Warung Kopi Seputar IBM “New Chip” POWER6 4.7GHz

Macintosh, Technology Add comments

Saya pribadi cuma sejauh ini cuma ikut 2 milis, satu id-apple, satu technomedia. Ga punya waktu banyak untuk mau ngabisin hidup lagi di depan online. Dulu sempet aktif di id-mac, kalo dipikir-pikir kadang (menurut rekan-rekan yang lain) cukup inside dan comprehensive. Hmm.. ya berikut ada beberapa obrolan kelas warung yang baru-baru ini ada di milis id-apple. Rasanya lumayan buat bagi-bagi wawasan buat yang notabene kita semua hidup di alam marketing Intel dan kawan-kawan. Semoga bermanfaat.

INTRO:
IBM baru-baru ini merelease chip POWER6 dengan clockhertz 4.7GHz, background ini buat sebagian mac-mania bikin bete karena katanya POWER architecture udah kalah kata Jobs.

1.Willy Said:
Hmmm, apa ini yg dari dulu ditunggu sama apple inc?
Ato, this is a different chip altogether?
www.tinyurl.com/2hvmec

Adinoto answer:
POWER chip adalah mother of PowerPC chip alias PowerPC di-derive dari POWER architecture. POWER = Processor Optimized With Enhanced RISC adalah arsitektur chip dari IBM (gampangnya pesaingnya arsitektur x86 dari Intel). Technologically superior karena RISC lebih simple (instruksinya) tapi bukan berarti lebih simple di desain πŸ˜€ sama aja tingkat kesulitan desain chip.

Ditunggu? Maksudnya? Ya kalo Apple emang mau pake POWER6 instead of PowerPC 7455 ato E600 nya Freescale.com ato chip dari PASemi.com pun hanya masalah pilihan kok bukan masalah rumit karena INSTRUCTION COMPATIBLE alias ya compatible πŸ˜› hehehee… paling sedikit yg perlu di periksa adalah masalah VMX/AltiVec/SIMD/Velocity Engine yg dulu IBM nolak pake (dan dipake Motorola) dan Apple. Toh PowerPC G5 (970) last minute di kasih VMX/AltiVec/SIMD/Velocity Engine itu.

So singkatnya pilihan ke Intel itu bukan masalah teknis tapi lebih ke arah politis.
Macnoto/

2.Aldi said:
jadi intel yang di pake mac ada “VMX/AltiVec/SIMD/Velocity Engine “? nggak nangkep nih bos

Adinoto answer:
Kalo Intel kan namanya MMX, MMX2 dst. Itu sih masalah penamaan. Tapi yang dimaksud kompatibilitas adalah PPC instruction set sama x86 instruction set ya ga ada sama-samanya. Makanya takes time untuk aplikasi di porting ke Universal Binary.

di PPC sendiri kan sebenarnya bukan PPC G3, G4, G5 doang, PPC itu kan aslinya buanyak. Malah G3, G4, G5 itu cuma marketing dan branding ala Apple doang. Kalo dia mau decided kalo chip E600 dikasih nama G6 ya terserah Apple πŸ˜€ (misalnya). Nah sejarahnya itu emang ada kubu (IBM vs Moto) soal apakah mereka mau implement AltiVec/SIMD itu. IBM ngotot ga mau dengan alesan design chip jadi terlalu kompleks, dan panas (circuitynya terlalu kompleks), dan expands clock-hertz nya jadi lambat (naik mhz nya). Moto bikin. Nah itu dia awal chip dengan AltiVec. G4 = dengan AltiVec. G3 = belum. Tapi G3 dulu secara gitu loh sudah bisa dibikin > 1GHz padahal G4 masih di ~ 500MHzan ga naik2.

G4 ga ada kemajuan 18 bulan (malah clocknya sempet turun ke 450MHz), Apple kelabakan, karena dulu di 500MHz G4 Apple jauh lebih unggul (over 3 times lah kira2) dibanding Intel P3 450-500MHz. Tau-tau Apple masih 500MHz (karena Moto stuck 18 bulan dan ga komit), Intel udah keluarin P3 1GHz plus. Makanya tau-tau (Apple) undertable deal dengan IBM untuk pake G5 (PowerPC 970). Chip dadakan yang last minute di kasih AltiVec/SIMD biar kompatible dengan G4 sehingga software yang udah di desain pake AltiVec optimized bisa jalan dengan baik di G5.

