Windows di Virtual Machine Mac Lebih Kencang Dari Windows Itu Sendiri? Hayah

Macintosh, Technology Add comments

Beberapa waktu yang lalu saya akhirnya memutuskan untuk memesan Apple MacBook Pro. Bukan untuk gaya-gayaan, tapi hayah lagi banyak kerjaan proyek pake Acer Aspire malah yang ada kena virus “Start menu” melulu (alias “Start Menu” jadi ga bisa diclick dan system jadi ga responsive). Saban kali install ulang, beres tapi tau2 ada lagi. Discan sama aja scam 🙁 ga ketemu. Capek. Walau mostly kerjaan menyangkut Linux dan Server Mac OS X, tapi saya butuh client OS untuk bisa remote machine tersebut di client desk (kecuali anda kuat berada diruang server seharian yang dinginnya 17-19 derajat seharian = halah yang ada kepala saya migrain tempohari). So there it comes my MacBook Pro.

Impresi pertama saya adalah pada packagingya. Halah tipis banget. Ukurannya cuma 1/2 tebal box PowerBook G4. Kelihatannya Apple sudah mulai mikirin nilai ekonomis untuk packaging barang. Instead memuat 1 unit box, packaging MacBook Pro saat ini bisa memuat 2 biji 🙂 … (sama halnya dengan packaging iPod yang sekarang ukurannya cuma 1/4 dari model cubical iPod generasi 4 dahulu).

Well, beberapa hal yang menarik dari MacBook Pro tentunya ya Intel Core Duo itu sendiri dan salah satunya adalah ini adalah portable Apple pertama yang dapat menjalankan Windows secara native!! Gosh. Buat anda yang ketinggalan berita silahkan baca Bootcamp. Setelah puas mengumpulkan aplikasi yang Universal Binary (binary yang jalan native baik di Intel processor dan PowerPC processor) saya akhirnya coba install Bootcamp. Proses pertama adalah Upgrade Firmware. Berbeda dengan PC biasa, Apple mengimplementasikan EFI instead of BIOS. Dengan update Firmware maka Apple memberikan patch pada EFI untuk dapat mengemulasi fungsi BIOS (karena Windows XP tidak mengenal EFI, EFI adalah standar baru yang akan diadopsi PC standar yang memungkinkan user mengupdate driver dan kebutuhan lainnya sebelum proses instalasi OS itu sendiri). Proses patch Firmware pun di MacBook Pro jauh lebih manusiawi dibandingkan dengan updating BIOS di PC. Yang perlu kita lakukan hanyalah menekan tombol Power beberapa detik sambil melihat lampu lid berkedip2 kemudian layar akan menunjukkan proses updating EFI yang berlangsung.

Bootcamp membantu user memudahkan proses resizing partition (seperti PartitionMagic) dan mengcopy driver ke dalam CD Blank yang berisi driver2 yang dibutuhkan mesin MacBook Pro itu sendiri. Setelah proses patching EFI saya iseng masukin CD Windows XP SP2 tanpa menjalankan Bootcamp, halah ternyata bisa boot. Jadi kalo mau diformat abis jadi Windows Only laptop yo monggo mas 😛

Cerita diatas sedikit basi dan saya ga mau mengulas lebih lanjut. Silahkan lakukan googling sendiri untuk informasi selanjutnya. Dan kalo mau lihat-lihat mesin Intel Core Duo monggo survey di www.apple.com/macbookpro.

Yang saya mau bahas dan saya tertarik berat justru produk yang namanya Parallels. Instead of dual booting Windows dan Mac OS X saya sih lebih butuh Dual OS naik dalam saat yang bersamaan. Sehingga saya bisa switch environment Mac OS X, Windows dan Linux hanya dengan semudah Cmd + Tab apabila dibutuhkan, sambil menunggu Leopard muncul.

Beberapa hal yang menjadi mithos umum adalah EMULASI ITU LAMBAT, adalah suatu pandangan yang salah karena kurang paham terhadap apakah proses emulasi itu sendiri. Produk Emulasi OS yang biasa dikenal user Mac adalah Virtual PC (now part of Microsoft) yang memang cenderung lambat karena harus mengubah instruction Intel (x86 instruction) ke PowerPC instruction on the fly. Mirip proses yang dilakukan Rosetta, yaitu mengubah instruksi PowerPC ke instruksi Intel pada mesin Intel Mac. Namun Parallels adalah menjalankan Windows yang sudah notabene x86 di mesin Intel sendiri yang memang x86. 😛 … (bingung ya) pegangan. Well, ya in short ya ga bakal proses overhead besar-besaran itu terjadi, yang ada adalah Parallels “hanya” menyediakan layer VM dan sisanya instruksi Windows akan dikenal langsung dan dieksekusi secara near native speed!

