 dah 40x lipat dah hahaha naruh 100 juta dah jadi 4 miliar perak beuhhh πŸ™ nasib belum hoki πŸ˜€ ).

Nah yang paling edun bin najong ya saham Google. Era Google share mah gua udah ga terlalu tune in, karena realistis, toh ga pernah dapat capital untuk main-main ginian dalam volume yang menyenangkan. Tapi masih tune ngikutin kemana nih Larry Page dan Sergey Brin mo bawa ini company. Yang jelas Google sudah membawa company dari ukuran 3,000 pegawe ke 13,000 pegawe dalam 3 tahun saja! dan it took Microsoft 20 years ++ to do the same thing, sampe Ballmer marah-marah (malah keliatan ga mutunya dari ngamuknya hahaha…) Nah haree ini Google dari 400 dollar a share a pop *dengernya aja udah gemeter gua waktu berapa bulan yang lalu, dah 400 dollar masih sempet naik coy ke 617 dollar a pop! Dang!!

Berikut skrinsut saham Google pagi ini, tadi gua liat sih sempet 617 dollar a pop, dan Apple juga not bad 167 dollar masih naik terus kale *apalagi ya boom buat ngepop saham Apple, iPhone dah lewat, Leopard? Hmm rasanya sentimen pasar ga bakal banyak kalo cuma software, gua sih ngarep Apple keluarin 12″ MacBook Pro Nano bwakakakka *ngarep. Nah saham Telkom juga top juga ternyata (TLK) bisa 53 dollar a share. Dang! ga ngira juga. Nah berhubung Pak Dirutnya bekas orang securitas (ex Bahana Securitas) nah tau pastinya strat ke depan soal naikin saham TLK. Nah kalo butuh sekemer2 buat naikin perspective pasar dan publik boleh undang-undang kita pak. Secara kita professionalnya gitu loh πŸ˜€ *ngarep.com πŸ˜€

 


23 Responses to “Najong, Google’s Stock Nyampe 600 Dollar Lebih! Jleb”

  1. idarmadi Says:

    OPTION.. OPTION…. CARA CEPAT JADI KAYA (katanya… :P)

  2. adit Says:

    oh begitu yah ? … pdhl sebetulnya sy ndak ngerti ^_^

    [OOT] πŸ˜€ btw, kalo ndak salah salah satu alasan mengapa para karyawan di M$ & google ndak kabur adalah karena mereka dikasih opsi saham kan ?, nah kalo di indo ada gak perush yg modelnye begini ?

  3. Dedy Says:

    Sekalian aja kang, tips trading di pasaran internasional… anggep aja orang tajir yang banyak duit πŸ˜›

  4. amen Says:

    gimana prospek saham pt adinoto indonesia?

  5. andriansah Says:

    ah amen ngeduluin.

    kapan IPO, gw mo beli nih πŸ™‚

  6. Amir Karimuddin Says:

    kalo kayak gini gimana analisis Permagnus? πŸ˜€

  7. firman firdaus Says:

    perbandingan antara gugel dan mikrosof soal penambahan karyawan itu menarik, hehe…

  8. rendy Says:

    saham gudang batere gimana

  9. Endy Says:

    Udah lah Di’, ndak usah main2 itu dulu, tabung aja buat angpaw aku hahahahaha

  10. adinoto Says:

    # Endy Says:
    October 10th, 2007 at 4:52 pm e

    Udah lah DiÒ€ℒ, ndak usah main2 itu dulu, tabung aja buat angpaw aku hahahahaha

    => PENGUMUMAN PENGUMUMAN… Ada yang mau kasih angpaw ga? Ini ada yang mau Kawin bwakakakaka… minta Angpau apa En? Softcase MacBook Pro? hahaha biar kau bisa beli MacBook Pro nya :))

  11. adinoto Says:

    # adit Says:
    October 10th, 2007 at 10:38 am e

    oh begitu yah ? Ò€¦ pdhl sebetulnya sy ndak ngerti ^_^

    [OOT] πŸ˜€ btw, kalo ndak salah salah satu alasan mengapa para karyawan di M$ & google ndak kabur adalah karena mereka dikasih opsi saham kan ?, nah kalo di indo ada gak perush yg modelnye begini ?

    => Pengennya gitu, tapi mo IPO juga ga ada yang bantu hahaha susah lagi jadi perusahaan listed di BEJ πŸ˜€ dan mostlikely ga bisa meledak sahamnya karena justru cuma banyak pemain yang ngegoreng sahamnya supaya meledak. Pemain saham lokal banyak scammer nya!

