Aduh Detik (.com) Elu Kok Ajaib Banget Sih? (Tololnya)

Macintosh, Social Add comments

Iseng-iseng abis liat berita gossip “Simprug-gate”, di detik.com gua jadi geli juga baca berita berikutnya di detikinet.com “Isu Serangan Chip Macintosh, Pakar Keamanan: Chip Pada Macintosh Payah” UNBELIEVABLE! Ini bukan kali pertama kali detik menulis tulisan kelas cemen gini tapi ya ampun ga nahan juga akhirnya gua komentar.

Dari baca judulnya aja sudah geli ga nahan mau komen. Chip Pada Macintosh Payah? Wot? Gua pikir ada product flaws gimana ternyata yang diomongin soal security dan transisi Apple ke Intel rises security holes?… Lah apa hubungannya Chip pada Macintosh payah? Ini the same chip they use in PC for years! Intel latest toys Core Duo dan has nothing to do sama judul Isu Serangan Chip? Serangan Fajar kaleee…

Jakarta, Tampaknya pengguna Macintosh bakal keder setelah para peneliti mengklaim produk Macintosh yang menggunakan chip Intel, memiliki ancaman serangan pada level chip.

Serangan pada tahap ini, lebih mengincar kelemahan yang terdapat pada prosesor daripada software yang digunakan.”

Kelemahan yang terdapat pada prosesor daripada software yang digunakan?? Wot? Gua ga ngerti? Apa Core Duo ada flaws seperti first generation Pentium yang gagal melakukan kalkulasi di Excel dengan tepat?

Baca lagi aja deh masbang (males banget) mau ngebahas semua juga. Maksudnya mau cerita FUD (Fear Uncertainty and Doubt) yang diciptakan security company ke platform baru Mactel? Google dapet ini 1, 2, 3 tapi kok ya tulisannya itu loh ga nyambung pisan. Anjroy ™ — minjam istilah om Amal.

Taukah Detik bahwa anda adalah asset nasional dimana para pelaku di daerah memanfaatkan tulisan anda sebagai nara sumber yang bisa dipercaya. Imagine kalo kalo kualitas penulis anda seperti ini. Wah dalah. Modar kabeh mas.. mas… Scam.

Underpaid worker opo opo iki… Mas udah deh daripada nulis kayak gitu ga mutu, pindah kerjaan aja beresin tuh meja. Malu atuh boss. Ato minta pindah ke bagian gossip aje kali ye. Nah tuh gua masih penasaran sama Simprug-gate πŸ˜€

49 Responses to “Aduh Detik (.com) Elu Kok Ajaib Banget Sih? (Tololnya)”

  1. Arnold P. Siboro Says:

    Lho belum tau, Detiknet itu kan emang hanya layanan penerjemahan tak akurat πŸ˜€

  2. andika Says:

    Ya, ya, ya, CHiPs gak mungkin kena virus komputer, CHiPs bisa kena virus flu, flu burung, dsb
    Eh, ini bukan ngomongin Erik Estrada ya?
    :p

  3. macnoto Says:

    Wakakaa lu keliatan angkatan jadulnya ndik… Nontonnya masih jaman CHIPs πŸ˜€ wakakaka….. jangan lupa oleh2 ya dari Gold Coast. Eh disana ada GHIPs gag wakakakkaa….

  4. Amal Says:

    *gara-gara di-“spam” lewat YM, aku muncul di sini (hehehe)

    Kalau Detik mau membela, tulis saja: tuh kan, bandar Mac langsung pasang taring kalau ada tulisan tentang Mac muncul.

    Gak nyambung ya? memang sudah zamannya: pernyataan A dan B benar atau salah satu salah dan tidak ada sebab-akibat, pilih jawaban “F” atuh bos!

  5. macnoto Says:

    Wakakaa… sepamintosh ya Boss πŸ˜€

    Hmm karena A benar maka B benar, kemana ya si C?

  6. didats Says:

    yoeh, pake Anjroy sekarang…
    hahahaha

  7. IMW Says:

    MacNoto udah berubah wujud jadi BatNoto.. saingan Batman

  8. hanindyo Says:

    dan saya ga akan pernah lupa, temen saya ada yang dengan bangga-nya ngasi kartu nama dia wartawan detik, padahal ga ada background jurnalistik sama sekali dan belum ada artikel yang dia tulis…detik gitu loh..

  9. conanΓ’β€žΒ’ Says:

    hi hi hi … detik gitu loh ….
    sumber data cepat yang tidak akurat … anjis lah! .. basbang!

  10. Adham Somantrie Says:

    yup, kadang2 detik emang gak mutu banget… tapi entah kenapa, tetep aja maen ke detik.com … hahahahaha…. ada portal lain yang lebih baik?