Disini yang orang awam (kebanyakan pengguna PC) dan bahkan sebagian besar user Mac masih rancu. Halah, masa sih secepat near native? Dan bagaimana definisi near native itu sendiri? Berikut adalah skrinsot dari benchmark Windows di environment Parallels.

untuk skrinsot yang lebih besar silahkan klik ini

Dan berikut adalah skinsot dari benchmark dengan SiSoftSandra 2007 Lite:

dan:

Hayah ga salah nih? Yoi man, rasain sendiri deh baru tau enaknya rasanya make Intel Mac. Ternyata emang ga main-main kuencengnya. Bahkan dibanding Acer Aspire saya yang Celery 1.5GHz pantes rasanya mirip naik delman. Alon alon mas… Guess rasanya musti cari yang nampung Acer tuh ada 2 biji masih brand new yang satu tadinya mau buat kerja proyek huehehehe…

(tambahan: Banyak yang salah kira bahwa benchmark ini membandingkan Windows VM dg Acer yang lemot, BUKAN. Coba perhatikan itu Intel Core Duo T2500 yang reference (Jalan Windows Native) dengan Current Processor (yang juga sama Intel Core Duo T2500) jalan di Virtual Machine (Parallels.com) di Mac. Cepet Mana Hayooo…

*Perhatiin clock speed yang didetect variable dalam range yang cukup lebar 1100MHz s/d 6400MHz sebagai bentuk false detect environment VM. Tapi benchmark ini valid karena dia langsung access CPU. Lebih cepat karena UNIX based Mac OS X memberikan manajemen memory yang jauh lebih baik daripada Window? Indeed.

*referensi dilakukan terhadap mesin-mesin yang biasa saya pake yaitu Pentium 4 3GHz, Celeron M 1.5GHz (ga ada jadi pilih 1.7GHz), dan Athlon64 3200+ (2GHz).
*yang baru ngorder Vista Beta 2 Public Release (9 dollar)… hayah hare gene masih pake PC? 😛 …

50 Responses to “Windows di Virtual Machine Mac Lebih Kencang Dari Windows Itu Sendiri? Hayah”

  1. hanindyo Says:

    pertamax lagih

    iya udah ngerasain sendiri..ga percaya ngeliatnya kalo bisa secepet itu…

  2. aRdho Says:

    gag ngerti.. 🙁

  3. Affan Says:

    MacBook gak ada slot PCMCIA nya pak, jadi gak bisa jalanin modem CDMA gw 😛 mendingan cari Thinkpad X60 😉

    *gak mau kalah*

  4. Eep Says:

    hayyahhhhh…, iMac gw gimane nasibnya…, ga bisa jalanin windows.., hau hau hau…
    *guling guling di lantai.., mata sembab…

  5. Eep Says:

    mas affan…, kalau MacBook ga ada PCMCIA.., ya ganti aja modemnya ke modem USB.., ganti laptop., ganti modem..
    *ngacirrrr….

  6. macnoto Says:

    aRdho said,
    gag ngerti.. 🙁

    Dho, coba perhatiin Current Processor dengan Intel Core Duo T2500 itu. Current processornya kan itu juga (MacBook Pro pake T2500 juga), dan reference T2500 adalah benchmark mesin itu di native Windows. Lihat kalo Current Processor bisa jalan jauh lebih cepat daripada T2500 itu sendiri jika diinstall Windows.

    2. Hare gene ga nyesel beli MacBook/MacBook Pro. Seperti punya dua laptop. Butuh Windows only bisa install Windows, butuh Mac Only bisa install Mac OS X, butuh dual boot bisa install Bootcamp, butuh dua2nya jalan bisa pake Parallels.com

  7. macnoto Says:

    Affan said,
    MacBook gak ada slot PCMCIA nya pak, jadi gak bisa jalanin modem CDMA gw 😛 mendingan cari Thinkpad X60 😉

    gak mau kalah

    -> Hayah nasib fakir benwit tea… wakakaka.. do you know? kalo MacBook itu dapet harga dumping dari Intel. Coba bandingin spek yang sama pada produk HP (minimal 1700an dollar), dan Acer (kisaran 1500 dollar), apalagi kalo elu bandingin sama IBM/Lenovo X60… X60 bisa2 2000 dollar lebih. MacBook cuma 1199 dollar, dan MacBook Pro cuma 2199an dollar.

