Tahukah anda? Bahwa Salah Satu DEFISIT ENERGI Kita dikarenakan konsumsi penggunaan komputer yang tidak hemat daya?

Social, Technology Add comments

Comic Processor

Tahukah anda bahwa tidak semua processor dirancang dengan dissipasi daya yang sama. Kebanyakan mikroprocessor Intel saat ini mengkonsumsi daya 65 Watt sampai dengan 130 Watt (Core i7). Bayangkan apabila ditambahkan dengan peripheral lain seperti Hard Disk, LCD (apalagi CRT / Layar tabung), VGA yang superbesar, bisa-bisa satu komputer mengkonsumsi 230 Watt total. Cukup untuk menghidupkan penerangan bagi 100-200 rumah tangga di desa tertinggal.

Bayangkan sekian juta unit komputer dan laptop yang terjual di Indonesia setiap tahunnya mengkonsumsi daya berapa juta Watt??

Lantas apakah setiap mikroprosessor menggunakan daya sedemikian? Tidak tentunya, ada mikroprosessor yang dirancang dengan daya hanya 1 Watt, 5 Watt, 10 Watt, dan lain sebagainya.

Apakah kita peduli? Nah ini tanyakan sendiri pada diri masing-masing…

Apakah Pejabatnya peduli? Nah ga tau gua dah. Tapi kalo soal rebut-rebutan kekuasaan dan sekem-sekeman perang kesucian dan perang Power, pejabat Indonesia rajanya.

Saya menulis ini 5 tahun yang lalu, dan akan tetap menulis, Tahukah anda ada banyak anak Indonesia yang hebat di luar sana (Sehat Sutardja, Ph.D dan Pantas Sutardja, Ph.D) adalah contoh dua orang anak Indonesia yang memiliki salah satu perusahaan chipset dan mikroprosesor rendah daya Xscale, dan pemilik Marvel corporation (saya ga cerita deh, google aja you pemales pisan jadi orang).

Pemerintah bisa apa? So far aku yakin ga bisa apa-apa, karena niat aja ga ada. Mau niat pun duit ga ada. Mau niat dan duit ada juga ada ratusan mulut yang koar-koar tarik ulur kekuasaan. Selamat datang di dunia demokrasi. Demokrasi dimana semua punya suara. Nikmatilah.

Kalo memang pemerintah punya niat, panggil orang-orang hebat tadi, pikirin dong sesuatu buat negeri ini, jangan negeri ini cuma jadi PASAR buat para produsen asing, karena negeri kita tidak mampu membuat sendiri. Bodoh betul ngaku merdeka 65 tahun tapi bikin mikroprosesor aja tolol.

Btw, Menkominfonya saya minta lebih cepet belajar, ga cuma berpolitik, ribut sana ribut sini. Anda punya banyak jajaran layer 2 yang kompeten, minimal mereka yang memang berprofesi di bidang nya,

Sekaligus selamat buat Bapak Dahlan Iskan, yang baru mau menjabat menjadi Dirut PLN. Saya dengar reputasi manajerial Bapak Dahlan ini sejak tahun pertengahan 90an, ketika saya sempat bekerja di MegaNet (Jawa Pos adalah pemilik ISP inovatif ini, berkat kapital Bapak Dahlan, dan tangan dingin Bapak Kendro Hendra). Selamat bertugas pak, tolong dipikirkan masukan dari kami rakyat jelata ini.

Buat Pak SBY, semoga berani lebih tegas, kalo memang anda butuh bantuan tangan besi menyelesaikan masalah ini, tuh saya pernah tulis dari 5 tahun yang lalu pak. Boycott Intel dan AMD di Indonesia. Panggil pertingginya, toh orang Indonesia semua, panggil pak Wahyu Budi, CEO Intel Indonesia. Ajak ngobrol, sampaikan Indonesia tidak mau jadi buangan teknologi pasaran. Kalo mengatasnamakan bahwa kita butuh high performance chips, jangan mau dibodoh-bodohi pak. Kalo butuh bantuan panggil saya. Kita suruh Intel bikin Power Plant aja daripada bikin mikroprosesor. Toh Intel terbukti lebih berhasil menciptakan panas daripada menciptakan mikroprosesor hemat daya.

Udah ah pagi-pagi ngecapruk. Semoga Indonesia maju. Salam bersemangat saudara-saudaraku semua! Peace!

30 Responses to “Tahukah anda? Bahwa Salah Satu DEFISIT ENERGI Kita dikarenakan konsumsi penggunaan komputer yang tidak hemat daya?”