  11. Pram Says:

    eh, oom Adi Mac-sunoto, gimana kalau langsung aja kirim komentar ke detik lansung, mungkin akan terus diprioritaskan…. untuk langsung diacuhkan (yang nulisnya aja bingung kali setelah baca tulisannya sendiri). Cuma aku bingung, motivasi dibalik penulisannya tsb, atau tim redaksinya agak ceroboh kali, paling tidak checking sumbernya dari mana, terus akurasi berita, serta yang paling penting istilah item/aspek teknologi yang dipakai. Pokona mah… geus lah pikarunyaeun… maklum atuh…

    BTW, film Chips dulu emang hebat….dan Erik Estrada kabarnya pernah jadi presiden Phillipina…. (naha jadi kieu…!!!!??)

  12. Eep Says:

    wah dari detik ke detik kok makin ngaco ya..?
    dah mending ngbahas CHIPs aja kali ya…, tapi yang diperanin sama Warkop DKI…
    wakakakak

  13. adinoto Says:

    Nyak juga ya Erik Estrada setelah jadi pemain CHIPs langsung mencalonkan diri jadi presiden Philipina πŸ˜€ .. Wakakaka… Scam pisan. Ato jangan2 Joseph dan Erik sama2 kakak beradik, dan bisa jadi presiden pilihan penggemar CHIPs (Andika pasti yang paling banyak ngefload dengan SMS ke 3977) πŸ˜€

    Kemaren bahas berbahas dengan Andika ternyata emang Andika jadul pisan masih hobby nonton jaman serialnya masih CHIPs πŸ˜› Dan dia ga tau kalo CHIPs di remake jadi CHIPs’99 dengan pemain masih sama Erik Estrada dan Larry Wilcox πŸ˜› boleh dicari tuh film bagus tuh buat rendevous.

    Link CHIPs jadul jaman Andika http://www.imdb.com/title/tt0075488/
    Link CHIPs remake jaman Andika Jr. http://www.imdb.com/title/tt0162898/

    Kabar gembira buat para penggemar CHIPs barusan gua terima dari markas CHIPs, kalo film layar lebar CHIPs akan dibuat tahun depan (2007). http://www.imdb.com/title/tt0493405/

    Nah Andika jangan lupa kirim email ke fans_club@chipserialpilihanku.com biar dapet tiket premiere di hollywood πŸ˜€

    *yang masih nunggu Andika pulang dengan oleh-oleh dari Gold Coast minimal dibawain CHIPs Ahoy πŸ˜€

  14. macnoto Says:

    Barusan lagi iseng baca http://www.macintouch.com (Oldest mac news, Ric Ford), eh ketemu deh CHIP nya si Detik πŸ˜€

    http://www.itweek.co.uk/vnunet/news/2156531/chip-level-threats-largely

    Scam pisan. Ginian ditelen. Kalo bicara CIH http://en.wikipedia.org/wiki/CIH_virus dari dulu PC aja kejadian dah bosen, mac none.

    Last time I checked there’s 140,000++ viruses on PC… yet People still use Windows. Dumb ass you dork writer. Shame on you also McAfee πŸ˜€

    Watch this funny Ads http://movies.apple.com/getamac/ads/

    Sorry QuickTime required! πŸ˜€
    http://www.apple.com/quicktime

  15. Eep Says:

    wakakaaakakak….
    Detikom dodol………

  16. Eep Says:

    itu yang bikin tulisan di detikom tentang mac ini apa pake mac ga..?
    hari gene banyak banget yang omdo..
    Hai Omdo..!

  17. macnoto Says:

    Coba bandingin tulisan di Detik dot Com dan Aslinya

    “Dirinya menambahkan, penyerang ingin menggunakan komputer anda untuk mencuri kartu kredit dan menginstal spyware atau adware, selanjutnya mereka ingin menghancurkan komputer anda.”

    “[Attackers] want to use your computer to steal credit card information and install spyware or adware. The last thing that they want to do is destroy your computer.”

    THE LAST THING THEY WANT TO DO diterjemahin jadi SELANJUTNYA? Iyeuh meni TOLOL apa LOTOL mas?

    Pulang aja dah. Packing itu kantor bersih2.

  18. macnoto Says:

    Hari ini saya coba comment ke Detik.com
    “Coba buat Detik meningkatkan kualitas SDMnya. Saya lihat artikel ini disadur dari http://www.itweek.co.uk/vnunet/news/2156531/chip-level-threats-largely

    Itu bagian THE LAST THING THAT THEY WANT TO DO diterjemahin SELANJUTNYA? Come on.

