How To Install Windows XP on Your New MacBook Pro!!

Macintosh Add comments

New MacBook Pro 15″ just come out at MWSF 2006. It sports Intel Centrino Duo (Dual Core Pentium M for you who missed the news) at 1.67GHz and 1.83GHz price at 1,999 and 2,499 for each configuration.

Now let’s take this toy further by setting up a dual or triple boot with Windows XP and/or Linux x86 at your choice. Now get Windows XP and flop it to PowerBook oopss did I just miss the word PowerBook πŸ˜› … flop it into your MacBook Pro. See how it boots. The special BIOS will handle operation for dual booting configuration. Prepares coffee first for attended 39 minutes Windows XP installation… Voila it works. Now Windows XP run on MacBook Pro… but wot? It’s only shows 800×600 resolution instead of its native 1440×900. Calm down, cowboy… it’s time to find the VGA driver for it. Digg for this here and its control center here. Remember that ATI control center only works if you have .NET 1.1 Framework. Get it here.

Now everything seems perfect. The screen just look nice and let see what’s more on Device Manager. Hmm.. time to get the wireless connection works. It sports 802.11g. Get it from here. And now what?? Of course this is based on monolog since I don’t have a MacBook Pro on hand at this moment. πŸ™ … unless Steve is kind enough to give me one for an incentive for writing more Mac column :)) … what do you say Steve? πŸ™‚

25 Responses to “How To Install Windows XP on Your New MacBook Pro!!”

  1. st3v4nt Says:

    Boss Noto ini komentar saya:

    Transisi powerbook ke macbook pro (namanya gak inspiratif amat…) bukan kejutan lagi, seperti di prediksi yang dapat treatment pertama pastilah powerbook eh macbook pro. Bukan saja karena kegagalan menghadirkan powerbook G5 tapi juga karena profit margin powerbook/macbook pro akan lebih besar di banding jika ibook dengan intel processor (walau hanya memiliki single core) diluncurkan duluan.

    Hal yang mengejutkan buat saya justru kenapa yang diluncurkan malah imac dengan intel processor dulu dibandingkan powermac (atau mungkin namanya akan berubah jadi macpower pro ?) Apalagi belum lama line imac di update ? Bagaimana nasib imac dengan G5 processor apakah akan distop produksinya ? Beruntunglah yang sudah berhasil menjual imac versi lama apalagi yang G4 karena mungkin harganya akan jatuh…ya siapa yang masih mau menggunakan imac lama (dengan harga yang tidak jauh beda) ketika imac baru ada di depan mata, terlepas dari apa pun bug yang akan muncul pada versi pertama.

    Hanya dari sekian banyak hal yang ingin segera saya saksikan adalah benchmark/performa komparasi antara PCtel dengan Mactel apakah akan lebih lambat atau memang lebih cepat? Walau benchmark adalah salah satu bentuk pengukuran yang buat saya tidak begitu akurat tentunya akan menjawab mitos yang selama ini menggantung bahwa mac lebih cepat dari PC! Begitu hal ini menjadi jelas maka orientasi orang bukan lagi pada kecepatan processor tetapi pada sistem yang lebih baik, disitulah menurut saya yang akan menentukan keberhasilan Mac dengan Intel processor.

    st3v4nt

  2. Oskar Syahbana Says:

    Kalo di situs Macintosh-nya sih katanya lebih cepat tuch…

  3. Oskar Syahbana Says:

    Oh iya nanya nih Mas… Kira – kira iMacintel yang 1.83Ghz pake Memori 1GB berapa yak…?

  4. rendy Says:

    berapa beratnya ?

  5. Pandji Gotama Says:

    triple-boot notebok?! yeah, sure…

  6. bonnyhp Says:

    udah bisa di overclock ga nih.. πŸ˜€
    biar bisa 8x faster..

    *kaburrrrr………..

  7. adam Says:

    kapan yah ada iBook with intel? apa harganya masih bisa dijangkau mahasiswa seperti iBook G4? mudah2an bisa bikin jatuh harga iBook G4 … hehehehe…

  8. ambar Says:

    sama ma Rendy saya merindukan Mac Pro G5 untuk travelling, ringan. Powerbook series masih terlihat “beast”.

  9. adinoto Says:

    tunggu MacBook aja kalo gitu (MacBook = iBook)

  10. andika Says:

    ntar kalo udah dapet pinjeman ato hibah dari tuan Jobs, pinjemin lagi ke gua ya? gua instalin Debian (lagi) deh πŸ˜€
    nah kalo lu gak dapat pinjeman ato hibah, tapi beli sendiri, pinjeminnya lamaan dikit ya ….

    *kabooooor*

  11. macnoto Says:

    wakakaka.. kalo lama seh beli atuh wakakaka… install mac mac an aja πŸ˜€ osx hack for x86

  12. Oskar Syahbana Says:

    Mangkanya dari itu mas noto… bagi dunk software-nya. Lambet ah kalo download dari torrent, kalo udah di download juga kadang suka error kalo file-nya gede kayak begituh…

  13. adam Says:

    emangnya kalo pake dual-boot, bisa saling baca pastisi ga?
    apa mesti bikin 1 partisi FAT lagi diantara NTFS dan partisi apple… supaya bisa share antara 2 OS?

  14. Eep Says:

    kapan ya apple ngeluarin tabletMac.. yang ukuran 8 inch pake pena…, hmm yummy deh kayaknya…?