  1. hilmy Says:

    Wow, baru tahu soal Sutardja Bros. Namanya bikin ngingetin sama dosen kuliah, Suhardja.

  2. adinoto Says:

    buset pagi-pagi udah ngaceng online dia πŸ˜€ hahahaa… ok happy googling! πŸ˜€

  3. adinoto Says:

    hehehe pagi2 di TV udah ribut berita serikat pekerja PLN menolak pelantikan pak Dahlan Iskan.. hehehe dilantik aja blon, udah rame πŸ˜€ …

  4. amen Says:

    makanya pake powerpc
    *gak bosen isi komen yang sama*

  5. idarmadi Says:

    “bisa-bisa satu komputer mengkonsumsi 230 Watt total. Cukup untuk menghidupkan penerangan bagi 100-200 rumah tangga di desa tertinggal.”

    Itungannya gimana Gan? Tiap rumah kebagian 2-1 Watt? πŸ˜›

  6. Adham Somantrie Says:

    PowerBook G4 PowerPC. All in, 65 watt. Plus Cinema Display, 65 watt. Total 130watt. cuma bisa buat 13 lampu kamar mandi…

  7. marco Says:

    Mas Adinoto,

    kalau boleh tahu anda menggunakan notebook atau PC dengan Processor tipe apa ? dan notebook mac yang anda jual mengkonsumsi berapa watt ?

  8. Affan Says:

    Ganti PC nya pake ARM board aja pak πŸ™‚ Kemarin ke Penang ngiler, banyak pabrik macem2, ada Intel, Seagate ama WDC, sementara di sini harddisk Seagate palesu semua, cari Momentus 500GB 7200 rpm aja musti order di Ebai.. πŸ™‚

  9. eddy Says:

    emang klo pake Mac lebih hemat ya pak?…trus kenapa mesti intel?

  10. macnoto Says:

    mas marco, saya pake kadang MacBook Air (Max TDP 17 watt), Atom laptop sudah saya pensiunkan karena lemot, MacBook Pro kadang (Max TDP 25 Watt), tapi menarik itu processor Intel SU4300 (Dual Core 1.3GHz yang TDP nya 10 Watt) ato AMD Neon yang lebih kurang sedemikian.

    The best thing I can do, saya berusaha tidak menghidupkan banyak komputer, Desktop sudah saya matikan, dan kalo butuh environment banyak saya pake VM Ware (Parallels Desktop).

  11. macnoto Says:

    eddy: Apple dibanding PC iya, karena Apple tidak menggunakan PowerSupply berlebihan seperti kebanyakan PC Geek yang pengen PowerSupply 500 Watt, 600 Watt biar pede dan bisa pasang 2-3 hard disk dan custom VGA (for games).

    Kalo dibilang banyak bedanya, Desktop processor Apple seperti iMac menggunakan chip notebook, bukan desktop, jadi slightly lebih dingin,

    kalo soal intel, baca link tulisan saya yang lain. Ada penjelasannya panjang lebar.

    Kalo tujuannya cuma mau spam, maaf anda salah forum. Email aja ke apple ato ke menteri. Saya sih nobody. Ga guna cari sensasi sama nobody.

    Cheers,

  12. macnoto Says:

    Affan: Correct… ARM ato embedded chips banyak yg lebih menawan. Xscale juga termasuk low powered (ARM derivatived).

    Quiz: do you know, Apple dulu invest di ARM, untuk Newton, kemudian DEC/Digital joint, bikin StrongARM, speed naik jadi 160an-200MHz (dari originally 33MHz-an). Lalu dibeli Intel jadi Xscale (ganti nama doang)… terus dibeli Marvel, dan here they go…

  13. rangga aditya Says:

    Adinoto: kl nunggu ARM berarti nunggu netbook nokia nich :mrgreen:
    Yg punya orang indonesia? … man..

  14. macnoto Says:

    rangga: hahahahaa… x86 platform sulit dikalahkan boss terutama apabila tidak ada Sistem Operasi dominant di platform yang baru. Jadi I still vote x86, how silly they are (Desain x86 bukanlah desain paling optimal dibandingkan arsitektur lain), tapi x86 platform (extend to x64 ato AMD64 yg di adopsi Intel juga dengan nama EM64T) merupakan platform yang paling banyak tersedianya compatibilitas aplikasi dan OSes.

    VIA is nice target. Kalo saya pemerintah/orang banyak duit/ I would considerably buying VIA (salah satu pemilik lain arsitektur x86) dan NVIDIA.

