La Marseillaise = Indonesia Raya + Sabang Sampai Merauke ?? :D

Social Add comments

Tengah malem chit chat sama Pakde Ian, bikin gua iseng muter-muter lagu lawas. Hmm pas giliran album Edith Piaf, lagu La Marseillaise pikiran gua rewind tahun 1991 ketika baru nyampe ke Bandung, masih culun-culunnya baru masuk kuliah, ketika itu sempet se-kos sama salah seorang dosen ITB yang sedang kuliah S3 di Marseillaise, mas Agus Soepangkat (apa kabar mas? ga pernah ketemu lagi euy), beliau banyak banyak cerita hal-hal kecil yang buat saya selaku abg mantuk-mantuk aja. Beliau umur 32 tahun waktu itu bisa dibandingin dengan gua yang masih 17 tahun πŸ˜€ .. kekekekee.. scam pisan. Btw, skrg gua lebih tua dari umuran gitu kali gitu rasanya kalo ketemu anak kecil ya. Wakakaka πŸ˜€

Dua hal yang berkesan di ingatan saya soal mas Agus ini, adalah ketika beliau sempat dikira punya hubungan darah dengan Bapak Hariadi Soepangkat yang kebetulan mantan dosen di departemen saya yang kebetulan jadi Duta Besar di sana. Enak dong ya wakakaka… ini gara-gara orang Indon ga punya inherit nama keluarga cuma kebetulan bernama sama seperti tercantum juga di wikinya pak SBY.

Hal lain yang berkesan adalah ketika beliau bercerita soal betapa temen-temennya takjub ketika dia memainkan lagu Indonesia Raya di komunitas rekan-rekan di Marseillaise, mereka pada kaget katanya, wah lu kok bisa lagu La Marseillaise ya? Hayah ga lagee gua lagi nyanyiin lagu kebangsaan Indonesia Raya πŸ˜€

Lah saiki sing scammer iku sopo yo πŸ˜€ Jaman dulu gua malah sempet nginget2 beberapa lagu nasional yang bit nya banyak banget kesamaan dengan lagu-lagu luar termasuk lagu Tanjung Perak itu yang dipake di NBA.
Bagaimana menurut anda? Belum perlu ganti lagu kebangsaan kan? πŸ˜€

PS: Without disrespect kepada keluarga Bapak WR Soepratman. Lagu Indonesia Raya merupakan pemersatu bangsa. Hidup WR!

20 Responses to “La Marseillaise = Indonesia Raya + Sabang Sampai Merauke ?? :D”

  1. andika Says:

    Beda jauuuh.

    BTW pernah denger Indonesia Raya versi asli? Katanya sih yang diperdengarkan saat kongres pemuda (?) 1928. Irama melayu! πŸ˜€
    Trus refrainnya beda:
    Indones, Indones, mulia, mulia
    bukan
    Indonesia Raya, merdeka, merdeka ….

  2. eva Says:

    Ini nih lirik asli Indonesia Raya:
    http://yulian.firdaus.or.id/2005/03/09/hari-musik-nasional/

  3. aRdho Says:

    @om noto: ini baru blog yg hebat. ngmgin ttg lagu, lengkap dengan url! πŸ˜€

    @andika: punya mp3 nya gak?

  4. ian Says:

    wakakakaka…..
    scam alert, scam alert……

  5. ian Says:

    aRdho said,
    November 9, 2006 @ 6:32 pm

    @om noto: ini baru blog yg hebat. ngmgin ttg lagu, lengkap dengan url!

    @andika: punya mp3 nya gak?

    klik aja judul lagunya diatas, atau klikkanan dan download…

  6. fahdi Says:

    >> mas Agus Soepangkat (apa kabar mas? ga pernah ketemu lagi euy),

    yang pergi ke ekspedisi antartika itu bukan? beliau dosen dept. Geofisika Meteorologi kan? skrg lagi sibuk di departemen kelautan kalo gak salah denger, tapi itu berita 1-2 tahun yang lalu, waktu masih di kampus juga

  7. Arnold P. Siboro Says:

    Lagu kebangsaan Malaysia itu kata gaek aku adalah lagu rakyat di Indonesia jaman dulu.

  8. macnoto Says:

    andika said,
    November 9, 2006 @ 3:33 pm
    Beda jauuuh.

    BTW pernah denger Indonesia Raya versi asli? Katanya sih yang diperdengarkan saat kongres pemuda (?) 1928. Irama melayu! πŸ˜€
    Trus refrainnya beda:
    Indones, Indones, mulia, mulia
    bukan
    Indonesia Raya, merdeka, merdeka Ò€¦.

    -> Definisi copy kan kalo beberapa bitnya sama? Coba dulu dibandingkan antara Ice-Ice Baby nya Vanilla Ice dengan Under Pressurenya Freddy Mercury. Nah kalo itu bit persamaannya buanyak buanget. Berapa ketukan.

    Indones ada ga lagunya?