    Dan do you know? kalo MacBook/MacBook Pro juga ga ada modem? hahaha… udah kayak kuis Do you know Ristek aja wakakaka…. ho oh disana ada (baca: Steve) bete banget sama modem 😀 hare gene masih dialup? 🙁 … kalo mau modem beli optional USB modemnya.

    CDMA modem? USB nya gag ada? X60? Mohon maaf … sux. Hahaha, Aku terakhir pake IBM ThinkPad X41 dan surprisingly luambat banget dibandingkan IBM T43 dengan spek yang sama 🙁 … kelihatannya form faktor ngaruh banget di IBM, mesin kecilnya (X series) sekarang bahkan dapet hard disk 1.8″ ala model HDD yg dipake di iPod. Lambat banget aksesnya dan SpeedStep nya keterlaluan. Aku ga pernah bisa dapet clock 1.5GHz sesuai spek, tapi mesin bermain di clock 296-9xx MHz. Scam pisan wakakaka…

  8. macnoto Says:

    Eep said,
    hayyahhhhh…, iMac gw gimane nasibnya…, ga bisa jalanin windows.., hau hau hau…

    *guling guling di lantai.., mata sembab…

    ->Halah maneh kan kerjaan ga butuh Windows wakakaka.. tambah aja dulu kali yee itu memory 😀 Tapi cek urang ge jual itu iMac ambil gantinya forthcoming eMac yang basisnya LCD juga dijamin murah!

    Kalo ga ya booting lagi tuh Mac Simbadda maneh 😛
    *ngacirrr

  9. macnoto Says:

    hanindyo said,
    pertamax lagih

    iya udah ngerasain sendiri..ga percaya ngeliatnya kalo bisa secepet itu…

    ->Internet elu pake pertamax ya.. meni boros pisan 😀 … Iya ga, edun pisan kenceng ya. Inga inga kalo MacBook juga sama kencengnya dibanding MacBook Pro 😀 … beli Dick? 😀

  10. andriansah Says:

    posting yang bikin iri 🙂

  11. rendy Says:

    bener euy… musti pake 2 laptop…

  12. Oskar Syahbana Says:

    Ya jelas toh lebih cepet. Masak dual core dilawan sama celeron 🙂

  13. Adham Somantrie Says:

    Adinoto said,
    Aspire saya yang Celery 1.5GHz pantes rasanya mirip naik delman. Alon alon mas… Guess rasanya musti cari yang nampung Acer tuh ada 2 biji masih brand new yang satu tadinya mau buat kerja proyek huehehehe…

    > Kalo murah meriah miring muntah mencr**, boleh juga bos.. sambil nunggu duitnya cukup buat MacBook. Lumayan dapet Acer Aspire 2nd bekas artis, eh, ketua id-mac, eh, presiden id-appleâ„¢ hehehehehe….

  14. macnoto Says:

    andriansah said,
    posting yang bikin iri 🙂

    ayo inventaris barang2, itung2 siap2 ganti macbook 😀
    MacBook will surely crush the competition 😛

  15. macnoto Says:

    Oskar Syahbana said,
    Ya jelas toh lebih cepet. Masak dual core dilawan sama celeron 🙂

    Lah coba bandingin sama Pentium 4, tetep aja ngacai 😛

  16. macnoto Says:

    rendy said,
    bener euy… musti pake 2 laptop…

    hayah dasar junker wakakaka…

  17. macnoto Says:

    Adham Somantrie said,
    > Kalo murah meriah miring muntah mencr**, boleh juga bos.. sambil nunggu duitnya cukup buat MacBook. Lumayan dapet Acer Aspire 2nd bekas artis, eh, ketua id-mac, eh, presiden id-apple™ hehehehehe….

    Buruan kalo mau masih satu, dah barusan laku satu 😀 hehehe…. lu tau telpon gua kan 😛

  18. sai Says:

    sejuta topan badai !!!!! …. nggarahi ngiler ae arek iki …..
    iku awas cepat rusak di-dol murah po piye … kancaku ono sing rempelu laptop ki ..

    hiks ..hiks……

  19. macnoto Says:

    sai said,
    sejuta topan badai !! …. nggarahi ngiler ae arek iki …..
    iku awas cepat rusak di-dol murah po piye … kancaku ono sing rempelu laptop ki ..

    hiks ..hiks….