    That would be great for a country like us. Kita memang ga sanggup pull out platform dan OS baru seperti China dengan Dragon’s Chip nya (another ARM’s derivatives chip).

  15. arie Says:

    punyaku e5200. sudah murah meriah ($60). idle cuma 2W. full load cuma 30W. recommended for irit energi πŸ™‚

  16. macnoto Says:

    arie: yup, intel nge rebrand lagi PENTIUM brand nya untuk produk antara celeron dan core 2 duo, padahal arsitekturnya ya core 2 duo juga hehehee… mantep itu PENTIUM E5200… terusannya sekarang sudah E6500, 2.93GHz 2MB cache, cuma beda cache doang sama E7500 yang 2.93GHz 3MB Cache dikasih nama Core 2 Duo…

    cuma TDP nya 65 watt kok bukan 30 πŸ˜€ hehehee… anyway it’s good choice you had there.

  17. jalmiburung Says:

    akhirnya ‘aktif’ lagi nih … ayo semangat! [ naon deui :O ]

  18. waroeng ubuntu Says:

    …… kena dah gua… ketahuan suka buang2 listrik (kecanduan ngoprek linux sampai ga ingat waktu)

  19. macnoto Says:

    hahahaha… aktif masih kok nyampah di FB, kalo twitter dan plurk itu yg blon padahal dah create account dari jaman kuda πŸ˜€

    waroeng ubuntu: hahahahaa… gpp kalo bermanfaat buat negeri ini… kontribusikan ilmu dan dedikasimu bro! … negeri ini perlu orang yg peduli…

  20. iYIE Says:

    Wallaw jarang comment, gw seneng baca Blog-nya Kang Noto.
    Gw rasa tulisan ini bisa jadi bahan kampanye hemad listrig yang lain daripada yg ada selama ini πŸ˜‰

  21. hendito Says:

    kembali ke RISC aja or ARM

  22. jim Says:

    hare gene pake intel. hidup powerpc g3 750.

    powerpc tanda tak mampuΓ’β€žΒ’

  23. bagio Says:

    Mang Noto, itu skrinsyut nya dibuat pakai software apa? Seperti komik.

  24. Veny Says:

    ngikut aja lah pake yg mana

  25. stanley Says:

    PowerPC is closed to beat intel sometimes ago… But PA Semi’s 150 engineers still delivered on their promises. The sole member of the PWRficient family was released in February 2007, first to the company’s closest partners, followed by a wider release later that year. It boasted a very impressive set of specs, including two 64-bit PowerPC G5 cores with two DDR2 memory controllers on a single chip. It ran at 2.0 GHz with an average of 13 watts of power consumption and a peak of 25 watts. Meanwhile, Intel’s more traditionally-designed Merom Core 2 Duo LV L7700Ò€”the closest competition at the timeÒ€”could only run at 1.8 GHz with a max of 17 watts. http://is.gd/7wE1Q

    kok ngga diterusin pake ppc ya pakde?

  26. Green Earth Says:

    ^ clock-per-clock, konsumsi daya c2d boleh kalah sama ppc G5, tapi performanya jauh boss.. http://www.primatelabs.ca/blog/mac-benchmarks/

  27. macnoto Says:

    green earth:
    maksudnya konsumsi kalah? Core 2 Duo sama PowerPC G5 beda generasi kang πŸ˜€ hehehee yang satu keluaran 2006 yang satu keluaran 2003 hehehe.. ya jelas beda πŸ˜€

    Kalo mo cari saingannya ya coba bandingin sama POWER7 yang baru keluar πŸ˜€ baru kelaut deh Intel πŸ˜€ hihihihi…

    Saya sih pencinta yang murah kenceng aja πŸ˜€

    *lagi menunggu AMD Based Neo X2 L635 for netbook… ATOM kelaut pisan

  28. The Mh Says:

    Saluut Om Noto. Setelah membaca sy hanya bisa berpikir salut tapi hilang pikiran untuk bertanggapan.. Mantap.. Ini yg Pak SBY musti liat, klo ad 1 anak indonesia yg punya mind set Go Forward with The High Technology Social Inside..

  29. Teddy Says:

    intel atom aj boz

  30. driving school Says:

    Hello your web-site url: adinoto.org/?p=2256 seems to be redirecting to a completely different website when I click the home-page link. You may want to have this looked at.

Leave a Reply

WP Theme & Icons by N.Design Studio
Entries RSS Comments RSS Log in