  9. macnoto Says:

    Arnold P. Siboro said,
    November 9, 2006 @ 9:29 pm
    Lagu kebangsaan Malaysia itu kata gaek aku adalah lagu rakyat di Indonesia jaman dulu.

    -> Paling kocak adalah lagu kebangsaan Singapore. “Majulah Singapura”. Lah budak singapore sekarang bila nak disuruh bercakap pun hampir tak de yang bisa cakap Melayu lagi. Penat la brother πŸ˜€

  10. adinoto Says:

    eva said,
    November 9, 2006 @ 5:29 pm · Edit

    Ini nih lirik asli Indonesia Raya:
    http://yulian.firdaus.or.id/2005/03/09/hari-musik-nasional/

    -> Thanks Eva, Jay πŸ™‚

  11. adinoto Says:

    fahdi said,
    November 9, 2006 @ 8:43 pm · Edit
    >> mas Agus Soepangkat (apa kabar mas? ga pernah ketemu lagi euy),

    yang pergi ke ekspedisi antartika itu bukan? beliau dosen dept. Geofisika Meteorologi kan? skrg lagi sibuk di departemen kelautan kalo gak salah denger, tapi itu berita 1-2 tahun yang lalu, waktu masih di kampus juga

    -> Yup. Bener GM. Salam aja kalo ketemu lagi. Itupun kalo beliau masih inget. πŸ™‚ Ingetlah. Adinoto gitu loh. digoogle metune yo ngono πŸ˜€ mac mac mac … bosen juga wakakaka….

  12. Koen Says:

    La Marseillaise itu alarm pagi saya setiap pagi. Tapi heran deh, baru dari tulisan dikau ini aku sadar ada cuplikan Indonesia Raya di dalamnya. Kalau Dari Sabang sih, memang iya :). Tapi biasa lah kalau kaum nasionalis saling mengkopi ide :). Tentu dengan harapan bahwa semangatnya ikut terkopi juga. Merdeka! Liberte, Egalite, Fraternite!

  13. macnoto Says:

    Koen said,
    November 9, 2006 @ 11:28 pm
    La Marseillaise itu alarm pagi saya setiap pagi. Tapi heran deh, baru dari tulisan dikau ini aku sadar ada cuplikan Indonesia Raya di dalamnya. Kalau Dari Sabang sih, memang iya πŸ™‚ . Tapi biasa lah kalau kaum nasionalis saling mengkopi ide πŸ™‚ . Tentu dengan harapan bahwa semangatnya ikut terkopi juga. Merdeka! Liberte, Egalite, Fraternite!

    -> Wakakakak indon ikut revolusi prancis kali dulu ya bos πŸ˜€

  14. Dhyani Says:

    ooo angkatan ’91 ya mas???hihihi *kabur*

  15. wenkt Says:

    haha. lagu French

    not bad kan?

    hehe

  16. Dody Says:

    Rada nggak ngerti sama tulisannya. Maksudnya apa??? Apakah Indonesia Raya ada kemiripan dengan La Marseillaise??? Apanya ya??? Liriknya atau melodinya??? Yang saya tahu lagu Dari Sabang sampai Merauke itu melodi awalnya memang ngopi abis La Marseillaise. Tapi kalau Indonesia Raya???

  17. Dody Says:

    Bagi yang pingin mendengarkan Indonesia Raya versi asli, tuh Roy Suryo baru menemukan rekamannya dari perpustakaan di Leiden. Lucunya tuh rekaman udah kutonton dari dulu lewat youtube. Kalau mau lihat :

    http://www.youtube.com/watch?v=6QvyLkdl1_s

  18. adinoto’s blog » Blog Archive » Sejak Kapan Roy Suryo Memimpin Air Putih? Says:

    […] sama temen-temen posisi lagi rame-ramenya. Lah pilih makan Padang kalee daripada nonton/gitu. Soal Indonesia Raya juga pernah gua tulis jaman dulu. Dody komen bener tuh mirip abis sama Le Marsailles sama Sabang […]

  19. uki Says:

    Mas,lagi butuh MP3 Dari sabang Sampai Merake neeh…
    Bisa download gratis dimana yah?
    pls penting BGT!!
    thanks

  20. evan Says:

    andika said:
    Beda jauuuh.

    BTW pernah denger Indonesia Raya versi asli? Katanya sih yang diperdengarkan saat kongres pemuda (?) 1928. Irama melayu! πŸ˜€
    Trus refrainnya beda:
    Indones, Indones, mulia, mulia
    bukan
    Indonesia Raya, merdeka, merdeka Ò€¦.

    => tau ga knp jadi mulia2… sebenernya WR Soepratman nyiptainnya merdeka2 cuma kan itu dinyanyiinny pas sumpa pemuda.. nah pas wkt itu kongres sumpah pmuda dijaga ketat, dimata2in ama blanda.. jadi supaya ga diboikot trus ditangkep ama Belanda, kata2 merdeka2 diganti jadi mulia…
    itu sih yg gw baca di buku.. tp bukuny lupa..

Leave a Reply

WP Theme & Icons by N.Design Studio
Entries RSS Comments RSS Log in