Catatan Kecil Tentang Mac OS X 10.5 Leopard, Avie Tevanian dan Apple

Macintosh Add comments

Sistem operasi Apple terasa “biasa-biasa” saja kedatangannya dibandingkan dengan sistem operasi popular Microsoft Windows yang serasa selalu dinanti-nantikan. Windows Vista dinantikan ratusan juta orang pemakai Windows saat ini, dan sistem operasi Apple Leopard merupakan penerus Mac OS X Tiger (10.4) yang saat ini dipergunakan sebagian besar pengguna Apple Mac.

Apa yang menarik dari Leopard? Leopard memiliki salah satu fitur yang saya nantikan saat ini yaitu built-in virtualisasi di dalam Mac OS X. Ini berarti saya dapat menjalankan Mac OS X bersamaan dengan Linux dan/atau Windows. Wow? Apa istimewanya sih?? Apa bedanya dengan Virtual PC, Q, QEMU, dan emulator lainnya yang selama ini sudah ada terlebih dahulu (VMWare lebih populer bagi pemakai Windows/Linux). Satu hal yang menarik dapat dipastikan adalah near-native speed bagi sistem operasi Guest ini di Mac OS X. Seberapa cepat? Itulah yang menarik ditunggu, kita tunggu saja demonya Agustus ini di World Wide Developer Conference (Apple WWDC 2006).

Ada apa dengan Avie Tevanian? Siapakah beliau? *bagi pengguna PC Windows, nama Avie (Avadis) Tevanian tidaklah terlalu populer. Avie adalah Chief Software Technology Officer Apple yang merupakan principal designer Mach kernel yang banyak dipergunakan dibeberapa sistem operasi komersial seperti OS/2 for RS/6000, Mac OS X, dan DEC OSF/1 (referensi interview ringan yang bagus dapat dibaca di link ini) kemaren tiba-tiba mengumumkan bahwa beliau akan mengundurkan diri dan “pursue personal interest” tanggal 31 Maret 2006 ini. Hmm ada apa dengan Apple?? Semoga bukan sesuatu yang digembar-gemborkan Dvorak 😛 hehehee…

7 Responses to “Catatan Kecil Tentang Mac OS X 10.5 Leopard, Avie Tevanian dan Apple”

  1. Eep Says:

    Pertama :P, hehehe
    Jadi kumaha.., urang mending nunggu powermactel? tapi adobe ga bikin universal binary untuk CS3? atau urang beli powermac g5, terus cukup berbesar hati menggunakan software yang lama-lama saja..?
    yang penting jadi duit? heheheh

  2. macnoto Says:

    mau beli mac? kalo duit gede sih skrg beli PowerMac Quad Processor G5 itu 😀 hehehee…. Final Cut yg Universal Binary (version 5.1) dah keluar, tapi sisanya masih lama deh, apalagi Adobe CS3 bisa2 akhir tahun wakakaka….

  3. adham Says:

    sebagai pengguna (setia) windows, kayaknya enggak nunggu vista deh. pake windows xp aja udah mpot-mpotan komputernya… apalagi pake vista, palingan cuma bisa liat boot screen, lalu BSOD, not enough of memory. hahahahaha….

  4. macnoto Says:

    hahahaha… kalo gitu kita bikin milis Haiku yuk… hahahaa gua dah ga sabar pengen liat ni OS reborn 😛 …. emang masalahnya ya itu tadi, OS no apps ya sama aja. cuma kalo kalo gua pake browser + gnu apps udah cukup kayaknya sementara ini kebiasaan hari2 juga udah ga pernah komputer macem2 kebutuhannya hahahaa.. dah tua dah males ngoprek2 😛

  5. tenli Says:

    Waduh boz, bisa-bisa jadual edar vista biasa diundur lagi dong, ppc lama bisa diupgrade jadi 10.5 ga ya???

  6. macnoto Says:

    ppc yang mana dulu? yang selagi bisa diinstall tiger masih bisa kok diinstall leopard. diinstall maung bandung juga bisa 😀 wakakaka

  7. Oskar Syahbana Says:

    Kalo baca – baca tulisannya si Dvorak ini (jadi inget skema keyboard…), jadi inget sama Om Roy… Apa udah ada majalah komputer yang nawarin si Om untuk nulis kolom?

Leave a Reply

WP Theme & Icons by N.Design Studio
Entries RSS Comments RSS Log in