Indonesia Yang Aneh!!

Social, Technology Add comments

Aneh. Itu kalimat yang tercetus dibenak saya. Saya pun menjadi aneh. Aneh karena saya sekarang sudah seperti Picasso yang berubah dari seorang Naturalis menjadi Surealis. Gaya menulis saya pun sudah meletup-letup karena ya itu tadi Aneh. Satu kalimat saja cukup menggambarkan semuanya. Ada sesuatu hal yang mengganjal besar kalo kita mencermati segala sesuatu disekeliling kita. Harga membumbung tinggi, daya beli tidak meningkat, DPR minta naik gaji, Pemerintah Daerah sibuk cari posisi, semua Aneh. Yang paling Aneh buat saya adalah lah kok ya rakyat sudah kelaperan sudah makan tapi tidak ada suatu sistem revolusi (atau katakanlah evolusi yang dipercepat yang bisa diperbuat pemerintah).

Jalanan, infrastruktur, semua kacau balau. Bandung yang dulu saya dambakan sebagai salah satu tempat liburan (maklum saya dahulu orang daerah), sekarang setelah saya tinggali 15 tahun lebih menjadi Aneh. Aneh semrawut ga lebih dari kota kecil tempat saya tinggal yang lebih mirip kampung belantara.

Aneh karena tidak ada yang membiasakan masyarakat untuk mulai menggeliat berubah. Apa yang salah ya? Hari-hari ini saya lagi terkesan dengan Zinio.com suatu layanan online penyedia majalah digital maupun versi cetak. Diawal kemunculannya saya sempat ngunduh (bahasa yang Aneh!) Zinio, tapi berhubung saya waktu itu masih fakir bandwidth (fakir kok 10 tahun!! Pemerintah yang Aneh!), saya ya nge drop lagi. Apa yang paling Aneh dari Zinio?? Ya itu kok iya majalah bisa dijual cuma 12 dollar, 9 dollar per 12 edisi!! … lah itu berarti dibawah 1 dollar doang per edisi…. bayangkan dengan rata-rata harga majalah di Indonesia yang berkisar 30-35 ribu per edisi = 360 – 420rb per tahun!! … Lah kok? Dan Zinio juga bisa menjual versi cetaknya hingga 68% – 80% off (angka yang Aneh!) dan dengan kisaran harga yang sama dengan versi onlinenya. Astaga… lah ya gimana orang Indonesia mau pinter, kalo harga majalah saja tidak terjangkau boro-boro beli buku kuliah!!

Yah kalo ga Aneh bukan Indonesia namanya. Kayaknya mimpi saya untuk melihat Indonesia bisa berkembang menjadi negara super makmur sebelum saya menutup mata hanyalah mimpi yang Aneh semata. Aduh Gusti 🙁

23 Responses to “Indonesia Yang Aneh!!”

  1. Bule Says:

    Loe kaya baru jadi orang indonesia aja dhie ?

    Wakakakakakakakaka !

  2. endhoot Says:

    kowe nuli sopo to?
    *garuk2 kepala*

  3. andry Says:

    Ada beberapa majalah yang ditawarkan Zinio, kalo kita beruntung ada promo, kita juga bisa dapet edisi cetaknya.
    Saya sendiri dapet CIOInsight dan MIT Technology Review edisi digital dan analog cetaknya.

    Lalu ada program untuk saling menghadiahi buku. Dari satu copy digital, bisa kita beri ke 3 orang kawan. Jadi kan bisa saja 3 dari kita patungan untuk 3 majalah, dan ujung2nya saling memberi. Hehe..

    Jadi harga terkahir, bisa “kurang” dari 1$

    Hihi, saya kok jadi nyepam gini :p

  4. Ervan Setiawan Says:

    Saya langganan majalah Wired $5 untuk 4 tahun. Cari saja di ebay ..