    Pengen lihat detik apa punya keberanian approve comment membangun seperti ini.”

    Pengen lihat apa detik cukup legowo untuk bisa meng approve comment seperti ini. Paling tidak kalo ga muncul di detik.com saya tetap menyampaikan kebenaran di blog saya sendiri.

  19. Arnold P. Siboro Says:

    lha kan udah gue bilang, gak tau bahwa detik itu bukan jurnalism, tapi layanan penerjemahan english-indonesia tak akurat:D

  20. macnoto Says:

    Wakakaka nasib punya portal terbesar di Indonesia isinya crapped. Mungkin perlu direformasi lagi detik sehingga so called jurnalis2 muda ga kepedean teuing ato malah ngerusak nama besar detik.

  21. Donny B.U. Says:

    Rekan-rekan Pengguna Mac di Indonesia, terimakasih atas saran dan kritik yang disampaikan untuk detikINET>

    Saya atas nama redaksi detikINET ingin menyampaikan maaf kepada rekan-rekan pembaca melalui blog rekan Adinoto ini, apabila memang ada beberapa hal dari pemuatan berita saduran yang dirasa kurang tepat dalam redaksional / penerjemahannyanya. Kami akan terus berupaya meningkatkan kualitas redaksional maupun konten yang kami sajikan bagi Anda. Pun demikian, secara kontekstual kami tetap berupaya keras agar makna utama dari berita terkait tidak mengalami perubahan, meskipun suatu berita tidak sekedar “diterjemahkan” saja, tetapi “ditulis ulang”.

    Sedangkan untuk komentar di detikINET, sepanjang tidak terkait dengan hal-hal yang memang tidak diperkenankan, maka tak ada alasan bagi redaksi untuk tidak melakukan approval atas segala komentar yang masuk. Yang harap diketahui pula bahwa untuk komentar yang ditujukan pada sebuah berita yang telah lewat tanggalnya (berita kemaren dan seterusnya), maka secara sistematis server hanya akan melakukan sinkronisasi konten komentar dengan durasi 1 kali dalam 1 hari, yaitu di tiap malam hari sekitar jam 24.00 WIB. Sehingga mohon kesabaran rekan-rekan. Yang jelas, jika di dalam nama pengisi atau isi komentar itu sendiri tercantum alamat URL tertentu, maka kebijakan kami adalah melakukan moderasi dengan mengganti alamat tersebut menjadi ‘[moderated]’. Ini berlaku secara umum, untuk menghindari adanya pihak yang mencuri-curi kesempatan melakukan promosi tertentu.

    Selanjutnya, demi kepentingan pembaca yang lain, kami ingin mengundang rekan-rekan pengguna Mac untuk dapat berdiskusi dengan tim redaksi detikINET. Waktunya dapat rekan-rekan pengguna Mac tentukan sendiri, bisa hari kerja ataupun hari Sabtu. Saya usulkan diskusi dapat berlangsung di ruang diskusi detikINET / Detikcom – Warung Buncit. Sehingga bisa sekalian rekan-rekan melakukan site-visit ke kantor redaksi, sekaligus melihat secara langsung mekanisme kerja keseharian teman-teman redaksi.

    Selain itu, saya juga menawarkan kepada rekan-rekan pengguna Mac untuk secara kolektif dapat bekerjasama dengan detikINET dalam menyampaikan informasi yang dapat bermanfaat bagi pembaca. Salah satunya adalah bisa berupa pengadaan rubrik khusus tentang Mac di detikINET, yang kontennya langsung diasuh oleh rekan-rekan sendiri. Jika memang rekan-rekan berminat untuk secara bersama-sama berbagi informasi yang bermanfaat, khususnya tentang teknologi Mac, kepada masyarakat luas, mohon jangan sungkan untuk menghubungi kami.

    Demikian tanggapan dan sekaligus undangan dari saya mewakili rekan-rekan redaksi detikINET. Untuk informasi dan detil selanjutnya, saya siap melayani rekan-rekan dalam berkorespondensi melalui e-mail donnybu[at]detikinet.com atau ponsel +62-818-930932. Pun kalau ada kritik berikutnya atas berita terkait dengan teknologi Mac di detikINET, jangan sungkan-sungkan menghubungi langsung e-mail pribadi atau ponsel saya tersebut di atas.

    Saran, komentar atau kritik bisa juga melalui e-mail resmi redaksi detikINET di redaksi[at]detikinet.com atau melalui mailing-list komunitas detikINETer di http://groups.yahoo.com/group/detikinet.