    -> Wakakakaa… puasss 😛 (puas ngerjain sai :D)

  20. Meyta Says:

    duh kapan gw kebeli MacBook yak….?!@!@??

    r51e ajah still project on hold status….
    piuuufffff…ikut nimbrung dulu deh ma jago nya mac =D xixixixi…

    ayo nabung…nabung…meY….. =D

  21. Adham Somantrie Says:

    Adinoto said,

    Buruan kalo mau masih satu, dah barusan laku satu 😀 hehehe…. lu tau telpon gua kan 😛

    -> weleh… gak dapet sokongan dana dari Dumaiâ„¢ nih…. kaco…. palagi adekku mo masuk kulia tahun ini, blom lagi ntar mo minta uang kulia… jadi tambah gak tega “ngerampok” Dumaiâ„¢…. terpaksa nungguin ulang taun deh, sekalian aja ntar minta MacBook…. hiks….

  22. adhikarsa Says:

    Mac Book kok ngono cah….uedan tenan, lha nasib G4 kuu piyeee…., sabar sabar…. sambil nunggu wangsit kalau ada yang bikin up grade processor G4 keluaran intel….mimpi kali …xxxxxxxx

  23. Arnold P. Siboro Says:

    judulnya bombastis amat pak wakakaka
    yg bener nya kan “Windows di Virtual Machine Mac Lebih Kencang Dari Windows Itu Sendiri di Acer saya yang low end” wakakaka.

  24. macnoto Says:

    Arnold P. Siboro said,
    judulnya bombastis amat pak wakakaka
    yg bener nya kan “Windows di Virtual Machine Mac Lebih Kencang Dari Windows Itu Sendiri di Acer saya yang low end” wakakaka.

    -> Hayah ini yang scam!! Lihat dulu dong itu tabel. Intel Core Duo T2500 di Windows Native dibandingin dengan Intel Core Duo T2500 di Parallels (VM di Mac). Kenceng di VM!!!.. .Soal Acer itu kan reference aja, masa gua bombastis. Baca dulu!

  25. Arnold P. Siboro Says:

    Kalo bener gitu pasti di iklan apple berikut ada claim “Windows is faster than Windows” atau sejenisnya.. haha.
    Masalahnya, susah begitu aja percaya dengan hasil benchmarking itu.
    Gimana kalo maneh tulis aja ke slashdot, biar dijudge banyak org.

  26. macnoto Says:

    Arnold P. Siboro said,
    Kalo bener gitu pasti di iklan apple berikut ada claim “Windows is faster than Windows” atau sejenisnya.. haha.
    Masalahnya, susah begitu aja percaya dengan hasil benchmarking itu.
    Gimana kalo maneh tulis aja ke slashdot, biar dijudge banyak org.

    -> Emang situ ga pernah mau percaya lah ga pernah mau beli wakakaka.. sono cobain sendiri lah. Ngapain gua maksa2 orang percaya wakakaka…

  27. Jauhari Says:

    Mas mas, marai ngelus dodo postingane. NGIRI GITO Loh…

    Target Tahun depan pegang MacBook Pro High End. Kalau perlu 17″ sekalian. Ayo ayoo Donasi 😉

  28. Rizuki Says:

    Kalo bisa booting cd win xp langsung, bisa gak ya install xp dulu baru install tiger belakangan. Jadi nanti booting mac-nya lewat boot manager windows menggunakan file chain0?

  29. macnoto Says:

    Rizuki said,
    Kalo bisa booting cd win xp langsung, bisa gak ya install xp dulu baru install tiger belakangan. Jadi nanti booting mac-nya lewat boot manager windows menggunakan file chain0?

    -> Halah dah dikasih yang gampang malah cari yang susah susah wakakaka.
    macem2 aja mas ini 😀

  30. aRdho Says:

    wah… makasih dijelasin.. 🙂

  31. Cak Uding Says:

    Anjeerrrrrrrr, gue harus achieve sales berapa nih untuk beli macbook. Omset toko belon bisa tuh kebeli macbook, maklum pedagang asongan gitu, marjin tipis…wakakakakaka. Hmmmm jadi mimpi euy tadi malem gara gara elu not…huuuu

  32. firman Says:

    edaaann, gak mampu gw…hahaha

  33. Yuda Says:

    Waduh asyiknya klo punya 3 os jalan simultan. jadi pengen =p~
    anu… pararelsnya mbayar yah ga free ??
    Nabung ah (brp taon yah ??? 😀 )

  34. Yuda Says:

    Kelupaan…
    Selalin pararels ada ga yang fungsinya sama tapi klo bisa free 😀

  35. macnoto Says:

    Yuda said,
    Kelupaan…
    Selalin pararels ada ga yang fungsinya sama tapi klo bisa free 😀

    -> murah kok kang lagi pre-order 39 dollar only (dibanding releasenya 79.9).
    Kasian developernya mas nanti ga bisa bikin aplikasi bagus lagi hehehehe…

  36. macnoto Says:

    Cak Uding said,
    Anjeerrrrrrrr, gue harus achieve sales berapa nih untuk beli macbook. Omset toko belon bisa tuh kebeli macbook, maklum pedagang asongan gitu, marjin tipis…wakakakakaka. Hmmmm jadi mimpi euy tadi malem gara gara elu not…huuuu

    -> Halah juragan buah gitu loh 😀 Omzet semalem aja kali ye cukup ;D

  37. anima Says:

    okey, target taun depan mesti pegang ini dah 😀

    thx reviewnya mas^^

  38. my own blog » Blog Archive » MacBook isinya MacOS X, Linux, dan windows simultanous Says:

    […] Bingung baca Judulnya yah . Jadi gini abis baca ini jadi punya angan2 ( kalo bisa terwujud ya alhamdulillah ) beli macbook pro trus beli Parallels install dah 3 OS yang ada di judul […]

  39. conanâ„¢ Says:

    hi hi hi …. sayang sayang anak …. ayo yang punya ibook, powerbook, pada dijuwalin … beralih ke macbook/macbookpro

    *dagang sambil nangis ……

  40. macnoto Says:

    conanâ„¢ said,
    hi hi hi …. sayang sayang anak …. ayo yang punya ibook, powerbook, pada dijuwalin … beralih ke macbook/macbookpro

    *dagang sambil nangis ……

    -> Nangis darah yak 😛 hahaha.. Gua sebenarnya seneng form factor 12″ PowerBook. Simple bisa dibawa (ngarepin 1″ thick PowerBook Succcessor wakaka). Hmm ada yang bisa custom made body aluminium untuk MacBook 13.3″ ga ya huehehehe

  41. conanâ„¢ Says:

    Nangis darah yak 😛 hahaha.. Gua sebenarnya seneng form factor 12” PowerBook. Simple bisa dibawa (ngarepin 1” thick PowerBook Succcessor wakaka). Hmm ada yang bisa custom made body aluminium untuk MacBook 13.3” ga ya huehehehe

    yoih … bener… 12″ ga gede dan ga kecil …. sbnrnya ga bgitu perlu yang widescreen tp kl baca review bos noto si … sounds interesting yah buat make macbookpro.. cuman gedenya itu loh.

  42. Pandji Gotama Says:

    hati2. MacNoto sudah menyebar lagi sweet poison-nya. gue udah jadi korban tahun lalu, dan kayaknya bakal segera jadi korban lagi… 😀

    [kacau nih, gara2 SMS2 dari MacNoto, gue jadi kebayang terus MacBook…]

  43. Simon Kwan Says:

    Dear Mas Adinoto…

    Thanks atas informasinya, MacBook memang pada saat ini sangat worth to buy… Dan saya baru merasakan enaknya menggunakan MacOS … (Maklum masih newbie)..

    Thanks anyway…

  44. macnoto Says:

    Simon Kwan said,
    Dear Mas Adinoto…

    Thanks atas informasinya, MacBook memang pada saat ini sangat worth to buy… Dan saya baru merasakan enaknya menggunakan MacOS … (Maklum masih newbie)..

    Thanks anyway…

    -> Hehehe.. enjoy! 🙂

  45. Dr. Mac Says:

    halah.. modus jualannya pake nampangin benchmark segala..
    hihihi keren.. keren.. bos

  46. Aldi Says:

    Dear om Noto :),

    saya baru baca disini http://techreport.com/reviews/2006q2/core-duo/ , apa segitu superiornya core-duo dibanding AMD FX and P-EE… kalo kagak salah OS-X sudah 64bit tapi kenapa apple maksain make prosesor yang cuman 32bit atau emang ada rencana lain…(:

    Tq
    Aldi

  47. adinoto’s blog » Windows Vista 64-bit Runs Native On MacBook Core 2 Duo Says:

    […] Running Bootcamp or Parallels does not excite me much anymore. I’ve tried that before 1,2. With the new MacBook Core 2 Duo (an 64-bit Core processor from Intel) I’m wondering how to get Vista runs native on that little baby. […]

  48. leaflet Says:

    emulatornya ngaco mungkin tuh..

  49. adinoto’s blog » Blog Archive » Windows Vista 64-bit Runs Native On MacBook Core 2 Duo Says:

    […] Bootcamp or Parallels does not excite me much anymore. I’ve tried that before 1,2. With the new MacBook Core 2 Duo (an 64-bit Core processor from Intel) I’m wondering how to get […]

  50. Mr. Amateur Says:

    Mac OS
    Nice post…
    infonya bagus..

Leave a Reply

WP Theme & Icons by N.Design Studio
Entries RSS Comments RSS Log in