  5. sirait Says:

    aneh .. masih orang yang bermimpi Indonesia jadi negara yang “super” makmur. hehehe :p

  6. adinoto Says:

    penulis yang Aneh! 😀

  7. Wahyu Says:

    Wah, keduluan, dasar aneh 🙂

  8. weedodo Says:

    Komentar yang aneh :D.
    Jangan mimpi dulu dong mas, mulai dari diri sendiri, mulai dari yang kecil, mulai hari ini. Hehehe apaan sech.

  9. rendy Says:

    curhat ?

  10. frozi Says:

    tahun 90an bandung tuh dingin banged, dah gitu berhiber tuh bener bersih hijau berbunga. 5 tahun kemudian mulai dah pembangunan giat mempreteli kawasan hijau, sampai sekarang duh sumpek banget. gw kemaren serasa bukan ke bandung lagi. kembalikan bandung ke sediakala!â„¢ bandung dah gak keep beautiful euy! *sedih*

  11. sunardi Says:

    Kalau kita tidak kebanyakan “seolah-olah”, ya jadinya nggak kayak gini Mas.
    Yang kita miliki sekarang kebanyakan:
    – Wakil rakyat yang seolah-olah mewakili, padahal… (nggrogoti)
    – Penguasa yang seolah-olah mengayomi, padahal… (nindihi/menindas)
    – Ilmuwan yang seolah-olah pinter, padahal… (minteri/ngakali)
    – Pakar yang seolah-olah ahli, padahal… (pelakon kethoprak musiman)
    – Pegawai yang seolah-olah melayani, padahal… (nggundili/melucuti)
    Semua jadi seolah-olah…
    Yang kita perlukan sekarang ini sebenarnya cermin yang bisa untuk mengoreksi dan memperbaiki.

  12. adinoto Says:

    curhat? kagak lah. gua mah perduli gitu loh. buat sendiri sih masih bisa afford sekarang, tapi apa lu ga perduli lingkungan lu? ntar juga kerasa.

    btw, harga elpiji mau naik 44% januari ini. gue masih inget beli gas 8rb perak satu tabung udah kerasa mahal, tau2 naik 16rb (sampe dirumah) th 98 udah kagetan, sekarang aja udah 58rb 8 tahun kemudian, mau naik pula 44% dari 58rb jadi 83rb… you know what this is insane! berapa sih pendapatan rata-rata orang Indonesia?

    ketika krismon gue ga pernah belanja bulanan > dari 60rb, skrg belanja kecil aja udah > 500rb minimal 300rb. lah ga heran orang ke luar negeri jadi pembantu rumah tangga di hongkong dan arab lebih kaya dari mantan majikannya….

    di jakarta saja kos2an banyak yg 1,5jt/bulan ke atas. bagaimana dan siapa yang afford itu? lah kenapa banyak wanita saja yang mampu?… anda tau sendiri jawabannya.

  13. Oskar Syahbana Says:

    Nah oleh karena itu mas, saya berlangganan BusinessWeek dan Business 2.0 lewat Zinio, lebih murah 🙂

  14. adinoto Says:

    frozi said: tahun 90an bandung tuh dingin banged, dah gitu berhiber tuh bener bersih hijau berbunga. 5 tahun kemudian mulai dah pembangunan giat mempreteli kawasan hijau, sampai sekarang duh sumpek banget. gw kemaren serasa bukan ke bandung lagi. kembalikan bandung ke sediakala!â„¢ bandung dah gak keep beautiful euy! sedih

    :: Sekarang plembang gimana apakah sama semwrawutnya dibanding katakan th 90an dahulu pak?

  15. adinoto Says:

    Ervan Setiawan said,
    Saya langganan majalah Wired $5 untuk 4 tahun. Cari saja di ebay ..

    :: Wah itu lebih Aneh 😛 hehehe….

  16. adinoto Says:

    sirait said,
    aneh .. masih orang yang bermimpi Indonesia jadi negara yang “super” makmur. hehehe :p

    :: Hehehe.. bener juga lu jauh2 dari sini biar ga jadi orang Indonesia yang Aneh :D… dapet butet yang Aneh ga disana? 😛

  17. adinoto Says:

    weedodo said,
    Komentar yang aneh :D.
    Jangan mimpi dulu dong mas, mulai dari diri sendiri, mulai dari yang kecil, mulai hari ini. Hehehe apaan sech.