    Terimakasih,

    Donny B.U.
    Redaktur Pelaksana / Koordinator
    http://www.detikINET.com

    cc:
    redaksi@detikinet.com
    macnoto@yahoo.com

  22. Azil Adi Permana Says:

    hari gini masih baca detik? ckckckckck…

    btw, Benny blom komen di sini?
    *summon benny*

  23. macnoto Says:

    Baca baik2 dong bosss. Detik for Gossip πŸ˜€

  24. Arnold P. Siboro Says:

    Pak Donny, kok gak tulus aja ngaku terjemahannya salah? Kok pake nulis “apabila memang ada”, lho kan udah ditulis diatas emang salah! Hehe.
    Good journalism starts with honesty, kalo gak ya apaboleh buat jika dicap hanya sebagai “jasa penerjemahan tak akurat”.

  25. Eep Says:

    wakakaa
    yg dipermasalahkan kok soal mac
    padahal kan yg salah itu terjemahannya :
    semua topik
    (sambil ngelirik meknoto πŸ˜‰ )

  26. macnoto Says:

    Donny, No Sorries? πŸ˜€ typical PR deh. wakaka… yang saya complain itu sebenarnya bukan soal Mac boss. Tapi kualitas terjemahan (semua topik), kecuali kalau emang berita yang source nya asli Indonesia.

    “Pun demikian, secara kontekstual kami tetap berupaya keras agar makna utama dari berita terkait tidak mengalami perubahan, meskipun suatu berita tidak sekedar Ò€œditerjemahkanÒ€ saja, tetapi Ò€œditulis ulangÒ€.”

    Nah itu dia saya penasaran pengen tau control di detik.com apakah setiap jurnalis bisa posting sendiri hasil “terjemahannya”? bagaimana dengan hasil “tulis ulang” yang jauh dari aslinya? *seperti kasus yang saat ini misalnya yang kebetulan saja di bagian Mac.

    Soal undangannya terima kasih, mungkin karena kesibukan masing-masing dan domisili yang berbeda saya tidak mungkin memenuhi undangan itu saat ini, bagaimana kalo anda yang saya undang untuk mengunjungi headquarter Apple? lebih menarik rasanya. πŸ™‚

  27. Donny B.U. Says:

    Setiap ada masukan/saran/kritik dari pembaca, tentunya saya harus melakukan analisis atas feedback tersebut. Tetapi sebelum itu dilakukan, sesuai kebiasaan saya sebagai pihak yang melayani konsumen (pembaca), maka bentuk respon pertama kali saya jika ada feedback dari pembaca, adalah seperti tercantum di posting saya di atas. Jadi ini bukan soal tulus atau tidak tulus kok πŸ™‚

    Nah setelah itu, langkah selanjutnya adalah saya segera melakukan koordinasi dengan tim di detikINET. Kami melakukan analisis atas feedback dari pembaca, mencari titik permasalahannya, kemudian mencari solusi untuk memperbaikinya.

    Dengan demikian, mudah-mudahan atas masukan positif dari rekan-rekan pembaca, khususnya pengguna Mac di Indonesia, akan dapat semakin memacu dan memicu tim detikINET dalam memperbaiki kualitas tulisannya.

    Sedangkan untuk tawaran bekerjasama antara pengguna Mac di Indonesia dnegan detikINET, hal tersebut sebenarnya sudah pernah saya sampaikan jauh hari dengan rekan Dirgayuza (aktifis milis ID-MAC) secara langsung.

    Jadi tawaran tersebut saya sampaikan ulang, kebetulan saja melalui blog rekan Adinoto ini. Tujuan saya simpel saja, yaitu ingin menyebarluaskan tentang informasi teknologi Mac seluas-luasnya.

    Karena saya akui, jika seluruh informasi terkait dengan teknologi informasi (termasuk Mac) hanya mengandalkan apa yang ada pada tim detikINET, tentu saja sumber dayanya tidak akan mencukupi. Baik dari sisi keterbatasan kompetensi hingga jumlah awak.

    Untuk itulah dengan bermitra secara sinergis dan gotong-royong, maka cita-cita menyampaikan informasi TI kepada masyarakat luas akan dapat terlaksana.

    Sebenarnya selain dengan pengadaan rubrik khusus tentang Mac yang diasuh oleh komunitas pengguna Mac itu sendiri, jalur lain adalah melalui fasilitas “news from blog” di detikINET.