Kalo soal SIMD ala Intel dan PPC, secara teknologi paling canggih adalah SIMD yg dipake G4 yang last generation (PowerPC 7455). Bahkan AltiVec di 7455 jauh lebih ok dibanding AltiVecnya G5. πŸ˜€ .. Kalo Intel punya no comment deh. Hehehee…

3.Stephen said:
Dear all ,
Sudah confirm processor ini keluar di pasar. Minggu ini saya diundang di acara ibm untuk launching. Tapi buat mesin server masalahnya bukan buat notebook.

Apakah apple kecewa !

Hahaahahaa

Adinoto answer:
POWER chip emang dari dulu kan selalu di desain untuk mainframe/mini/dan System Series nya IBM pak. Dari jaman POWER3 gua udah amazed dulu, dan chipnya segede dompet. Guede. Cuma masalah yg menjanjikan itu desained proveness. Kalo secara gitu bisa dibuat over 4GHz (dulu kan barrier desain itu katanya di critical 3-4GHz, karena osilasi elektron terlalu cepat terjadi dan sering terjadinya kebocoran junction), makanya menarik untuk dilihat. Soal implementasi apakah mau dibikin versi low power version (untuk notebook) ato tidak sih next phase nya.

Hanya ga ada yang kecewa kok both Apple dan IBM. IBM saat ini sudah sangat sangat happy dengan dagangan PowerPC chipnya (walo bukan chip POWER tapi variant POWER architecture) di seluruh jajaran game console mulai dari Nintendo Wii, Microsoft XBOX 360 (ngalahin Intel. XBOX 1 = Chipnya pake Intel Celeron 700MHz), Sega Dreamcast, dan Sony PS3. Dan Apple cukup happy dengan diskon gede dari Intel (karena Intel sudah lama mendambakan Apple –sebagai pedagang besar– mau pake chip Intel), dan enjoy margin dari banyaknya pengguna PC yang mulai melirik mac kena scam jadi pengen beli mekbuk. πŸ˜›

Kalo ada orang yang gua paling bete soal PowerPC sampe kalah dengan Intel adalah si Phil Pompa. Marketing Manager PowerPC dari Motorola yang ga komit pisan dengan masa depan PowerPC (Padahal gampang banget nyecam PowerPC, kasih aja Taiwan bikin board compatiblenya, lalu kalo udah di Mangga Dua, Jaya Plasa, dan BEC board-board semua PowerPC ya pasti Intel gigit jari) :D. Orang kedua yang menurut saya patut dapet kredit point negatif (tapi juga orang yang patut diacungi jempol adalah Louis V. Gertsner). Sebagai orang non teknis yang dimintain tanggung jawab moral memimpin aset negara (baca: IBM) pada saat Big Blue mau collapse adalah suatu prestasi. Sayang beliau kurang paham teknis jadi masukan-masukan dan judgement penyelematan IBM sangat berbau manajemen semua (dan tergantung segelintir orang yang di top management sebagai pembisik). Hmm halah coba gua bisa jadi pembisik disana. *Siap-siapin lamaran jadi tukang bawa laptop Steve Jobs aja ah. Ngelamar jadi pembokat orang dengan 616 millions US dollar compensation a year kayaknya lebih menarik daripada jadi CEO swallow (swasta loyow). Steveee… Steveeee I’m comingggggg!!!! πŸ˜›

10 Responses to “Warung Kopi Seputar IBM “New Chip” POWER6 4.7GHz”

  1. Adham Somantrie Says:

    PowerBook ahhh…. G6?

  2. idarmadi Says:

    Ah… gara2 baca kelamaan… gw no 2 deh….

  3. Affan Says:

    Ah ngomong CPU PowerPC jadi inget jaman gw SMA nonton launchingnya PowerMac G1 di Jakarta…. inget lihat System 9 wah klasik banget tampangnya. Dan pas pameran Indocomtech di Jakarta ada training gratis pakai Mac jalanin Adobe Premiere ama Infini-D (3D modelling software)…

    Sekarang kok gak se-amaze dulu ya gw pegang komputer…

  4. adinoto Says:

    Affan said,
    May 24, 2007 @ 7:44 pm

    Ah ngomong CPU PowerPC jadi inget jaman gw SMA nonton launchingnya PowerMac G1 di JakartaÒ€¦. inget lihat System 9 wah klasik banget tampangnya. Dan pas pameran Indocomtech di Jakarta ada training gratis pakai Mac jalanin Adobe Premiere ama Infini-D (3D modelling software)Ò€¦

    Sekarang kok gak se-amaze dulu ya gw pegang komputerÒ€¦

    -> Iye bos, jaman elu SMU gua udah dimana kaleee secara gitu gua udah main bola elu masih nyusu kalee kekekeke….