  12. adinoto Says:

    # Amir Karimuddin Says:
    October 10th, 2007 at 11:29 am e

    kalo kayak gini gimana analisis Permagnus? πŸ˜€

    => Oscar tuh ditanyain tuh bwakakaka… Oscar ini next generation trader hahaha secara masih anak muda berbakat. Jaman gua dah main saham th 91 mungkin Oscar masih pake celana merah bwakakaka… Ayo Car, mainkan!! gua tunggu traktir makan-makannya πŸ˜€

  13. adinoto Says:

    # firman firdaus Says:
    October 10th, 2007 at 11:58 am e

    perbandingan antara gugel dan mikrosof soal penambahan karyawan itu menarik, heheÒ€¦

    => Saya tambahin satu lagi. Steve Ballmer baru punya pesawat pribadi setelah umur 45 keatas, Bill Gates ga pake pesawat pribadi (cuma pake pesawat umum), nah Sergey Brin sama Larry Page dah punya pesawat pribadi masih umur 20an hahahaha sekem abis!

  14. adinoto Says:

    # amen Says:
    October 10th, 2007 at 11:01 am e

    gimana prospek saham pt adinoto indonesia?

    => Wah bakal laku ga ya πŸ˜€ hahahaa ditunggu yang mau bawa ke BEJ ah πŸ˜€

  15. adinoto Says:

    # Dedy Says:
    October 10th, 2007 at 10:58 am e

    Sekalian aja kang, tips trading di pasaran internasionalÒ€¦ anggep aja orang tajir yang banyak duit πŸ˜›

    => Hahaha dulu aku waktu kuliah cita-cita pengen jadi trader di Wallstreet. Nasib bicara main di IT (padahal diterima di minyak), alhamdulillah syukur mungkin pas krismon orang-orang Wallstreet yang paling banyak kena sekem pemecatan adalah orang-orang asia termasuk Indonesia. Barangkali disini ada orang-orang Indo yang kerja di Wallstreet yang mau share pengalaman? Lebih valid kayaknya.

  16. adinoto Says:

    # idarmadi Says:
    October 10th, 2007 at 10:11 am e

    OPTION.. OPTIONÒ€¦. CARA CEPAT JADI KAYA (katanyaÒ€¦ :P)

    => Yoi, seluruh pegawai Google kalo ditanya hari ini pasti udah ga mau kerja ditempat lain. Mereka pilih buka usaha sendiri kalo keluar dari Google (udah banyak duit meureun) bwakakakkaa πŸ˜€

  17. adinoto Says:

    # andriansah Says:
    October 10th, 2007 at 11:24 am e

    ah amen ngeduluin.

    kapan IPO, gw mo beli nih πŸ™‚

    => Hahaha kalo sampe IPO boleh aku kabarin deh πŸ˜€ ada yang mau sponsorin? πŸ˜€

  18. adinoto Says:

    # rendy Says:
    October 10th, 2007 at 4:36 pm e

    saham gudang batere gimana

    => Selagi orang masih pake portable dan masih merasa bisnisnya jauh lebih berharga ketimbang sepotong batere kayaknya prospeknya masih ok. Belon ditambah ke depan energi adalah energi yang clean dan environment friendly. Nah hybrids car dll kan butuh batere juga atuh Rend πŸ˜€

  19. Zhar Aditya Says:

    Hweleh…
    Ilmu saya masih jauh dari saham….
    Penasaran seh, one day mo nyoba2 ilmu yang didapet waktu kuliah…
    Tapi tetep aja….
    Atuuuu~t….

  20. Yudhaworld Says:

    wew menarik banget Om , Google ntu emang jadi salah satu fenomena di era ekonomi modern ini.. Kaya Cina sekarang..

    Cm om saya percaya banget yang namanya What goes Up must go down…

    Sekarang cm tergantung strategi Google ke depan… Btw ketika sebuah perusahaan sudah menjadi kelewat besar biasanya akan mulai muncul sentimen negatif…

    Btw kenapa saya juga selalu telat yah, dulu mau beli opsi Google nunda nunda.. skr udah ngk kuku… hahaha

  21. BARRY Says:

    Jadi inget ada yang nawarin beli waktu ipo dulu. tapi dasar ngga mau rugi, sekarang dua kali lipat deh tuh duitnya kalau beli.

  22. seratjati Says:

    yah yang tajir pada share duit.

  23. Oskar Syahbana Says:

    Dulu inget banget gw sama temen2 pengen beli saham GOOG pas dia IPO, kalo ga salah harganya $100an kurang. 3 taun lalu pas diitung2 kita beli 1 lot-nya $10000an lah. Kagak ada duit tuch buat beli 1 lot doang dulu wakakakak.

    Masalah laen kita ga tau mau beli-nya dimana (stupid amat ya, padahal ga susah gitu lho…).

    Anyway, earning tadi malem GOOG blow out woohoo! Pegang optionsnya gw kemaren buat earning play hehehehe.

    Udah ga usah nyesel, kesempatan masih banyak dimana-mana. Tuh coba liat IPO VMW (VMWare), udah naek 100% dari IPO-nya beberapa bulan lalu πŸ˜‰

    Sekarang mah maennya Chinese stock (BIDU, SNP, JASO, CHL, LFC, PTR, CEO, etc), party like it’s 1999 beibeh~!

Leave a Reply

WP Theme & Icons by N.Design Studio
Entries RSS Comments RSS Log in