    Jadi jika ada blog yang dikelola oleh pengguna Mac di Indonesia, dan isinya benar-benar konsisten tentang informasi teknologi Mac secara berimbang (positif/negatif, tidak tendensius ataupun fanatisme Mac), maka atas persetujuan pengelola blog tersebut tim detikINET secara periodik akan memuat konten di blog tersebut dalam “news from blog”.

    nb: Untuk pelabelan “negatif” atas detikINET seperti yang rekan-rekan sampaikan, saya pribadi terima sebagai sebuah kritikan. Toh saya tahu niat sebenarnya dari rekan-rekan, yaitu ingin agar detikINET terus memperbaiki kinerja dan kualitas informasi yang disampaikan. Dan terus-terang, hal tersebut menjadi amanah bagi tim detikINET πŸ™‚

    Demikian, mudah-mudahan bermanfaat.

    -dbu-

  28. Donny B.U. Says:

    macnoto said,
    May 25, 2006 @ 9:39 pm

    Donny, No Sorries? πŸ˜€ typical PR deh. wakakaÒ€¦ yang saya complain itu sebenarnya bukan soal Mac boss. Tapi kualitas terjemahan (semua topik), kecuali kalau emang berita yang source nya asli Indonesia.

    dbu: heeheheh… kebetulan background saya memang dari bidang ilmu komunikasi. jadi suka kebawa πŸ™‚ di dalam kaidah komunikasi, ada yang tersurat dan ada yang tersirat. mungkin ada baiknya pula kita bisa mencoba membaca sesuatu tidak dari yang tersurat saja… hehehe….

    Nah itu dia saya penasaran pengen tau control di detik.com apakah setiap jurnalis bisa posting sendiri hasil Ò€œterjemahannyaÒ€? bagaimana dengan hasil Ò€œtulis ulangÒ€ yang jauh dari aslinya? *seperti kasus yang saat ini misalnya yang kebetulan saja di bagian Mac.

    dbu: mekanisme kontrol tetap ada pastinya. selain itu fungsi feedback dari pembaca, misalnya melalui surat pembaca, milis, fitur komentar, dll adalah juga merupakan mekanisme kontrol itu sendiri. saya berani yakin bahwa baru detikinet lah media massa di indonesia (bahkan termasuk dalam keluarga detikcom itu sendiri) yang menjadikan fitur komentar, milis dan blog pembaca sebagai bagian dari mekanisme kontrol. tetapi berhubung tak mungkin kita memantau blog yang jumlahnya banyak, maka kadang2 ada saja 1-2 hal yang missed dari pengetahuan kita. nah untuk detil mekanisme kontrol di detikinet, akan lebih baik kalau disampaikan secara langsung saat kopi darat. jadi biar tak berpanjang2 menulis. karena secara umum berlaku kaidah, semakin panjang menulis maka akan semakin cenderung terjadi kesalahan (entah typo-error, fakta, dll).

    Soal undangannya terima kasih, mungkin karena kesibukan masing-masing dan domisili yang berbeda saya tidak mungkin memenuhi undangan itu saat ini, bagaimana kalo anda yang saya undang untuk mengunjungi headquarter Apple? lebih menarik rasanya. πŸ™‚

    dbu: oh ndak apa2….. btw headquarter apple dimana ? amerika begitu maksudnya? πŸ™‚ kalau memang itu, menarik tetapi belum memungkinkan tampaknya. hehehehe… kecuali kalau memang ada yang mau sponsorin πŸ˜€ ya at least, mungkin teman2 pengguna mac di jakarta dan sekitarnya, bisa lebih fleksibel untuk menentukan waktu berdiskusi dengan detikinet. tapi ya monggo, itu terserah rekan2 juga πŸ™‚

    -dbu-

  29. macnoto Says:

    Donny, anda salah satu orang yang bikin saya masih punya harapan terhadap detik.com… I’ve been watching you for quite a while.

    Betul, soal “pelabelan” you know us. We’re here for all of us. A good faith. Kami bukanlah gerombolan orang-orang yang tertuduh sebagai nara sumber yang tidak memiliki moral πŸ˜€ (kata seorang “Pakar”) πŸ˜› huehehee…

    Soal fanatisme, ga mungkin lah. We slam Apple as much as we slam Microsoft or other vendors. We’re technologist, and use lots of PC, Mac along with other OSes. Soal tawaran kerjasama boleh saja nanti saya direct ke rekan-rekan ID-APPLE.

    ID-APPLE adalah group komunitas yang dibentuk oleh orang-orang yang tidak puas dengan gaya kepemilikan milis ID-M*C wakakakaa.. Scam banget πŸ˜€

    Don, selamat bergabung ke id-apple-subscribe@googlegroups.com

  30. Eep Says:

    Apa..? Apa…? Ada kerjasama….?
    Tanduk ane langsung nongol…
    Boleh deh saya diajak kerjasama…

    *Oportunis mode on*
    ngacirrrr….