    Soal ga se-amaze itu masalah ambang pribadi. Jangan disamain atuh. Kalo manusia ambangnya naik ya sifat manusiawi, manusia tea pada dasarnya ga pernah puas. Dulu gua cuma bisa menyes2 liat Convex C4 (satu-satunya Mainframe yang masuk Indonesia dengan restu CIA, untuk keperluan processing geologist di salah satu perusahaan minyak terbesar di Indonesia), dan Integraph workstation 200MHz (jaman PC masih 16-33MHz). Jaman gitu bosss, sekarang pegang mesin M M an aja biasa aja. Kata kuncinya ambang.

    Apalagi liat mek. Muntah pagi siang sore liat mesin itu mulu. Lah kalo orang yg ga pernah pegang? Ya makanya kita mati kudu mikirin nasib rakyat ini yang makan aja masih susah masih kena scam ga dapet pekerjaan, apalagi discam oleh kakap2 juragan lumpur. πŸ™ boro-boro mo pernah pegang komputer πŸ™

  5. iway Says:

    **nunduk takzim**
    the real macnoto please stand up!

  6. adinoto Says:

    iway said,
    May 25, 2007 @ 7:20 am

    **nunduk takzim**
    the real macnoto please stand up!

    -> Yoi boss, tujuan manusia sebelum mati itu yang lagi gua mau perjuangkan sekarang. Mau mati berbakti ke masyarakat, rakyat Indonesia yang masih berjuang hidup dibawah 1 dollar sehari. πŸ™ … Sementara tujuan ke sana belon kesampaian kita jadi stand up comedian aja dan scamblog kata juragan Amal. πŸ˜€

  7. adjie Says:

    Adi, gue dukung deh elo jadi walikota bandung. One voice + for you.

    halah scam apalagi nih

  8. adinoto Says:

    adjie said,
    May 25, 2007 @ 12:40 pm

    Adi, gue dukung deh elo jadi walikota bandung. One voice + for you.
    halah scam apalagi nih

    -> Hehehe.. thanks boss. You’re certainly welcome. Kalo ga pemilihan skrg next election masih vote ke gua kagak? πŸ˜› Kita cari dukungan yang lebih jelas dan lebih banyak. Bikin hidup lebih berarti dan lebih baik di tempat kita sendiri. Kapan ke bdg kita turun lapang golf di dago boss? πŸ™‚ *liat avatarnya situ gua ga nahan mo ngajak main golf bareng πŸ˜›

  9. adjie Says:

    boleh lah, kalau buat yang baik dan hidup lebih baik bebas korupsi gue dukung penuh. bosen gue sama pejabat sibuk memperkaya diri sendiri dan menghamburkan duit negara jalan2 di eropa.

    halahhh udah lama ngga main disini, mahalnya amit-2 lah, itu avatar di ambil 2.5 tahun lalu di bregtany, south west france, itu aja main karena temen gua disini bapaknya yang punya tuh lapangan golf, jadi kagak bayar boss. disini repot kudu rendez vous dulu etc, disamping mahalnya banget, sayang boss spent duitnya, ntar deh kalau balik ke indo bisa rutin main lagi, sekarang puasa dulu lah.

  10. adinoto Says:

    #
    adjie said,

    May 27, 2007 @ 3:41 pm

    boleh lah, kalau buat yang baik dan hidup lebih baik bebas korupsi gue dukung penuh. bosen gue sama pejabat sibuk memperkaya diri sendiri dan menghamburkan duit negara jalan2 di eropa.

    halahhh udah lama ngga main disini, mahalnya amit-2 lah, itu avatar di ambil 2.5 tahun lalu di bregtany, south west france, itu aja main karena temen gua disini bapaknya yang punya tuh lapangan golf, jadi kagak bayar boss. disini repot kudu rendez vous dulu etc, disamping mahalnya banget, sayang boss spent duitnya, ntar deh kalau balik ke indo bisa rutin main lagi, sekarang puasa dulu lah.

    -> Hehehe ok, gua sabar puasa tungguin deh wakakakaa.. Yoi dulu juga gua picked up golf very early at 4 years old, ya karena depan rumah lapangan golf hahahahaa…. malah di rumah dibikin 3 greens πŸ˜€ gratis dan taruhannya sama caddy sih, jadi aja kebagian efek samping mainnya ganas bwakakakkaa….

Leave a Reply

WP Theme & Icons by N.Design Studio
Entries RSS Comments RSS Log in