Bahasan Metro SBI 300 Trilyun dan Mimpi

Social Add comments

Karena terserang flu, saya tidur dengan setengah sadar. TV ga dimatiin, siaran ternyata masih MetroTV. Jam 6 pagian, saya masih dalam mimpi (mimpi beneran), dimana saya didudukkan ditengah satu forum akuisisi/merger/konsultasi para kompeni multinasional. Mirip para konsultan rookie, kita disuruh baca material (speed reading) dan diskusi dalam satu ruangan, diruangan itu ada beberapa tim lagi sedang diskusi. Bener-bener lagi diplonco. Yang pusingnya ketika menunggu satu kompeni lain, mereka akhirnya harus saya sadarkan dan saya harus menelan ludah ketika harus menjelaskan bahwa saya perusahaan IT, dan ga tau apa-apa soal ini. Gosh, serasa diplonco coy.

Lagi asyik-asyiknya keringatan dingin, sekaligus putar otak cari jalan keluar biar ga jadi sitting duck, gua denger teriak-teriak capex, SBI, dll kenceng banget. Beuh, setengah sadar tuh. Karena kedengeran menarik walo masih setengah sadar gua paksain bangun. Ternyata TV lagi muter soal editorial Metro dan membahas SBI 300 trilyun yang kemaren juga sempet rame dikoran. Menariknya, tumben kali ini tanggapan-tanggapan yang masuk semuanya kelas top class. Saya jadi tertarik bangun dah.

Tanggapan pertama saya dengar dari Pak Amril. Beliau mengutarakan, *sorry pak Amril kalo kontennya ga pas, maklum masih setengah sadar. Kalo pemerintah sibuk cetak uang, akhirnya bayarnya pake apa, dan cuma menyentuh kalangan konglomerat, padahal masyarakat sama sekali tidak tersentuh. Dengan berapi-api, pak Amril memberikan contoh kasus Lapindo dimana masyarakat tidak dipikirin oleh negara (Ulasan saya: Kelihatannya pak Amril cukup menguasai/tahu masalah ini, sehingga maksudnya berapi-api bukan tanpa ground). Kemudian dilanjutkan oleh pak Sunoto, Menyambung komen pak Amril, beliau menyampaikan (nembak pembawa acara yang pada titik ini mulai kelihatan “malu” karena telpon masuk = bermutu = menguasai bidangnya, sedangkan yang bersangkutan kelihatan bukan dari bidang finance, tapi cuma editor yang bolak balik ngebahas capex dll), pak Sunoto meneruskan bahwa parameternya bukan cuma Capex, ROI etc etc *ga jelas masih setengah ngelindur, tapi yang jelas omongan orang bisnis, tapi perlu bahwa uang segitu banyak bisa menggerakkan banyak orang ga? *dengan Lean Mean … …. (tolong pak Sunoto isi dong), yang intinya berapa banyak orang bisa tergerak dengan uang yang digelontorkan. Mirip konsep social engineering. Betul pak! Nah yang terakhir ga ngira telpon yang masuk adalah Fahmi Idris. Pembawa acara Amelia Ardan sempet nyeletuk apa ini pak Menteri tapi tidak dijawab oleh penelpon, tapi saya bisa assure kalo itu memang pak Fahmi yang menteri. Sebagai rakyat aja ya saya juga masih bisa bedain suara orang ๐Ÿ˜‰ Pak Fahmi telpon bahwa BI sekarang sudah sebagai lembaga independen, dan intinya kecewa dengan posisi BI. Hmmm, tanggapan seorang Menteri aja kecewa, gimana rakyat ya pak? ๐Ÿ™

Yah, memang sih, buat gua semua that Mumbo Jumbo government thing sudah way over. Bahasanya susah-susah. Rakyat yang ada dilupakan. Yang jelas model kepemimpinan demokrasi sudah game over. Demokrasi ga bisa, mo gimana juga ga bisa. Jadi inget berapa hari yang lalu pak Burhanuddin Gubernur BI komentar kalo Indonesia mau aman pake konsep demokrasi harus GNP 6600 dollar pertahun, dibandingkan sekarang yang cuma 4000 dollar setahun, padahal dulu jaman Pak Suharta 1500 dollar setahun. Aduh pak, mo berapa dollar juga itu angka man, yang penting gmana uang itu sesuai dengan nilai spendingnya. UMR sekarang 800rb tapi kalo buat kebutuhan sehari-hari juga ga nutup karena harga naik (Baca: Nilai uang turun) ya percuma. *waduh untung gua ga kerja di BI bisa keluar SP ato dipecat ne ๐Ÿ˜› … sorry pak.

Well emang intinya pusing mengurus negara begini. Para pemimpin tertinggi (Presiden, Wapres) maksimal cuma bisa berupaya jadi fasilitator yang baik diantara game yang ada. Tapi gmana ga pusing nenggang kiri-nenggang kanan, belum lagi diganggu sama kejadian-kejadian force majeure, bencana alam, kecelakaan air, laut, udara, eh masih harus menghadapi serangan musuh abadi yaitu dari legislatif dan partai-partai.