  31. Donny B.U. Says:

    thanks for invitation….
    I’m on the way to id-apple…
    lagi ingin daftarnya via web, supaya bisa utak-atik fiturnya sekalian.
    tetapi internet bignet kok keluarnya lagi problem, khususnya ke keluarga yahoo dan google.

    nb: i hope i can still serve you guys, for the next couple months…. πŸ™‚

    -dbu-

  32. macnoto Says:

    …. for the next couple months? wah ada apa nih πŸ˜€ … makan-makan πŸ˜€

  33. Donny B.U. Says:

    mau jawaban ala PR atau ala dbu? :)) ehehehehehhehe……
    semuanya sih masih di level “consideration”, alias menimbang2.. could be yes or no.

    momennya bisa jadi bersamaan dengan peluncuran vista (yang terus tertunda). hehehehe.. ups…. definitely not-related to ms fam at all πŸ˜› mungkin masih dalam lingkup “big brotherhood”, or maybe not… (no FUD)

    still, I will follow the path that can come up with the biggest impact for the community…

    makan2? errr….. let me put it on my to-do list πŸ˜€

    -dbu-

  34. Eep Says:

    Maaf.., sekali lagi maaf..
    Pak Donny B.U.., boleh tahu B.U nya kepanjangan dari apa..?
    hehehehe
    yang pasti bukan yang sering muncul di koran kan?
    B.U.Jl.Mbl.Tyt.Strlt,thn.89.Mls.Ex.Dr.TgnPrtama.

    *peace ah…

  35. Donny B.U. Says:

    “B.U.” itu selalu mengimbuhi “Donny”, yang kalau dalam bentuk inisial menjadi “dbu”. dan “dbu” stands for “d before u”.. wehehehe…. permainan utak-atik gatok, rekursif πŸ˜€

    – dbu –

  36. macnoto Says:

    Don, sudah lebih dari 3×24 jam ga juga tuh comment nya di post di detik huahahahaa…. sorry boss kritik aja. πŸ˜€

    *ngeloyor….

    http://www.detikinet.com/index.php/comments/tahun/2006/bulan/05/tgl/24/time/094535/idnews/601347/idkanal/326

    Donny said:
    Sedangkan untuk komentar di detikINET, sepanjang tidak terkait dengan hal-hal yang memang tidak diperkenankan, maka tak ada alasan bagi redaksi untuk tidak melakukan approval atas segala komentar yang masuk. Yang harap diketahui pula bahwa untuk komentar yang ditujukan pada sebuah berita yang telah lewat tanggalnya (berita kemaren dan seterusnya), maka secara sistematis server hanya akan melakukan sinkronisasi konten komentar dengan durasi 1 kali dalam 1 hari, yaitu di tiap malam hari sekitar jam 24.00 WIB. Sehingga mohon kesabaran rekan-rekan. Yang jelas, jika di dalam nama pengisi atau isi komentar itu sendiri tercantum alamat URL tertentu, maka kebijakan kami adalah melakukan moderasi dengan mengganti alamat tersebut menjadi Γ’β‚¬Λœ[moderated]Ò€ℒ. Ini berlaku secara umum, untuk menghindari adanya pihak yang mencuri-curi kesempatan melakukan promosi tertentu.

  37. fajri Says:

    jadi inget dulu aku komentar di milis detikinet tentang “Windows legal di Macintosh”, jawaban DBU bener2 kayak jawaban orang yang tidak ngerti IT πŸ™‚ malah ngomongnya muter2 dan akhirnya malah ngomongin judul yang menarik. jangan2 komentar DBU yang agak hitech itu karena nanya2 ke temen2nya yang ngerti IT ? πŸ™‚

    nanya2 mac ke dirgayuza? πŸ™‚ dirgayuza who? :))

    saran buat detikinyet dan detik pada umumnya :
    – perbaiki kualitas wartawan
    – ada 2 macam berita : berita yang bisa disampaikan cepat (live report dll), atau berita hasil berita orang lain. kalo berita cepet, okay lah detik bisa cepet, tapi kalo berita hasil berita orang lain, mbok ya isinya dikoreksi dulu.
    – perbaiki ego orang2 detik yang tidak pernah mau merasa salah dan tidak mau dikritik… mentang2 jadi market leader..