    :: Iya saya jadi pengen run for an office!! Ada yang pilih saya jadi Walikota Bandung ga tapi ga pake amplop amplopan 😛 … saya cuma punya niat baik!! Kalo sukses di Bandung baru boleh mikir yang lebih gede lagi… Capek jadi penulis yang Aneh.

  18. adinoto Says:

    andry said,
    Ada beberapa majalah yang ditawarkan Zinio, kalo kita beruntung ada promo, kita juga bisa dapet edisi cetaknya.
    Saya sendiri dapet CIOInsight dan MIT Technology Review edisi digital dan analog cetaknya.

    Lalu ada program untuk saling menghadiahi buku. Dari satu copy digital, bisa kita beri ke 3 orang kawan. Jadi kan bisa saja 3 dari kita patungan untuk 3 majalah, dan ujung2nya saling memberi. Hehe..

    Jadi harga terkahir, bisa “kurang” dari 1$

    Hihi, saya kok jadi nyepam gini :p

    :: Kalo gue liat Zinio.com jadi “bandar” online baru, kalo dicermati dia pegang ga cuma digital version tapi print version… dan kalo yg di Amrik semua murah, apakah ada peran pemerintah bikin harga murah (ga punya data soal harga kertas disana, dan policy lain)…. yang mahal di print versionnya cuma produk UK, dan Versi laporan bisnis… kalo laporan bisnis jamak deh, tapi kalo UK apakah karena tidak ada kerjasama ato gimana ga jelas. Ke depannya saya pikir hati2 pemain digital print/majalah lokal kalo ga cermat2… ato malah saya ngasih ide buat mereka kerjasama 😛 … Ide kok gratisan… dasar Aneh :))

  19. adinoto Says:

    Oskar Syahbana said,
    Nah oleh karena itu mas, saya berlangganan BusinessWeek dan Business 2.0 lewat Zinio, lebih murah 🙂

    :: Iya mas sayang masyarakat disini masih ga dibikin memiliki budaya gemar membaca, dan akses internet berkecepatan tinggi (bahasa yg Aneh) masih merupakan suatu mimpi yang Aneh disini 🙁

  20. Oskar Syahbana Says:

    Mas Noto: (ga pake quote-quote-an ah… jadi aneh). Akses internet ga usah yang berkecepatan tinggi, cukup yang murah saja juga udah cukup kok mas, internet saya juga engga berkecepatan tinggi :).

    Loh kok Business 2.0 engga ada lagi yah di jajaran majalah Zinio…

  21. macnoto Says:

    ga perlu? ga mungkin… gimana mau maju. tapi emang tahapannya ada. tahap pertama ya panetrasi dulu ke seluruh pelosok negeri ini. konsep wasantara net juga ga tau ilang ditelan bumi.

    dulu ada konsep2 bagus pada ga jelas pelaksanaannya. KUD misalnya. wah bikin cluster masyarakat yg bebas dari ketergantungan luar jadi menarik tuh. pelaksanaannya? korupsi maning korupsi maning :((

  22. Oskar Syahbana Says:

    Maksudnya ga perlu itu, ga perlu koneksi cepat untuk menikmati Zinio. Kalau memang koneksinya lambet, ya downloadnya malem, nanti pas bangun pagi udah selesai download-annya.

    Kalau saya justru downloadnya itu sebelum solat Jumat (karena memang BusinessWeek itu terbitnya tiap jumat pagi) dan setelah selesai solat biasanya sudah selesai di download 🙂

    Koneksi dalam negeri Indonesia sendiri udah lumayan cepet kok (yah jangan dibandingin deh). Tapi utilitasnya aja yang masih kurang. Hostingan situsnya (bahkan yang mentargetkan orang Indonesia sendiri) juga masih banyak yang ditaruh di luar.

  23. amrul Says:

    indonesia..indonesia…

    waktunya kita-kita ini yang mengubah Indonesia…

Leave a Reply

WP Theme & Icons by N.Design Studio
Entries RSS Comments RSS Log in