Beuh, merindukan pemimpin tangan besi! *mana barusan liat berita Pak Wapres komentar soal trilyunan duit hasil korupsi nyangkut di Singapore, pada saat kunjungan beliau di Singapore. Ya pak itu udah lama tau deh kita dan dah lama jadi berita, tangan besinya tinggal gmana kita tunggu. Anda semua dapat dukungan rakyat saya yakin. Rakyat udah lama menderita nih. Paling kalo ga didukung *kesannya, ya karena di”gerakin” oleh orang-orang yang ga pengen status-quo nya diubah2. Politik uang lagi. Aduh capeee deeee. Yah gitu deh demokrasi. Welcome to the world of hell. My ass.

13 Responses to “Bahasan Metro SBI 300 Trilyun dan Mimpi”

  1. Oskar Syahbana Says:

    Pertamax!

    Hehe gw pengen komentar banyak nih:

    1. Tidur TV ga dimatiin? Halah halah, hemat energi boo! Piye toh…

    2. Gw juga kecewa nih sama BI. Ya ga cuma BI sih tapi semua institusi (keuangan) pemerintah. Ngumbar janji-janji manis mulu, indikator makro ekonomi memang bagus dan selalu dijadiin umpan buat para investor asing. Tapi kenyataannya indikator tersebut ga ngaruh apa-apa ke sektor mikro (riil) di Indonesia. Mau bursa saham naek sampe langit juga tetep aja ga bisa ngegambarin kalo ekonomi Indonesia maju, wong komponen terbesar dari perhitungan tersebut diambil dari sektor komunikasi dan tambang yang notabene engga representative kok…

  2. Adham Somantrie Says:

    ah, bilang aja pengen diundang juga ke metro tipi…. ๐Ÿ˜›

  3. andriansah Says:

    @adham, itu tuh pasti pengen diundang seperti Iyo yang masih smp ๐Ÿ™‚

    btw, jadi inget tritura, tapi yang paling gw ingikan sekarang adalah yang no. 3
    1. Bubarkan PKI
    2. Perombakan kabinet
    3. Turunkan harga
    eh no.2 hhmmmm no komen deh ๐Ÿ™‚

  4. rendy Says:

    turunkan harga ipod!
    gratiskan akses internet!
    bonuskan batere!

    *tidur lagi, pilek berat*

  5. adinoto Says:

    rendy said,
    March 1, 2007 @ 8:56 am

    turunkan harga ipod!
    gratiskan akses internet!
    bonuskan batere!

    tidur lagi, pilek berat

    -> Buset emang lagi musim ya ren? gua mo kena kemaren/dan hari ini. Untung langsung minum panadol ijo. Udah ga jadi deh tu flu.

  6. sueng Says:

    kalo tangan besinya nampar muka sendiri sih ogah kaleee …….

  7. Junkerz side B Says:

    ya saya?

  8. idarmadi Says:

    Saya rasa secara umum, orang ASIA butuh kepemimpinan tangan besi (tapi berwawasan).

    Contoh paling dahsyat : CINA. Dibawah kepemimpinan ‘tangan besi’ Deng. ‘Tangan besi’ karena siapapun yang berseberangan dengan PKI, akan ‘menghilang’. Berwawasan, karena punya visi untuk membangun Cina, membawa dari era Mao ke salah satu kekuatan dunia, baik ekonomi, politik maupun militer.

    Singapore : tangan besi dinasti Lee.

    Malaysia : tangan besi Mahatir.

    Bukan tugas yang mudah. Seharusnya bisa dilakukan oleh Presiden GD paska reformasi. Kalo sekarang sih sudah kehilangan momentum.

    Wapres kita mah lebih cucuk jadi badut ajah. Sampeyan ngurus perusahaan sohibnya ajah engak becus, sehingga rakyat sidoarjo masih bernapas dalam lumpur. Yang direpotkan kok malah duit konglomerat yang parkir di Singapore.

    Uang dan dana itu kagak pandang bulu. Dimana bisa berkembang, kesana uang/dana/capital akan mengalir atau bahkan cuman parkir doang.
    Bulunya Indonesia, sayangnya kalah kriting sama bulunya Singapore, Vietnam, dan Cina.
    BUMN ajah penuh conflict of interest. Direksi berprestasi, tapi tetap dicopot karena konlik personal. Dimana iklim investasi dan usaha yang sehat?

    Apa maunya pemerintah ini.

    Adinoto for President RI tahun 2009!!!! ๐Ÿ™‚

  9. idarmadi Says:

    koreksi :

    Cina itu PKC bukan PKI.

  10. Adham Somantrie Says:

    mak jang… dari country manager, naek jadi asisten ditjen, naek jadi walikota, jadi gubernur, jadi menteri, dan akhirnya mo jadi presiden…. rocket!

    Indonesia, dari dulu pengen kebebasan, tidak ingin dikekang… saatnya kini sudah pada bebas, ya gitu deh, semuanya bebas semaunya aja… gak ada aturan…

    Adinoto for President? akhirnya aku ikut Pemilu untuk pertama kalinya dalam hidup setelah abstain terus ๐Ÿ˜› wakakkaakka…. jangan lupa posisinya yah…. wakakakak lom jadi presiden aja udah mo KKN ๐Ÿ˜›

  11. zashiki Says:

    Vote Adinoto for President 2009,

    Gile mas, blognya lebih bermutu dari pada koran Kom*as yang setiap hari gua baca. Sering-sering yah write blognya,….

  12. aam Says:

    aa nata for PRESIDENT !!!

  13. benny Says:

    mau belajar sadar di mimpi disini tempatnya ezzbuzz.blogspot.com,gratis!!!!

Leave a Reply

WP Theme & Icons by N.Design Studio
Entries RSS Comments RSS Log in