  38. Donny B.U. Says:

    untuk bung adinoto:

    he eh…
    soal sinkroninasi server memang sering trouble bos. itu udah lebih dari sebulanan saya ajukan request ke teman2 sysdev. tetapi solusinya belum muncul. mungkin karena teman2 di sysdev lagi overload dan skala prioritas perbaikannya belum top-priority. jadi ya saya mau bilang apa lagi, karena secara sistematis ada 2 hal yang terkait dengan kebijakan komentar. yaitu moderasi dari sisi redaksi, dan sistem sinkronisasi dari sisi server. biasanya kalo ada indikasi komentar yang nyangkut (dan jumlahnya banyak, serta tersebar di beberapa berita), saya langsung request untuk ditangani ‘manual’. problemnya, sekarang long-weekend. jadi teman2 sysdev yang standby juga lebih memprioritaskan hal2 lain.

    contohnya saja untuk komentar2 terkait dengan gempa, banyak pembaca yang memberikan komentar (minta tolong info, dll), tetapi komentarnya belum muncul. padahal sudah di-approved oleh redaksi. jadi bos, kritik saya terima. pliz accept my apologize, karena ada 1-2 hal yang di luar kemampuan/kewenangan tim redaksi detikINET πŸ™‚ saya hanya bisa menjanjikan, begitu sudah masuk weekdays, saya akan segera kontak teman2 di sysdev untuk melakukan sinkronisasi yang “nyangkut” tersebut.

    untung bung fajri:

    saya ndak mau berputar2 ah. di milis (detikINET kalo gak salah ya?) sudah saya jelaskan dengan cukup gamblang kok. jadi kali ini saya membatasi diri untuk berpolemik, mohon maaf. mungkin penjelasan saya saat itu kurang bisa memuaskan bung fajri, karena dianggap kurang teknis ya.

    alasannya: (1). mungkin bisa jadi karena saya yang kurang ngerti teknis, atau (2). saya mencoba menjelaskan masalah dengan bahasa non-teknis (karena tidak semua orang paham teknis), atau (3). karena memang masalahnya bukan di soal teknis. monggo saja dipilih alasan yang paling berkenan bagi bung fajri. saya ndak masalah kok πŸ™‚

    soal ego orang2 detik, mungkin ada sebagian yang seperti itu, mungkin juga ada yang tidak. tetapi mudah2an ego bung fajri sendiri tidak menutup kemungkinan diterimanya penjelasan yang disampaikan ini atau sebelumnya. kemudian saran untuk memperbaiki kualitas berita saduran, itu kami terus lakukan. dari saran, teguran hingga pelatihan bagi tim di detikINET terus diupayakan. saya tidak akan menutupi fakta, ternyata proses perbaikan itu tidak semudah membalikkan telapang tangan, butuh upaya yang tidak ringan, ada jatuh-bangunnya. apalagi prosesnya adalah learning by doing. justru kritikan dari pembaca, sepedas apapun, menjadikan detikINET tetap pada relnya.

    lalu di detikINET (baca: bukan “detikcom”, karena saya tidak berkompetensi menceritakan bagian lain dari keluarga besar) tidak ada yang merasa sebagai market leader. kalau leader, siapa followernya? kalau mau tulis, sebenarnya, “mentang2 jadi single player”. lalu selanjutnya, apakah tim detikINET bangga atau menjadi “mentang2”? sama sekali tidak. justru kita berada dalam posisi yang “sangat tidak menguntungkan” sebagai “single player” ataupun “market leader” kalau menurut istilah bung fajri.

    mengapa demikian? monggo silakan dibaca di blog detikinet –>

    http://detikinet.wordpress.com.

    di situ sudah saya paparkan beberapa catatan internal pengembangan kanal detikINET sebagai bagian dari keluarga besar detikcom. kontennya akan terus saya upayakan di-update, agar pembaca bisa mengetahui “behind the story” pengembangan detikINET (sekali lagi, bukan detikcom).

    demikian bung adinoto dan bung fajri, mudah2an penjelasan saya bisa bermanfaat.

    -dbu-

  39. macnoto Says:

    donny wrote: he ehÒ€¦
    “soal sinkroninasi server memang sering trouble bos. itu udah lebih dari sebulanan saya ajukan request ke teman2 sysdev…”

    nyante aja boss… iseng doang kok πŸ˜€ … ga ikut ke yogya? πŸ™ sedih banget ya.

  40. Donny B.U. Says:

    sedih banget saya bos, apalagi jogja tanah kelahiran saya :(( hati saya mah udah pingin banget berangkat ke sana……

    tapi saya terus terang malu, karena kok rasanya tak memiliki kemampuan yang benar2 dibutuhkan oleh masyarakat saat bencana di sana. bahkan saya kuatir, jangan2 kalaupun saya ke daerah lokasi bencana, tiba2 bisa saja muncul sekilas di benak saya dikemudian hari bahwa saya “bangga” pernah bantu ini, itu, dll. ya, takut aja…. kok kesannya riya πŸ˜›

    jadi yang bisa saya lakukan sekarang (sesuai dengan kemampuan saya yang terbatas ini) adalah standby nongkrongin detikcom/detikinet, jaga2 kalau teman2 di lapangan laporan or something. selain itu saya juga melakukan koordinasi dengan temen2 tim air putih untuk memublikasikan progres aktifitas mereka di daerah bencana, agar bisa diketahui publik luas, dan bisa segera dimanfaatkan.

    btw, untuk kondisi di jogja, tim detikINET terjunkan 3 orang (2 tim detikINET yang memang mangkal di jogja, dan 1 redaktur INET dari jakarta), mereka untuk sementara waktu di BKO-kan (“dipinjamkan”) untuk membantu teman2 dari desk politik/peristiwa detikcom yang juga sudah diterjunkan di sana.