  15. Ikang Fawzi Says:

    Installing XP on Mac is like letting your 5 year old kid drive your Ferrari.

  16. adinoto Says:

    yeah but my kids’ neighbors all like the ferrari πŸ˜›

  17. adinoto Says:

    bisa saling baca partisi, hanya saja NTFS ga bisa read/write. cuma read only. kalo mau read/write bikin FAT32.

  18. Affan Says:

    O iya bos, mau komentar. Setelah liat spek dan posting di blog2 luar, saya lihat barang ini ganteng sih, cuma ada drawbacks nya :

    1. Gak ada modem telepon built-in (kan komplen nya udah pernah ditulis di blog ini)
    2. Gak ada PCMCIA, skr ganti jadi ExpressCard (apa pula itu ?), sampe pengguna card PCMCIA EVDO di amrik pada pusing karena card existingnya gak bisa dipake, musti beli lagi

    Tapi ini cuma komplen nya segelintir orang sih. It’s inevitable memang, Mac must go on. Yang gak mau ikut, ya cari X20 second kayak saya aja, diugrade RAM/HD plus cari gadget2 USB dan PCMCIA πŸ˜›

  19. adinoto Says:

    ho oh. gue juga masih punya 2 biji X21… yang jadi masalah adalah baterenya sudah ga memuaskan lagi, dan kadang masih terasa slownya…. apalagi setelah berjam2 make dual core P4 di Cinema Display … :(( nasih nasib.. dulu pake komputer thinkpad 701c aja ga complain πŸ™

  20. dedi Says:

    Halo mas,
    salam kenal.

    Mau tanya nih, user saya ada yg pakai notebook Macbook dan terinstal OS WinXP. Suatu hari nootebooknya ngambek, ndak mau masuk ke xpnya.setiap kali selalu restart dan masuk ke option: save mode, normal, last good ..tapi smuanya kalau dipilih juga selalu kembali restart. Saya coba pakai CD XP untuk repair systemnya, tapi ndak bisa. drive c-nya ndak bisa di dilihat/listing (dir).
    Saya blm pernah ‘pegang Mac, baru kali ini. mohon bantuannya. tks.

  21. adinoto Says:

    # dedi Says:
    August 10th, 2007 at 2:51 pm e

    Halo mas,
    salam kenal.

    Mau tanya nih, user saya ada yg pakai notebook Macbook dan terinstal OS WinXP. Suatu hari nootebooknya ngambek, ndak mau masuk ke xpnya.setiap kali selalu restart dan masuk ke option: save mode, normal, last good ..tapi smuanya kalau dipilih juga selalu kembali restart. Saya coba pakai CD XP untuk repair systemnya, tapi ndak bisa. drive c-nya ndak bisa di dilihat/listing (dir).
    Saya blm pernah Γ’β‚¬Λœpegang Mac, baru kali ini. mohon bantuannya. tks.

    -> Pake BootCamp (www.apple.com/macosx/bootcamp)? Hmmm ya itulah repotnya kalo dual boot, paling diinstall ulang Windowsnya (Penyakitnya Windows). Emang “Repair” nya CD XP bener-bener bisa dipake? hehehhee teori doang tu mas, mostly failed. Kalo mo lebih safe dan hidup dalam kegampangan coba pake http://www.parallels.com

    Setelah Install Windows, backup itu Windows XP image nya di /Users/namaanda/Documents/Windows XP —-> burn ke DVD, kalo ada apa-apa tinggal copyiin lagi image hdd nya gampang cuma urusan 2 menit copy πŸ˜€ *dibandingkan reinstall Windows yang bisa makan 1/2 hari dengan customisasinya.

  22. Ahmad Syarip Says:

    Mas, sya mau tanya neh, saya punya masalah dengan notbook Ibook Aapple, harus lari kemana dulu jika saya akan menginstal? karena pas dinyalakan tiba tiba muncul polder yg di tengahnya ada tanda tanya dan gambar wajah orang, lalu pas saat saya booting sy tekang option muncul tanda panah

  23. make windows xp run faster Says:

    I found your blog on google and read a few of your other posts. I just added you to my Google News Reader. Keep up the good work. Look forward to reading more from you in the future.

  24. andika Says:

    mau tanya nih..klo ibook g4 bisa di install windows ga yah

  25. adinoto Says:

    Kalo diinstall secara native (dual booting) tidak bisa kang, karena Windows tidak support PowerPC saat ini. Tapi kalo pake emulator seperti SoftWindows (oleh Insignia Solutions) ato VirtualPC bisa. Insignia sekarang sudah tidak main solusi ini lagi, dia adalah pembuat emulator terkenal yang membuat emulator Win16 diatas Win32 (Microsoft Windows 3.1 emulator diatas Windows 95/NT). VirtualPC kemudian dibeli Microsoft.

    Kalo mo coba yang opensource bisa coba Qemu http://www.kju-app.org/

    Performance tapi lambat sekali karena system harus switch antara instruksi PowerPC->Intel->PowerPC.

    Saran saya sih, kalo butuh Windows di mesin iBook/PowerBook, lebih mending beli NetBook Acer D255 DualCore Atom murah-murah 2,5jt baru sekarang, sekennya mungkin cuma 1,koma.

Leave a Reply

WP Theme & Icons by N.Design Studio
Entries RSS Comments RSS Log in