    -dbu-

  41. macnoto Says:

    Hmmm… keluarga aman-aman aja tapi kan boss?

  42. Donny B.U. Says:

    Insya Allah mas. tetapi sejujurnya, lupa tak kontak……. πŸ™
    beberapa anggota keluarga besar sih memang tinggal di jogja…. no news is good news…. i hope…. thanks for asking boss……..

    -dbu-

  43. macnoto Says:

    Weleh.. in this case, ga bisa pake istilah No news is good news dong πŸ™ … semoga jauh dari daerah epicentrum gempa.

  44. Donny B.U. Says:

    Alhamdulillah, sudah kontak2an dengan keluarga di jogja…. sehat wal’afiat semua. meskipun saya masih nelangsa (ngelus dada), gak kebayang ribuan jiwa euy… kalo baca oom pasikom di kompas minggu ini, semua hanya pertanda (persis kayak lagunya ebiet :P). tetapi yang dikasih pertanda, gak nyadar2…. gitu konon kabarnya… lah gimana ini kalo sudah begini… kasian lah yang jadi martir, dari orang tua sampai bayi… khan repot kalo dah dikasih pertanda dari kejadian bencana alam yang terus-menerus terjadi, tetapi tetep pada budeg….

    -dbu-

  45. macnoto Says:

    Kalo udah begini emang paling melegakan hati mendengar lagu Ebiet G. Ade… beliau juga orang Jogja loh… kerasa banget lagu2 sekarang “meninabobokan”… bukan against industri musik loh… tapi ya gitu deh kapitalisme seperti kata elu πŸ˜€

    Om Ebiet, jangan main golf doang dong, ayo nyanyi lagi dong…. sayang lagu album terakhir (apa yang Menjaring Matahari ya?) ga terlalu laris manis.

  46. pucung Says:

    Iki donny BU alias donny bathuk? jaman nang jogja nongkronge nang papringan?…heheeh jadi inget jaman MIRC..jadul..nongkrong karo cah2 edan kabeh..

  47. EepInside.Com » Blog Archive » Prihatin Atas Tingkah Selebritis IT, Perlu Langkah Nyata untuk Meredamnya? Says:

    […] Meskipun kita semua tahu sepak terjang para selebritis IT dan dukungan media massa yang justru bukannya mencerdaskan masyarakat malah membodohi masyarakat (baca: kasus salah terjemahan detikinet detikom), tetapi faktanya, para selebritis IT tersebut semakin berkibar, semakin tenar, dan semakin bebas membodohi masyarakat. Lalu, saya ingin bertanya, apakah anda-anda yang mengetahui bahwa apa yang mereka katakan, bahwa statement mereka itu banyak yang tipu, scam, palsu, fake, sudah melakukan langkah-langkah nyata untuk menyelamatkan masyarakat dari pembodohan? […]

  48. i wrote the mark up! :: media mainstream indonesia tidak suka newsfeeding? :: July :: 2006 Says:

    […] teknik yang digunakan mungkin bisa dengan menyertakan iklan yang dirasa cocok dengan konten berita tersebut atau menggunakan teknik iklan random untuk setiap berita yang tercantum didalam feed. Padahal untuk beberapa berita itu terkadang situs berita mengutip/ngopi/terjemahan beberapa berita(internasional) dari situs-situs berita luar negeri juga(68%-nya mungkin) dan itu masih memperhitungkan “rugi” juga untuk tidak menyertakan feed disitusnya padahal dari segi efisiensi waktu dan *ehm* bandwith tentu itu sangat sangat menbantu sekali bagi mereka yang fakir benwit. “..dengan menggunakan feed saya tidak bisa melakukan statistik hit pengunjung…” ah lame.., tentu masih tetap bisa dong untuk melakukan statistik pengunjung dengan melihat berapa subscriber yang berlangganan feed tersebut. […]

  49. ncomputing penganti-pc Says:

    comment apa yaaa,,,,,,

Leave a Reply

WP Theme & Icons by N.Design Studio
Entries RSS Comments RSS Log in